Samudra Adalah - Pengertian, Manfaat, Proses Pembentukan dan Karakteristiknya Secara Lengkap

 Pengertian Samudera

 Pengertian Samudera adalah hamparan air asin yang mengelilingi daratan atau benua. Hamparan air asin yang relatif sempit disebut laut. Samudra (juga dieja samudera) atau lautan (dari bahasa Sanskerta) adalah laut yang luas dan merupakan massa air asin yang sambung-menyambung meliputi permukaan bumi yang dibatasi oleh benua ataupun kepulauan yang besar.
Cekungan samudera (ocean basin) adalah cekungan yang sangat besar dan dalam yang dipenuhi oleh air asin dan satu atau lebih sisinya dibatasi oleh benua. Laut (sea). Dalam penggunaan umum, kata laut (sea) dan samudera (ocean) sering dipakai bergantian sebagai sinonim. Di dalam oseanografi atau oseanologi, kedua kata itu memiliki perbedaan. Kata “laut” umumnya dipakai untuk menyebutkan kawasan perairan dangkal di tepi benua, seperti Laut Utara, Laut Cina Selatan dan Laut Arafura; massa air yang terkurung dan memiliki hubungan yang terbatas dengan samudera, seperti Laut Tengah, dan Laut Baltik; atau kawasan laut yang memiliki sifat fisik dan kimia tertentu, seperti Laut Merah, Laut Hitam, Laut Karibia, dan Laut Banda. Di samping itu, kata “laut”, kadang-kadang dipakai untuk menyebutkan nama danau seperti Laut Kaspi. Teluk (bay, gulf) adalah tubuh air yang relatif kecil yang tiga sisinya dibatasi oleh daratan. Teluk sering juga disebut sebagai Laut Setengah-tertutup (Semi-enclosed Sea). Estuari (estuary) adalah kawasan perairan muara sungai yang dipengaruhi oleh pasang surut dengan massa air yang memiliki salinitas lebih rendah daripada air laut dan lebih tinggi daripada air tawar.

Samudra meliputi 71% permukaan bumi, dengan area sekitar 361 juta kilometer persegi, isi samudra sekitar 1.370 juta km³, dengan kedalaman rata-rata 3.790 meter. (Perhitungan tersebut tidak termasuk laut yang tak berhubungan dengan samudra, seperti Laut Kaspia).
Pada beberapa negara dan kebudayaan di dunia Samudra Selatan tidak di kenal sebagai suatu samudra tersendiri, melainkan terbagi atas Samudra Atlantik, Samudra Hindia dan Samudra Pasifik dengan batas selatannya pantai benua Antartika.
Sementara pembagian batas samudra oleh Organisasi Hidrografik Internasional, Samudra Selatan adalah mulai dari pantai benua Antartika sampai batas 60 derajat Lintang Selatan.
Lapisan air samudera dapat mengisi cekungan di daratan maupun di lekukan yang besar di permukaan bumi. Lapisan air yang menyelimuti lekukan-lekukan permukaan bumi tersebut membentuk massa air luas yang dikenal dengan samudera atau lautan dan massa air yang sempit disebut dengan laut.

Rasa air asin disebabkan oleh air hujan yang mengalir di daratan membawa unsur kimia termasuk NaCl (Natrium Clorida) ke laut. Di laut terjadi arus dan gelombang, sehingga NaCl diaduk oleh arus laut dan gelombang dan terjadi reaksi, sehingga rasa air laut menjadi asin. Jadi perbedaan antara perairan laut dan perairan daratan adalah rasa asin Bagian yang lebih kecil dari samudra adalah laut, selat, teluk. Massa air yang menutupi permukaan bumi tersebar dalam bentuk samudera, laut, selat dan teluk. Bentuk massa air ini disebut dengan perairan laut.

Perairan laut yang besar yang dikenal dengan samudera tersebar pada 4 samudera antara lain:
  1. Pasifik   = 179.700.000 km2
  2. Atlantik  =  93.400.000 km2
  3. Hindia   =  74.900.000 km2
  4. Artik      =  13.100.000  km2


Proses Pembentukan Samudera

Terbentuknya lautan dibumi atau samudra berawal dari kejadian 4,4 milyar tahun yang lalu. Pada masa itu terjadi perubahan bentuk permukaan bumi akibat meletus gunung api. Sebagai akibatnya bumi tertutup oleh debu-debu vulkanik.

