Teks Prosedur Adalah - Pengertian , Macam, Ciri, Tujuan, Kaidah, dan 10+ Contoh Teks Prosedur



Pengertian Teks Prosedur

Teks Prosedur adalah teks yang berisi langkah-langkah yang harus ditempuh untuk mencapai tujuan yang diinginkan dan terdapat penjelasan/keterangan dalam langkah tersebut. Misalnya kamu sedang mencari tulisan cara memutihkan wajah melalui internet, nah pada teks tulisan tersebut akan ada cara atau langkah bagaimana memutihkan wajah sehingga menghasilkan putih bersih seperti yang kamu inginkan. cara yang disajikan pun langkah demi langkah secara berurutan agar sipembaca mampu mengikuti tutorial yang disajikan.

Tujuan Teks Prosedur

Tujuan penulisan Teks Prosedur adalah untuk menunjukan atau menjelaskan bagaimana mengerjakan sesuatu dengan langkah-langkah yang urut dan memudahkan pembaca maupun pendengar agar dapat mengikuti langkah atau perintah dari isi teks yang tujuan akhirnya bisa sesuai keinginan pembaca maupun pendengar.



Ciri-ciri Teks Prosedur

Teks prosedur dapat dengan mudah dibedakan dengan jenis teks lainnya. Berikut merupakan ciri-ciri teks prosedur:
  • Berisi langkah-langkah kegiatan yang dapat berupa poin-poin ataupun paragraf.
Teks prosedur umumnya berbentuk poin-poin yang berisikan langkah-langkah kegitan. Setiap poin berkaitan dan menunjukan urutan langkah yang harus dilakukan. Namun, ada pula teks prosedur yang berbentuk paragraf dan tidak menggunakan angka sebagai urutan. Teks ini terkadang dapat menyerupai teks narasi karena menggunakan konjungsi temporal.
  • Menggunakan kalimat saran dan larangan.
Kalimat saran dalam teks prosedur bertujuan untuk mengarahkan seseorang melakukan sesuatu agar mendapatkan hasil yang lebih baik. Begitupula dengan kalimat larangan, yaitu agar seseorang tidak melakukan langkah yang salah.
  • Disusun secara sistematis dan dijelaskan secara detail
Teks prosedur berisi langkah-langkah yang sistematis dan runut. Setiap langkah juga dijelaskan secara detail agar pembaca dapat memahami langkah yang akan dilakukan.
  • Berisi informasi yang bersifat objektif.
Tek prosedur berisi informasi yang bermanfaat untuk semua orang. Informasi yang disampaikan juga bersifat objektif, berdasarkan percobaan, atau analisis, bukan khayalan penulis.
  • Terdapat bilangan urutan atau angka yang menunjukan urutan/langkah prosedur.
Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa teks prosedur dibuat menggunakan tahapan. Umumnya ditulis menggunakan angka, tetapi untuk teks yang berupa paragraf akan terdapat urutan langkah yang ditunjukkan dengan kata seperti, pertama, kedua, ketiga, dan seterusnya.



Macam-Macam Teks Prosedur

Berikut ini adalah tiga macam-macam teks prosedur dan penjelasannya :

1.Teks Prosedur Sederhana

Teks prosedur sederhana adalah prosedur yang tidak membutuhkan langkah banyak dan waktu yang lama. Contohnya prosdur mematikan lampu, prosedur memilah sampah organic dan non organik, dan prosedur mengoprasikan setrika.

2.Teks prosedur Kompleks

Teks prosedur kompleks adalah prosedur yang membutuhkan banyak langkah dan waktu yang sedikit lama. Prosedur komplek harus melewati langkah demi langkah yang berurutan dengan step by step. Contohnya prosedur pendaftaran CPNS, Prosedur Skripsi, dan Prosedur Tilang.

3.Teks prosedur Protokol

Teks prosedur protocol adalah prosedur yang langkah-langkahnya tidak terlalu rumit dan dapat di pahami dengan mudah. Contohnya prosedur membuat kopi dan prosedur masak telur.

