Pengertian Teks Pidato Meliputi Tujuan, Jenis, Kriteria Pidato Beserta Contohnya Lengkap

Mengenal Teks Pidato dan Contohnya Lengkap

Pengertian Teks Pidato

Jika membahas mengenai pidato, sudahkah Anda tahu mengenai pengertian dari teks pidato? Jadi disini akan kami sampaikan dan bahas.
Teks pidato adalah teks yang mengemukakan gagasan dan pikiran tentang suatu hal dan ditujukan kepada banyak orang.Orang yang melakukan pidato disebut dengan orator.


Pengertian Pidato Menurut Para Ahli

Berikut ini terdapat beberapa pendapat dari para ahli mengenai pidato, yakni sebagai berikut:
1. Menurut Wikipedia
Berdasarkan Wikipedia Indonesia, pengertian pidato ialah suatu kegiatan berbicara di muka umum atau melakukan orasi dengan tujuan untuk menyatakan pendapat atau gambaran mengenai suatu hal.

2. Menurut Arsjad
Menurut Arsjad pengertian pidato ialah  suatu kegiatan yang dilakukan oleh seseorang dengan tujuan untuk menyampaikan serta menanamkan berbagai gagasan, ide atau konsep dari pembicara kepada orang banyak di muka umum dan bertujuan agar pendengar yakin terhadap gagasan yang telah disampaikan oleh pembicara.

3. Menurut Emha Abdurrahman
Emha Abdurrahman berpendapat pidato adalah kegiatan untuk menyampaikan uraian atau pendapat yang dilakukan oleh seseorang secara lisan mengenai sesuatu hal atau masalah dengan mengutarakan uraian persoalam dengan menggunakan kalimat yang jeals di hadapan massa atau orang yang banyak pada waktu tertentu.

4. Menurut Syam
Berdasarkan pendapat Syam, pengertian pidato adalah sebuah teknik berbicara yang menggunakan  kata-kata atau bahasa secara efektif, yaitu dengan menampilkan keterampilan atau kemahiran seseorang dalam melakukan pememilihan kata yang dapat mempengaruhi pendengar.


Model-Model Pidato

Sebagaimana disinggung di awal bahwa ada beberapa model pidato yang bisa dilakukan, seperti dengan teks atau tanpa teks.Nah, adanya beberapa model pidato ini bisa menjadi opsi bagi seorang orator untuk memilih gaya pidato terbaik yang cocok.
Adapun beberapa model pidato tersebut adalah sebagai berikut:
  • Impromptu, artinya metode pidato yang akan dilakukan secara langsung oleh seorang orator. Dalam model pidato ini, seorang orator tidak melakukan persiapan sama sekali sebelumnya. Metode ini cukup sulit dan biasanya hanya dimiliki oleh seseorang yang berpengalaman dan bisa menguasai panggung. Soekarno adalah salah satu contohnya.
  • Memoriter, artinya metode pidato yang dilakukan dengan cara menghafalkan teks pidato terlebih dahulu. Biasanya, isi pidato mendekati persis dari teks yang sudah dibuat sebelumnya.
  • Naskah, artinya metode pidato yang dilakukan dengan membaca naskah pidato secara utuh saat berpidato.
  • Ekstemporan, artinya metode pidato yang dilakukan dengan menyiapkan konsep pidato secara garis besar sebelum tampil. Isi pidato biasanya berisi tentang improvisasi dari garis besar naskah tersebut. Metode ini memiliki tingkat kesulitan di bawah metode yang pertama, yakni impromptu.




Jenis-jenis Teks Pidato


Jenis-jenis pidato terbagi menjadi 3 (tiga) macam, yaitu berdasarkan dari ada tidaknya persiapan, berdasarkan pada sifat isi pidato, berdasarkan isi dan sifatnya. Penjelasannya sebagai berikut.

Berdasarkan dari ada tidaknya persiapan

  1. Impromptu - Impromptu adalah pidato tanpa persiapan yang hanya mengandalkan pengalaman dan wawasan pembicara. Pembicara berpidato secara spontanitas. Metode ini biasanya digunakan untuk pidato yang mendadak dan disajikan menurut kebutuhan saat itu.
  2. Manuskrip - Manuskrip disebut juga pidato dengan naskah. Juru pidato membacakan naskah pidato dari awal hingga akhir. Diperlukan oleh ilmuwan dan tokoh nasional yang melaporkan hasil penelitiannya sebab kesalahan kata dapat menimbulkan kekacauan.
  3. Memoriter - Memoriter merupakan pesan pidato yang ditulis oleh pembicara  dan kemudian diingat kata demi kata.
  4. Ekstemporer - Ekstemporer adalah jenis pidato yang paling sering dilakukan oleh juru pidato yang mahir.

