Objek Studi Geografi (Material & Formal) dan 25 Ilmu Penunjang Geografi Secara Lengkap

Seperti halnya ilmu-ilmu pengetahuan lain, geografi memiliki objek studi dan ruang lingkup kajian tersendiri yang berbeda dari disiplin ilmu lainnya. Objek studi tersebut dapat dibedakan menjadi dua, yaitu objek material dan objek formal. Beberapa disiplin ilmu dapat memiliki objek material yang sama dalam bidang kajiannya, tetapi akan berbeda dalam hal objek formalnya. Contoh objek material antara ilmu geografi, geologi, dan geofisika adalah sama, yaitu planet Bumi tetapi berbeda dalam kajian formal ketiga cabang ilmu kebumian tersebut. 

Dari penjelasan tersebut jelas bahwa objek kajian geografi terdiri ata dua objek, yaitu sebagi berikut.
1. Objek Material
Objek material geografi adalah fenomena geosfer (permukaan Bumi) yang meliputi atmosfer (lapisan udara), litosfer dan pedosfer (lapisan batuan dan tanah), hidrosfer (bentang perairan), biosfer (dunia tumbuhan dan hewan), dan antroposfer (manusia). Biosfer tersebut membentuk lingkungan geografi yang terdiri atas komponen abiotik seperti udara, tanah, air, barang tambang, dan sebagainya. Komponen biotok meliputi manusia, hewan, dan tumbuhan. Dengan demikian, apabila sebuah fenomena ditinjau dari sudut padang geografi akan selalu diintegrasikan dengan ilmu-ilmu yang lainnya.
2. Objek Formal
Objek formal dalam geografi merupakan suatu cara pandang keruangan yang dituangkan dalam konsep-konsep geografi. Jadi, yang menjadi objek bukan benda atau material tetapi fenomena keruangan.
Di dalam menelaah fenomena muka Bumi, studi geografi senantiasa menganalisis lokasi, persebarannya di permukaan Bumi, dan saling keterkaitan (interrelasi dan interaksi) antara suatu fenomena dengan fenomena lainnya. Sebagai contoh ketika meneliti masalah kemiskinan, beberapa hal yang dapat dikaji, yaitu sebagai berikut.

  • Di mana lokasi kemiskinan tersebut? Apakah di wilayah perkotaan atau perdesaan? Apakah di kawasan industri, pertambangan, atau wilayah pertanian? Apakah terjadi di negara berkembang atau negara maju?
  • Bagaimana pola persebarannya? Apakah tersebar di seluruh wilayah atau hanya di daerah-daerah tertentu saja?
  • Bagaimana relasi atau kterkaitan antara masalah kemiskinan dengan aspek-aspek alamiah dan sosial lainnya di wilayah terseubt? Misalnya, ketersediaan sumber daya alam, kualitas penduduk seperti tingkat pendidikan, penguasaan ilmu pengetahuan, dan teknologi, tingkat kesehatan, adat istiadat setempat, prasaran dan saran transportasi yang menghubungkan dengan wilayah lain di sekitarnya.