Struktur Teks Prosedur

Dibawah ini struktur yang ada didalam teks prosedur, diantaranya sebagai berikut :
  • Judul
    Judul pada teks prosedur ini diartikan ialah sebagai suatu aktivitas atau kegiatan yang akan di buat atau dilakukan.
  • Kalimat Pengantar
    Kalimat pengantar disini diartikan, ialah sebagai pernyataan pembuka didalam menyampaikan tujuan penulisan.
  • Bahan Dan Peralatan
    Bahan serta peralatan diartikan ialah sebagai rincian bahan serta juga peralatan yang digunakan selama proses produksi atau pada aktivitas yang dilakukan.
  • Tahapan Proses Di Tulis Secara Berurutan
    Merupakan tahapan atau tata cara atau proses yang harus dilakukan sesuai teks prosedur. Yang tentu tahapan ini harus dilakukan dengan secara berurutan dari awal hingga akhir, artinya tidak boleh ada 1 yang terlupa atau juga tertukar.
 

Kaidah Kebahasaan

Pada penulisan Teks prosedur, terdapat Kaidah Kebahasaan yang terdapat didalamnya, yaitu diantaranya sebagai berikut :
  • Kalimat Imperatif

Kalimat Imperatif merupakan Suatu kalimat yang berisikan tentang Perintah, dan berfungsi untuk memohon atau melarang seseorang dalam melakukan sesuatu.
  • Kalimat Deklaratif

Kalimat Deklaratif merupakan Suatu kalimat yang berisikan tentang Pernyataan, dan berfungsi untuk memberikan sebuah Informasi atau Berita tertentu.
  • Kalimat Interogatif

Kalimat Interogatif merupakan Suatu kalimat yang berisikan tentang Pertanyaan, dan berfungsi untuk mengetahui sebuah Informasi tertentu.
  • Konjungsi Temporal

Konjungsi Temporal merupakan Sebuah Kata Penghubung yang berfungsi untuk menghubungkan secara Kronologis, dengan waktu, tempat, serta suatu kejadian peristiwa yang memiliki keterkaitan. Contoh : Setelah ini, Kemudian, Berikutnya, Selanjutnya, Sebelum itu, dan lain-lain.
  • Verba Material

Verba Material adalah Suatu perbuatan yang mengarah pada sebuah tindakan, seperti : potong kecil-kecil singkong itu, masukan air itu ke dalam wadah.
  • Verba Tingkah Laku

Verba Tingkah Laku adalah Suatu perbuatan yang mengarah pada sebuah tindakan, yang berdasarkan suatu ungkapan, seperti : Tunggu dulu kira-kira 5 menit, Tunggu sampai singkong itu matang, tetap pertahankan dia, dan lain-lainnya.
  • Partisipan Manusia

Partisipan Manusia adalah Mengikutsertakan seseorang dalam suatu tulisan, yang berfungsi dalam membantu langkah-langkah caranya.
  • Bilangan Penanda

Bilangan Penanda adalah Suatu bilangan berupa Angka atau Nomor, dalam mengurutkan langkah-langkah pada sebuah tulisan.


