Pengertian Teks Biografi dan Autobiografi Beserta Perbedaanya [LENGKAP]

Contoh Biografi dan Autobiografi Beserta Strukturnya

Pengertian Teks Biografi

Teks biografi adalah suatu bentuk teks yang berisi mengenai kisah atau cerita suatu tokoh dalam mengarungi kehidupannya, entah itu berupa kelebihan, masalah atau kekurangan yang ditulis oleh seseorang agar tokoh tersebut bisa menjadi teladan untuk orang banyak.
Selain biografi, ada juga yang namanya Autobiografi. Autobiografi merupakan suatu riwayat hidup yang ditulis sendiri oleh tokoh tesebut. Untuk itu, antara biografi dan autobiografi sangatlah berbeda. Perbedaan tersebut dapat ditinjau dari penulisnya, apakah riwayat tersebut ditulis sendiri atau orang lain yang menulisnya.

Ciri-ciri Teks Biografi

  • Teks biografi harus memuat informasi berdasarkan fakta pada toko yang diceritakan dalam bentuk narasi
  • Memuat sebuah fakta pengalaman hidup suatu tokoh dalam memecahkan masalah-masalah sampai pada akhirnya sukses, sehingga patut menjadi teladan
  • Teks biografi memiliki struktur yang jelas

Struktur Teks Biografi

Dalam pembuatan teks biografi ini ada tiga struktur yang harus anda perhatikan, yang mana ketiga struktur ini harus ada dalam teks biografi agar menjadi satu kesatuan, berikut struktur teks biografi :
  • Orientasi, merupakan bagian pembuka atau cerita awal yang menjadi pengantar dari teks biografi.
  • Peristiwa dan masalah, merupakan teks yang menjelaskan mengenai kehidupan tokoh yang akan kita angkat sebagai topik dari nol sampai sekarang dan berisi mengenai hal-hal yang berkesan dalam hidup serta menjelaskan tentang kelebihan dan kekurangan tokoh.
  • Reorientasi, merupakan bagian penutup cerita dan bisa juga berisikan pendapat penulis mengenai tokoh inspirasinya itu.


Jenis-jenis Biografi

Berdasarkan Sisi Penulis

  • Autobiografi, Suatu riwayat hidup yang ditulis sendiri oleh tokoh tesebut.
  • Biografi, Suatu bentuk teks yang berisi mengenai kisah atau cerita suatu tokoh dalam mengarungi kehidupannya, entah itu berupa kelebihan, masalah atau kekurangan yang ditulis oleh orang lain.
Biografi berdasarkan izin penulisan dibagi menjadi dua:
  • Authorized biography, sebuah biografi yang penulisannya mendapatkan izin atau sepengetahuan tokoh yang akan di tulis cerita hidupnya.
  • Unauthorized biography, biografi yang penulisannya tanpa seizing dan sepengetahuan tokoh yang akan di tulis kisah hidupnya. Biasanya penulisan unauthorized biography terjadi karena tokoh tersebut telah wafat.

Berdasarkan Isinya

  • Biografi perjalanan hidup, berisi sebuah perjalanan hidup lengkap seorang tokoh atau diambil dari bagian-bagian yang dianggap mempunyai kesan.
  • Biografi perjalanan karir, berisi sebuah perjalanan karir seorang tokoh mulai dari awal hingga karir yang dilakukan saat ini atau bisa juga perjalanan karir dalam mencapai sebuah kesuksesan tertentu.

Berdasarkan Persoalan yang Dibahas

  • Biografi politik, penulisan cerita hidup tokoh suatu Negara dilihat dari sudut pandang politik. Biografi semacam ini mendapatkan bahan dari kumpulan berbagai riset. Akan tetapi, biografi politik biasanya tidak lepas atau sarat akan kepentingan penulis atau tokoh yang minta untuk ditulis.
  • Biografi intelektual, biografi ini hampir sama dengan biografi politik, persamaannya yaitu kumpulan bahannya yang didapatkan dari berbagai riset. Namun, penulisannya dituangkan dalam gaya bahasa ilmiah.
  • Berdasarkan jurnalistik, sebuah biografi yang penulisannya didapatkan dari hasil wawancara dengan tokoh yang akan ditulis atau tokoh yang menjadi rujukan sebagai bahan pendukung cerita.

