Pengertian Mamalia Adalah - klasifikasi , ciri-ciri, jenis hewan, peranan mamalia, dan Contoh Hewan Mamalia Darat Maupun Laut


 Apa Itu Mamalia ?

Mamalia adalah kelas vertebrata yang terutama ditandai oleh adanya kelenjar susu atau susu. Mamalia dapat hidup di berbagai jenis habitat di Bumi, dari Kutub melintasi khatulistiwa ke hutan dan padang pasir. Ada sekitar 5.488 spesies mamalia, 32% di antaranya adalah endemik di Indonesia. Perburuan telah menjadi musuh utama populasi mamalia, karena kepadatan, distribusi dan populasi telah berubah. Tingkat penurunan semakin cepat karena peningkatan populasi dan kawasan industri.
Ciri Ciri Dari Hewan Mamalia

Mamalia atau hewan menyusui merupakan kelas dari kelompok hewan filum Chordata. Memiliki ciri-ciri mempunyai kelenjar susu, pada betina kelenjar susu tersebut mengeluarkan air susu sebagai seumber makanan anaknya, memiliki rambut. Di gua seperti Kelelawar, landak, tikus.

 

Baca Juga: Lembaga Legislatif Adalah - Pengertian, Fungsi, Tugas dan Wewenang Lembaga Legislatif Secara Lengkap

 

Ciri-ciri mamalia Menyusui

Adapun Ciri ciri mamalia, antara lain ialah sebagai berikut:

  1. mempunyai anggota gerak untuk dapat beraktivitas seperti berjalan, berenang, atau bahkan juga untuk memegang sesuatu
  2. Memiliki kelenjar susu yang disebut juga dengan (glandula mammae)
  3. Bertulang belakang disebut dengan (vertebrata)
  4. Memiliki rambut yang menutupi tubuhnya
  5. Pada bagian jari mamalia mempunyai kuku juga cakar untuk berburu makanan juga memanjat.
  6. Memiliki gigi taring, gigi seri dan juga gigi graham
  7. Alat pernafasan mamalia adalah paru – paru
  8. Jantung pada mamalia ialah 2 serambi juga 2 bilik.
  9. Pengaturan suhu tubuh termasuk kedalam homoiterm
  10. Berkembang biak dengan melahirkan (vivipar) dengan secara internal.
  11. Tempat perkembangbiakan embrio di dalam rahim (uterus)
  12. Sistem ekskresi Mammalia mempunyai ginjal metanefros
  13. Alat indra yang berupa mata, telinga, lidah, dan hidung

 

Jenis hewan mamalia tersebut terbagi dari 2(dua) golongan atau juga 2(dua) kelompok yakni hewan mamalia pemakan daging dan juga hewan mamalia pemakan tumbuhan , antara lain sebagai berikut :Contoh hewan mamalia pemakan tumbuhan antara lain , sebagai berikut :

  • Banteng
  • Jerapah
  • Gajah
  • Sapi
  • Domba
  • Kambing
  • Antilop
  • Kerbau
  • Rusa

Contoh hewan mamalia pemakan daging antara lain , sebagai berikut:

  1. Serigala
  2. Anjing
  3. Dubuk
  4. Kucing
  5. Harimau
  6. Macan tutul
  7. Cheetah
  8. Cerpelai
  9. Singa

 

 


 

Peranan Mammalia

Mammalia memiliki banyak keuntungan yang sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia, peranan mammalia ialah sebagai berikut :

  • Bisa digunakan dalam pertanian yakni dengan membajak tanah sawah, contohnya kerbau.
  • Sebagai bahan wol contohnya domba.
  • Dapat memberantas serangga ( nyamuk ) contohnya kelelawar.
  • Dikonsumsi sebagai sumber gizi yang banyak khususnya protein misalnya susu dan daging , contohnya sapi, kambing dan kuda.
  • Dapat dijadikan penjaga rumah dan pelacak jejak contohnya anjing.
  • Sebagai alat transportasi contohnya kuda penarik soda, sapi penarik gerobak dan unta.
  • Barang kerajinan, contohnya tanduk yang dibuat sendok, gantungan kunci, sisir dan tusuk konde.
  • Hiburan seperti permainan sirkus, contohnya pada kuda, singa, gajah, harimau dan lumba-lumba.

Hewan mammalian tidak hanya menguntungkan dengan manfaatnya bagi kehidupan manusia tetapi hewan mammalian juga memiliki kerugian bagi kehidupan manusia. Kerugian hewan mammalian ialah sebagai berikut :

  • Pemakan buah-buahan kebuh, contohnya pada kalong.
  • Dapat merusak lahan pertanian, contohnya pada babi liar.
  • Dapat menyebar kuman penyakit, contohnya penyakit pes yang dibawah oleh tikus dan rabies yang dibawa oleh anjing terinfeksi dari virus rabies.

