Manajer Keuangan adalah - Tugas, Tanggung Jawab, Fungsi, Gaji dan Tunjangan Beserta Syarat Umum Menjadi Manajer Keuangan


Manajer Keuangan adalah posisi yang sangat penting dalam sebuah perusahaan karena merupakan ujung tombak keuangan. Peran manajer keuangan dapat bervariasi tergantung pada ukuran dan kompleksitas perusahaan. Misalnya, manajer keuangan di perusahaan besar mungkin dapat melakukan kegiatan yang ditargetkan seperti analisis strategi. Kegiatan ini membantu eksekutif membuat keputusan terbaik. Ini mungkin termasuk interpretasi informasi keuangan dan perkiraan berbagai tren masa depan.

Di perusahaan yang lebih kecil, manajer keuangan dapat memiliki tanggung jawab yang jauh lebih luas atau mungkin mengelola semua fungsi keuangan. Beberapa manajer keuangan bahkan terus mengawasi tim lintas fungsi dengan departemen TI dan staf administrasi. Ini karena usaha kecil, sehingga masih bisa diatasi oleh manajer keuangan.



Tugas Manajer Keuangan

Peran utama manajer keuangan adalah untuk mendukung perencanaan perusahaan dan pengambilan keputusan melalui nasihat keuangan yang tepat. Tugas manajer keuangan lainnya adalah sebagai berikut:

  • Bekerja dengan manajer lain untuk merencanakan dan memprediksi berbagai aspek bisnis, termasuk perencanaan keuangan bisnis secara keseluruhan.
  • Pimpin dan operasikan siklus hidup bisnis seefisien dan seefektif mungkin dengan bekerja dengan manajer lain.
  • Buat keputusan penting tentang investasi dan berbagai pembiayaan dan semua hal terkait.
  • Dengan menghubungkan perusahaan dengan pasar keuangan, perusahaan dapat mengumpulkan dana dan memperdagangkan obligasi korporasi.

 


Fungsi Manajer Keuangan Dalam Perusahaan

Fungsi Manajer Keuangan, akan menjadi topik menarik yang akan kita bahsa dalam kesempatan ini. Manajemen keuangan berhubungan dengan 3 aktivitas, yaitu:

  • Aktivitas penggunaan dana, yaitu aktivitas untuk menginvestasikan dana pada berbagai aktiva.
  • Aktivitas perolehan dana, yaitu aktivitas untuk mendapatkan sumber dana, baik dari sumber dana internal maupun sumber dana eksternal perusahaan.
  • Aktivitas pengelolaan aktiva, yaitu setelah dana diperoleh dan dialokasikan dalam bentuk aktiva, dana harus dikelola seefisien mungkin.

Sebelum itu maka terkebih dahulu kita harus mengetahui definisi mengenai menajer keuangan itu sendiri. Dihimpun dari sumber terkait Manajer Keuangan merupakan seseorang yang mempunyai hak dalam mengambil suatu keputusan yang sangat penting dalam suatu bidang investasi dan pembelanjaan perusahaan. Manajer keuangan juga bertanggung jawab dalam bidang keuangan pada suatu perusahaan manfaatnya juga dalam salah satu dasar dasar perpajakan.



Tanggung Jawab Seorang Manajer Keuangan Pada Divisi Keuangan

Selain tugas yang harus dibebankan pada seorang manajer divisi keuangan, maka tentu saja ada tanggung jawab yang harus diemban pula. Apa saja memangnya tanggung jawab yang dibebankan? Berikut adalah uraiannya!

  • Mengkoordinasikan Pengontrolan Dana Perusahaan

Tanggung jawab dari manajer divisi ini sendiri harus mampu mengkoordinasikan pengontrolan dana perusahaan. Jangan sampai masing-masing divisi kerja perusahaan memiliki biaya operasional yang diluar kemampuan perusahaan. Kontrol keuangan wajib dilakukan oleh manajer keuangan dan divisinya.

  • Mengelola Fungsi Akuntansi yang Ada

Selain bertugas mengontrol dana perusahaan, tanggung jawab yang dibebankan adalah mampu mengelola fungsi akuntansi yang ditetapkan. Jangan sampai menyalahi dari peraturan dan sistem akuntansi kerja perusahaan yang sudah ditetapkan. Pengawasan dan pengelolaan fungsi ini menjadi penting agar menjaga keteraturan keuangan perusahaan.

  • Merencanakan dan Mengembangkan Sistem Keuangan Perusahaan

Selanjutnya tanggung jawab seorang manajer divisi bidang keuangan adalah merencanakan juga mengembangkan sistem keuangan didalam perusahaan. Strategi keuangan yang tepat tentu saja akan membuat keuangan perusahaan semakin berkembang. Pengembangan sistem keuangan yang tepat juga akan mampu membuat kemajuan dalam perusahaan yang dikelola.

