Pengertian Sel Lemak (Adiposa) - Struktur, Struktur dan Jenis Sel Lemak (Adiposa)

Pengertian Sel Lemak (Adiposa)

Sel adiposa ini merupakan sel yang membentuk jaringan lemak serta mempunyai fungsi utama yakni sebagai tempat menyimpan lemak. Sel adiposa ini merupakan sebuah jaringan ikat longgar yang mengisi ruang antar orang itu dengan jaringan dalam menyediakan dukungan struktural serta metabolik. Meskipun lemak tersebut merupakan komponen utama dari penyusun sel adiposa, tetapi lemak itu juga bukanlah satu-satunya penyusun dari sel adiposa ini. Jaringan yang dibentuk oleh sel adiposa tersebut disebut juga dengan jaringan adiposa, serta jaringan adiposa ini memiliki tanggung jawab yakni sebagai organ endokrin yang bisa atau dapat mensintesis serta sekresi beberapa hormon.



Struktur Dari Sel Lemak

Mayoritas sel jaringan adiposa adalah sel yang mengandung tetesan lemak (trigliserida) dan ester kolesterol. Seperti kebanyakan sel tubuh, sitoplasma juga dimiliki oleh sel lemak, dan nukleus (nukleus).
Mamalia memiliki dua jenis jaringan adiposa, yaitu:
  • Jaringan adiposa putih berperan dalam menyimpan energi dalam bentuk lemak / lemak. Sel-sel lemak putih memiliki vakuola lemak besar dan inti keperakan di pinggirannya. Jaringan ini tidak mengandung glikogen dan jumlah mitokondria relatif rendah.
  • Jaringan adiposa coklat (brown adipose tissue) berperan dalam pengeluaran energi karena dapat mengoksidasi asam lemak dan glukosa untuk menjaga panas tubuh. Sel-sel lemak coklat memiliki banyak vakuola lemak yang mengelilingi nukleus.
 

Fungsi Dari Sel Lemak

  • Sel-sel lemak berperan dalam mengatur suhu tubuh.
  • Jaringan lemak juga berfungsi sebagai perlindungan terhadap cedera tubuh (sebagai bantal).
  • Sel-sel lemak dapat berfungsi sebagai sarana menyimpan energi.
  • Sel-sel lemak dapat mengeluarkan banyak hormon.
 

Letak Dari Sel Lemak

Distribusi lemak seseorang dapat terjadi dalam berbagai bentuk dan ukuran. Istilah yang digunakan untuk orang yang lemaknya cenderung menyebar ke atas adalah “tubuh apel”. Sedangkan untuk orang yang lemaknya lebih banyak didistribusikan di bagian bawah tubuh, itu disebut “pear body”.


Tentang Lemak Di Tubuh Manusia

1. Sel-sel lemak seperti balon.

Sel-sel lemak, atau adiposit, seperti balon yang menyimpan energi. Bila Anda memiliki surplus kalori, sel-sel ini berkembang dalam jumlah dan ukuran, mengisi dengan tetesan besar trigliserida (lemak). Bila Anda memiliki defisit kalori (atau diet), sel-sel ini menyusut, tapi tidak hilang.
“Sel-sel adiposa dapat hidup pada manusia hingga sepuluh tahun,” kata Vernochet. “Ketika Anda berhenti diet, adiposit kecil ini siap untuk mengambil kelebihan kalori, tumbuh lebih besar sangat cepat. Hal ini sebagian alasan mengapa begitu sulit untuk menyukseskan program diet. ” lanjutnya.

2. Lemak merupakan organ.

Lemak memainkan peranan aktif dalam fungsi tubuh kita danitu dianggap sebagai organ, tidak hanya jaringan pasif. Sebagai organ endokrin, lemak mengeluarkan dua hormon utama yang ditemukan pada manusia, kata Vernochet. Di antaranya adalah leptin, yang mengendalikan nafsu makan, dan adiponektin, yang terhubung ke kadar gula darah.

3. Tubuh memiliki dua jenis lemak.

Jaringan putih adiposa (white adipose tissue) adalah gudang utama penyimpanan energi agar manusia terhindar dari kelaparan bahkan kematian. Sekitar tujuh tahun yang lalu para ilmuwan menemukan bahwa orang dewasa juga memiliki sejumlah kecil lemak coklat (brown fat),  jenis lemak yang membakar energi daripada menyimpannya.Lemak coklat berasal dari mitokondria dan zat besi, menciptakan panas ketika diaktifkan dalam kondisi dingin. Hewan seperti beruang dan hewan pengerat mengandalkan lemak coklat untuk menciptakan panas selama hibernasi. Tetapi para ilmuwan bertanya-tanya mengapa orang dewasa pada manusia membutuhkan penggunaan pakaian hangat akan membutuhkan untuk mempertahankan tubuh tetap hangat?
Lemak coklat ditemukan di belakang leher, tulang dan hati, lemak coklat mungkin memiliki mekanisme perlindungan, menurut Vernochet. Kebanyakan orang dewasa hanya memiliki 50 gram (kurang dari dua ons) dari pembakaran energi lemak coklat ini, tambahnya.