25 Ilmu Penunjang Geografi

Geografi merupakan ilmu yang mempunyi cakupan yang sangat luas. Bayangkan saja, fenomena yang terdapat di Bumi dan di luar Bumi menjadi objek studi geografi. Untuk itulah, beberapa ilmu penunjang dalam mempelajari geografi diperlukan. Berikut adalah beberapa ilmu penunjang geografi:
  1. Geologi yaitu ilmu yang mempelajari lapisan batuan penyusun bumi.
  2. Geomorfologi yaitu ilmu yang mempelajari bentuk permukaan bumi dan proses terbentuknya permukaan bumi.
  3. Pedologi yaitu ilmu yang mempelajari tentang lapisan tanah, antara lain tentang proses pembentukan dan jeni-jenisnya.
  4. Meteorologi yaitu ilmu yang mempelajari cuaca, yaitu keadaan atmosfer pada suatu tempat yang relatif sempit dan dalam jangka waktu yang relatif terbatas.
  5. Klimatologi yaitu ilmu yang mempelajari iklim, yaitu keadaan atmosfer pada wilayah yang relatif luas dan dalam jangka waktu yang relatif lama.
  6. Antropogeografi yaitu ilmu yang mempelajari tentang persebaran manusia di permukaan bumi dalam hubungannya dengan lingkungan geografi.
  7. Demografi yaitu ilmu yang mempelajari tentang kependudukan, antara lain hubungannya dengan jumlah dan pertumbuhan, komposisi, serta migrasi penduduk.
  8. Hidrologi yaitu ilmu yang mempelajari tentang lapisan air yang ada di permukaan bumi, di bawah tanah, proses terjadinya, sirkulasi dan sebarannya.
  9. Oseanografi yaitu ilmu yang mempeljari lautan, antara lain tentang sifat air laut dan gerakan air laut.
  10. Biogeografi yaitu ilmu yang mempelajari tentang persebaran hewan dan tumbuhan di permukaan bumi serta faktor-faktor yang mempengaruhi, membatasi, dan menentukan pola persebarannya.
  11. Botani yaitu ilmu yang mempelajari tentang kehiduapan tumbuh-tumbuhan.
  12. Sosiologi yaitu ilmu yang mempelajari tentang masyarakat.
  13. Ekonomi yaitu ilmu yang mempelajari tentang proses produksi, distribusi, dan konsumsi untuk pemenuhan kebutuhan.
  14. Ekologi Merupakan cabang ilmu biologi yang mempelajari tentang hubungan entara organisme dan juga antara pengetahuan yang mempelajari tentang usaha-usaha menusia untuk memenuhi kebutuhan hidup dalam mencapai kemakmuran.
  15. Astronomi Merupakan ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang antariksa, proses pembentukannya, dan juga benda-benda antariksa.
  16. Geografi politik. Merupakan cabang ilmu pengetahuan yang khusus mempelajari tentang kondisi geografis ditinjau dari sudut pandang politik dan kepentingan negara.
  17. Geografi fisik. Merupakan ilmu pengetahuan yang memepelajari tentang bentuk dan juga struktur permukaan bumi, yang mencakup aspek geomorfologi dan hidrologi.
  18. Geografi manusia. Merupakan ilmu yang mempelajari tentang aspek sosial, ekonomi dan juga budaya penduduk.
  19. Geografi regional Merupakan ilmu yang mempelajari tentang suatu kawasan tertentu secara khusus, misalnya ialah geografi asia tenggara dan geografi timur tengah.
  20. kartografi Merupakan ilmu pengetahuan tentang peta, baik teknis pembuatan, jenis dan juga pemanfaatannya.
  21. Ilmu tanah Merupakan ilmu geografi yang mepelajari sifat fisik tanah dan juga segala sesuatu yang berhubungan dengan tanah yang ada di alam.
  22. Geografi pemukiman Merupakan ilmu pengetahuan yang mempelajari perkembangan permukiman di suatu wilayah yang ada di seluruh permukaan bumi.
  23. Geografi sosial. Merupakan ilmu pengetahuan yang mempelajari hubungan sosial dengan struktur kekurangan yang mebahas mengenai ilmu sosial.
  24. Geodesi Merupakan ilmu pengetahuan yang mepelajari mengenai pengukuran juga pemetaan permukaan bumi.
  25. Geofisika Merupakan cabang ilmu pengetahuan yang mempelajari mengenai sifat bentuk bumi, seperti reaksi terhadap gaya, bentuk bumi, dan juga medan potensial.


Penelusuran yang terkait dengan Ilmu Penunjang Geografi
  • 15 ilmu penunjang geografi
  • ilmu penunjang geografi brainly
  • ilmu penunjang geografi fisik
  • ilmu penunjang geografi dan contohnya
  • contoh ilmu penunjang geografi
  • jelaskan ilmu penunjang geografi vulkanologi
  • ilmu penunjang geografi regional
  • 10 ilmu penunjang geografi