Materi Nomor Lari dan Soal Nomor Lari Beserta Jawaban Secara Lengkap

Pengertian Atletik Adalah


Apa yang dimaksud dengan atletik (Athletics)? Secara umum, pengertian atletik adalah cabang olahraga yang terdiri dari gabungan beberapa jenis olahraga fisik, seperti olahraga lari, lempar, lompat, dan jalan.
Pendapat lain mengatakan atletik adalah jenis olahraga fisik yang menggunakan lintasan dan lapangan; seperti jalan, lari, lompat tinggi, dan lempar lembing. Dengan kata lain, atletik mengacu pada segala jenis olahraga, latihan, atau permainan yang menggunakan fisik manusia.
Secara etimologis, istilah “Atletik” berasal dari bahasa Yunani, yaitu Athlon yang artinya perlombaan atau kontes. Mengacu pada asal kata atletik, maka pengertian atletik dapat didefinisikan sebagai suatu perlombaan cabang-cabang olahraga tertentu (jalan, lari, lompat, dan lempar).

Atletik adalah gabungan dari beberapa jenis olahraga yang secara garis besar dapat dikelompokkan menjadi lari, lempar, lompat, dan jalan. Kata ini berasal dari bahasa Yunani "athlon" yang berarti "kontes". Atletik merupakan cabang olahraga yang diperlombakan pada olimpiade pertama pada 776 SM. Induk organisasi untuk olahraga atletik di Indonesia adalah PASI (Persatuan Atletik Seluruh Indonesia).

Cabang Olahraga Atletik

Seperti yang sudah disebutkan pada sebelumnya, atletik terdiri dari beberapa cabang olahraganya. Adapun beberapa cabang dari olahraga atletik adalah sebagai berikut:

1. Cabang Olahraga Jalan Cepat

Pengertian olahraga jalan cepat adalah gerak yang berjalan dengan melangkahkan kedepan secara terus menerus tanpa adanya hubungan yang terputus dengan di area tanah. Dalam melakukan olahraga ini gerakan jalan harus cepat, posisi salah satu kaki atlet harus selalu menyentuh tanah yang dimana posisi tumpuan yang ada di kaki haruslah lurus.

2. Cabang Olahraga Atletik Berlari

Dalam atletik, olahraga lari merupakan gerakan maju kedepan dengan cepat yang dimana pada saat itulah  yang tertentu posisi kaki berada di udara dan tidak menyentuh dengan tanah. Gerakan berlari membutuhkan kekuatan kecepatan, otot dan koordinasi anggota tubuh yang sangat baik supaya bisa mencapai garis finish.
Cabang olahraga atletik ini dapat dibagi lagi menjadi beberapa nomor lari, diantaranya adalah:
  • Lari Sprint (100 meter)

Lari sprint adalah termasuk macam-macam atletik cabang dari olahraga lari. Lari sprint lebih populer dengan nama lari dengan jarak 100 meter. Jenis lari sprint memiliki kesamaan dengan lari jarak pendek. Tetapi untuk lari jarak pendek memiliki jarak 50 meter sampai 400 meter. Atlet yang pernah memegang rekor dunia di lari sprint yang tercepat yang bernama Usain Bolt.
  • Lari dari Jarak Pendek

Jarak yang ditempuh nomor lari yang jarak pendek adalah 100 meter, 200 meter dan 400 meter. Biasanya pada lari jarak pendek menggunakan awalan start posisinya jongkok, dan yang membedakannnya hanyalah pada jarak tempuhnya.
  • Lari Jarak Menengah

Lari dari jarak menengah termasuk macam-macam atletik yang di cabang olahraga lari. Lari jarak menengah memiliki jarak 800 meter sampai 1500 meter. Peserta diharapkan untuk bisa menempelkan telapak tangannya ke tanah sebelum berlari.
Selain itu arahkan padangan kedua matanya kedepan, lengan diayunkan sesuai kebutuhan dan badannya sedikit dicondongkan ke depan. Pahanya juga diayunkan ke depan tergantung panjang dari tungkainya serta lutut angkat lebih tinggi.
Pada lari jarak menengah ujung kaki yang bertugas untuk menolak bagian tumitnya sampai ujung kaki. Pada aba-aba ketiga, pelari dalam posisi berdiri. Perlombaan ini bertujuan untuk berlari seadanya dan tidak memaksa. Percepat larinya ketika memasuki garis finish.
  • Lari dari Jarak Jauh

