Download Buku Panduan ARKAS Versi 4.1.8 Tahun 2024

Table of Contents
Sumber Gambar: mastiokdr.com
 


Aplikasi Arkas kini telah dirilis kembali dengan versi terbaru yaitu Arkas versi 4.1.8. Tentunya para akuntan sekolah yang juga bertanggung jawab dalam mengimport aplikasi Arkas sangat membutuhkan aplikasi Arkas versi terbaru yang telah dirilis. Jika anda belum memiliki aplikasi Arkas versi terbaru, anda dapat menemukan aplikasi Arkas versi terbaru di blog ini.

Perlu diperhatikan bahwa tidak semua bendahara sekolah dapat secara otomatis membuka dan masuk ke aplikasi Arkas tanpa panduan. Hal ini terutama jika bendahara sekolah atau tim bendahara adalah karyawan baru yang baru saja dipromosikan menjadi bendahara sekolah dan langsung diberi wewenang untuk masuk ke dalam aplikasi Arkas. Dalam kasus seperti ini, tanpa adanya panduan aplikasi Arkas, bendahara sekolah atau tim bendahara sekolah pasti akan kebingungan.

Panduan aplikasi Arkas akan sangat membantu bendahara atau pimpinan sekolah dalam menginstall dan bekerja dengan aplikasi Arkas, dan jika mengalami kesulitan dalam bekerja dengan aplikasi Arkas, sebaiknya membaca panduan aplikasi Arkas terlebih dahulu agar lebih mudah dalam bekerja dengan aplikasi Arkas.

Jika pada artikel sebelumnya  telah membahas tentang aplikasi Arkas versi terbaru, maka pada artikel kali ini kherysuryawan.id akan kembali memberikan user guide atau panduan aplikasi Arkas versi terbaru yang saat ini sedang digunakan. Panduan arcas versi 4.1.8 yang dibagikan oleh admin ini sudah merupakan panduan untuk aplikasi arcas versi terbaru.

Panduan aplikasi arcas secara umum menjelaskan cara memulai menggunakan aplikasi arcas, mulai dari menginstal, masuk, dan menyelesaikan hingga akhir. aplikasi archive, tetapi versi terbaru dari archive ini Jika ada perbedaan cara kerja aplikasi dengan versi aplikasi ARSIP saat ini, Anda perlu membaca kembali panduan aplikasi arcas versi terbaru.

Mengapa sangat penting bagi semua satuan pendidikan penerima dana BOS untuk menggunakan aplikasi ARSIP? Jawabannya adalah karena aplikasi arkas memudahkan akuntan sekolah untuk melaporkan dana BOS secara online. Aplikasi arkas memberikan kemudahan dalam penganggaran, pelaksanaan, pengelolaan, dan pelaporan dana bantuan operasional sekolah di lembaga pendidikan dasar dan menengah dengan menggunakan sistem informasi yang berbasis teknologi informasi dan komunikasi.

Buku Panduan ARKAS adalah sumber informasi yang menyediakan panduan dan petunjuk penggunaan aplikasi ARKAS. Aplikasi ARKAS (Aplikasi Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah) adalah sistem yang disediakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk melakukan input RKAS (Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah) oleh Tim BOS (Bantuan Operasional Sekolah) di sekolah-sekolah.

Buku Panduan ARKAS berisi langkah-langkah penginstalan, penggunaan, dan pengisian data pada aplikasi ARKAS. Buku panduan tersebut membantu bendahara sekolah dan tim BOS dalam memahami dan menjalankan aplikasi ARKAS dengan baik.

Untuk mendapatkan Buku Panduan ARKAS, Anda dapat mencarinya melalui sumber-sumber berikut:

  1. Situs web resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan: Cek situs web resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan negara Anda untuk mencari panduan resmi terkait aplikasi ARKAS. Biasanya, Kementerian akan menyediakan buku panduan dalam bentuk digital yang dapat diunduh secara gratis.

  2. Forum dan komunitas pendidikan: Bergabunglah dengan forum atau komunitas online yang berfokus pada pendidikan atau administrasi sekolah. Di sana, Anda dapat bertanya kepada anggota lain apakah mereka memiliki salinan buku panduan ARKAS atau tautan untuk mengunduhnya.

  3. Kontak langsung dengan instansi terkait: Jika Anda masih kesulitan menemukan buku panduan ARKAS, Anda dapat menghubungi instansi pendidikan atau Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan setempat untuk meminta bantuan dan informasi lebih lanjut.

Pastikan Anda hanya mengunduh buku panduan dari sumber yang tepercaya dan resmi agar mendapatkan informasi yang akurat dan terbaru mengenai penggunaan aplikasi ARKAS.

 

Fungsi dan Manfaat ARKAS

  • Mengukur pembelanjaan dana BOSP di sekolah terkait 8 Standar Nasional Pendidikan (SNP) 
  • Mempermudah sekolah dalam pelaporan dan pertanggungjawaban dana BOSP
  • Menjamin tercapainya penggunaan sumber dana secara efisien, efektif, dan berkesinambungan
  • Memfasilitasi sekolah dalam menyusun perencanaan, penganggaran dan penatausahaan sekolah  dari manual ke bentuk digital

 



Jika anda membutuhkan panduan aplikasi RKAS, anda bisa mendapatkannya dengan mudah dengan mengunduh panduan aplikasi RKAS versi terbaru yang disajikan dalam artikel ini.

Di bawah ini adalah file panduan penggunaan aplikasi RKAS versi 4.1.8.

 

 

Buku Panduan ARKAS Versi 4.1.2 Tahun 2023 ( DISINI )

Buku Panduan ARKAS Terbaru Versi 4.1.8 (DISINI )

 

Post a Comment