Pengertian Garis Khatulistiwa (Ekuator) dan Daerah – Daerah yang Dilewati Garis Khatulistiwa di Indonesia Maupun Dunia

Garis khatulistiwa adalah garis imajiner yang membagi Bumi ke belahan bumi utara dan belahan bumi selatan. Nama lain Garis khatulistiwa adalah ekuator (equator). Panjang garis khatulistiwa sekitar 24.901,5 mil (40.075 kilometer) melintasi benua Amerika Selatan dan Afrika, serta sejumlah pulau dan samudera.

Total ada sekitar 14 negara yang dilewati garis khatulistiwa diantaranya adalah Ekuador, Columbia, Brazil, Gabon, Sao Tome dan Principe, Kongo, Zaire, Uganda, Kenya, Somalia, Maladewa, Kiribati, dan Indonesia sendiri.Selain pengertian garis khatulistiwa yang sudah disebutkan di atas, beberapa ahli juga mendefenisikannya sebagai berikut:



  1. Garis khatulistiwa adalah garis imajiner membagi bumi menjadi dua bagian yang sama yaitu pada 0° lintang.
  2. Garis khatulistiwa adalah sebuah zona inter tropis konvergensi (ITCZ) dimana angin yang datang dari dua arah bertemu di sekitar wilayah garis tersebut. Zona konvergensi untuk kedua angin yang bertemu ini selanjutnya akan bergerak ke utara dan selatan dengan pergeseran termal dari khatulistiwa.
  3. Garis khatulistiwa adalah daerah dimana sinar matahari selalu tegak lurus terhadap permukaan bumi. Garis khatulistiwa yang seperti ini biasa disebut sebagai ekuator termal.
  4. Garis khatulistiwa adalah lingkaran besar bumi yang bidangnya tegak lurus dengan sumbu bidang geomagnetik. Ini dikenal sebagai ekuator magnetik bumi.



Fungsi dari Garis Katulistiwa

Garis khatulistiwa ini memiliki fungsi-fungsi berikut:
  • Sebagai referensi untuk menentukan perbedaan zona iklim di Bumi.
  • Sebagai pembagi antara dua belahan, yaitu belahan selatan dan utara.
  • Ekuator ini digunakan sebagai patokan untuk menentukan lokasi suatu negara atau kota.
  • Iklim tropis di sekitar khatulistiwa memiliki karakteristik berikut:
  • Memiliki suhu rata-rata yang tinggi. Ini terjadi karena matahari vertikal dan suhu udara di iklim tropis ini umumnya 20-23 derajat Celcius. Tetapi di beberapa tempat ia memiliki suhu rata-rata 30 derajat Celcius.
  • Memiliki amplitudo suhu tahunan rata-rata yang kecil. Di ekuator, amplitudo suhu tahunan rata-rata sekitar 1-5 derajat Celcius, sedangkan amplitudo suhu harian lebih besar.
  • Memiliki tekanan udara rendah, yang berubah perlahan dan teratur.
  • Frekuensi curah hujan yang tinggi dibandingkan dengan daerah lain (belahan bumi utara dan selatan).
  • Di daerah sekitar khatulistiwa, panjang siang dan malam relatif sama sepanjang tahun.

Daerah – Daerah yang Dilewati Garis Khatulistiwa

Ada banyak tempat di Bumi ini yang dilalui oleh garis khatulistiwa, bahkan negara kita Indonesia pun juga dilalui oleh garis khatulistiwa. Di Bumi ini setidaknya ada tujuh negara yang dilalui oleh garis khatulistiwa. Dan di dalam negara tersebut ada kota- kota yang dilalui oleh garis khatulistiwa.  Yuk, cari tahu kota- kota yang dilalui garis khatulistiwa tersebut.
  1. Bonjol adalah sebuah kota di Kabupaten Pasaman, Sumatra Barat. Bonjol menjadi salah satu kota khatulistiwa. Sebagai tanda bahwa kota itu berada pada garis lintang nol derajat, Taman Wisata Khatulistiwa telah dibangun, rumah khas Minangkabau, sebuah lapangan beraspal dengan tulisan “Aku melintasi garis khatulistiwa”, sebuah bangunan bundar biru dan sebuah gerbang dengan Prasasti “Anda melewati katulistiwa”.
  2. Kota Pontianak adalah ibu kota Provinsi Kalimantan Barat. Dia mendirikan monumen khatulistiwa sejak 1928 sebagai penanda di atas garis khatulistiwa, meskipun menurut pengukuran BPPT, monumen dan monumen itu menyimpang hingga 100 meter dari titik 0 derajat.
  3. Kepulauan Batu. Garis Khatulistiwa melewati sebelah utara pulau Tanahmasa dan terbesar di Kepulauan Batu.
  4. Pulau Sumatera. Di Sumatera, garis khatulistiwa membentang mulai perairan Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, dan kepulauan Riau.
  5. Pulau Lingga. Pulau seluas 889 km2 ini terdapat di timur pulau Sumatera dan termasuk dalam wilayah provinsi Kepulauan Riau.
  6. Pulau Kalimantan. Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur
  7. Pulau Sulawesi. Di pulau Sulawesi melintasi provinsi Sulawesi Tengah.
  8. Kepulauan Kayoa, Kabupaten Halmahera Selatan, Maluku Utara.
  9. Pulau Halmahera, kepulauan Maluku dan termasuk dalam wilayah provinsi Maluku Utara.
  10. Pulau Gebe, Pulau Gebe terletak di timur pulau Halmahera dan termasuk dalam wilayah kabupaten Halmahera Tengah, Maluku Utara.
  11. Pulau Waigeo atau dikenal juga sebagai pulau Amberi atau Waigiu, merupakan pulau terbesar di Kepulauan Raja Ampat yang terletak di sebelah utara provinsi Papua Barat.
  12. Selat Karimata, Selat Makasar, Teluk Tambu dan Teluk Tomini (Sulawesi), Laut Maluku, dan Laut Halmahera.

Selain di Indonesia, tentunya banyak juga kota- kota di dunia yang dilalui garis khatulistiwa, diantaranya adalah:
  • Pulau Isabela, Ekuador
  • Amazonas, Brazil
  • Roraimas, Brazil
  • Para, Brazil





Penelusuran yang terkait dengan Pengertian Equator
  • garis yang berada dibawah garis khatulistiwa adalah
  • garis khatulistiwa indonesia
  • gambar garis khatulistiwa
  • pengertian garis khatulistiwa
  • apa yang dimaksud dengan garis khatulistiwa
  • kota di indonesia yang dilalui oleh garis khatulistiwa yaitu kota
  • pengertian khatulistiwa dan penjelasan lengkapnya
  • fungsi garis khatulistiwa