Contoh Teks Prosedur Kompleks Lengkap yang Baik dan Benar

1. Contoh Teks Prosedur Kompleks: Cara Membuat Nasi Goreng

Cara Membuat Nasi Goreng Dadakan
Berikut adalah cara membuat nasi goreng dadakan. Karena namanya Nasi Goreng Dadakan, berarti nasi goreng yang dibuat secara mendadak dan dengan bahan seadanya. Buat kalian yang mau mencoba membuat nasi goreng ini, bisa kalian siapkan bahan-bahannya serta ikuti langkah-langkahnya. Mari kita mulai!
Bahan-bahan:
Satu piring nasi putih, 2 siung bawang merah, 1 siung bawang putih, daun bawang secukupnya, 1 buah tomat, 2 buah cabe rawit, bawang goreng secukupnya, 1 butir telur ayam. kecap manis, 1 sendok teh garam, kaldu bubuk secukupnya
Cara membuat:
  1. Iris tomat, cabe rawit, bawang merah, bawang putih, dan daun bawang.
  2. Tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum lalu masukan irisan daun bawang.
  3. Kemudian masukan nasi serta irisan tomat
  4. Setelah itu masukan telur, kecap manis, kaldu bubuk, dan juga garam secukupnya. Kemudian, setelah tercampur aduk sampai merata.
  5. Setelah merata dan kecap kering, nasi goreng dadakan siap disajikan.

2. Contoh Teks Prosedur Kompleks: Cara Mudah Membuat Slime Yang Aman

contoh teks prosedur kompleks
Cara Mudah Membuat Slime Yang Aman
Slime adalah salah satu mainan favorit anak-anak yang bisa dengan mudah kita beli di toko mainan. Tapi slime juga bisa kita buat sendiri di rumah dengan cara seperti berikut ini:
Bahan-bahan:
  • 1 botol slime activator yang bisa didapat di toko-toko terdekat.
  • 1 botol cusson baby oil.
  • Pewarna makanan secukupnya (warna disesuaikan dengan selera).
  • 1 botol lem povinal.
  • Sendok dan Piring.
Cara membuat:
  1. Campurkan lem povinal dengan pewarna makanan dalam piring hingga warna merata.
  2. Setelah tercampur dengan merata, tambahkan slime activator dengan cara menuangkannya sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga campuran membentuk gel dan tidak lengket di piring.
  3. Kemudian tambahkan cussons baby oil agar slime tidak lengket di tangan.
  4. Slime siap digunakan untuk bermain.

3. Contoh Teks Prosedur Kompleks: Cara Benar Menghidupkan Komputer

Cara Benar Menghidupkan Komputer
Kini, komputer telah menjadi salah satu barang yang sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Apakah untuk keperluan kerja, sekolah, ataupun hiburan. Dalam menggunakan sebuah komputer, kita memerlukan suatu prosedur pengoperasian. Mulai dari menghidupkan komputer sampai dengan mematikannya. Buat kalian yang ingin tahu cara untuk menghidupkan computer, bisa diikuti langkah-langkah berikut:
  1. Kabel-kabel yang terhubung harus dipastikan sudah terpasang dengan tepat dan benar.
  2. Hidupkan stabilizer voltage (jika anda memilikinya).
  3. Hidupkan monitor dengan menekan tombol power yang terdapat pada monitor.
  4. Setelah itu, hidupkan CPU dengan cara menekan tombol power yang ada pada CPU.
  5. Tunggu hingga proses booting OS selesai.
  6. Setelah muncul layar desktop, komputer telah siap untuk pakai.

4. Contoh Teks Prosedur Kompleks: Cara Benar Mematikan Komputer

Cara Benar Mematikan Komputer
Sebelumnya, kita telah membahas cara untuk menghidupkan komputer dengan benar. Kini saatnya kita membahas cara untuk mematikan komputer dengan benar. Berikut ini akan dibagi menjadi dua cara, pertama akan dibahas cara mematikan komputer pada windows XP, Vista, dan Windows 7, lalu kedua, kita akan membahas cara untuk mematikan komputer yang benar pada windows 8.
a. Cara mematikan komputer yang benar pada windows XP, Vista, dan windows 7 adalah sebagai berikut:
  1. Langkah awal yang perlu dilakukan adalah mengklik menu “START” yang ada di pojok kiri bawah layar.
  2. Kemudian setelah itu, klik menu “shutdown”.
  3. Lalu tekan atau pilih “OK”.
  4. Tunggu hingga komputer mati.
  5. Matikan stabilizer dengan cara menekan tombol power sesaat setelah computer mati. Kemudian, Anda bisa mencabut kabel listrik agar arus terputus.
b. Cara mematikan komputer yang benar pada windows 8 adalah sebagai berikut:
  1. Arahkan pointer mouse ke pojok kanan bawah.
  2. Pilih, lalu klik setting.
  3. Klik power, kemudian klik shutdown.
  4. Tunggu hingga komputer dalam keadaan benar-benar mati.
  5. Lalu matikan stabilier dan cabut kabel arus listrik.

