Materi Softball dan Soal Softball Beserta Jawabannya Secara Lengkap

Pengertian Softball

Sofbol atau softball adalah olahraga bola beregu yang terdiri dari 2 tim. Permainan sofbol lahir di Amerika Serikat, diciptakan oleh George Hancock di kota Chicago pada tahun 1887. Sofbol merupakan perkembangan dari olahraga sejenis yaitu bisbol (baseball) atau hardball. Bola sofbol saat ini berdiameter 28-30,5 sentimeter; bola tersebut dilempar oleh seorang pelempar bola (pitcher) dan menjadi sasaran pemain lawan yang memukul (batter) dengan menggunakan tongkat pemukul (bat).

Terdapat sebuah regu yang berjaga (defense) dan tim yang memukul (offense). Tiap tim berlomba mengumpulkan angka (run) dengan cara memutari tiga seri marka (base) pelari hingga menyentuh marka akhir yaitu home plate. Cabang olahraga Softball boleh dikatakan olahraga yang paling digemari anakanak muda, terutama para pelajar dan mahasiswa.Biasanya pada pemain mempergunakan seragam olahraga yang menarik, dengan disertai teriakan-teriakan istilah bahasa asing ketika mereka sedang bermain.

Ada beberapa faktor penunjang mengapa olahraga Softball sebetulnya bisa berkembang pesat di Indonesia. Suasana sebuah pertandingan softball terdapat tiga tipe permainan softball, antara lain :
  • Fast pitch softball
    Merupakan permainan ditentukan oleh pitcher. Pitcher melempar bola dengan kecepatan maksimum, serupa dengan bisbol. Perbedaan terdapat pada gaya lemparpitcher dan cara pelepasan bola. Pelepasan bola terletak di bawah atau sama dari posisiglove.
  • Modified pitch softball atau sering dikenal dengan nama modball.
    Tujuan utamanya adalah untuk melunakkan aturan-aturan yang dipakai di kategori fast pitch sehingga pemain-pemain yang belum terbiasa tidak akan terkejut dengan peraturan-peraturan yang “ketat” di sofbol seperti strike zone, jarak antara base, lamanya permainan dan lain-lain. Kecepatan lemparan pitcher dalam modball berada di antara fast dan slow pitch. Kecepatan bola dibatasi dengan putaran lengan melebihi bahu.
  • Slow pitch softball
    Memberikan kemudahan bagi batter untuk memukul bola. Batter diberi bola terus-menerus oleh pitcher sampai bisa memukul bolanya.Lemparan pitcher pelan melambung.Permainan ini sering dimainkan dalam komunitas sosial sebagaimana sebuah kompetisi, tanpa dibatasi umur dan gender.

Sistem Permainan Softball

Setiap kelompok memiliki 9 orang pemain, lamanya permainan softball yaitu 7 inning, masing-masing dari kelompok mendapatkan giliran menjadi regu bertahan sebanyak 7 kali dan penyerang sebanyak 7 kali.
Pergantian regu akan terjadi jika pihak bertahan sudah berhasil mematikan pemain-pemain regu penyerang sebanyak 3 orang pemain.
Cara mendapatkan poin dalam permainan softball yaitu dengan cara apabila pemukul baik pemukul sendiri ataupun satu regunnya berhasil menuju kembali ke home plate dengan selamat.
Kolompok tersebut memperoleh 1 poin. Kemenangan diperoleh jika salah satu kelompok mendapatkan nilai yang lebih banyak dalam 7 inning.
Jumlah dari satu kelompok yaitu 9 orang pemain. Setiap orang mempunyai tugas masing-masing.
Posisi pemain dari softball yaitu:
  1. Penjaga belakang atau catcher
  2. Pelempar atau pitcher
  3. Penjaga base I atau first base
  4. Penjaga base II atau second base
  5. Penjaga base III atau third base
  6. Short stop atau yang berada diantara base I dan II
  7. Penjaga lapangan tenga atau middle felder
  8. Penjaga lapangan kanan atau right felder
  9. Penjaga lapangan kiri atau left felder

Peralatan Permainan Softball

Peralatan yang digunakan untuk olahraga softball yaitu terdiri dari pemukul, bola, sarung tangan dan tempat hinggap atau bases

Bats atau alat pemukul


Pemukul Softball yang terbuat dari bahan alumunium berbentuk bulat dengan bagian pegangan yang lebih kecil.
  • Diameter: 2¼ inchi
  • Panjang: 34 inchi atau 86,4 sentimeter
  • Bahan kayu: atau logam
  • Safety grip: 15 inchi (karet)
Ball (bola)