Berdasarkan pada sifat isi pidato

  1. Pidato Pembukaan - Pidato pembukaan yaitu pidato singkat yang dibawakan oleh MC atau pembawa acara dalam sebuah acara, seperti acara ulang tahun.
  2. Pidato Pengarahan - Pidato pengarahan adalah pidato yang dilakukan oleh seseorang pada suatu pertemuan resmi yang berfungsi untuk memberi pengarahan dalam melakukan sesuatu. Contohnya pidato dekan dalam mengarahkan acara KKN mahasiswa.
  3. Pidato Sambutan - Pidato sambutan yaitu pidato yang disampaikan pada acara kegiatan atau peristiwa tertentu yang bisa dilakukan oleh beberapa orang dengan waktu yang terbatas secara bergantian. Contohnya pidato pada acara perpisahan sekolah.
  4. Pidato Peresmian - Pidato peresmian adalah pidato yang dilakukan oleh orang penting untuk meresmikan sesuatu. Contohnya pidato peresmian gedung baru oleh rektor.
  5. Pidato Laporan - Pidato laporan adalah pidato yang berisi kegiatan yang telah selesai dilaksanakan, seperti pidato laporan ketua kelompok KKN mengenai kegiatan KKN.
  6. Pidato Pertanggungjawab - Pidato pertanggungjawab berisi suatu laporan, seperti pertanggungjawaban ketua operasi pada rapat.

Berdasarkan isi dan sifatnya

  1. Pidato Informatif  - Mempunyai ciri-ciri objektif, realistis, motivatif, dan zakelijik.
  2. Pidato Propagandis - Mempunyai ciri-ciri subjektif, fiktif, pemutarbalikan fakta bila perlu, agitatif, emagogis, agresif, dan menarik.
  3. Pidao Edukatif - Mempunyai ciri-ciri objektif, rasional, berdasarkan ilmu pengetahuan yang bisa dipertanggungjawabkan, defensif, dan tenang waktu mengemukakannya.


Struktur Teks Pidato

1. Pembukaan pidato terdiri dari 3 bagian, yaitu :
  • Salam pembuka
  • Ucapan penghormatan, biasanya menyebutkan dari orang-orang yang memiliki jabatan tertinggi sampai ke orang-orang yang memiliki jabatan rendah.
  • Ucapan syukur, biasanya berisi ucapan rasa syukur orator (orang yang berpidato) karena diberikan kesempatan dapat menyampaikan pidato dan berkumpul dengan para tamu.
  • Pengantar ke topik utama
2. Isi pidato, berisi hal-hal penting yang akan disampaikan.
3. Penutup pidato, berisi kesimpulan dari hal yang disampaikan, permintaan maaf jika terjadi kesalahaan saat menyampaikan suatu hal, dan salam penutup.
4. Salam


Ciri Kebahasaan Teks Pidato

Didalam pembuatan teks pidato, ada beberapa ciri kebahasaan teks pidato yang harus diperhatikan.
Dari beberapa ciri kebahsaan tersebut akan membuat naskah pidato yang dibuat akan menjadi lebih baik dan tentu saja isi dari pidato akan lebih mudah dipahami dari pendengar.
Ciri dari kebahasaan teks pidato adalah sebagai berikut:
  1. Menggunakan kalimat yang aktif
  2. Teks pidatio yang dibuat menggunakan kosakata yang emotif untuk mengaktifkan perasaan dari sang audience.
  3. Menggunakan kata tugas terutama untuk memberikan ajakan bagi para pendengar.
  4. Teks pidato dibuat dengan emamusakn sinonim yang berfungsi untuk penekanan.
  5. Menggunakan kosa kata dalam bidang ilmu.
  6. Menyisipkan beberapa kata benda yang abstrak untuk menyatakan sesuatu agar pendengar bisa menerka sendir artinya.
  7. Berusaha untuk memberikan informasi yang informatif dan juga padat dan juga menghindari penulisan atau penjelasan yang bertele-tele.
  8. Memasukan beberapa referensi, teruttama dari pidato yang sifatnya ilmiah sebagai data pendukung.


