Download Soal PKN Kelas 7 Semester SMP 2019 Lengkap Dengan Jawabannya

Sebelum Kita memulai Membuat Soal - soal Alangkah Baiknya Kita Mengetahui dahulu Apa Itu Pilihan Berganda ( PG) dan Apa itu Soal Pilihan Essay dan Apa saja Jenis dan Metodenya Agar Kita Lebih Memahami . Silahkan Simak di Bawah Ini:
Tes pilihan ganda ( Multiple choice test ) yaitu tes dimana setiap butir soalnya memiliki jumlah alternatif jawaban lebih dari satu. Biasanya terdapat dua sampai lima alternatif jawaban yang disuguhkan dan jumlah alternatif jawaban tersebut tidak boleh terlalu banyak karena akan sangat membingungkan dan juga sangat menyulitkan penyusunan butir soal. Tipe soal pilihan ganda memiliki karakteristik sebagai berikut.
a.       Terdiri dari dua bagian, yaitu stem dan option.
b.      Memiliki jumlah alternatif jawaban lebih dari Satu
c.       Alternatif jawaban antara 2 hingga 5.

KEMAMPUAN YANG DIUKUR OLEH SOAL PILIHAN GANDA
Soal pilihan ganda dapat mengukur beberapa aspek pengetahuan (recall, knowledge ), pengertian (coimprehension, understanding), aplikasi dan analisis. Kurang tepat soal pilihan ganda untuk mengukur sisntesis, dan evaluasi.. Selanjutnya kami akan mengungkapkan mengenai perbedaan-perbedaan dari aspek-aspek diatas,
1.        Tes yang mengungkap pengetahuan (knowlwdge)
Tes yang mengungkap pengetahuan merupakan pertanyaan atau tes yang mengugkap penalaran dalam kategori terendah. Tes ini hanya mengungkap tentang fakta, definisi, pengertian dan sejenisnya. Jadi siswa hanya di tuntut untuk mengingat kembali apa yang telah dipelajari.
2.        Tes yang mengungkap pemahaman (comprehension)
Tes ini menuntut siswa untuk memahami atau mengerti apa yang telah dipelajari.Dia tidak sekadar dapat mengingat dan menghafal informasi yang telah diperoleh, tetapi dapat memilih dan mengorganisasikan informasi tersebut. Termasuk dapat menafsirkan gambaran, grafik, bagan dan lain lain.
3.        Tes yang mengungkap penerapan (application)
Jika dalam tes yang mengungkap pengetahuan siswa diminta mengingat menghapal, mendefinisikan sesuatu dan selanjutnya dapat menjelaskan dan mengungkapkan informasi yang diterima (pemahaman), maka pada penerapan (aplikasi) siswa dapat menggunakan konsep, prinsip, aturan, hokum, atau proses yang telah dipelajari sebelumnya, siswa diharapkan dapat menentukan jawaban yang benar terhadap pertanyaan / soal tes yang diajukan.
4.        Tes yang mengungkap analisis (analysis)
Analisis merupakan jenjang pertanyaan tingkat tinggi. Pertanyaan analisis menuntut siswa untuk berfikir secara mendalam, kritis bahkan menciptakan sesuatu yang baru. Untuk menjawab pertanyaan / tes analisis, siswa harus dapat menguraikan sebab-sebab, motif-motif atau mampu mengadakan deduktif (dari suatu generalisasi hal umum, dari fakta-faktanya, ke hal yang khusus). Oleh karena itu pertnyaan analisis tidak hanya mempunyai satu jawaban yang benar, melainkan berbagai alternative.
5.        Tes yang mengungkap sintesis (synthesis)
Sintesis merupakan jenjang kedua dari kelompok pertanyaan / tes tingkat tinggi. Pertanyaan yang mengungkap sintesis menuntut siswa berfikir orsinil dan kreatif. Siswa di tuntut berfikir induktif (dari factor, fakta, unsure-unsur yang brsifat khusus, diambil suatu kesimpulan atau genealisasi).
6.        Tes yang mengungkap penilaian (pertanyaan yang mengungkap evaluasi)
Tes (pertanyaan) yang mengungkap penilaian menuntut siswa untuk mengadakan kegiatan berfikir yang paling tinggi. Dia dapat melakukan itu apabila pengetahuan, pemahaman, aplikasi, analisis dan sintesis dapat dikuasai dengan baik.
Pertanyaan yang mengungkap evaluasi menuntut adanya standar atau criteria yang jelas. Kemungkinan jawaban yang diberikan siswa berbeda-beda. Hal itu tidak menjadi masalah asal sudah ada criteria yang jelas. Adanya perbedaan itu justru memperluas segi penalaran siswa sehingga mereka mempunyai cakrawala yang luas.