Lari dari jarah jauh disebut dengan sebutan marathon, yang dimana jarak tempuhnya adalah 3 kilometer, 5 kilometer, 10 kilometer dan bisa di atas 10 kilometer. Pada lari jarak jauh menggunakan start dengan posisi berdiri dimana tekniknya sama dengan nomor lari dari yang lain.
  • Lari Jarak Estafet

Lari jarak estafet adalah olahraga lari yang dilakukan dengan membawa tongkat dengan ukuran tertentu yang dimana tongkat tersebut diserahkan ke pelari berikutnya yang ada di daerah pergantian. Biasanya nomor dari lari estafet yang diperlombahkan adalah di nomor 4×100 meter dan nomor 4×400 meter.
Lari estafet merupakan jenis olahraga lari yang dilakukan secara beregu dan saling menyambung satu sama lain. Lari estafet beranggotakan 4 orang.
  • Lari Gawang

Lari gawang merupakan olahraga lari yang dengan cepat untuk menempuh jarak yang tertentu dengan melewati beberapa rintangan yang berupa palang rendah dan gawang. Lari gawang memiliki jarak 100 meter, 110 meter dan 400 meter.

3. Cabang Olahraga Atletik Melempar

Dalam atletik juga terdapat beberapa jenis olahraga melempar yang dimana masing-masing menggunakan alat yang khusus dan dilemparkan dengan sejauh mungkin ke depan. Adapun beberapa jenis olahraga lempar adalah sebagai berikut:
  • Lempar Lembing

Lemabar lebing atau (javelin) adalah cabang olahraga atletik yang dilakukan dengan cara melemparkan lebih dengan sejauh mungkin untuk bisa mencapai jarak yang maksimum.
Untuk pria lembingnya yang digunakan berukuran 2,6 meter sampai 2,7 meter dengan berat minim sampai 800 gram, sedangkan untuk wanita panjang lembingnya adalah 2,2 meter sampai 2,3 meter dengan berat minimum mencapai 600 gram.
  • Lempar Cakram

Lemper cakram atau (discusthrow) adalah cabang atletik yang dilakukan dengan cara melempar cakram dengan sejauh mungkin. Cakram yang berukuran diameter 220 mm dengan berat mencapai 2 kg untuk pria, sedangkan untuk wanita beratnya 1 kg.
Pada taun 1896 diselenggarakan Olimpiade pertama lempar cakram di Negara Yunani, Kota Athena. Lempar cakram diawali dengan cara dua kali putaran. Untuk mau memegang cakram yang benar dapat dilakukan dengan tiga cara.
Untuk langkah-langkahnya yang benar adalah usahakan posisi badan berdiri dengan membelakangi lemparan, pegang cakramnya dan ayunkan ke arah kanan dan disertai dengan gerakan badan. Tekuk kaki kanan dan tumpukan berat badanny di kaki sebelah kanan.
Ayunkan cakram ke arah kiri dan lemparkanlah sampai sudut 30 derajat. Dalam mengayun cakram usahakan diikuti dengan mencondongkan arah badannya ke arah depan.
  • Tolak Peluru

Tolak peluru atau (shot put) merupakan cabang olahraga atletik yang dilakukan dengan cara gerakan mendorong suatu bola besi yang berbentuk buat dengan sejauh mungkin. Untuk berat bola besi yang digunakan mencapai 5 kg sampai 7,257 kg untuk pria, sedangkan berat 3 kg sampai 4 kg untuk wanita.
  • Lontar Martil

Lontar martik atau lempar martil (Hammer Throw) adalah cabang olahraga atletik yang dilakukan dengan cara memutar, mengayunkan dan melemparkan martil dengan cara sejauh mungkin. Berat martil yang digunakan 7,26 kg dengan panjang 121,3 cm untuk pria, sedangkan berat 4 kg dengan panjang 119,4 cm digunakan untuk wanita.

