Gerak Air Laut Adalah - Pengertian, Klasifikasi, Manfaat, Faktor Penyebab dan Manfaat Gerakan Air Laut Bagi Kehidupan

Apa Itu Air Laut ?

Air laut adalah massa zat yang mudah berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Sesuai namanya, pergerakan air laut adalah pergerakan air laut yang disebabkan oleh berbagai faktor seperti angin, perbedaan suhu, gempa bumi dan sebagainya.

Manfaat Gerak Air Laut

  • Bisa dimanfaatkan untuk kegiatan transportasi perairan.
  • Menjaga kestabilan suhu dan iklim dunia.
  • Pada permukaan ombak terjadi pertukaran gas.
  • Meningkatkan kemampuan adaptasi serta keanekaragaman makhluk hidup.
  • Membantu terbektuk serta terjaganya pantai.
  • Sebagai sumber energi.


Klasifikasi Macam – Macam Jenis Gerakan Air Laut

1. Arus Laut

Arus laut adalah pergerakan massa air di laut baik itu secara vertikal atau secara horizontal sehingga membentuk gerakan seimbang yang sangat luas di seluruh lautan di dunia. Ada beberapa penyebab dari muncul nya air laut, diantaranya adalah tiupan angin atau perbedaan densitas atau pergerakan dari gelombang laut.
Secara umum ada dua faktor penyebab terjadinya arus laut, yaitu :
  • Faktor Internal, merupakan faktor yang berhubungan dengan air laut itu sendiri, contohnya adalah densitas air, gradien tekanan, serta gesekan lapisan air laut.
  • Faktor Eksternal, merupakan faktor yang berhubungan dengan komponen-komponen lait di sekitar lautan, contohnya adalah gerakan angin, tekanan udara, gaya gravitasi, gaya tarik matahari, bulan, dll.
Air laut terbentuk karena proses pergerakan massa air dalam menuju keseimbangan yang melibatkan perpindahan secara horizontal dan vertikal massa air tersebut. Gerakan ini terbentuk dari resultan beberapa gaya yang bekerja dan beberapa faktor (telah dijelaskan di atas) yang mempengaruhinya.

2. Gelombang Laut

Gelombang laut adalah gerakan naik turunnya air laut tanpa disertai dengan perpindahan massa airnya. Gelombang laut memiliki dimensi berupa periode gelombang (T), panjang gelombang, Tinggi gelombang, dan Cepat rambat gelombang. Gelombang laut ini merupakan fenomena penaikan dan penurunan air secara periodik yang dapat ditemukan di hampir seluruh tempat di dunia. Ada beberapa penyebab terjadinya gelombang laut, tetapi yang paling sering adalah karena adanya tiupan angin, gempa bumi, dan perubahan kedalaman dasar laut.
Gelombang laut terjadi berdasarkan prinsip fisika yaitu jika ada dua massa benda berbeda kerapatannya (densitas) bergesekan satu sama lain, maka ada bidang geraknya akan terbentuk gelombang.
Ketika dilakukan pengamatan spesifik terhadap gerakan gelombang laut, ternyata didapatkan bahwa air gelombang tidak bergerak maju, melainkan bergerak melingkar, sehingga air hanya bergerak naik turun ketika gelombang melintas. Gelombang dapat bergerak untuk jarak yang jauh, tetapi mediumnya (cair, padat atau gas) hanya dapat bergerak terbatas.

3. Pasang Surut Air Laut

Pasang surut air laut adalah perubahan ketinggian permukaan air laut yang berlangsung secara periodik karena pengaruh gaya gravitasi bulan dan matahari terhadap bumi. Pasang surut air laut terjadi beradasarkan Hukum Newton yang berbunyi
“Dua benda akan saling tarik menarik dengan kekuatan berbanding terbalik dengan pangkat dua jaraknya”
Berdasarkan hukum tersebut, maka makin jauh jaraknya akan semakin kecil daya tariknya. Karena jarak bumi ke matahari lebih jauh dibandingkan jarak bumi ke bulan. Maka pasang surut air laut lebih banyak dipengaruhi oleh bulan.
Jika permukaannya lebih tinggi dibandingkan dengan tinggi rata-rata air laut maka keadaan tersebut dikatakan sedang pasang. Sedangka ketika permukaannya lebih rendah dengan rata-rata permukaan air laut maka disebut sedang surut.


Penyebab Arus Laut

Terjadinya arus di lautan disebabkan oleh dua faktor utama, yaitu :
  • Faktor internal, seperti perbedaan densitas air laut, gradien tekanan mendatar dan gesekan lapisan air.
  • Faktor eksternal seperti gaya tarik matahari dan bulan yang dipengaruhi oleh tahanan dasar laut dan gaya coriolis, perbedaan tekanan udara, gaya gravitasi, gaya tektonik, dan angin.