  • Berat: 6 sampai 7 ons
  • Keliling: 11 7/8 sampai dengan 12 1/8 inchi
Gloves (sarung tangan)

Sarung tangan atau gloves memiliki ukuran yang besar dan sarung tangan tersebut terbuat dari bahan kulit.Pada bagian antara jari telunjuk dengan ibu jari terdapat anyaman untuk menahan bola supaya tidak terlepas dari tangan.
  • Gloves: untuk semua jenis pemain.
  • Mits: Jenis mits hanya dipakai oleh first basemant dan catcher
Body Protector dan Helmet

Untuk melindungi kepala menggunakan helem, dan untuk melindungi bagian tubuh menggunakan body protector. Body protector biasanya hanya digunakan oleh catcher atau penangkap bola.
Bases (Tempat hinggap)

Home plate

  • Bentuknya pipih
  • Dibuat dari karet atau kayu.
  • Warnanya biasanya putih.
Base I,II,III

  • Bentuknya segi empat.
  • Terbuat dari keset atau karung gula
Pitcher plate

  • Bentuknya pipih.
  • Dibuat dari kanvas.

 

Ukuran Lapangan Softball


Lapangan softball memiliki bentuk bujur sangkar, yaitu ukuran lapangan softball adalah seperti diatas.
  • Jarak lempar ke home base: 13,07 meter
  • Panjang setiap sisi: 16, 76 meter
  • Pitcher plate (ukuran tempat pelempar) 60x15cm.


Teknik Dasar Permainan Softball

Dalam memainkan permainan softball, ada beberapa teknik yang dapat digunakan, diantaranya adalah sebagai berikut.

Teknik Melempar Bola

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam melempar bola adalahmelempar bola. Cara memegang bola softball diantaranya bola dipegang, beri jarak antara bola dengan telapak tangan sehingga terdapat rongga. Jari telunjuk dan jari tengah digunakan untuk menekan bola, sedangkan ibu jari dan jari lainnya digunakan untuk menahan bola agar tidak jatuh. Pelambung bola dalam permainan softball disebut dengan pitcher.

Lemparan dalam softball dibedakan menjadi 3 macam, yakni ;
  • Lemparan Atas (Overhand Throw)
Pada saat melempar bola, ayunan tangan ayunan tangan dan langkah kaki secara bersamaan dengan berat badan bertumpu pada kaki yang di depan, badan sedikit condong ke belakang.
  • Lemparan Samping (Sidehand Throw)
Dalam lemparan samping, lengan bawah sejajar dengan bahu dan sedikit lecutan pergelangan tangan.
  • Lemparan Bawah (Underhand Throw)
Lemparan bawah umumnya digunakan dalam keadaan darurat dan dilakukan dalam waktu yang cepat, posisi tubuh membungkuk dengan kedua kaki ditekuk.

Teknik Dasar Menangkap Bola

Berdasarkan arah datangnya bola, teknik dasar menangkap bola dapat dibedakan menjadi 3 macam, yaitu :
  • Bola Atar (Straight Ball)
Posisi badan saat menangkap bola dengan teknik ini adalah berdiri, kaki kangkang, pandangan lurus ke depan ke arah datangnya bola, posisi kedua tangan siap di depan dada. Bola ditangkap dengan menggunakan tangan kiri yang memakai glove,sedangkan tangan kanan bersiap untuk melempar bola.
  • Bola Lambung
Posisi badan saat melakukan tekni yang satu ini adalah ditempatkan tepat di mana bola akan jatuh. Bola tersebut kemudian ditangkap dengan satu tangan atau dua tangan secara bersamaan.
  • Bola Menggelinding (Ground Ball)
Cara yang digunakan untuk menangkap bola yang menggelinding adalah dengan cara berlutut dan tangan yang memakai glove ditempatkan tepat pada arah datangnya bola, sedangkan tangan yang lainnya bersiap untuk menangkap dan melempar bola.

Teknik Dasar Memegang Kayu Pemukul (Bat)

Cara memegang kayu pemukul atau bat dalam permainan softball adalah dengan cara pemukul atau kayu tersebut dipegang erat-erat tangan merapat atau sedikit renggang dengan posisi tangan kanan di sebelah atas dan tangan kiri di sebelah bawah.