Berdasarkan Penerbit

  • Buku sendiri, sebuah biografi tokoh yang dijadikan buku oleh penerbit dengan biaya produksi mulai dari penulisan, percetakan dan pemasaran ditanggung sendiri. Penulisan biografi ini bertujuan untuk laku dijual dipasaran atau mendapatkan perhatian publik.
  • Buku subsidi, penulisan biografi tokoh yang biaya produksinya ditanggung oleh sponsor. Biasanya biografi seperti jika dilihat dari segi komersil tidak akan laku ataupun jika laku harga jualnya terlalu tinggi sehingga tidak terjangkau.

Contoh Biografi

Contoh Biografi Pahlawan


Raden Ajeng Kartini Djojo Adhiningrat merupakan nama lengkap dari RA Kartini. Beliau adalah pahlawan wanita yang menjadi kebanggaan kaum hawa di Indonesia. RA Kartini lahir pada tanggal 21 April 1879 di Mayong, Jepara, Jawa Tengah yang merupakan keturunan ningrat. Dan meninggal pada 17 September 1904 di Kabupaten Rembang di usianya yanag ke-25 tahun.

RA Kartini adalah sosok wanita hemat yang haus akan ilmu dan gemar membaca.  Ketertarikannya dalam membaca membuat beliau memiliki pengetahuan yang luas soal ilmu pengetahuan dan kebudayaan. Di usianya yang masih muda RA Kartini telah membuat berbagai buku yang salah satunya adalah berjudul “Habis Gelap Terbitlah Terang” dengan menggunakan bahasa Melayu.

RA Kartini menjadi salah satu pahlawan Indonesia yang memberikan perhatian khusus pada masalah emansipasi wanita dan masalah sosial. Beliau beranggapan bahwa seorang wanita perlu memperoleh persamaan, kebebesan, otonomi serta kesetaraan hukum.


Contoh Biografi Teman


Namanya Nurul Imliyah, biasa dipanggil dengan nama Ilmi. Dia lahir pada tanggal 25 Februari 1989 di Kediri. Wanita satu ini memiliki perawakan yang lumayan tinggi dan sedikit gemuk. Ilmi merupakan anak ke-2 dari dua bersaudara. Saat ini Ilmi telah bekerja di salah satu Rumah Sakit di Trenggalek sebagai Psikolog sesuai dengan jurusannya yang sudah lulus S2 di Universitas 10 November Surabaya.

Ilmi dibesarkan dari keluarga yang agamis dan terlahir dari keluarga kaya. Bapaknya adalah seorang pengusaha pembuat gula dan ibunya adalah seorang ibu rumah tangga. Meski dia terlahir dari keluarga kaya namun gaya hidupnya sangat sederhana dan tidak pilih-pilih teman, sehingga tidak heran jika ilmi disukai banyak orang dan memiliki banyak teman.

Ilmi adalah sosok perempuan yang easy going, suka treveling dan kuliner. Kalau lagi jalan bareng sama temen-temen, si Ilmi ini paling tidak bisa nahan untuk beli makanan, sampai-sampai salah satu dari kita harus nahan dia buat stop buat beli makanan. Meski demikian Ilmi adalah sosok yang perhatian, supel, humoris dan penuh kehangatan.

Contoh Biografi Tentang Guru


Nama beliau adalah Nurkaromah, biasa dipanggil dengan nama Bu Nur. Beliau adalah salah satu guru BK di SMPN1 Gempol yang lahir pada tanggal 16 Maret di Kota Pasuruan. Beliau adalah sosok guru yang baik, lemah lembut dan tidak pernah marah dengan murid-muridnya, Meski kita hanya bisa bertatap muka di pelajaran BK dengan waktu yang sangat singkat, tapi beliau tetap membuka ruangannya buat kita-kita yang mau curhat atau diskusi soal pelajaran, orang tua, dan teman disela-sela waktu pelajaran bahkan ketika istirahat sekolah.