 Macam-Macam Bentuk Soal Essay

Jawaban terhadap soal essay mempunyai tingkatan kebebasan menjawab yang bervariasi. Siswa dapat dituntut untuk menjawab secara singkat dan tepat, atau dapat pula diberikan suatu kebebasan untuk merumuskan jawabannyasendiri. Nah, berdasarkan jawaban  soal yang dituntut kepada siswa yang mengerjakan tes essay ini, maka soal-soal yang menyusun tes essay dapat dibedakan paling tidak menjadi 2 jenis, yaitu:

1. Soal Essay dengan Jawaban Terbatas
Soal essay jenis pertama, yaitu soal essay dengan jawaban terbatas. Soal essay jenis ini sangat menekankan pada batas jumlah jawaban yang diberikan siswa. Soal essay dengan jawaban terbatas biasanya mengandung permasalahan yang terbatas dan jawabannya sudah ditentukan spesifikasinya. Kata-kata kerja operasional yang digunakan dalam soal ini merupakan ciri khas yang membuat kita dapat dengan mudah membedakannya dari tipe soal essay yang kedua (soal essay dengan jawaban bebas), yaitu adanya penggunaan kata seperti: definisikan, sebutkan, berilah alasan singkat. Selain itu batasan mengenai ruang lingkup jawaban dapat pula disertakan pada petunjuk mengerjakan soal.

 2. Soal Essay dengan Jawaban Bebas
Adapun jenis soal essay yang menyusun tes essay yang kedua adalah soal essay dengan jawaban bebas. Soal essay dengan jawaban bebas akan memberikan siswa kesempatan seluas-luasnya untuk merumuskan sendiri jawabannya. Walaupun demikian, soal essay dengan jawaban bebas seringkali juga masih tetap diberi batasan-batasan tertentu, seperti lama waktu mengerjakan soal dan jumlah halaman jawaban. Batasan terhadap bentuk jawaban dan isi dibuat seminimal mungkin. Pada prinsipnya guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk menunjukkan keterampilan mereka dalam melakukan sintesis dan evaluasi. Pengontrolan atau pembatasan hanya terbatas pada upaya agar soal essay yang bersangkutan dapat mengungkapkan keterampilan kognitif yang dikehendaki.


Soal PKN Kelas 7 Semester SMP 2019 Lengkap Dengan Jawabannya

Contoh Soal PKN Pilihan Ganda

1. Manusia adalah makhluk yang paling mulia dibandingkan dengan makhluk Tuhan lainnya karena …
a. diberkati dengan pikiran dan pikiran
b. diberkati dengan tubuh yang sehat
c. diberkati dengan bumi dan isinya
d. diberkati dengan keturunannya

2. Sebagai pribadi, seseorang membutuhkan orang lain. Itu karena manusia adalah makhluk …
a. sendiri
b. sendiri-sendiri
c. oleh masyarakat
d. ekonomi

3. Aturan atau aturan yang mengandung pedoman hidup yang harus diikuti orang sering disebut sebagai …
a. hukum
b. pesanan
c. norma
d. bea cukai

4. Standar dan sanksi bagi pelanggar yang berasal dari Allah SWT akan berdosa, adalah pengertian …
a. standar hukum
b. norma moral
c. norma kesopanan
d. norma agama

5. Norma kesopanan berasal dari …
a. Kebiasaan dalam masyarakat
b. hati nurani
c. kitab suci
d. ketentuan hukum

6. Orang yang melanggar norma kesusilaan menerima …
a. masyarakat terlarang
b. menyesalinya
c. punya denda
d. mendapat hukuman penjara

7. Jangan meludah ke mana-mana adalah contoh dari norma …
a. kesusilaan
b. kesopanan
c. agama
d. hukum

8. Norma kesopanan berasal dari …
a. Kebiasaan dalam masyarakat
b. hati nurani
c. kitab suci
d. peraturan hukum

9. Untuk menghindari pelanggaran norma agama, setiap orang percaya harus …
a. mengeksplorasi ajaran agamanya di samping agama-agama lain
b. Pahami ajaran semua agama dan bantu mereka
c. Tingkatkan iman dan kesalehan sesuai dengan keyakinannya
d. selalu mengikuti kegiatan keagamaan

