Pengertian Beserta Klasifikasi Ikan Mas, Jenis- Jenis, Sistem Pencernaan Pada Ikan dan Pakan Buat Ikan Mas

Table of Contents

Deskripsi Ikan Mas

Ikan mas, yang memiliki nama ilmiah Cyprinus carpio, adalah ikan air tawar yang populer di dunia dan dikenal karena keindahan dan kemudahan perawatannya. Asal-usul ikan mas dipercaya berasal dari Asia Timur, tepatnya dari wilayah Asia Tengah dan China. Ikan mas telah dibudidayakan selama ribuan tahun, dan telah menjadi bagian integral dari budaya dan ekonomi di berbagai negara di seluruh dunia.

Beberapa catatan sejarah menunjukkan bahwa ikan mas telah dibudidayakan oleh bangsa Mesir kuno sekitar 2.500 tahun yang lalu. Selain itu, catatan tertulis yang menyebutkan pembudidayaan ikan mas juga ditemukan di Cina pada masa Dinasti Jin (abad ke-3 hingga abad ke-5 Masehi). Pada zaman tersebut, ikan mas sudah menjadi bagian dari budaya dan masyarakat Cina.

Dari Cina, ikan mas kemudian menyebar ke berbagai negara di Asia, Eropa, dan dunia lainnya melalui jalur perdagangan dan migrasi manusia. Di Eropa, ikan mas mulai diperkenalkan pada abad ke-12 oleh para biarawan di biara-biara, yang kemudian menyebar luas ke berbagai wilayah Eropa.

Seiring waktu, ikan mas tidak hanya menjadi sumber makanan yang penting, tetapi juga menjadi hobi yang populer di kalangan para penghobi ikan. Di berbagai negara, termasuk Indonesia, ikan mas sering ditemukan di kolam-kolam hias di taman-taman atau di kolam-kolam pribadi sebagai ikan hias yang menarik dan mudah dipelihara.

Kesuksesan ikan mas sebagai ikan budidaya adalah hasil dari adaptasi baik terhadap berbagai kondisi perairan dan kemampuannya untuk bertahan hidup dalam berbagai lingkungan. Hal ini membuat ikan mas menjadi salah satu spesies ikan air tawar yang paling tersebar luas dan paling banyak dibudidayakan di seluruh dunia.


Klasifikasi Ikan Mas

Klasifikasi ikan Mas adalah sebagai berikut:
  • Kingdom : Animalia
  • Filum : Chordata
  • Sub- Filum : Vertebrata
  • Kelas : Osteichthyes
  • Ordo : Cypriniformes
  • Famili : Cyprinidae
  • Genus : Cyprinus
  • Spesies : Cyprinus carpio


Perbedaan Ikan Mas Jantan dan Betina

Perbedaan antara nila jantan dan betina yaitu:
  1. Ikan mas betina memiliki perut besar, buncit & lembek. Sedangkan jantan tampak ramping
  2. Jika perut distriping mengeluarkan cairan berwarna kuning untuk betina dan cairan warna putih (sperma) pada jantan.
  3. Ikan betina gerakannya lambat sedangkan ikan jantan lincah dan gesit.