Guru BK pada umumnya memang terkenal jahat dan suka menyita ini itu, tapi berbeda dengan guru BK kita yang satu ini. Beliau sangat baik dan selalu bisa memberikan saran yang memuaskan buat kita para muridnya. Beliau saat ini sudah berusia sekitar 50tahun, semoga sehat selalu buat Bu Nur.


Definisi Teks Autobiografi dan conthnya


Definisi Teks Autobiografi

Autobiografi adalah sebuah biografi yang didalamnya menceritakan tentang perjalanan hidup pribadi ataupun riwayat hidup seseorang yang ditulis oleh dirinya sendiri.
Kata Autobiografi berasal dari bahasa Yunani yaitu dari kata αὐτός-autos yang berarti sendiri, βίος-bios yang berarti hidup serta γράφειν-graphein yang berarti menulis.
Pengarang dari biografi umumnya sangat mengandalkan berbagai sudut pandang dan juga berbagai macam dokumen. Namun berbeda dengan otobiografi yang hanya didasarkan ingatan dari seorang pengarang sepenuhnya.

Karakteristik Teks Autobiografi

Terdapat beberapa ciri-ciri Autobiografi yang dapat membedakannya dengan jenis teks yang lainnya, yaitu sebagai berikut :
  • Merupakan sebuah teks yang berisikan perjalanan hidup seseorang, yang ditulis oleh tokoh itu sendiri, atau dengan bantuan dari penulis lain.
  • Teks ini umumnya berisikan informasi yang menceritakan masa kehidupan tokoh itu sendiri, dari masa sulit hingga mencapai tujuannya.
  • Umumnya hanya memberikan informasi yang bersifat positif saja. Bahkan, autobiografi kadang ditulis dalam rangka pencitraan dari seorang tokoh politik.
  • Umumnya teks ini dibuat agar masyarakat lebih mengenal dan juga mengetahui apa saja yang sudah dilakukan semasa hidupnya, sehingga hal tersebut bisa diambil hikmah serta pelajaran yang berharga, yang ada di dalamnya.

 

Struktur Penulisan Autobiografi

Terdapat beberapa struktur dalam penulisan Autobiografi, diantaranya adalah :
  • Latar belakang Keluarga
Dalam struktur ini biasanya berisikan penjelasan mengenai bagian dari keluarganya yaitu Kedua orang tua, Tempat/Tanggal Lahir, dan juga Tempat Tinggal serta seseorang urutan anak yang ke berapa dan meriwayatkan keluarganya nya.
  • Latar belakang Pendidikan
Bagian ini umumnya menceritakan tentang pendidikan yang sudah dilalui oleh seorang tokoh hingga ia sukses dengan tahun dan nama sekolahnya ditulis dalam paragraf baru.
  • Latar belakang Prestasi
Didalam bagian ini umumnya berisikan mengenai seluruh perestasi yang sudah pernah diperoleh dan dumulai sejak penulis masih kecil hingga sekarang.
  • Latar belakang Pekerjaan
Dalam bagian ini umumnya berisikan tentang pekerjaan dari seorang tokoh, baik yang sudah dijalani atau sedang mencari pekerjaan. Akan tetapi jika penulis masih menjadi seorang pelajar, maka bagian ini tidak harus ditulis.
  • Latar belakang Hasil Karya
Bagian ini merupakan bagian utama bagi seorang tokoh yang sedang bekerja, sedangkan bagi tokoh yang masih menjadi seorang pelajar, maka struktur ini tidak harus ditulis.