 

Klasifikasi Hewan Mamalia

Klasifikasi Mamalia

Klasifikasi mamalia menurut Wilson dan Reeder dalam bukunya Mammal Species of the World mencakup 5416 spesies, 1229 genera, dan 29 ordo. Di mana semuanya dibagi menjadi kelompok-kelompok.
Mamalia dibagi menjadi dua kelompok utama, yaitu:

1. Prototherie (Monotremata)

Prothy (monotreme) Mamalia tidak memiliki gigi dan telinga. Berkembang biak dengan telur, kloaka, dan paruh. Pemakan invertebrata hidup di air. Biasanya, kelompok mamalia ini terjadi di Australia, Tasmania, Papua. Kelompok prototermal hanya memiliki satu ordo monotremata dengan dua spesies, yaitu Platypus (ornithrorynchus anatius) dan Achidna (Tachyglosus aculeatus).

2. Theria

A. Metatheria
Metatheria termasuk dalam kelompok marsupial. Metatheria menempatkan anaknya di tas yang ada di perut orang tua perempuan. Telur memiliki cadangan makanan dan anak-anak mereka dilahirkan pada tahap awal perkembangan. Umumnya ditemukan di Australia dan Selandia Baru, hanya sedikit yang ditemukan di Amerika Selatan dan Amerika Utara.
Contoh kelompok ini adalah Macropus sp, Koalas dan Opossum.

B. Eutheria
Eutheria adalah grup dengan pesanan terbanyak. Grup ini juga disebut Placentalia. Seharusnya, ada 16 pesanan dari kelas Infra ini.

  • Karnivora Karnivora adalah karnivora dengan gigi taring yang sangat berkembang dan juga memiliki naluri berburu yang baik. Ukuran tubuh kecil hingga besar. Memiliki cakar melengkung dan tajam. Tengkorak kuat dengan tengkorak bundar dan tidak ada pelat postorbital. Misalnya, Alopex Lagopus dan Panther Tigris 
  • Primata - Primata adalah pesanan sekitar 235 spesies, dibagi menjadi dua kelompok, prosimian dan antropoid. 
  • Rodentia - Rodentia adalah perintah hewan pengerat. Rodentia memiliki gigi seri yang sangat baik. Umumnya kecil, tetapi bisa besar. Kaki memiliki 5 jari, tengkorak tidak berlubang. Misalnya, Mus musculus, sciuru vulgaris. 
  • Lagomorpha - Urutan ini hampir sama dengan Rodentia. Sebelum 1990, ia dikelompokkan bersama dengan tikus. Namun dengan perbedaan urutan ini memiliki ekor pendek yang bisa digerakkan, gigi moral itu bisa tumbuh terus menerus dan empat baris gigi. Misalnya, Lepus americanus. 
  • Insektivora - Insektivora adalah mamalia darat yang hidup di lubang pohon, amfibi, dan insektivora. Ukuran tubuh kecil. Giginya memiliki titik tajam, kaki pentadaktil. Daerah penciuman kepala lebih panjang dari tengkorak, tidak ada robekan tulang postorbital yang tidak meluas ke wajah. 
  • Chiroptera - Chireptera adalah mamalia bersayap tangan yang memakan buah pada malam hari. Giginya tajam dan tajam. Kaki belakang lebih kecil, di antara jari-jari ada membran. Terbang dengan sayap tangan yang bergerak seperti burung. Contohnya adalah kelelawar. 
  • Artiadactyla - Misalnya: Aepyceros melampus, Camelus bactrianus dan Glamadauer 
  • Perissodactyl - Perissodactyla adalah mamalia dengan jari-jari aneh. Misalnya zebra, kuda dan sejenisnya 
  • Artiodactyl - Artiodactyla adalah binatang dengan jari-jari lurus. Misalnya kambing. 
  • Edentata - Apakah sekelompok mamalia plasenta hanya ditemukan di Amerika. Misalnya, kukang dan armadillo. 
  • Pholidota - Mamalia Pholidota adalah hewan dengan ketombe tetapi tidak memiliki gigi. Makanan terdiri dari semut, antena dan dapat menggantung di ekornya atau menempel padanya. Misalnya, Pangolin. 
  • Pinnipedia - Tinggi sedang hingga besar. Jari-jarinya berjejaring, tengkorak memiliki proporsi tengkorak yang lebih besar. 
  • Cetacea - Lumba-lumba, paus, dan lumba-lumba adalah mamalia laut yang termasuk dalam ordo Cetacean dengan tiga subordo yaitu Archeoceti, Mysticeti dan Odontoceti. Tapi penyerahan Archaeoceti punah. Paus adalah binatang yang hidup di perairan sepanjang hidupnya. Tubuhnya berbentuk seperti torpedo tanpa sirip punggung dan memiliki lubang hidung di atas kepalanya. Di sisi kepala ada depresi yang sesuai dengan posisi telinga, tetapi tidak memiliki daun telinga. Salah satu perbedaan mendasar antara ikan dan paus adalah bentuk ekornya, di mana ekor bergerak secara horizontal saat berenang. Paus tidak memiliki kelenjar kulit. Semua giginya sama dan tidak memiliki email. Hidupnya di laut atau di air tawar. 
  • Probosci - Berukuran besar, memiliki belalai dengan dua lubang hidung, bukan tangan. Kepala besar dengan leher pendek. Bobotnya luar biasa dan berada di antara 300 dan 350 kg pada usia 50 tahun. 
  • Sirene - Merupakan kelompok mamalia murni yang hanya memakan tanaman tinggi dan ganggang. Mirip dengan urutan paus, ia tidak memiliki telinga dan anggota belakang. Semua sirene terlindungi dengan sangat baik karena jumlahnya lebih rendah dan kapasitas reproduksi rendah. Hanya ada satu bayi per tahun, atau bisa lebih jika kondisi lingkungan tidak mendukung ibu sirenia dan menunda kelahiran bayinya sampai musim mendatang. Misalnya Dugongidae 
  • Hyracoidea - Hyracoidea tinggal di padang pasir. Misalnya Hyrax 
  • Tubulidentata - Tubulidentata adalah hewan nokturnal. Ditemukan di Afrika, misalnya Orycteropus afer. 
  • Dermoptera - Demopteren adalah mamalia berkulit. Seorang rekan senegaranya yang bisa terbang. Kaki-kakinya berukuran kecil hingga sedang dan mendukung lipatan otot terlipat di kaki depan dan kaki belakang untuk membentuk sayap, gigi tajam, tengkorak rata dan lebar. Mamalia ini hanya terjadi di Asia Tenggara.