Jenis-Jenis Ikan Mas di Indonesia

Saat ini ikan mas mempunyai banyak ras atau strain. Adapun ciri-ciri dari beberapa strain ikan mas adalah sebagai berikut :
  • Mas Punten
Ras mas punten dikembangkan pertama kali di Desa Punten, Malang, Jawa Timur pada tahun 1933. Ikan mas ini memiliki tubuh yang relatif pendek, tetapi bagian punggungnya lebar dan tinggi. Bentuk badan ikan mas punten membulat pendek. Kemudian warna sisik hijau gelap, mata agak menonjol, gerakan tubuhnya lambat, dan bersifat jinak.
  • Mas Sinyonya
Mas Sinyonya memiliki bentuk tubuh yang memanjang dan punggungnya lebih rendah dibandingkan dengan ikan mas  punten. Sisiknya berwarna kuning muda seperti warna kulit jeruk sitrus. Mata ikan yang masih muda agak menonjol, kemudian berubah menjadi sipit ketika ikan sudah mulai tua. Sifat ikan mas sinyonya lebih  jinak dibandingkan dengan ikan ras punten. Ikan mas sinyonya memiliki kebiasaan berkumpul di permukaan
air. Fekunditas atau jumlah telur ikan mas sinyonya 85.000-125.000 dan diameternya 0,3-1,5 mm. Induk ikan mas sinyonya jantan akan matang kelamin pertama pada umur 8 bulan, sedangkan yang betina pada umur 18 bulan.
  • Mas Taiwan
Ikan mas taiwan memiliki bentuk badan yang memanjang dan bentuk punggung seperti  busur agak membulat. Sisiknya berwarna hijau kekuningan hingga kuning kemerahan yang terletak di tepi sirip dubur dan di bawah sirip ekor. Ikan ini sangat responsif terhadap makanan sehingga akan saling berebut ketika diberi pakan.
  • Mas Merah
Ciri khas dari ikan mas merah adalah sisiknya yang berwarna merah keemasan. Gerakannya aktif, tidak jinak dan paling suka mengaduk-aduk  dasar kolam. Bentuk badannya relative memanjang. Dibandingkan dengan ras sinyonya, posisi punggungnya relative lebih rendah dan tidak lancip serta matanya agak menonjol.
  • Mas Majalaya
Ikan mas Majalaya berkembang pertama kali di daerah Majalaya, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Ukuran badannya relative pendek dan punggungnya lebih membungkuk dan lancip dibandingkan dengan ras ikan mas lainnya. Sisiknya berwarna hijau keabuan dan bagian tepinya berwarna lebih gelap, kecuali di bagian bawah insang dan di bagian bawah sirip ekor berwarna kekuningan. Keunggulan mas majalaya diantaranya adalah laju pertumbuhannya relatif cepat, tahan terhadap infeksi bakteri Aeromonas hydrophila, rasanya lezat dan gurih, dan tersebar luas di Indonesia. Fekunditas mas majalaya yakni
84.000-110.000 butir per kilogram induk.


Enzim Pada Sistem Pencernaan Cyprinus carpio
  • Kingdom : Animalia
  • Phylum : Chordata
  • Classis : Pisces
  • Sub Kelas : Teleostei
  • Ordo : Cypriniformes
  • Sub Ordo : Cyprinoidei
  • Famili : Cyprinidae
  • Genus : Cyprinus
  • Spesies : Cyprinus carpio
Secara anatomis, struktur alat pencernaan ikan berkaitan dengan bentuk tubuh, kebiasan makanan, tingkah laku ikan dan umur ikan. Sistem atau alat pencernaan pada ikan terdiri dari dua bagian, yaitu saluran pencernaan (Tractus digestivus) dan kelenjar pencernaan (Glandula digestoria).
 

Saluran pencernaan
Mulai dari muka ke belakang, saluran pencernaan tersebut terdiri dari mulut, rongga mulut, farings, esofagus, lambung, pilorus, usus, rektum dan anus.

a. Mulut
Bagian terdepan dari mulut adalah bibir, pada ikan-ikan tertentu bibir tidak berkembang dan malahan hilang secara total karena digantikan oleh paruh atau rahang (ikan famili scaridae, diodotidae, tetraodontidae). Pada ikan belanak atau tambakan, bibir berkembang dengan baik dan menebal, bahkan mulutnya dapat disembulkan. Keberadaan bibir berkaitan erat dengan cara mendapatkan makanan. Di sekitar bibir pada ikan tertentu terdapat sungut, yang berperan sebagai alat peraba. Mulut terletak di ujung hidung dan juga terletak di atas hidung.
b. Rongga mulut
Di bagian belakang mulut terdapat ruang yang disebut rongga mulut. Rongga mulut ini berhubungan langsung dengan segmen faring. Secara anatomis organ yang terdapat pada rongga mulut adalah gigi, lidah dan organ palatin. Permukaan rongga mulut diselaputi oleh lapisan sel permukaan (epitelium) yang berlapis. Pada lapisan permukaan terdapat sel-sel penghasil lendir (mukosit) untuk mempermudah masuknya makanan. Disamping mukosit, di bagian mulut juga terdapat organ pengecap (organ penerima rasa) yang berfungsi menyeleksi makanan.

