Pengertian Mulut Adalah - Struktur Mulut, Fungsi, dan Ganguan Pada Mulut


Referensisiswa - Mulut merupakan salah satu bagian tubuh manusia dan juga arti hewan yang berfungsi penting sebagai awal dari saluran pencernaan makanan, yaitu sebagai tempat masuknya makanan. Di dalam mulut proses pencernaam makanan terjadi secara mekanik dengan melibatkan gigi dan air ludah. Selain itu mulut atau rongga mulut terdiri dari banyak komponen yang bekerja sama sehingga kita dapat bernapas, berbicara, makan, dan mencerna makanan.

Struktur mulut seperti misalnya bibir, pipi, gigi, lidah, langit-langit, selaput lendir, gusi, dan tenggorkan. Masing-masing dari struktur prnyusun mulut tersebut mempunyai tugas masing-masing dan saling bersinergi satu sama lain. Ketika kita memahami bagian-bagian mulut ini dan bagaimana pengaruhnya terhadap kesehatan secara umum maka hendaknya kita selalu menjaga kesehatan mulut.

 

Pengertian Mulut

Dalam anatomi ikan dan manusia mulut merupakan bagian pertama dari saluran pencernaan yang menerima makanan dan menghasilkan air liur. Mukosa mulut adalah epitel selaput lendir yang melapisi bagian dalam mulut.Mulut merupakan rongga terbuka tempat makanan dan udara masuk ke dalam tubuh. Mulut adalah rongga berongga yang dibentuk oleh ruang antara bibir, pipi, lidah, langit-langit keras dan lunak, serta tenggorokan. Bagian luar mulut terletak dibawah hidung dan diatas dagu.Mulut terdiri dari dua bagian, ruang depan dan rongga mulut. Mulut, biasanya lembab karena dilapisi oleh selaput lendir. Selain itu, mulut berisi gigi yang berfungsi untuk mengunyak makanan. Bibir menandai transisi dari selaput lendir ke kulit, yang menutupi sebagian besar tubuh.

 

Baca Juga:  Cerita Fabel Adalah - Sejarah, Ciri-ciri, Struktur Cerita Fabel, Jenis-Jenis dan Simbol Binatang Pada Cerita Fabel Beserta Contohnya

 

Pengertian Mulut Menurut Para Ahli

Adapun definisi mulut menurut para ahli, antara lain:

  1. Biology Online, Mulut adalah salah satu bgaian saluran pencernaan yang terbuka ke luar di bibir dan bermuara ke tenggorokan di bagian belakang yang mengandung struktur untuk pengunyahan dan pengecapan terutama pada vertebrata yang lebih tinggi.
  2. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Mulut merupakan rongga di muka, tempat gigi dan lidah, untuk memasukkan makanan (pada manusia atau binatang.

 

Sistem Pencernaan

Saluran pencernaan dimulai di mulut, pencernaan dimulai ketika makanan dibawah ke mulut di tumbuk oleh gigi dan di basahi dengan air liur. Air liur memiliki enzim yang disebut amilase yang mulai memecah karbohidrat menjadi gula.Pergerakan di bantu dengan lidah untuk mendorong bagian yang basah, massa lunak makanan ke bagian belakang mulut di tempat yang dapat tertelan. Sebuah lipatan kulit yang disebut epiglotis menutup selama tenggorokan (trakea) untuk memastikan makanan yang diarahkan ke kerongkongan-tabung yang mengarah ke perut.

 

Alat Komunikasi

Dalam berbicara membutuhkan serangkaian kompleks peristiwa terjadi persis dengan urutan yang benar. Udara yang keluar berjalan melalui pita suara di laring. Pita suara bergetar, yang menghasilkan suara. Jenis suara tergantung pada ketatnya pita suara dan kekuatan udara yang dikeluarkan. Pergerakan lidah dan bibir membantu membentuk suara, Struktur mulut lain yang terlibat dalam produksi suara termasuk selera keras dan lunak dan hidung.

 

 

 


Struktur mulut

Didalam rongga mulut terdapat beberapa struktur, gigi, lidah, dan kelenjar ludah.

  • Gigi

Gigi merupakan struktur utama mulut untuk merobek. Lalu menggiling makanan yang dicerna menjadi potongan-potongan kecil yang cocok untuk pencernaan.Gigi memiliki struktur padat dan keras untuk menjalankan fungsinya dengan baik.Berdasarkan bentuknya gigi manusia terdiri dari, gigi seri, gigi taring, gigi geraham depan (praemolar), gigi geraham belakang (molar).

Berdasarkan strukturnya gigi manusia mempunyai bagian:

  1. Bagian yang tampak dari luar disebut puncak gigi atau mahkota gigiBagian yang tertanam didalam rahang disebut akar gigi.
  2. Daerah antara puncak gigi dan akar gigi dan tertanam di dalam gusi disebut leher gigi.

Dikutip situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (kemendikbud), berdasarkan tahap perkembangannya gigi manusia dibedakan menjadi dua, yakni gigi susu dan gigi dewasa.Pada gigi susu akan tumbuh pada anak usia 6 bulan hingga 8 tahun. Gigi susu berjumlah 20 buah terdiri dari 8 buah gigi seri, 4 buah gigi taring dan 8 buah gigi geraham.Pada usia 6 tahun sampai 14 tahun gigi susu akan tanggal dan digantikan gigi dewasa.Gigi dewasa (gigi tetap) berjumlah 32 buah yang terdiri dari 8 buah gigi seri, 4 buah gigi taring, 8 buah gigi geraham depan, 12 buah gigi geraham belakang.