  • Memastikan Jalannya Efisiensi Kerja Perusahaan

Tanggung jawab lainnya yang dibebankan adalah harus mampu memastikan jalannya kinerja perusahaan secara efisien. Tidak boleh bertele-tele, tidak boleh memakan waktu kerja yang kurang efektif dan membengkakan keuangan perusahaan. Manajer divisi keuangan harus bisa menjaga kinerja perusahaan tetap penuh kesesuaian, efisien juga efektif.

  • Bertanggung Jawab Menjaga Pengelolaan Pajak Perusahaan

Namanya sebuah perusahaan, maka dalam kinerjanya tentu saja akan dikenakan sebuah pajak kerja. Nah, tanggung jawab manajer dan divisi ini sendiri harus mampu mengelola pajak perusahaan yang ada agar dibayarkan tepat waktu. Jangan sampai pembengkakan bisa terjadi agar menjauhkan perusahaan dari denda pajak yang dibebankan.

  • Menjaga Arus Kas, Utang dan Piutang

Untuk tanggung jawab manajer divisi ini sendiri yang terakhir adalah harus mampu menjaga arus kas, utang dan piutang yang dimiliki. Jadi jangan sampai jumlah kas yang ada misalnya hingga mengalami nilai Rp. 0,- yang akan merugikan. Kemudian harus menjaga arus utang perusahaan agar tidak terlalu bengkak dan juga keuangan perusahaan agar tidak dihutang berlebihan.


Jalur Untuk Pengelolaan Keuangan

Kebanyakan dari Manajer Keuangan mencari CFA (Chartered Financial Analyst) yang dirancang sebagi langkah pertama untuk menjadi kepala pemilih saham untuk berkas. Kandidat CFA menjalani kursus ketat yang berkaitan dengan analisis dan manajemen portofolio.Biasanya analis ini membantu manajemen portofolio dengan penelitian pribadi atas semua pilihan atau pergerakan yang bersangkutan dengan berkas-berkas investasi tersebut.Setelah pengalaman yang cukup dalam bidang kedanaan, keterbiasaan kita dengan dunia dana, akan membantu kita lebih dalam mengelola dan menganalisa di dunia kedepannya.


Gaji dan Tunjangan Manajer Keuangan

Hampir semua manajer keuangan bermula dari karir yang rendah atau menjadi akuntan. Namun seiring berjalannya waktu dan pengalaman yang didapat, seorang manajer keuangan dapat berada pada top levelnya.

Gaji manajer keuangan sangatlah sepadan dengan tanggung jawab yang diembannya. Rata – rata gaji yang diperoleh menjadi seorang manajer keuangan di Indonesia sebesar Rp 10 juta hingga Rp 16 juta perbulan.

Namun apabila seorang menajer keuangan sudah berada dalam top level, akan mendapatkan gaji Rp 30 juta hingga Rp 35 juta perbulanya. Gaji yang diberikan pada setiap manajer keuangan dilihat dari pengalaman dan kinerja seorang manajer itu sendiri.

Syarat Umum Menjadi Manajer Keuangan

Syarat yang harus kamu penuhi untuk menjadi manajer keuangan adalah sebagai berikut.

Pendidikan/ Pengalaman

  • Minimal lulusan S1 jurusan Keuangan/ Akuntansi/ Perbankan.
  • Minimal memiliki pengalaman 2 tahun pada posisi Manajer Keuangan.
  • Usia 30-40 tahun.

Skill atau Kemampuan

Tidak hanya mengusai teori dalam bidang keuangan, namun sebagai seorang manajer harus cekatan dalam berbagai hal, seperti:

  • Dapat bekerjasama secara tim bersama manajer lain yang ada dalam perusahaan.
  • Dapat berfikir cepat dan efektif.
  • Berwasasan luas.
  • Mampu mengoperasikan berbagai jenis softare tentang keuangan.
  • Menguasai microsoft exel.
  • Teliti dalam pekerjaan.
  • Menguasai ilmu keuangan, pendanaan investasi, akuntansi dasar.
  • Memahami ilmu hukum dan kebiijakan ekonomi.

Menjadi seorang manajer keuangan memang memiliki beban kerja yang cukup berat. Manajer keuangan harus bisa melakukan pengontrolan terus menerus dan merencanakan sebuah anggaran.

Setiap orang yang ingin menjadi seorang manajer juga dituntut memiliki kriteria yang dibutuhkan sebagai seorang manajer keuangan yang baik.




Penelusuran yang terkait dengan fungsi manajer keuangan

  • wewenang manajer keuangan
  • fungsi manajemen keuangan menurut para ahli
  • peran manajer keuangan
  • tugas manajer keuangan
  • uraian tugas manajer keuangan proyek
  • fungsi keuangan adalah
  • bawahan manajer keuangan
  • fungsi dan peranan manajemen keuangan