c. Farings
Lapisan permukaan faring hampir sama dengan rongga mlut, masih ditemukan organ pengecap, Sebagai tempat proses penyaringan makanan.
d. Esofagus
Permulaan dari saluran pencernaan yang berbentuk seperti pipa, mengandung lendir untuk membantu penelanan makanan. Pada ikan laut, esofagus berperan dalam penyerapan garam melalui difusi pasif menyebabkan konsentrasi garam air laut yang diminum akan menurun ketika berada di lambung dan usus sehingga memudahkan penyerapan air oleh usus belakang dan rectum (proses osmoregulasi)

e. Lambung
Lambung merupakan segmen pencernaan yang diameternya relatif lebih besar bila dibandingkan dengan organ pencernaan yang lain. Besarnya ukuran lambung berkaitan dengan fungsinya sebagai penampung makanan. Seluruh permukaan lambung ditutupi oleh sel mukus yang mengandung mukopolisakarida yang agak asam berfungsi sebagai pelindung dinding lambung dari kerja asam klorida. Sebagai penampung makanan dan mencerna makanan secara kimiawi. Pada ikan-ikan herbivora terdapat gizard (lambung khusus) berfungsi untuk menggerus makanan (pencernaan secara fisik).

f. Pilorus
Pilorus merupakan segmen yang terletak antara lambung dan usus depan. Segmen ini sangat mencolok karena ukurannya yang mengecil/menyempit.

g. Usus ( intestinum)
Merupakan segmen yang terpanjang dari saluran pencernaan. Intestinum berakhir dan bermuara keluar sebagai anus. Merupakan tempat terjadinya proses penyerapan zat makanan
h. Rektum
Rektum merupakan segmen saluran pencernaan yang terujung. Secara anatomis sulit dibedakan batas antara usus dengan rektum. Namun secara histologis batas antara kedua segmen tersebut dapat dibedakan dengan adanya katup rektum.

i. Anus
Anus merupakan ujung dari saluran pencernaan. Pada ikan bertulang sejati anus terletak di sebelah depan saluran genital. Pada ikan yang bentuk tubuhnya memanjang, anus terletak jauh dibelakang kepala bedekatan dengan pangkal ekor. Sedangkan ikan yang tubuhnya membundar, posisi anus terletak jauh di depan pangkal ekor mendekati sirip dada.

Kelenjar Pencernaan
Kelenjar pencernaan berguna untuk menghasilkan enzim pencernaan yang nantinya akan bertugas membantu proses penghancuran makanan. Kelenjar pencernaan terdiri dari hati dan pankreas. Disamping itu, saluran pencernaannya (lambung dan usus) juga berfungsi sebagai kelenjar pencernaan.
Hati meupakan organ penting yang mensekresikan bahan untuk proses pencernaan. Organ ini umumnya merupakan suatu kelenjar yang kompak, berwarna merah kecokelatan. Posisi hati terletak pada rongga tubuh bagian bawah, di belakang jantung dan disekitar usus depan. Di sekitar hati terdapat organ berbentuk kantong kecil, bulat, oval atau memanjang dan berwarna hijau kebiruan, organ ini dinamakan kantung empedu yang fungsinya untuk menampung cairan empedu yang disekresikan oleh organ hati. Secara umum hati berfungsi sebagi tempat metabolisme karbohidrat, lemak dan protein serta tempat memproduksi cairan empedu.
Pankreas merupakan organ yang mensekresikan bahan (enzim) yang berperan dalam proses pencernaan. Pankreas ada yang berbentuk kompak dan ada yang diffus (menyebar) di antara sel hati. Letak penkreas berdekatan dengan usus depan sebab saluran pankreatik bermuara ke usus depan. Saluran pankreatik yaitu saluran-saluran kecil yang bergabung satu sama lain dan pada akhirnya akan terbentuk saluran yang keluar dari pankreas menuju usus depan.
Enzim-enzim Pencernaan yang ada pada Ikan Mas (Cyprinus carpio)
1. Enzim Amilase => Amilase adalah sebuah enzim yang memecah pati ke dalam gula.
2. Enzim Maltase  = > Enzim yang memecah Maltosa menjadi dua molekul glukosa.
3. Enzim Tripsin  = > Tripsin merupakan salah satu protease atau enzim yang menghidrolisis protein.