 

Macam dan Jenis Hewan Mamalia

Ada kurang lebih 5000 genus di dalam kelompok mamalia. Dari 5000 ini masih dibagi lagi menjadi puluhan bahkan ratusan ribu spesies yang berbeda. Melelahkan bukan jika ingin dibahas satu persatu. Namun secara ilmiah agar lebih ringkas, mamalia digolongkan ke dalam sepuluh ordo yang berbeda. Di antaranya

  1. Ordo Artiodactyla yang meliputi sapi, domba, kerbau, babi, kambing, jerapah, dll.
  2. Ordo Proboscidea yang meliputi gajah.
  3. Ordo Carnivora yang meliputi singa, harimau, anjing, kucing, beruang, musang, dll.
  4. Ordo Rodentia yang meliputi tikus, hamster, marmut, dll.
  5. Ordo Lagomorpha yang meliputi kelinci dll.
  6. Ordo Cetacea yang meliputi paus dan lumba-lumba.
  7. Ordo Sirenia yang meliputi dugong, sapi laut, dll.
  8. Ordo Monotremata yang meliputi platipus, echidna.
  9. Ordo Perissodactyla yang meliputi zebra, badak, kuda, tapir, dll.
  10. Ordo Primata yang meliputi gorila, simpane, orangutan, dll.

 

Contoh Kumpulan Hewan Mamalia

Untuk memudahkan pengelompokan hewan mamalia, dapat dikelompokkan menurut habitat lingkungan hidupnya yakni daratan, lautan, sungai, gurun, gunung, dan kutub.

  • Daratan , mamalia daratan merupakan kelompok mamalia yang paling beragam terdiri dari kuda, kerbau, gajah, kelinci, kanguru, landak, tikus, kambing, harimau dan masih banyak lagi
  • Lautan Terdiri dari paus dan lumba-lumba.
  • Sungai atau danau terdiri dari platypus.
  • Gurun, mamalia seperti unta.
  • Kutub, menjadi habitat bagi mamalia beruang kutub dan anjing laut.
  • Gunung, menjadi habitat bagi kijang dan kambing gunung.

 

 

 Baca Juga: Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Beserta Fungsi, Hak Dan Kewajiban Dari BPK Secara Lengkap

 

Penelusuran yang terkait dengan klasifikasi mamalia

  • klasifikasi mamalia pdf
  • klasifikasi mamalia laut
  • klasifikasi mamalia brainly
  • ciri-ciri mamalia
  • jenis hewan mamalia
  • peranan mamalia
  • makalah klasifikasi mamalia
  • ciri-ciri morfologi mamalia