Contoh Teks Autobiografi Diri Sendiri Singkat


Namaku Bandiman, lahir di Bogor, 23 Desember 1998. Aku adalah anak keempat dari enam bersaudara, buah dari pasangan Dika Sambaro dan Ena Mursina. Bandi adalah panggilan akrab ku, Aku terlahir dari keluarga yang sangat sederhana.Ayahku seorang pegawai negeri sipil di lingkungan tempat tinggal. Sedangkan Ibuku adalah seorang guru di sebuah madrasah aliyah tidak jauh dari rumah pula. Sejak kecil Ayah selalu menasehati ku agar rajin dalam beribadah, bersikap jujur dan baik terhadap sesama manusia.

Ketika berumur 7 tahun, aku mulai bersekolah pertama ku di MI 2 Panahan Bogor, setelah lulus melanjutkan pedidikan di MTS 2 Bogor pada tahun 2010. Selepas lulus MTS di tahun 2013. Aku pindah ke kota Banten dan tinggal bersama paman di sekitaran daerah Buah Batu dan melanjutkan pendidikan di salah satu SMA yang tak jauh dari sana.Sejak menginjak bangku MTS dulu sebetulnya aku sudah suka dengan dunia seni, saya suka mengambar dan melukis meskipun tak pernah aku publikasikan kepada siapapun termasuk teman-teman dekatku sekalipun.

Rasa minder dan merasa lukisan ku jelek kadang membuat ku merasa tak berbakat menjadi seorang penulis. Ketika menginjak kelas X SMA, aku memberanikan diri mengikuti lomba melukis antar SMA se-Kota Banten, ketika itu aku mengirimkan 3 lukisan ku yang bertemakan indahnya alam ini.Akhirnya aku menjadi juara ke 2 dalam perlombaan tersebut. Tentu saja ini membuat hatiku senang dan semakin bersemangat dalam menggambar, terutama lukisan – lukisan bertemakan lingkungan.Menurut ku lingkungan merupakan salah satu aspek penting dalam kehidupan karena lingkungan yang bersih dan asri dapat membuat jiwa manusia akan menjadi lebih segat dan kuat.

Selain itu aku juga aktif dalam berbagai kegiatan di sekolah, aku bergabung dengan organisasi Pramuka dan juga pernah menjabat sebagai pemimpin redaksi majalah dinding sekolah.Saat ini aku masih duduk di bangku XII SMA jurusan IPA, setelah lulus nanti aku  berencana untuk melanjutkan kuliah di jurusan IPA Universitas Sebelas Maret Solo.



Perbedaan Biografi dan Autobiografi


Berikut kami jelaskan perbedaan biografi dan autobiografi ini.
Aspek yang dibandingkan Teks Biografi Teks Autobiografi
Definisi Teks biografi adalah suatu teks yang berisi tentang kisah suatu tokoh dalam menjalankan kehidupannya, bisa berupa kelebihannya, kekurangannya atau masalah yang ditulis oleh orang lain supaya tokoh tersebut dapat menjadi teladan untuk khalayak ramai. Autobiografi adalah sebuah biografi yang ditulis oleh seorang tokoh yang didalamnya menceritakan tentang perjalanan hidup pribadi atau riwayat hidup yang ditulis oleh dirinya sendiri.
Penulisnya Orang lain.

  • Contoh Biografi Adolf Hitler ditulis oleh David Nicholls
Orang yang sama/diri sendiri.

  • Contoh Autobiografi Alex Ferguson ditulis sendiri oleh Sir Alex Ferguson
Izin Bisa dengan izin / bisa tidak Tidak perlu izin
Gaya Bahasa Gaya bahasa yang digunakan adalah orang ketiga Gaya bahasa yang digunakan adalah orang pertama
Data Dikumpulkan dari berbagai narasumber yang ada Pengalaman pribadi
Tujuan Informatif Informatif dan mengekspresikan perasaan pribadi