Tujuan dan Fungsi Pidato

Tujuan pidato adalah sebagai berikut :
Pidato umumnya melakukan satu atau beberapa hal berikut ini :
  1. Mempengaruhi orang lain agar mau mengikuti kemauan kita dengan suka rela.
  2. Memberi suatu pemahaman atau informasi pada orang lain.
  3.  Membuat orang lain senang dengan pidato yang menghibur sehingga orang lain senang dan puas dengan ucapan yang kita sampaikan.
Fungsi pidato adalah sebagai berikut :
  • Meudahkan komunikasi dengan bawahan dan atasan.
  • Memudahkan komunikasi dengan sesama anggota organisasi.
  • Membuat suatu kondisi yang kondusif dimana hanya perlu 1 orang saja yang memalukan pidato atau orasi tersebut.
  • Memudahkan komunikasi
Pidato yang baik bisa menuai suatu kesan positif unruk banyak orang yang mendengarkan pidato. Kemampuan pidato/berbicara yang baik bisa memudahkan kita dalam mencapai jenjang karier yang baik. Sebagai contoh, pidato kenegaraan, pidato untuk membangkitkan semangat, pidato dalam menyambut hari besar, pidato sambutan, dll.
Dalam melakukan pidato, gaya bahasa, penampilan, serta ekspresi kita haruslah diperhatikan dan kita juga harus percaya diri dalam menyampaikan isi pidato kita, supaya orang yang mendengar dan melihat pidato kita juga tertarik serta bisa terpengaruh oleh pidato yang kita sampaikan.


Tata Cara dan Etika Berpidato

Tata cara berpidato merujuk kepada langkah-langkah serta urutan darimana untuk memulai berpidato, mengembangkan, dan mengakhiri pidato. Etika berpidato lebih merujuk pada nilai-nilai kepatutan yang harus diperhatikan serta dijunjung ketika pada saat seseorang sedang berpidato.

Urutan dalam berpidato biasanya diawali dari pembukaan, sajian isi pidato, dan penutup. Pembukaan berisi sapaan kepada pihak-pihak yang telah diundang dan hadir dalam acara atau kegiatan tersebut. Sajian isi pidato merupakan hasil dari penjabaran gagasan pokok-pokok yang akan disampaikan pada saat berpidato. Sajian isi perlu diperinci sesuai dengan kondisi waktu yang disediakan. Penutup pidato berisi tentang penyegaran kembali dari gagasan pokok yang telah disampaikan, harapan, dan ucapan terima kasih kepada para pendengar atas partisipasinya.

Etika berpidato menjadi pegangan penting bagi orang yang akan berpidato. Pada saat berpidato, tidak boleh menyinggung perasaan orang lain dan berupaya untuk menghargai serta membangun rasa optimisme bagi para pendengarnya. Selain itu, diperhatikan juga keterbukaan, kejujuran, empati, serta persahabatan yang perlu diusahakan dalam berpidato. 
 
 

Contoh Teks Pidato Bahayanya Narkoba

 Assalamualikum Warahmatullahi wabarakatuh.

Yang saya hormati bapak/ibu dan adik-adik tercinta warga desa Sembawa

Pertama, marilah kita semua memanjatkan rasa syukur kepada Allah SWT karena karuniaNya kita bisa mengikuti acara ini. Tidak lupa shalawat serta salam juga pada baginda tercinta Nabi Muhammad SAW. Semoga shalawat yang dipanjatkan kepada baginda rasul kita tercurah kepada keluarga, para sahabat, serta pengikutnya dan kita semua hingga akhir zaman.

Hadirin yang dirahmati oleh Allah SWT, penggunaan narkoba itu sifatnya terlarang karena dapat membahayakan. Selain dapat membahayakan bagi tubuh, narkoba juga dilarang dalam agama dan aturan negara. Hal yang lebih bahaya lagi yaitu kandungan yang ada pada benda terlarang tersebut yaitu memiliki zat yang membuat penggunanya kecanduan.

Jika sudah kecanduan dengan yang bernama narkoba maka ketenangan dalam hidup tak dapat dimiliki lagi. Hanya akan ada kegelisahan yang menghantui pengguna narkotika. Bahkan, jika ketahuan atau divonis sebagai pemakai narkoba maka aturan yang ada di negara memerintah untuk memasukkan pengguna ke penjara.

Dari banyaknya bahaya yang dimiliki oleh barang yang bernama narkoba maka jangan sampai kita semua terjerumus. Bagi yang melihat temannya memakai narkoba maka wajib untuk saling mengingatkan atau menegur pada hal kebaikan. Untuk sekarang, hal yang lebih baik dilakukan adalah kegiatan positif lainnya dan menjauhi narkoba.

Hadirin yang dimuliakan, tak bisa banyak kalimat yang dapat disampaikan pada kesempatan kali ini. melihat waktu yang telah diberikan tidak banyak. Oleh karena itu, saya meminta maaf atas segala kesalahan dalam ucapan yang disampaikan. Saya harap hadirin semua memaafkannya dan memakluminya. Sekian dan sampai jumpa.

