Materi Senam Irama dan Soal Senam Irama Tanpa Alat Beserta Jawabannya Lengkap

Pengertian Senam Irama

Senam irama adalah gerakan senam ataupun gerakan bebas yang dibarengi dengan musik atau nyanyian sesuai dengan irama yang mengikutinya. Adapun unsur-unsur yang terdapat dalam senam irama meliputi: keluwesan, kesinambungan gerakan, dan ketepatan irama. Rangkaian senam irama dapat dilakukan dengan cara berjalan, berlari, melompat, loncat, serta ayunan, dan putaran tangan.Senam irama Senam irama atau disebut juga senam ritmik adalah gerakan senam yang dilakukan dengan irama musik, atau latihan bebas yang dilakukan secara berirama.Senam ritmik dapat dilakukan dengan menggunakan alat ataupun tanpa alat. Alat yang sering digunakan adalah ganda, simpai,tongkat, bola, pita dan topi.

Senam irama atau  senam ritmik adalah salah satu cabang senam artistik dimana seorang atlet atau sekelompok atlet senam mempertunjukkan koreografinya yang kental dengan nuansa akrobatik, balet dan tari modern dengan atau tanpa alat bantu senam yang berupa bola (ball), pita (ribbon), tali (rope), gada (club), dan simpai (hoop).

Prinsip Senam Irama

Sama seperti dengan senam yang lainnya, senam irama juga mempunyai prinsip-prinsip yang perlu diperhatikan, prinsip apa saja itu? yuk pahami sebagai beriku :

1. Irama

Irama sebagai unsur yang sangat penting dalam senam ini. Unsur ini tidak hanya berkaitan dengan persoalan musik saja, tetapi juga mengenai ritme gerakan tubuh kalian. Dimana seorang pesenam harus mengetahui dan mampu memprediksi kapan akan bergerak dengan tempo sedang, lambat dan cepat.

2. Kontinuitas Gerak

Kontinuitas ini merupakan keberlanjutan rangkaian gerakan yang sudah tersusun dalam satu koreografi. Nah, untuk mendapatkan kontinuitas gerakan diiperlukan latihan yang tekun dan cukup lama. Mengapa demikian? Hal itu demi terciptanya keserasian dalam gerak irama yang harus dikuasai secara matang.Sebelum latihan menggunakan alat, disarankan sekali mengenal dan menguasai latihan dasar. Baik macam-macam langkah, ayunan lengan dan sikap tubuh/posisi tubuh di dalam melakukan latihan.

3. Fleksibilitas Tubuh

Fleksibilitas tubuh dalam senam irama adalah suatu keniscayaan. Fleksibilitas ini dapat mempermudah kalian menciptakan dan melakukan berbagai jenis gerakan tanpa alat. Nah, untuk mendapatkan fleksibilitas tubuh bukanlah suatu hal yang mudah.Tetapi juga bukan suatu hal yang mustahil. Prinsip kelentukan tubuh ini dapat kalian peroleh dengan latihan yang tekun dan dalam waktu yang cukup lama.

Jenis Senam Irama

Senam irama dibagi menjadi 2 kategori. Kategori tersebut antara lain :

1. Individu

Senam irama kategori individu ini yakni senam yang dilakukan oleh atlet saja dengan menampilkan gerakan tanpa alat.

3. Kelompok

Pada kategori ini senam irama dilakukan oleh atlet sesuai koreografinya. Akan tetapi disertai dengan alat untuk membantu gerakan tubuhnya menjadi lebih indah.



Alat Senam Irama

  • Bola (Ball)

Dalam senam irama menggunakan alat berupa bola dengan ukuran diameter 18-20 cm. Bola ini terbuat dari karet atau plastik dengan berat bola 4000 gram. Dimainkan dengan cara dilempar, dipegang, atau digelindingkan sesuai dengan variasi atau pada permukaan tubuh, namun bola tersebut tidak boleh jatuh ke lantai saat atlet melakukan koreografinya.
  • Pita (Ribbon)

Tak hanya bola, senam irama juga menggunakan pita yang berbahan dasar halus seperti kain satin dan diberi tongkat pendek yang terbuat dari plasti atau kayu dengan ukuran diameter 1 cm dan panjang 35 cm.
Pita sendiri, memiliki panjang dengan ukuran 5 meter (untuk junior) dan 6 meter (untuk senior). Dimainkan dengan cara putaran, diayunkan, spiral dan masih banyak lainnya, sebaga pengiring gerakan dari atlet senam irama.
Sama saat memegang bola, saat sedang melakukan koreografinya atlet senam tersebut tidak boleh menjatuhkan stik dan membuat pita menjadi kusut atau terlilit.
  • Tali (Rope)