Teknik Dasar Memukul Bola

Teknik dasar memukul bola dapat dibedakan menjadi 2 pukulan, yakni sebagai berikut.
  • Pukulan swing

Sikap awal

Sikap awal dalam pukulan swing adalah berdiri dengan kedua kaki dijarangkan. Kemudian kaki kiri diputar mengarah lurus dengan pitcher. Berat badan bertumpu pada kedua kaki dan badan sedikit condong ke depan. Pemukul dipegang erat-erat oleh kedua tangan dan posisi memukul sedemikian rupa sehingga tepat di atas bahu. Pandangan lurus kearah datangnya bola serta lengan kanan lebih rendah dibandingkan lengan kiri.

Sikap Saat Memukul

Setelah bola dilempar oleh pitcher, selanjutnya bola segera dipukul secara tepat dengan mengayunkan pemukul ke arah datangnya bola yang dilemparkan. Posisi badan adalah kaki kanan sedikit ditekuk dan kedua tangan diluruskan.

Sikap Akhir

Setelah bola berhasi dipukul, selanjutnya gerakan ayunan bat sebagai gerakan lanjutan.

  • Pukulan Tumbuk (bunt)


Pengertian pukulan tumbuk adalah memukul bola tanpa harus mengayunkan pemukul tetapi cukup menahan arah datangnya bola sehingga bola akan jatuh dekat dengan si pemukul. Pada waktu pukulan tumbuk atau bunt, sikap kedua kaki cukup dengan posisi kaki disejajarkan dengan arah datangnya bola.


 Soal Softball Beserta Jawaban

Bagi  para siswa ataupun guru yang sedang membutuhkan soal penjas materi Softball. Berikut ini kami akan sajikan  soal pilihan ganda  Softball beserta jawabannya, yang sudah kami susun dari berbagai sumber. langsung saja kita lihat di bawah ini.



Peraturan Permainan Softball

A. Pemain

Peraturan yang penting untuk diperhatikan adalah sebagai berikut,

  1. Satu regu terdiri dari 9 orang pemain.
  2. Pergantian pemain harus diberitahukan kepada umpire atau wasit.
  3. Pemain yang sudah diganti tidak boleh bermain lagi.
  4. Pemain juga dapat dibedakan menjadi dua, yaitu infielder dan oufielder.

B. Permainan

Peraturan untuk permainan adalah sebagai berikut.

  1. Untuk menentukan siapa yang menjadi partai penjaga (home team) dan siapa yang menjadi partai pemukul (visiting team), harus dilakukan undian atau toss dengan uang logam.
  2. Permainan dilakukan dalam tujuh inning. Untuk pertandingan antarsekolah, dapat dibatasi dengan waktu 1.5 jam tetapi dengan catatan sesudah mencapai inning penuh (perjanjian setempat).
  3. Apabila salah satu regu tidak datang di lapanan pada waktu pertandingan, regu tersebut dinyatakan kalah dan regu lawan mendapat nilai 7-0.
  4. Nilai tidak dihitung bila terjadi bersamaan dengan terjadinya out di firstbase atau dikatuk di tempat lain (sebelum mencapai base).

C. Pemukul Dinyatakan Mati

Peraturan untuk pemukul adalah sebgai berikut.

  1. Pada pukulan kedua langsung ditangkap catcher.
  2. Firstbase telah dibakar sebelum pemukul mencapainya.
  3. Terjadi bound foul pada pukulan ke-3.
  4. Foulball yang ditangkap langsung.
  5. infield fly rule (pukulannya melambung tinggi dan jatuh di sekitar lapangan segiempat, saat ada pelari di first, atau first dan second atau first second dan thirdbase sebelum 2 outs).
  6. Dikatuk sebelum mencapai base pertama.
  7. Flyball yang ditangkap langsung oleh outfiel.

D. Mendapatkan Nilai atau Angka

Peraturan mengenai nilai adalah sebagai berikut. Setiap pemain atau batter yang berhasil kembali ke home dengan selamat dan melalui jalan yang benar, baik atas pukulannya sendiri maupun pukulan orang lain akan mendapatkan nilai satu.


Soal Softball Beserta Jawaban

Bagi  para siswa ataupun guru yang sedang membutuhkan soal penjas materi Softball. Berikut ini kami akan sajikan  soal pilihan ganda  Softball beserta jawabannya, yang sudah kami susun dari berbagai sumber. langsung saja kita lihat di bawah ini.






Penelusuran yang terkait dengan Materi Softball
  • materi softball kelas 9
  • peraturan softball
  • materi softball kelas 11
  • sejarah softball
  • cara bermain softball
  • teknik permainan softball
  • sejarah singkat softball
  • sejarah softball di indonesia