Lengkap Soal dan Kunci Jawaban KSN Informatika SMA Tingkat Kab/Kota 2020 + Download File

Pada peluang ini, kami akan memberikan isu tentang Tautan Download Soal dan Kunci OSN KSN Astronomi SMA Kab/Kota 2016-2020. Olimpiade Sains Nasional (OSN) mulai tahun 2020 ini berganti nama menjadi Kompetisi Sains Nasional (KSN). Kompetisi Sains Nasional ini diharapkan bisa mengantarkan peserta ajar untuk merajai ilmu pengetahuan dan teknologi, persaingan ini juga ialah komponen penting dalam pemerataan prestasi dan memaksimalkan potensi peserta ajar bertalenta dan berkarakter dari semua pelosok Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Kecuali sebagai sebuah strategi untuk meningkatkan kwalitas pendidikan, persaingan sains sudah memiliki posisi khususpada berbagai gelanggang bergengsi di dunia internasional dalam pembatasan sains oleh para peserta ajar. Karenanya,via sistem persaingan yang sistematis dan bertahap ini diharapkan terbangun ruang seluas-luasnya bagi peserta ajar untuk mengeksplorasi kecakapan dalam bidang sains dan menempuh puncak potensi terbaiknya. Pencapaian prestasi yang optimal akan ditunjukan dengan lahirnya jawara-jawara persaingan sains yang mumpuni dan berdaya saing tinggi yang siap bersaing pada tingkat internasional.

Kompetisi Sains Nasional (KSN) SMA merupakan salah satu jenis lomba pada bidang Sains yang sangat populer dan banyak diminati oleh pelajar tingkat SMA/MA/SMK Sederajat. Pada umumnya OSN ini memiliki beberapa tahapan seleksi, diantaranya:
  1. OSN tingkat Sekolah (KSN-S), penanggung jawab Kepala Sekolah
  2. OSN tingkat Kabupaten/Kota (KSN-K), penanggung jawab Dinas Pendidikan Provinsi
  3. OSN tingkat Provinsi (KSN-P), penanggung jawab Dinas Pendidikan Provinsi
  4. OSN tingkat Nasional (KSN), penanggung jawab Direktorat PSMA


Kompetisi Sains Nasional (KSN)

Kompetisi Sains Nasional atau yang biasa disingkat dengan KSN adalah ajang kompetisi dalam bidang sains bagi para siswa SD, SMP, dan SMA di seluruh Indonesia. Sebelumnya, KSN dikenal dengan nama Olimpiade Sains Nasional (OSN). Perubahan nama ini terjadi di tahun 2020 setelah Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia, Nadiem Makarim mendirikan Pusat Prestasi Nasional yang membawahi semua pelaksanaan lomba, kompetisi, dan festival di indonesia.
 
Kompetisi Sains Nasional (KSN) ini diharapkan dapat mengantarkan peserta didik untuk menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, kompetisi ini juga merupakan bagian penting dalam pemerataan prestasi dan memaksimalkan potensi peserta didik bertalenta dan berkarakter dari seluruh pelosok Negara Kesatuan Republik Indonesia. Selain sebagai sebuah strategi untuk meningkatkan mutu pendidikan, kompetisi sains telah memiliki posisi khusus pada berbagai ajang bergengsi di dunia internasional dalam penguasaan sains oleh para peserta didik. Maka, melalui sistem kompetisi yang sistematis dan berjenjang ini diharapkan terbangun ruang seluas-luasnya bagi peserta didik untuk mengeksplorasi kemampuan dalam bidang sains dan mencapai puncak potensi terbaiknya. Pencapaian prestasi yang maksimal akan ditunjukan dengan lahirnya juara-juara kompetisi sains yang mumpuni dan berdaya saing tinggi yang siap berkompetisi pada tingkat internasional.

Hasil KSN juga menjadi pertimbangan dalam proses seleksi peserta didik yang akan dipersiapkan mewakili Indonesia pada ajang kompetisi sains internasional. 

Bidang Sains yang dilombakan

  • Jenjang SD: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
  • Jenjang SMP: Matematika, IPA, dan IPS.
  • Jenjang SMA: Matematika, Fisika, Biologi, Kimia, Astronomi, Komputer, Ekonomi, Kebumian, dan Geografi.

Tahapan Pelaksanaan

Tahapan pelaksanaan KSN terdiri atas:
  1. Tahapan seleksi tingkat sekolah disebut sebagai Kompetisi Sains Nasional tingkat Sekolah (KSN-S)
  2. Tahapan seleksi tingkat kabupaten/kota disebut sebagai Kompetisi Sains Nasional tingkat Kabupaten/Kota (KSN-K)
  3. Tahapan seleksi tingkat provinsi disebut sebagai Kompetisi Sains Nasional tingkat Provinsi (KSN-P)
  4. Tahapan seleksi tingkat nasional disebut sebagai Kompetisi Sains Nasional (KSN)
Tujuan umum Penyelenggaraan KSN adalah sebagai berikut :
  1. mendapatkan dan mengembangkan peserta didik bertalenta dan berkarakter dengan prestasi internasional,
    sehingga mampu berkontribusi sebagai perintis pembangunan melalui ilmu pengetahuan dan teknologi,
    untuk mewujudkan bangsa yang unggul,
  2. mendorong pemerataan prestasi untuk memaksimalkan penemuan peserta didik bertalenta dan berkarakter dari seluruh pelosok Negara Kesatuan Republik Indonesia,
  3. menciptakan atmosfer berkompetisi dan berprestasi yang sehat, serta mendorong tumbuh kembangnya budaya silih asuh di sekolah dan semua pemangku kepentingan.
Tujuan khusus penyelenggaraan KSN adalah sebagai berikut :
  1. menyelenggarakan seleksi secara berjenjang bagi peserta KSN dimulai dari tingkat sekolah, tingkat kabupaten/
    kota, tingkat provinsi, dan tingkat nasional,
  2. menyeleksi peserta didik yang mempunyai kompetensi/kemampuan dalam bidangnya masing-masing, yaitu bidang Matematika, Fisika, Kimia, Informatika, Biologi, Astronomi, Ekonomi, Kebumian, dan Geografi,
  3. menyiapkan calon peserta yang dapat diandalkan untuk mewakili Indonesia pada kompetisi tingkat internasional.
Berikut ini kami sajikan Link Download Soal dan Kunci KSN Informatika SMA Tingkat Kab/Kota 2020.


Download Soal dan Kunci KSN Informatika SMA Tingkat Kab/Kota 2020



Demikianlah informasi singkat tentang Link Download Soal dan Kunci KSN Informatika SMA Tingkat Kab/Kota 2020, semoga bermanfaat.


 Penelusuran yang terkait dengan Soal dan Kunci KSN Informatika SMA Tingkat Kab/Kota 2020
  • soal ksn matematika sma
  • soal osk komputer 2020
  • soal ksn 2020
  • soal ksnk matematika sma 2020
  • soal ksn-k ekonomi 2020
  • soal ksn-k astronomi 2020
  • pembahasan osk komputer 2020
  • soal ksn astronomi 2020