Selanjutnya ada tali, tali ini dibuat dari bahan yang halus dan nyaman untuk dipegang oleh atlet senam, biasanya terbbuat dari serat sintesis. Panjang dari tali tersebut disesuaikan dengan postur tubuh atlet.
Dimainkan dengan cara diayunkan membentuk sebuah lingkaran, skipping, dilempar dan lain sebagainya, dan atlet tidak boleh sampai menjatuh tali ke lantai meskipun secara tidak sengaja.
  • Simpai (Hoop)

Alat yang terakhir adalah simpai, Memiliki ukuran diameter 51-90 cm dengan berat minimimal 300 gram. Simpai terbuat dari bahan kayu atau plastik, dengan warna natural atau bisa juga disesuaikan dengan kostum atlet senam.
Dimainkan dengan cara dilempar kemudian ditangkap kembali, dilempar, diputar dengan lengan, dada, leher dan juga pinggul dan masih banyak gerakan yang sudah pernah dilakukan oleh atlet-atlet senam.


Unsur-unsur Senam Ritmik

Berikut adalah unsur dalasar dalam senam ritmik yang wajib dikuasai oleh atlet senam ritmik, yaitu:
  • Kekuatan

Kekuatan adalah suatu pondasi bagi atlet senam ritmik. Tanpa adanya kekuatan yang bagus tentu saja akan mustahil untuk para atlet senam ritmik melakukan gerakangerakan yang sulit.

Kelenturan

Kelenturan adalah salah satu hal yang utama dalam senam ritmik karena bagaimanapun senam ritmik sangat kental dengan nuansa balet dan akrobatik.Karena balet dan akrobatik memperlihatkan gerakan lentur dan gestur-gestur tubuh yang diikuti oleh persendian ekstrim dan lekukan-lekukan tubuh.
  • Keseimbangan

Keseimbangan juga adalah salah satu hal yang penting dalam senam ritmik yang berguna untuk melangsungkan koreografi gerakan.
Keseimbangan dibutuhkan pada saat gerakan-gerakan yang sulit seperti berputar dengan satu kaki dan menangkap bola.
  • Keterampilan

Salah satu yang dinilai adalah daya kreativitas atau keterampilan senam yang menciptakan suatu koreografi gerak.Pada umumnya di perlombaan senam irama banyak variasi gerakan akan mendapatkan lebih banyak nilai.Apalagi disaat atlet bisa menciptakan gerakan baru yang mempunyai nilai keindahan dan gerakan yang sulit.
  • Ketepatan

Ketepatan irama yang baik sangat dibutuhkan pada senam irama karena sang atlet tidak hanyamenghitung pola langkah pada tempatnya.Dan juga tidak menghitung alat waktu dilempar dan untuk ditangkap kembali. Tetapi harus seirama juga dengan musik yang mengiringi gerakanya.
  • Keluwesan

Keluwesan memperlihatkan bahwa seberapadalamnya latihan yang sudah dilalui karena keluwesan tersebut hanya bisa diperoleh dengan cara koreografi yang sudah disusun dan latihan yang teratur.
Keluwesan tersebut membutuhkan improvisasi pada waktu permormanya berlangsung.keluwesan yang dimaksud tersebut tidak hanya dari bagian tubuh saja, tetapi juga respon yang dilakukan dalam berbagai hal yang sedang berlangsung.
  • Keindahan.

Keindahan adalah salah satu poin yang terpenting karena senam ritmik terlahir dari wilayah pertunjukan dan salah satu elemen yang utama didalam senam irama.

Bagi  para siswa ataupun guru yang sedang membutuhkan soal penjas materi Senam Lantai. Berikut ini kami akan sajikan  soal materi Senam Lantai beserta jawabannya, yang sudah kami susun dari berbagai sumber. langsung saja kita lihat di bawah ini.





Download Filenya




Penelusuran yang terkait dengan Materi Senam Irama
  • sejarah senam irama
  • gerakan senam irama
  • jenis senam irama
  • gerakan dasar senam irama
  • contoh senam irama
  • materi senam irama kelas 4 sd
  • tujuan senam irama
  • tahapan senam irama
  • Materi Ilmu Ips