4. Cabang Olahraga Atletik Melompat

Olahraga melompat dapat dibagi menjadi beberapa jenis. Berikut ini adalah cabang olahraga atletik melompat yang sering diperlombakan adalah sebagai berikut:
  • Lompat Jauh

Lompat  jauh atau (long jump) adalah gerakan melompat kedepan dan mengangkat kaki ke atas pada bagian depan tubuh tersebut. Gerakan ini dilakukan untuk dapat membawa titik berat badan selama mungkin ada di udara untuk mencapai jarak sejauh mungkin.
  • Lompat Tinggi

Lompat tinggi atau (high jump) merupakan cabang olahraga atletik yang dilakukan dengan cara melompat setinggi mungkin untuk bisa melewati mistar dengan ketinggian yang tertentu. Olahraga ini juga membutuhkan kekuatan otot perut dan otot kali suapaya bisa dapat mencapai gerakan lompatan yang tinggi.
  • Lompat Galah

Lompat galah atau (pole vault) merupakan cabang olahraga atletik yang dilakukan dengan cara melompat setinggi mungkin untuk bisa melewati mistar pada ketinggian tertentu dengan cara menggunakan sebuah galah yang panjang dan  fleksibel.
  • Lompat Jangkit

Lompat jangkit termasuk macam-macam atletik dari cabang olahraga lompat. Lompat jangkit juga disebut dengan lompat jingkat, lompat tiga atau disebut dengan triple jump. Untuk nama resminya lompat jangkit sudah tertulis dalam buku peraturan perlombaan yang dibuat oleh PB PASI.
Untuk nama resminya adalah Lompat Jangkit atau (Hop Step Jump). Olahraga tersebut tersusun oleh tiga gerakan yaitu adalah jingkat atau hop, langkah atau step, dan lompat atau jump.
Gerakan ini harus dilakukan dengan urutan yang benar dan terpadu. Berikut ini adalah langkah-langkah gerakannya adalah awalan, jingkat, melangkah dan yang terakhir melakukan gerakan melompat.


Nomor Lari Jarak Pendek

Nomor lari jarak pendek dibedakan berdasarkan jarak atau panjang lintasan yang harus ditempuh oleh pelari. Saat ini, perlombaan sprint dibagi dalam tiga kategori, yaitu
  • Nomor lari dengan panjang lintasan 100 meter;
  • Nomor lari dengan panjang lintasan 200 meter; dan
  • Nomor lari dengan panjang lintasan 400 meter;
Selain berdasarkan panjang lintasannya, ketiga nomor lari jarak pendek di atas juga memiliki perbedaan mendasar dalam hal teknik dan manajemen energi atlet pada saat berlari. Untuk panjang lintasan 100 meter, atlet lari pada umumnya akan mengeluarkan energi semaksimal mungkin dari awal hingga akhir.
Sementara itu, pada nomor lari dengan panjang lintasan lebih besar, atlet akan memaksimalkan tenaga dan kecepatan berlarinya pada saat sudah hampir sampai garis finish, misalnya sekitar 50 meter menjelang garis finish.
Di antara ketiganya, nomor lari jarak 100 meter adalah yang paling sering diperlombakan dan biasanya diadakan di tepi lintasan lapangan outdoor. Nomor ini dianggap sebagai nomor paling bergengsi dan para pemenang lomba lari jarak 100 meter mendapat gelar sebagai manusia tercepat di dunia.

Soal Nomor Lari Beserta Jawaban

Bagi  para siswa ataupun guru yang sedang membutuhkan soal penjas materi Nomor Lari. Berikut ini kami akan sajikan  soal pilihan ganda Nomor Lari beserta jawabannya, yang sudah kami susun dari berbagai sumber. langsung saja kita lihat di bawah ini






Penelusuran yang terkait dengan Materi olahraga atletik
  • ringkasan materi atletik
  • pengertian atletik lari
  • cabang olahraga atletik
  • teknik dasar atletik
  • sejarah atletik
  • materi atletik kelas 10
  • sejarah singkat atletik
  • materi atletik kelas 11