Mikrometer Sekrup - Cara Penggunan, Cara Membaca, Bagian-Bagian Mikrometer Sekrup Beserta Contoh Soalnya Lengkap

Table of Contents
Cara Membaca Mikrometer Sekrup Yang Tepat
Mikrometer sekrup adalah alat pengukuran yang terdiri dari sekrup terkalibrasi dan memiliki tingkat kepresisian 0.01 mm (10-5 m). Alat ini ditemukan pertama kali oleh Willaim Gascoigne pada abad ke-17 karena dibutuhkan alat yang lebih presisi dari jangka sorong. Penggunaan pertamanya adalah untuk mengukur jarak sudut antar bintang-bintang dan ukuran benda-benda luar angkasa dari teleskop.



Skala dari Mikrometer Sekrup
Skala tersebut dibagi menjadi dua jenis, yaitu:
  • Skala Utama
Pada skala ini terdiri dari: 1, 2, 3, 4, 5 mm, dan seterusnya, yang berada di atas. Kemudian nilai rata-rata: 1,5; 2,5; 3,5; 4,5; 5,5 mm dan seterusnya di bawah ini.
  • Skala Berputar atau Skala Vernier
Terdiri dari skala mulai 1 hingga 50. Untuk setiap skala vernier, skala utama diputar bolak-balik 0,5 mm. Maka kesimpulan dapat diperoleh dari logika ini: 1 skala balik = 1/100 mm = 0,01 mm



Cara Penggunan Mikrometer Sekrup

Maka penggunaan mikrometer sangat mudah. Berikut adalah lima langkah untuk menggunakan alat ukur yang dapat Anda pelajari sebelum menggunakan alat ini:
  • Langkah utama adalah memastikan kunci mikrometer terbuka
  • Kedua, periksa bahwa poros tetap mikrometer dan poros pendorong mikrometer menunjukkan nol ketika mereka cocok dengan skala vernier dan skala mikrometer utama.
  • Langkah ketiga adalah membuka rahang pengukur mikrometer dengan menggerakkan pemain ke kiri agar benda yang akan diukur dapat menembus rahang.
  • Keempat, tempatkan benda yang akan diukur antara sumbu tetap dan poros geser, dan kemudian tutup rahang sampai benda yang diukur diukur.
  • Kelima adalah memutar kunci mikrometer sehingga setelah pengukuran ini pemain tidak dapat memindahkan atau menghitung nilai panjang, ketebalan, lebar atau diameter dari suatu benda yang diukur dengan sekrup mikrometer.

Tata Cara Membaca Mikrometer Sekrup


Sekrup mikrometer dibaca dalam dua bagian, yaitu pada skala utama dan pada skala vernier atau skala vernier. Pada skala lengan dan skala vernier dapat dibaca di bidal
Pada contoh di atas, membaca mikrometer sekrup adalah sebagai berikut:
  • Dalam skala utama dapat dilihat bahwa posisi bidal telah melewati angka “5” dan di bawahnya dalam garis 1 garis horizontal. 0,5 mm Artinya, pada bagian ini, hasil pengukuran 5 + 0,5 mm = 5,5 mm diperoleh. Pengukuran juga dapat dilakukan dengan prinsip bahwa setiap strip menunjukkan jarak 0,5 mm. Karena ada 5 strip di atas garis horizontal dan 6 strip di bawah garis horizontal, jarak totalnya adalah (5 + 6) x 0,5 mm = 5,5 mm
  • Pada bagian kedua, garis horizontal yang terlihat pada skala utama bertepatan dengan angka 28 pada skala vernier. Artinya, tambahan panjang 0,28 mm diperoleh pada skala vernier
  • Kemudian pengukuran dengan mikrometer memberikan 5,5 + 0,28 = 5,78 mm berikut. Hasil ini memiliki akurasi 0,01 mm