10. Komunitas yang mematuhi matrilineal Adat adalah masyarakat adat yang menghasilkan garis keturunan dari …
a. bukan ibu dan ayah
b. Ibu dan ayah
c. tuan
d. ibu

11. Sifat norma adalah. . . .
a. Ketentuan mengikat
b. Ketentuan hukum
c. Kode Etik
d. Kebiasaan yang diusulkan

12. Tindakan kewaspadaan secara fundamental bertentangan dengan prinsip-prinsip aturan hukum, khususnya prinsip. . . .
a. Aturan hukum dalam kehidupan negara
b. Pembagian kekuasaan
c. Yurisdiksi bebas dan tidak memihak
d. Hak asasi manusia terjamin

13. Fungsi utama hukum adalah. . . .
a. Menghukum pihak yang bersalah
b. Mengatur perilaku manusia
c. Melayani kebutuhan masyarakat
d. Untuk menciptakan ketertiban dan keadilan

14. Seorang korup dihukum penjara karena kesalahannya. Ini menunjukkan karakteristik hukum ini. . . .
a. kekuatan
b. Dibuat oleh pejabat yang berwenang
c. Berikan sanksi tegas
d. Buat pesanan

15. “Bersikap baik kepada orang lain”. Ini adalah contoh norma. . . .
a. Hukum
b. kebiasaan
c. agama
d. kesopanan

16. Tindakan yang biasa dilakukan oleh anggota masyarakat disebutkan. . . .
a. Norma
b. bea cukai
c. pamali
d. kebiasaan

17. Kebiasaan umumnya mengandung. . . .
a. Moral masyarakat setempat
b. Penduduk setempat yang sopan
c. Larangan pada komunitas lokal
d. Nasihat untuk masyarakat setempat

18. Posisi antara norma agama, norma moral, standar kesusilaan, dan norma hukum adalah. .
a. Norma agama lebih penting daripada tiga norma lainnya
b. Norma kesopanan lebih penting daripada tiga norma lainnya
c. Norma kesopanan lebih penting daripada tiga norma lainnya
d. Keempat standar itu sama pentingnya dan saling melengkapi

19. “Jangan berbohong kepada sesamamu”. Ini adalah contoh norma. . . .
a. agama
b. Hukum
c. kesusilaan
d. kebiasaan

20. Seorang hakim melarikan diri dari Robert dari jebakan hukum karena ia adalah pegawai negeri sipil. Itu bertentangan dengan aturan hukum. . . .
a. Aturan hukum dalam kehidupan negara
b. Pembagian kekuasaan negara
c. Status yang sama di depan hukum
d. Yurisdiksi bebas dan tidak memihak

21. Serangkaian instruksi untuk kehidupan manusia yang berasal dari hati nurani dikutip. . . .
a. Norma agama
b. Standar kesusilaan
c. standar hukum
d. kebiasaan

22. Doktrin pembagian kekuasaan negara menjadi tiga bidang disebut Trias Politica dan diperkenalkan oleh Montesquieu (1632-1704) dalam bentuk legislatif, eksekutif, dan yudikatif. Arti keadilan adalah. . . .
a. Badan legislatif
b. lembaga penegak hukum
c. Lembaga yang mengadili para penegak hukum
d. Petugas resmi.

23. Peraturan ini dimaksudkan untuk mengatur perilaku manusiadibuat oleh pejabat yang berwenang. Buat keresahan mengikat dan memaksa para pihak pada peraturan
Dari uraian di atas, persyaratan hukum. . . .
a. 4-3-2
b. 3-2-1
c. 1-2-4
d. 2-3-4

24. Undang-undang adalah ketentuan tentang. . . .
a. Polisi
b. Jaksa penuntut
c. Petugas resmi
d. Komunitas

25. Berikut ini adalah karakteristik dari aturan hukum, kecuali. . . .
a. Aturan hukum dalam kehidupan negara
b. Dijamin perlindungan hak asasi manusia
c. Status yang sama di depan hukum
d. otoritarianisme

26. Marlinda berusaha menghormati orang tua.
Perilaku Marlinda adalah penerapan norma. . . .
a. agama
b. kesusilaan
c. kesopanan
d. Hukum