5. Contoh Teks Prosedur Kompleks: Cara Membuat Blog Gratis Dengan Mudah

Cara Membuat Blog Gratis Dengan Mudah
Berikut adalah penjelasan tentang cara membuat suatu blog secara gratis dan benar dengan memakai situs wordpress dan blogspot. Agar dapat membuat blog gratis dengan benar, maka simak penjelasan mengenai langkah-langkah pembuatannya sebagai berikut:
a. Jika anda ingin membuat blog pada wordpress
  1. Langkah pertama, masuk pada link www.wordpress.com
  2. Kemudian, tulis nama blog yang ingin dipakai pada kolom yang muncul. Lalu klik atau enter untuk membuat situs web.
  3. Langkah ketiga, mengisi formulir yang akan muncul secara otomatis setelah menuliskan nama blog yang diinginkan.
  4. Berikutnya, pastikan Anda telah mendapatkan tanda centang berwarna hijau bukan warna merah. Tetapi jika yang muncul adalah centang berwarna merah, artinya nama yang Anda tulis telah digunakan sehingga Anda perlu membuat nama lain.
  5. Lalu, Anda dapat melakukan scroll down lalu klik tombol untuk membuat blog.
  6. Kemudian, Anda dapat melakukan penyesuaian untuk blog Anda yang nantinya bisa disesuaikan dengan tujuan dan kebutuhan.
  7. Selanjutnya, Anda dapat membuat email yang Anda pakai untuk melakukan registrasi dan klik aktivasi email.
  8. Jika pada saat aktivasi sudah berhasil maka akun Anda secara otomatis dapat langsung aktif dan Anda akan mendapatkan email pemberitahuan.
  9. Dan yang terakhir, blog Anda sudah siap untuk digunakan.
b. Jika Anda ingin membuat blog dengan membuat blogspot, maka bisa disimak cara pembuatan blog pada blogspot sebagai berikut:
  1. Langkah pertama, Anda harus masuk pada link www.blogger.com
  2. Kemudian, klik sign up yang terdapat di pojok kanan atas
  3. Lalu, isi aplikasi pendaftaran pada akun google yang nantinya muncul secara otomatis. Lalu klik next.
  4. Selanjutnya, mengisi kolom untuk vertifikasi lalu klik tombol send untuk verifikasi kode.
  5. Langkah kelima adalah dengan memasukkan kode verifikasi yang telah diterima via sms, kemudian klik tombol verify.
  6. Apabila Anda telah berhasil maka nantinya Anda akan diminta untuk menambahkan for profile.
  7. Selanjutnya adalah dengan menampilkan sebuah laman pemberitahuan jika Anda telah mempunyai akun untuk langsung login pada www.blogger.com
  8. Setelah Anda melakukan login, masuk pada dashboard, nantinya Anda dapat klik tombol untuk blog baru.
  9. Langkah kesembilan adalah dengan mengisi jendela pembuatan blog yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda, contohnya pada: judul blog, template, alamat dan lain sebagainya.
  10. Kemudian klik tombol untuk membuat blog, dan blog pun sudah dapat digunakan.



Penelusuran yang terkait dengan Teks Prosedur
  • fungsi teks prosedur
  • struktur teks prosedur
  • contoh teks prosedur protokol
  • teks prosedur kompleks
  • tujuan teks prosedur
  • contoh teks prosedur dalam kehidupan sehari hari
  • jenis teks prosedur
  • ciri-ciri teks prosedur