  • Definisi

Sebuah biografi berarti ‘bio’ yaitu detail tentang kehidupan seseorang yang ditulis atau dibuat oleh orang lain. Biografi dapat menceritakan informasi seperti tempat lahir, latar belakang pendidikan, pekerjaan, hubungan bahkan sampai kematiannya. Biografi menyediakan detail tentang kehidupan baik saat sukses maupun jatuhnya, bagaimana kepribadian seseorang dapat terlihat diberbagai kondisi. Biografi biasanya ditulis dalam bentuk buku, namun terkadang ada yang membuat dalam komposisi musik atau film.
Dalam membuatan detail hidup suatu individu, penulis mengumpulkan setiap detail tentang individu tersebut lewat orang lain. Baik lewat yang bersangkutan, orang tua, anak, istri/suami, teman, pesaing dan semua orang yang berkaitan dalam hidupnya, sehingga cerita akan kaya tidak hanya dari satu sudut pandang saja melainkan kumpulan dari banyak orang.
Sedangkan autobiografi adalah, gambaran hidup tentang seseorang yang ditulis oleh orang itu sendiri. Arti kata auto yaitu ‘sendiri’, sehingga autobiografi mencakup semua elemen biografi namun ditulis dan dinarasikan sendiri. Penulis dapat menulis sendiri atau membayar ghostwriter untuk menuliskan untuk mereka dengan tanpa credit.
  • Izin

Dalam membuat biografi terkadang dibutuhkan izin, supaya penulis mendapatkan akses lebih banyak ke orang terdekat. Dengan adanya izin menulis, penulis dapat mewawancari langsung orang tersebut, keluarga dekat hingga kerabat – kerabat. Dan ketika buku akan dirilis, penulis akan mendapatkan banyak kepercayaan karena buku yang ditulis seizin karakter yang ditulis.
Sedangkan autobiografi tidak perlu, karena penulis merupakan sudut pandang pertama. Ia dapat menulis apapun tentang dirinya sendiri sesuka hati, tidak perlu takut dituntut orang lain ataupun menuliskan berita yang salah, karena semuanya berhubungan dengna dirinya sendiri.
  • Gaya Bahasa

Narator dalam biografi biasanya menempatkan dirinya sebagai orang ke-3. Ia menceritakan tokoh sebagai karakter yang lain bukan dirinya sendiri. Sedangkan dalam autobiografi biasanya penulis menempatkan dirinya sebagai orang pertama. Ia bercerita diposisi orang yang melakukan segala dalam cerita itu sendiri.
  • Tujuan

Baik biografi ataupun autobiografi keduanya memiliki tujuan menyampaikan informasi. Bagaiaman tokoh yang diceritakan menjalani hidupnya mulai dari umum hingga ke detail. Namun pada autobiografi biasanya penulis menambahkan emosi yang dirasakan saat melakukan hal dalam cerita. Karena penulis dapat mengingat sendiri apa yang benar benar dirasakannya, dan penulis ingin menyampaikan perasaannya tersebut kepada pembaca lewat ceritanya.
  • Data

Terdapat perbedaan data dalam penulisan ini. Autobiografi murni pada ingatan pengalaman pribadinya, apa yang diingat dirasakan dicantumkan dalam autobiografi. Sehingga hasilnya adalah cerita lewat satu sudut pandang yaitu tokoh itu sendiri. Sedangkan biografi mengumpulkan banyak data dari banyak orang, sehingga ada kemungkinan pandangan yang berbeda pada satu event atau kejadian pada tokoh ini. Biografi dapat dikatakan lebih kaya dari sudut pandang.


Demikianlah artikel hari ini tentang pengertian beserta perbedaan teks biografi dan autobiografi. Semoga bermanfaat bagi Anda. Sekian dan terima kasih

Penelusuran yang terkait dengan Pengertian Teks Biografi dan Autobiografi
  • ciri ciri teks biografi
  • pengertian biografi dan autobiografi serta contohnya
  • jenis teks biografi
  • contoh teks biografi
  • ciri-ciri autobiografi
  • sebutkan ciri-ciri teks biografi
  • jelaskan struktur teks biografi
  • tujuan teks biografi