Debu-bedu vulkanik yang melapisi bumi ini menghalangi cahaya matahari masuk menuju ke bumi. Akibat dari kejadian ini, uap air yang menupuk di atmosfer terkondensasi hingga terjadi hujan. Karena berubahnya permukaan bumi, hujan ini mengisi cekungan-cekungan dibumi hingga terbentuklah lautan.
Pada mulanya, air laut bersifat sangat asam dengan suhu sekitar 100 daerajat celcius. Kondisi ini terjadi karena keadaan bumi yang sangat panas dan atmosfer bumi yang diselimuti oleh karbon dioksida. Saat itu juga sering terjadi gelombang tsunami karena jatuhnya asteroid kebumi.
Hal ini disertai dengan pasang surut air laut yang terlalu cepat terjadi karena jarak bumi dan bulan yang terlalu dekat. Seiring dengan berjalan waktu perlahan-lahan jumlah karbondioksida yang di atmosfer bumi menyusut. Penyusut ini terjadi karena karbondioksida terlarut dalam air laut dan bereaksi dengan ion karbonat sehingga membentuk kalsium karbonat.

Sehingga langit mulai berwana cerah dan sinar matahari dapat kembali masuk ke bumi dan volume air laut terus menerus mengalami penyusutan. Bagian-bagian bumi yang awalnya terendam air mulai mengering.Pelapukan batu yang terjadi dipermukaan bumi terjadi terus menerus dan terbawa kelautan karena adanya air hujan. Hal inilah yang menyebabkan air laut menjadi asin.


Manfaat Samudra Bagi kehidupan

Berikut dibawah ini manfaat samudra bagi kehidupan, yaitu:
  1. Sebagai sarana transportasi.
  2. Sebagai tempat sumber pangan.
  3. Sebagai jalur perdagangan.
  4. Sebagai pembatas wilayah.
  5. Sebagai tempat penelitian dan konservasi.
  6. Sebagai tempat cadangan air bersih.
  7. Sebagai tempat pembetukan awan.
  8. Sebagai tempat hidupnya biota laut.
  9. Sebagai tempat perpindahan arus laut
  10. Sebagai tempat Sumber Daya Alam
  11. Sebagai tempat akhir perjalanan air dari pegunungan.

Fungsi Samudera

  • Cadangan Makanan Terbesar Manusia
  • Sebagai Jalur Transportasi Utama Antar Benua
  • Tempat Menyaring Karbondioksida Menjadi Oksigen
  • Sebagai Salah Satu Sumber Air Bersih Olahan
  • Sebagai Salah Satu Sumber Mata Pencaharian Potensial
  • Tempat Rekreasi dan Hiburan
  • Kaya Akan Barang Tambang dan Mineral
  • Tempat Hidup Jutaan Spesies
  • Sebagai Pengendali Iklim Dunia
  • Tempat Penelitian Ilmiah





Klasifikasi 5 (Lima) Samudra di Dunia

Lautan adalah serangkaian wilayah lautan yang dipisahkan oleh daratan. 75% permukaan bumi terdiri dari lautan. Lautan dapat dibagi menjadi 5 nama. Berikut ini adalah penjelasan tentang lautan: 

Pasifik

Pasifik adalah lautan terbanyak dibandingkan dengan empat samudera lainnya. Samudra ini menutupi separuh permukaan air bumi. Area ini adalah 179.700.000 km². Lautan ini membentang di bagian utara dan selatan bumi dan dibagi menjadi dua bagian, Pasifik Utara dan Pasifik Selatan. Karakteristik Samudra Pasifik adalah sebagai berikut:
  • Terbatas oleh benua dan pulau.
  • Di sebelah timur dibatasi oleh benua Amerika (Amerika Utara dan Amerika Selatan).
  • Di sebelah barat terletak benua Asia dan Australia.
  • Di utara berbatasan dengan samudera attrtrischen
  • Di selatan, Samudra Antartika berbatasan.
  • Lebih dari 25.000 pulau tersebar di seluruh Pasifik.
  • Kedalaman rata-rata lautan di Pasifik mencapai 4.270 meter.
  • Laut yang memasuki Pasifik: Laut Sulawesi, Laut Jepang, Laut Cina Selatan, Laut Sulu, Laut Tasman, dan Selat Malaka.
  • Samudra Pasifik dilintasi oleh jalur muda Pegunungan Circum Pasifik.
  • Pasifik adalah pusat dari gempa vulkanik. 