4. Lemak berbeda disetiap lokasi.

Semua lemak tidak hadir dalam kondisi sama disetiap lokasi. Subkutan lemak, jenis yang berada langsung di bawah kulit kita, belum tentu berbahaya bagi kesehatan kita. Lemak visceral, di sisi lain, yang disimpan dalam rongga perut dan membungkus di sekitar organ kita dan terkait dengan penyakit metabolik.
Orang yang lebih gemuk di bagian tengah tubuh, sel-sel lemak mereka membesar, membocorkan asam lemak beracun ke dalam vena portal, yang menyebabkan penumpukan lemak di hati dan otot. Jika terlalu banyak lemak menumpuk di hati, orang juga dapat mengembangkan penyakit hati berlemak non-alkohol. lemak perut berlebih juga menciptakan peradangan yang dapat meningkatkan kerentanan terhadap kanker tertentu.

5. Lemak bahan bakar otak kita saat tidur

Ketika kita tidur, tubuh kita merubah jaringan adiposa sebagai energi untuk mempertahankan fungsi otak dan semua organ lainnya. Sementara itu, sejumlah kecil energi dibandingkan dengan kuantitas yang dibutuhkan siang hari ketika kita aktif, membuat cadangan penyimpanan energi sebagai masalah atau membantu kehidupan, kata Vernochet.


Jenis Sel Lemak (Adiposa)

Lemak ini adalah salah satu komponen tubuh manusia yang sangat penting disebabkan karna sebagai pembentuk hormon serta pelindung organ. Di dalam tubuh, lemak tersebut tersusun di dalam bentuk jaringan berwarna coklat serta putih. Mamalia tersebut mempunyai dua bentuk jaringan lemak diantaranya :

Jaringan adiposa putih (White adipose tissue)

ini memiliki peran di dalam penyimpanan energi dalam bentuk lemak / lipid. Sel lemak putih tersebut memiliki 1 (satu) vakuola lemak yang besar serta satu inti yang berbetuk perak terletak pada perimeter. Jaringan tersebut tidak memiliki glikogen serta jumlah mitokondrianya itu relatif sedikit.
  1. Adiposa putih ini tersusun atas sel lemak khas yang disebut dengan adiposit.
  2. Adiposit tersebut mengandung tetesan lipid atau juga lemak berbentuk cair yang mengisi rongga bagian tengah sel lemak serta setelah itu tertanam oleh serat kolagen.

Jaringan adiposa coklat (brown adipose tissue)

ini memiliki peran di dalam pengeluaran energi disebabkan karna memiliki suaut kemampuan dalam mengoksidasi asam lemak serta glukosa guna  mempertahankan panas tubuh. Sel lemak coklat tersebut juga mempunyai banyak vakuola lemak yang mengelilingi inti sel, berisi glikogen serta mengandung banyak mitokondria. Jaringan tersebut juga juga mempunyai banyak vaskularisasi serta sel saraf. Aktivitas jaringan adiposa coklat ini akan menurun seiring dengan pertambahan usia.
  1. Sel-sel lemak coklat ini berukuran lebih kecil apabila dibanding dengan sel lemak putih.
  2. Sel lemak coklat ini memperoleh warna coklatnya dari jumlah organel mitokondria yang sangat banyak guna produksi energi .
  3. Lipid yang terkandung di dalam sel lemak coklat tersebut di dapat dibakar serta dimanfaatkan guna memberikan sebuah energi tingkat tinggi yakni sebagai panas pada hewan yang sedang berhibernasi serta juga bayi yang mungkin saja membutuhkan perlindungan panas tambahan.


Jenis-jenis Lemak

Tak semua jenis lemak buruk. Ada pula beberapa jenis lemak yang sehat. Tubuh pun butuh lemak dalam upaya meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Berikut adalah rincian beberapa jenis lemak agar kamu tak salah memahami lemak.

1. Lemak jenuh tunggal
Lemak ini memiliki sifat yang baik dan diperlukan untuk mendukung metabolisme dalam tubuh. Lemak jenuh tunggal bisa kamu dapatkan dari avokad dan minyak zaitun.

2. Asam lemak omega 3
Asam lemak omega 3 baik untuk kesehatan otak, meminimalkan risiko Alzheimer, serta penyakit jantung. Kamu bisa mendapatkan asam lemak omega 3 ini dari ikan salmon dan biji-bijian.

3. Lemak jenuh
Lemak jenuh mudah didapatkan dari makanan seperti daging dan keju yang memberikan manfaat biasa saja untuk tubuh. Tak baik juga tidak buruk.

4. Lemak tak jenuh ganda
Lemak tak jenuh ganda baik untuk dikonsumsi karena dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2, penyakit jantung, serta mencegah kolesterol. Kamu bisa mendapatkannya dari kacang kenari dan minyak canola.

5. Asam lemak omega 6
Sumber terbaik dari asam lemak omega 6 adalah minyak bunga matahari dan minyak jagung. Terlalu banyak mengonsumsi lemak ini bisa menyebabkan peradangan dan meningkatkan risiko masalah kesehatan lainnya.

6. Lemak trans
Lemak trans merupakan jenis lemak yang bisa menyumbat arteri serta berkontribusi untuk merusak kesehatan jantung. Margarin adalah salah satu contoh makanan yang mengandung lemak trans.

7. Lemak trigliserida
Jenis lemak ini sangatlah tidak sehat karena dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Minyak kelapa sendiri mengandung jenis lemak ini.





Penelusuran yang terkait dengan Sel Lemak
  • fungsi sel lemak
  • jaringan lemak
  • pengertian sel lemak
  • pengertian lemak
  • fungsi sel sel lemak pada kulit
  • ciri ciri lemak
  • adiposit
  • klasifikasi lemak