  • Lidah

Lidah berfungsi untuk mengatur dan mencampur makanan. Selain juga membawa reseptor sensorik untuk rasa dan langit-langit mulut yang memisahkan mulut dari ronggan hidung.Itu memungkinkan saluran udara dan makanan terpisah. Semua struktur tersebut, bersama dengan bibir terlibat dalam pembentukan suara ucapan dengan memodifikasi jalan udara melalui mulut.Kelenjar Ludah

Kelenjar ludah menghasilkan ludah atau saliva. Ludah dihasilkan oleh tiga kelenjar ludah, yakni:

  1. Kelenjar parotis, kelenjar ini terletak di bawah telinga.
  2. Kelenjar submaksilaris, terletak pada rahang bawah.
  3. Kelenjar sublingualis, terletak dibawah lidah.

 Air ludah tersebut mengandung ezim amilase atau enzim ptyalin yang berfungsi mengubah amilum (polisakarida) menjadi maltosa (disakarida).Air ludah mempunyai pH netral, karena banyak mengandung air. Itu akan membasahi mulut dalam cairan.Sehingga akan menjaga tetap lembab dan bersih dari makanan dan puing-puing lainnya.Ada membran khusus membentuk kedua gusi yang mengelilingi dan menopang gigi, dan permukaan lidah..Di mana membran lebih kasar dalam tekstur dan mengandung banyak papilla kecil yang menahan selera.

  • Bibir

Dua struktur seluler & otot yang membentuk pintu masuk ke mulut. Bibir tersebut menandai transisi dari kulit membran mukosa lembab.Di bagian luar mulut itu terdaoat dua bibir, bagian atas serta bawah.
Permukaan luar bibir tersebut ditutupi oleh folikel rambut serta beberapa kelenjar.Permukaan tengah (wilayah transisi) bibir ini ialah lapisan epidermis yang transparan.Permukaan bagian di dalam bibir ialah selaput lendir.Lalu terdapat tempat pertemuan antara bibir atas dan juga bibir bawah di sebelah mulut, Komisura-Lippe.Bibir tersebut menahan makanan serta meneruskannya ke rongga mulut untuk pencernaan dengan melalui gigi, lidah serta kelenjar ludah.

  • Gusi

Untuk bagian gusi sendiri terdiri dari jaringan fibrosa serta padat yang melapisi lengkungan alveolar dan juga pelukan gigi. Gusi ini merupakan langit-langit mulut tempat wadahnya makanan.

  • Langit-langit Mulut

Langit-langit mulut tersebut membentuk langit-langit mulut serta memisahkan mulut dari rongga hidung. Langit-langit ini terdiri dari 2 bagian yang sangat berbeda. Selama proses menelan tersebut, langit-langit lunak dan juga uvula bergerak ke atas supaya makanan tersebut tidak langsung masuk ke rongga hidung dan juga ke orofaring.

  • Kelenjar Ludah (Saliva)

Kelenjar ludah ini merupakan kelenjar kecil, ditemukan pada bagian mulut, yang menghasilkan air liur. Semuanya itu berada di bawah selaputlendir. Kelenjar ludah paling besar itu yakni kelenjar parotid yang posisinya itu pada tiap-tiap sisi, hanya di depan telinga.

Di Sekitar mulut itu terdapat Tiga (3) pasang kelenjar ludah, diantaranya  :

  1. Sepasang kelenjar parotis, ini letaknya pada di bawah daun telinga
  2. Sepasang kelenjar sublingualis, ini letaknya pada di bawah lidah
  3. Sepasang kelenjar submandibularis, ini letaknya pada di sekitar tulang mandibula.
  • Pipi

Pipi ini merupakan area di sebelah mulut, yang terdiri dari otot. Otot pada bibir tersebut memainkan peran penting di dalam mengunyah, otot tersebut disebut dengan mengunyah otot (chewing).

 

Fungsi Dari Mulut

Berikut ini adalah, antara lain, Fungsi Mulut manusia :

  • Sebagai sarana berbicara (komunikasi)
  • Bagian dari sistem pencernaan
  • Bernafas selain hidung
  • Kunyah dan giling makanan
  • Cobalah makanannya
  • Makanlah makanan
  • Tempat makanan pertama yang bisa masuk adalah pencerna
 

Ganguan Pada Mulut

Ganguan Mulut

Berikut adalah beberapa kelainan mulut yang terdaftar :

  • Infeksi seperti sariawan, herpes atau radang amandel
  • Bau mulut (bau mulut)
  • Sindrom mulut kering
  • Bisul di mulut
  • kanker mulut
  • Bibir sumbing dan bibir sumbing
  • Masalah lidah seperti permukaan yang retak atau dilapisi
  • Masalah gigi seperti karies (gigi berlubang) atau pengaruh gigi bungsu

 

 Baca Juga: Pengertian Benda Tegar - Rumus, Syarat, Jenis-jenis, dan 15 Contoh Soal Kesetimbangan Benda Tegar

 

Demikinalah tadi artikel yang bisa kami uraikan pada segenap pembaca berkenaan dengan pengertian mulut menurut para ahli, struktur, dan fungsinya. Semoga bisa memberi edukasi serta referensi bagi kalian yang sedang membutuhkannya.

Penelusuran yang terkait dengan Struktur Dari Mulut

  • anatomi rongga mulut lengkap
  • fungsi mulut
  • fungsi rongga mulut
  • struktur dan fungsi rongga mulut
  • anatomi mulut
  • fungsi langit-langit lunak
  • gambar anatomi mulut
  • fungsi langit-langit mulut