Faktor Penyebab Gerakat Air Laut

Terjadinya arus di laut disebabkan oleh dua faktor utama, yaitu:
Faktor internal seperti perbedaan kerapatan air laut, gradien tekanan horizontal dan juga gesekan lapisan air.Faktor-faktor eksternal, seperti daya tarik matahari dan bulan, dipengaruhi oleh resistensi dasar laut serta gaya Coriolis, gaya gravitasi, gaya tektonik, perbedaan tekanan udara dan angin.Arus laut terjadi karena beberapa faktor, seperti hembusan angin, perbedaan salinitas, dan perbedaan suhu (Muhammad, Hamid, 2005). Penjelasan berikut:
  • Arus Laut Melalui Angin
Hembusan angin yang mengenai air laut di permukaan menyebabkan arus laut. Sama seperti kita meniupkan air ke dalam cawan, kita dapat menyimpulkan bahwa angin dapat menyebabkan arus laut. Arah arus adalah ke arah aliran angin.Arus yang disebabkan oleh angin ini menyerang daratan atau benua, dan air di depan daratan atau benua lebih tinggi dari permukaan laut di sekitarnya. Perbedaan permukaan laut menyebabkan air dari laut dengan permukaan air yang lebih tinggi mengalir ke arah laut dengan permukaan air yang lebih rendah. Arus samudera semacam itu disebut aliran penyamaan.
  • Arus Lautan Karena Kandungan Garam yang Berbeda
Air laut dengan kadar garam tinggi memiliki kepadatan lebih tinggi dari air laut dengan kadar garam rendah. Jadi, jika ada dua laut yang berdekatan, tetapi mereka memiliki tingkat salinitas yang berbeda, maka air salinitas tinggi mengalir dari laut menuju laut salinitas rendah.Sebaliknya, di permukaan, air mengalir dari laut garam rendah ke laut garam tinggi. Contoh ambang Gibraltar, yang terletak di antara benua Eropa dan Afrika.
  • Perbedaan Suhu
Air laut dingin memiliki kepadatan yang lebih tinggi daripada air laut panas. Air laut di daerah kutub dingin, sehingga memiliki kepadatan yang lebih besar. Oleh karena itu, air laut tenggelam dan bermigrasi melalui tanah laut dalam ke daerah dengan kepadatan lebih rendah.Ketika aliran ini mengenai tanah, arah aliran dapat berubah dari bawah ke atas. Ini disebut pembengkakan. Daerah yang tumbuh kaya akan ikan, karena arus ini mengangkut nutrisi dari dasar laut. Contoh: Laut Barat dan Pantai Barat-Peru-Equador (Amerika Latin).

Manfaat Gerakan Air Laut Bagi Kehidupan

  • Menyejukkan iklim di daerah pantai
Adanya gerakan air laut dapat menyejukkan iklim di daerah pantai, bahkan dengan adanya gerakan air laut laut akan terlihat lebih indah karena seseorang yang melihatnya akan merasakan kehidupan yang ada di dalam laut. Selain terlihat lebih indah ternyata arus laut yang menyusuri pantai dapat digunakan untuk menyejukkan iklim di daerah pantai tersebut sehingga iklim di pantai tidak terasa panas.
  •  Pembangkit tenaga listrik
Gerakan air laut juga dapat digunakan untuk pembangkit tenaga listrik, tanpa adanya gerakan air laut pembangkit listrik tenaga ombak tidak akan dapat terjadi. Sebab hal yang paling utama untuk pembangkit listrik tenaga ombak adalah adanya gerakan air laut, dengan adanya gerakan air laut pembangkit listrik tenaga ombak akan bekerja secara maksimal. Hal ini akan membantu kehidupan manusia dalam melakukan aktivitas sehari-hari.
  • Menyebarkan beberapa jenis tumbuhan
Adanya gerakan air laut dapat menyebarkan beberapa jenis tumbuhan yang terdapat di laut, dengan begitu kehidupan laut tidak akan terasa hampa sebab berbagai tumbuh-tumbuhan akan tumbuh di berbagai tempat. Hal ini disebabkan karena adanya perpindahan atau pergerakan pada air laut yang menyebabkan tumbuhan tersebar diberbagai laut.
  • Daerah penghasil ikan
Bagi para nelayan pasti mengetahui daerah penghasil ikan yang banyak, karena kita perlu Manfaat ikan untuk meningkatkan kesehatan. Laut yang merupakan tempat pertemuan arus panas dan arus dingin adalah salah satu daerah penghasil ikan yang banyak. Jadi bagi Anda yang menginginkan hasil ikan yang banyak Anda dapat mencarinya di tempat pertemuan arus panas dan arus dingin.
  • sarana lalu lintas laut
Manfaat gerakan air laut yang terakhir adalah sebagai sarana lalu lintas laut. Dengan adanya gerakan air laut akan mempermudah seseorang yang ingin dengan adanya gerakan air laut akan mempermudah seseorang yang ingin melewati laut menggunakan transportasi laut untuk menyeberang nya. Dengan adanya gerakan air laut ini maka seseorang yang akan transportasi melalui laut akan lebih mudah.



Demikian Pembahasan Materi Kita Kali ini Mengenai Manfaat Gerakan Air Laut. Jangan Lupa Tetap Bersama Kami . Semoga Bermanfaat dan dapat menambah wawasan kita. Terimakasih.


Penelusuran yang terkait dengan Manfaat Gerakan Air Laut
  • manfaat gerakan air laut dalam kehidupan manusia di antaranya adalah
  • apa sajakah yang termasuk gerakan air laut dan pemanfaatannya bagi kehidupan brainly
  • penyebab gerakan air laut adalah
  • manfaat arus laut
  • gerakan air laut yang dapat dimanfaatkan dalam kegiatan sehari-hari adalah nomor
  • gerakan air laut disebabkan oleh
  • jelaskan sifat air laut berdasarkan suhu kadar garam dan warna air laut
  • 3 gerakan air laut