27. Dalam kehidupan suatu negara, norma dianggap paling ketat. . . .
a. agama
b. kesopanan
c. kesusilaan
d. Hukum

28. Menyeberang jalan melalui zebra cross. Terbaik karena. . . .
a. Apakah Anda ingin dipuji
b. takut
c. Sesuai dengan peraturan
d. terpaksa

29. Norma atau jenis sanksi dalam bentuk pengusiran dari kelompok disebut aturan. . . .
a. agama
b. Hukum
c. bea cukai
d. kesusilaan

30. Satu fitur norma hukum dibandingkan dengan norma lainnya adalah sanksi, yaitu. H. . .
a. yang telah ditentukan
b. Sanksi itu keras dan kuat
c. Jangan lihat siapa yang bersalah
d. Ditangkap oleh polisi

31. Deklarasi Kemerdekaan yang ditandatangani oleh. . . .
a. Soekarno dan Mohammad Hatta
b. Suharto dan Mohammad Hatta
c. Soekarno dan Hatta Rajasa
d. Suharto dan B.J. Habibie

32. Arti dari Deklarasi Kemerdekaan untuk rakyat Indonesia adalah. . . .
a. untuk membangun hubungan yang erat antara kelompok etnis di seluruh pelosok negara
b. dorongan dan dorongan rakyat Indonesia untuk mengisi dan mempertahankan kemerdekaan
c. untuk menunjukkan kepada dunia luar bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang merdeka dan berdaulat
d. Inkarnasi sebuah negara baru dengan negara baru.

33. Orang yang mengetik Deklarasi Kemerdekaan Indonesia adalah. . . .
a. Laksamana Maeda
b. Sajuti Melik
c. Baik Ki Hadi Kusumo
d. Pak Soebardjo

34. Poin utama kedua dalam pembukaan UUD 1945 adalah. . . .
a. Keadilan sosial
b. kesejahteraan Negara
c. Amerika Serikat
d. Negara dewa

35. Berikut ini adalah contoh sikap positif terhadap makna Deklarasi Kemerdekaan. . . .
a. Menunggu perintah negara untuk menyerang negara musuh
b. Menjadi pengemis untuk mencari nafkah
c. Belajar keras untuk memajukan pendidikan bangsa
d. Berani menentang kebijakan yang lebih populis.


Soal Essay Pendidikan Kewarganegaraan Kelas 7 SMP

Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan jelas dan benar :
  1. Apakah yang dimaksud dengan norma itu ?
  2. Sebut dan jelaskan norma yang berlaku di masyarakat?
  3. Berikan 5 contoh norma kesopanan !
  4. Sebutkan sanksi yang ditimbulkan bila melanggar norma hukum dan norma kesusilaan!
  5. Jelaskan tujuan diciptakannya norma hukum !.
Berikut ini kunci jawaban soal essay.
  1. Norma: seperangkat aturan/kaidah yang digunakan untuk mengatur tingkah laku masyarakat yang berisi perintah dan larangan.
  2. Norma yang berlaku di masyarakat: norma adat, norma agama, norma kesusilaan, norma kesopanan, dan norma hukum
  3. 5 contoh norma kesopanan: Meludah disebarang tempat, Mengumpat, Berteriak-teriak tidak pada tempatnya, Makan minum sambil berjalan, Memanggil orang tua dengan kasar
  4. Sanksi norma hukum: tegas, berupa penjara, denda, hukuman mati, Sanksi norma kesusilan: tidak tegas, berupa pengucilan, perasaan bersalah.
  5. Tujuan diciptakan norma hukum: Menciptakan ketertiban dan keteraturan, Menjamin kepastian, kepentingan sesama warga negara, Keseimbangan hak dan kewajiban.



Penelusuran yang terkait dengan Soal PKN Kelas 7 Semester SMP

  • soal pkn kelas 7 semester 1 beserta jawabannya
  • soal essay pkn kelas 7 semester 2 beserta jawabannya
  • contoh soal pkn kelas 7 semester 2 bab 6
  • contoh soal pkn kelas 7 semester 2 beserta jawabannya
  • soal pkn kelas 7 semester 1 bab 1
  • soal essay pkn kelas 7 semester 2 beserta jawabannya bab 4
  • soal pkn kelas 7 semester 2 2019
  • soal pkn kelas 7 bab 5 beserta jawabannya