Wassalamualaikum wr wb
 

Contoh Teks Pidato Perpisahan


Perpisahan Sekolah

Selamat pagi dan salam sejahtera bagi hadirin semua,

Segala puji bagi Tuhan kita yang telah memberikan segenap limpahan nikmat yang luar biasa ini. Tak lupa rasa syukur juga kita ucapkan karena di pagi yang cerah ini masih bisa menikmati udara yang sangat segar. Pada keadaan yang penuh tawa dan keharuan ini izinkan saya untuk menyampaikan pidato yang bertema perpisahan.

Detik yang begitu cepat berlalu sangat tak terasa hingga akhirnya kita sampai pada waktu perpisahan ini. Rasa sedih dan bahagia kini menyelimuti hati kami. Selama tiga tahun menuntut ilmu di sekolah ini banyak sekali pengalaman yang berharga. Semoga apa yang telah diberikan dari bapak/ibu guru dapat bermanfaat bagi kehidupan seterusnya.

Saya sebagai perwakilan dari teman-teman mengucapkan banyak terima kasih kepada bapak/ibu guru semua. Selama menuntut ilmu di sini kami sangat menyadari bahwa begitu banyak kesalahan yang diperbuat baik sengaja ataupun tidak. Semoga keikhlasan dan ketulusan yang ada di hati bapak/ibu guru semua dapat menjadi doa untuk kesuksesan kami.

Tempat  ini menjadi saksi pertemuan yang begitu berkesan dan terkenang selamanya. Kami semua tak bisa berbalas budi apapun kecuali hanya bisa mendoakan semoga sekolah ini bisa lebih baik lagi ke depannya. Tak lupa kepada adik-adik tercinta kami menitip pesan agar belajarnya bisa lebih giat dan rajin lagi.

Demikianlah pidato yang berisi beberapa kalimat perpisahan yang dapat saya sampaikan. Sekali lagi saya ucapkan banyak terima kasih dan memohon maaf kepada semuanya apabila ada kesalahan kata. Jika ada kekurangan maka saya memohon maaf karena sesungguhnya yang memiliki kesempurnaan hanyalah Allah SWT.

Wassalamualaikum warahmatullah wabarakatuh.


Contoh Teks Pidato Kebersihan


Kebersihan Lingkungan

Marilah kita panjatkan terlebih dahulu puji dan syukur ke hadirat Tuhan yang maha kuasa karena berkatnya kita bisa berkumpul di sini. Di pagi yang begitu cerah ini akhirnya kita semua dapat berkumpul bersama dalam keadaan yang sehat. Pada kesempatan ini ijinkan saya menyampaikan tentang kebersihan lingkungan.

Pada kesempatan kali ini ijinkan saya menyampaikan beberapa hal penting tentang kebersihan lingkungan. Ada pepatah yang mungkin sudah tak asing lagi di telinga kita semua yaitu, kebersihan merupakan sebagian daripada iman kita. Kebersihan suatu tempat mencerminkan sikap dan perilaku para penghuninya.

Menjaga kebersihan dianggap hal yang sangat penting. Jika kebersihan lingkungan tak bisa dijaga dengan baik maka dampak buruk akan segera menghampiri. Tempat yang kotor otomatis akan mengundang wabah penyakit. Hal tersebut tentu merupakan hal yang tak diinginkan. Selain itu, sikap kita akan dicontoh oleh anak cucu nantinya.

Hadirin yang saya sayangi,

Saya berpesan agar semuanya mempunyai kesadaran yang tinggi akan pentingnya sebuah kebersihan. Coba bayangkan bagaimana jadinya jika kita semua tak menjaga kebersihan dengan baik maka wabah penyakit akan tersebar dimana-mana. Perlu kita ingat bahwa sehat itu adalah suatu hal yang mahal.

Tak banyak yang dapat saya sampaikan pada pertemuan kali ini karena mengingat waktu yang singkat ini. Saya hanyalah manusia yang tak sempurna dan tak luput dari berbagai salah meminta maaf pada semuanya. Kesalahan pasti berasal dari saya dan kelebihan adalah kebaikan hati Tuhan. Cukup sekian yang bisa disampaikan pada hari ini.

Sampai jumpa.



Penelusuran yang terkait dengan Pengertian Teks Pidato
  • fungsi pidato
  • tujuan pidato
  • jenis jenis pidato
  • bagian teks pidato
  • unsur teks pidato
  • ciri ciri pidato persuasif
  • ciri-ciri pidato resmi bahasa jawa
  • pembelajaran pidato