Atlantik

Samudra Atlantik adalah lautan terbesar kedua setelah Pasifik. Permukaan Atlantik sekitar 106.450.000 kilometer persegi. Lautan ini juga meluas ke belahan bumi utara dan selatan. Lautan ini menghubungkan Kutub Utara dan Kutub Selatan. Apa karakteristik dari samudera ini adalah ketika diamati bahwa samudera itu seperti huruf S. Karakteristik Samudera Atlantik adalah sebagai berikut:
  • Timur Atlantik terletak benua Eropa dan Afrika.
  • Di barat memanjang wilayah Amerika Utara dan Amerika Selatan.
  • Di wilayah Atlantik, pulau-pulau besar (termasuk Greenland) dan pulau-pulau kecil terdampar.
  • Jumlah listrik yang masuk ke laut lebih besar dari lautan lainnya.
  • Kedalaman rata-rata lautan di Atlantik adalah 3.332 meter.
  • Di Atlantik, ada beberapa laut dalam / cekungan. 
 Di wilayah Atlantik ini temperatur atau suhu permukaan turun hingga dibawah 0ᵒ Celcius. Meskipun sebagian samudera ini ditutupi oleh es, namun masih ada pula tempat yang tidak ditutupi oleh es, yakni di titik pantai benua. Hal seperti ini bisa terjadi karena adanya angin kuat yang berhembus terus menerus dari dalam benua hingga ke arah samudera Antertika tersebut.
 

Samudra Hindia

Samudra Hindia adalah samudra yang terletak di antara benua Asia, Afrika, dan Australia. 20% permukaan bumi ditutupi oleh Samudra Hindia. Luas wilayahnya sekitar 68.526.000 km². Karakteristik Samudra Hindia adalah sebagai berikut:
  • Samudra Hindia memiliki kedalaman laut rata-rata sekitar 3.690 meter.
  • Di Samudra Hindia, banyak ditemukan jauh di dalam samudera atau di cekungan.
  • Di bagian barat samudera terletak pulau Madagaskar.
  • Di sebelah timur terletak pulau Sumatra, Jawa, dan Nusa Tenggara.
  • Di sebelah utara adalah pulau Srilanka dan Maladewa.
  • Di Sri Lanka, banjir sering terjadi karena pengaruh gelombang besar di Samudera Hindia.
Samudera Hindia dipisahkan dengan Samudera Atlantik oleh 20ᵒ garis bujur timur, dan dengan Samudera Pasifik oleh 147ᵒ garis bujur timur. ada beberapa negara yang berada di wilayah samudera ini, antara lain adalah Madagaskar, Komoro, Maldives, Sri Lanka, Mauritius, dan Seychelles. Selain itu, samudera ini juga merupakan muara bagi beberapa sungai.
Sungai- sungai yang bermuara si samudera Hindia ini antara lain adalah Sungai Zambezi, Shatt al- Arab, Sungai Indus, Sugai Gangga, Sungai Brahmaputra, dan juga sungai Ayeyarwady. Tahukah Anda bahwa ada satu keunikan yang dimiliki oleh samudera ini? keunikan yang dimiliki oleh samudera ini adalah bahwa samudera ini merupakan satu- satunya samudera yang menggunakan naman negara untu menamai samudera tersebut, yakni negara India atau Indonesia.


Samudra Arktik 

Samudra Arktik adalah lautan terkecil di bumi. Permukaan Samudra Arktik adalah sekitar 14.056.000 kilometer persegi. Samudra Arktik membentang di Kutub Utara. Sifat-sifat lautan ini adalah sebagai berikut:
  • Itu benar-benar dikelilingi oleh tanah.
  • Di Kutub Utara ada banyak pulau dan pulau-pulau seperti Greenland, Victoria and Banks dan lainnya.
  • Lautan ini adalah lautan dangkal di antara lautan lainnya.
  • Lautan di wilayah Arktik adalah Laut Barents, Beaufortsee, Greenlandsee dan lainnya.
  • Kutub Utara adalah lautan dengan lapisan es. Di musim panas, yang terletak di wilayah ini, ada celah dan drift serta arus yang dapat membahayakan navigasi. Misalnya kecelakaan kapal Titanic ketika dia datang di es. 
 

Samudra Antartika

Samudra Antartika adalah samudra yang awalnya tidak dikenali. Kebanyakan orang tahu Samudra Antartika sebagai tanah es. Karakteristik Samudra Antartika adalah sebagai berikut:
  • Samudra Antartika tidak memiliki batas yang jelas. Ini menghasilkan penamaan area yang dikombinasikan dengan lautan lainnya di area tersebut.
  • Diperkirakan bahwa area tersebut dimulai dari pantai benua Antartika hingga garis lintang 60 derajat di sekitar seluruh daratan daratan Antartika.
  • Luas Samudra Antartika adalah sekitar 20.327.000 kilometer persegi.
  • Laut ini tertutup es sepanjang tahun.
  • Untuk perjalanan melalui lautan, kapal khusus harus digunakan, yang dapat memecahkan kebekuan.



Penelusuran yang terkait dengan Pengertian Samudera
  • samudra antartika
  • luas samudra pasifik
  • 7 samudra di dunia
  • luas samudra atlantik
  • pengertian laut
  • luas samudra arktik
  • pengertian benua
  • letak geografis samudra hindia