Bagian-Bagian Mikrometer Sekrup

  1. Poros Tetap - Poros tetap merupakan bagian mikrometer sekrup yang berfungsi untuk menahan benda yang sedang diukur. Benda yang akan diukur diletakkan di antara poros tetap dan poros geser.
  2. Poros Geser - Poros geser adalah bagian dari mikrometer sekrup yang berfungsi sebagai penekan benda saat diukur. Sesuai dengan namanya, poros geser bisa digeser menyesuaikan dengan ukuran benda yang sedang diukur.
  3. Pengunci - Pengunci adalah bagian dari mikrometer sekrup yang berfungsi untuk mengunci poros geser. Jika sudah dikunci, poros geser tidak akan bergerak, sehingga pengamat bisa melihat hasil pengukuran.
  4. Skala Utama - Nah, skala utama ini adalah bagian yang sering kamu lihat saat menggunakan mikrometer sekrup. Bagian ini berfungsi untuk menunjukkan ketebalan utama benda yang satuannya mm.
  5. Skala Nonius - Skala nonius adalah skala tambahan atau skala putar. Skala nonius berfungsi sebagai skala penambah pada skala utama. Bagian ini adalah bagian yang tidak bisa kamu temukan pada penggaris, mistar, atau meteran karena nilainya sangat kecil.
  6. Pemutar - Pemutar adalah bagian mikrometer sekrup yang berfungsi untuk memutar ke kiri atau ke kanan suatu poros geser.
  7. Bingkai - Bingkai merupakan bagian mikrometer sekrup yang berbentuk seperti huruf C. Bingkai terbuat dari logam yang cukup tebal dan kuat.

Material penyusun bingkai harus dipastikan tahan terhadap perubahan suhu lingkungan agar tidak mudah memuai atau menyusut. Oleh karena itu, bingkai dilapisi dengan plastik untuk mengurangi terjadinya transfer panas dari tangan sekalipun.


Contoh Soal Mikrometer Sekrup Dan Jawabannya


Contoh Soal 1
Perhatikan gambar mikrometer sekrup berikut ini!










Besar pengukurannya adalah ….
A. 2,93 mm
B. 3,27 mm
C. 3,48 mm
D. 3,77 mm
E. 4,26 mm
Pembahasan :
Hasil ukur = skala utama + skala nonius = 3,50 mm + 0,27 mm = 3,77 mm
Jawaban : D



Contoh Soal 2
Tebal sebuah lempeng logam yang diukur dengan mikrometer sekrup seperti ditunjukkan gambar adalah ….








A. 4,28 mm
B. 4,27 mm
C. 4,78 mm
D. 5,28 mm
E. 5,78 mm
Pembahasan :
Hasil ukur = skala utama + skala nonius = 4,50 mm + 0,28 mm = 4,78 mm
Jawaban : C

soal 3

Jika pada suatu pengukuran didapatkan gambar skala utama ataupun skala nonius dibawah ini,hitunglah berapa panjang dari benda yang akan diukur?












Jawaban
Skala utama = 4mm
Skala nonius = 0,30mm
Maka,jadi hasil dari pengukuran diatas adalah: Skala utama ditambah skala nonius = 4 +0,3 = 4,30mm

soal 4

hitunglah Berapa ketebalan kawat tembaga yang diukur dengan mikrometer sekrup dibawah ini?















Jawaban
Skala utama = 1,5mm
Skala nonius = 0,30mm
jadi,maka hasil dari pengukuran diatas adalah: Skala utama ditambah skala nonius = 1,5 + 0,3 = 1,80mm.

soal 5

Perhatikan gambar mikrometer sekrup dibawah ini!









hitunglah Besar pengukurannya adalah ….
A. 1,93mm
B. 3,17mm
C. 3,23mm
D. 3,77mm
E. 4,10mm
Pembahasan nya :
Hasil ukur = skala utama ditambah skala nonius = 3,50mm + 0,27mm = 3,77mm
Jawaban diatas adalah : D.3,77mm




Demikian tadi informasi mengenai bagaimana cara membaca mikrometer sekrup yang mudah dan akurat. Semoga bisa membantu anda yang saat ini tengah mencari info terkait hal tersebut.

Penelusuran yang terkait dengan Mikrometer Sekrup
  • rumus mikrometer sekrup
  • contoh soal mikrometer sekrup
  • fungsi mikrometer sekrup
  • kegunaan mikrometer sekrup
  • cara menggunakan mikrometer sekrup
  • gambar mikrometer sekrup
  • hasil pengukuran mikrometer sekrup pada gambar berikut adalah
  • ketelitian mikrometer sekrup

Post a Comment