Pakan Ikan Mas

Ikan mas termasuk kelompok ikan pemakan segala jenis makanan (omnivore), pada masa mudanya memakan zooplankton dan setelah tumbuh lebih besar ikan mas mulai berkelakuan sebagai ikan pemakan. Jasad-jasad air yang hidup didasar perairan (bentos) seperti larva chironomus, cacing oligochaeta, tubifex, dan berbagai jenis moluska. Larva ikan mas ini mulai kehabisan kuning telor setelah berumur 2-4 hari. Ikan mas juga sangat responsive dengan pakan buatan dengan kadar protein 25-30%
Adapun beberapa bentuk pakan yang dikenal antara lain emulsi, tepung, remah dan pellet.
a. Emulsi
Emulsi merupakan bentuk pakan tambahan untuk benih umur 5 – 21 hari. Bahan dari pakan ini terbuat dari kuning telur ayam dan tepung kedelai dengan perbandingan 1 : 1 serta ditambah vitamin 1% (vitamin bisa dibeli di apotek) cara pembuatan larutkan kuning telur ayam rebus dalam 200 ml air matang yang ditambah dengan 40 g tepung kedelai halus, 5 g tepung sagu (sebagai perekat ), dan 1 g vitamin.Campuran bahan-bahan tersebut di atas diaduk rata sambil di panaskan sampai terbentuk emulsi. Pakan buatan itu cukup untuk benih seberat kira-kira 1 kg yang diberikan 6-8 kali sehari selama kira-kira 5 hari.pakan ini di berikan dengan cara disemprotkan merata di atas permukaan air. Pakan berbentuk emulsi tidak boleh disimpan di udara terbuka lebih dari 10 jam. Sebaiknya emulsi ini di simpan dalam lemari es atau dengan membuatnya setiap akan memberi pakan.
b. Tepung Dan Remah
Tepung merupakan pakan tambahan benih ikan yang berumur antara 21-80 hari.jenis pakan buatan ini terdiri dari tepung halus untulk benih yang berumur 40-80 hari.Pakan buatan yang berupa tepung ini terbuat dari pellet yang di giling halus dan di ayak.Benih yang berumur antar 80-120 hari tidak di beri pakan berupa tepung lagi tetapi berupa remah.
Remah merupakan pecahan pellet kering.
c. Pellet
Pellet adalah pakan tambahan yang di cetak dalam bentuk butiran sebesar pil dan diberikan untuk ikan dalam tahap pembesaran formulasi pellet ada bermacam-macam tergantung dari bahan dasarnya berikut ini adalah salah satu contoh formulasi pellet.
Tepung ikan……………..50%
Tepung kedelai……………30%
Tepung terigu……………..13%
Kuning telur……………….5%
Premix……………………..2%






Penelusuran yang terkait dengan Sistem Pencernaan Pada Ikan dan Pakan Buat Ikan Mas
  • sistem pencernaan ikan
  • sistem digesti ikan lele
  • sistem pencernaan pada ikan mas
  • sistem pencernaan ikan lele
  • sistem respirasi ikan mas
  • sistem pencernaan ikan nila
  • sistem pencernaan ikan pdf
  • lambung ikan mas

Post a Comment