Perbandingan Bilangan Bulat Matematika Kelas 4 SD Beserta Contoh Soalnya

Table of Contents

Perbandingan bilangan bulat adalah proses membandingkan dua atau lebih bilangan bulat untuk menentukan urutan atau nilai relatif mereka. Perbandingan ini penting dalam berbagai konsep matematika dan aplikasi praktis. Berikut ini adalah poin-poin utama yang perlu dipahami saat mempelajari perbandingan bilangan bulat:

1. Pengertian Bilangan Bulat

Bilangan bulat mencakup semua bilangan positif, negatif, dan nol (..., -3, -2, -1, 0, 1, 2, 3, ...). Bilangan bulat tidak mencakup pecahan atau desimal.

2. Simbol Perbandingan

  • > (lebih besar dari)
  • < (lebih kecil dari)
  • = (sama dengan)
  • (lebih besar dari atau sama dengan)
  • (lebih kecil dari atau sama dengan)

3. Aturan Dasar

  • Setiap bilangan positif lebih besar dari bilangan negatif. Misalnya, 5 > -3.
  • Semakin ke kanan suatu bilangan pada garis bilangan, semakin besar nilai bilangan tersebut.
  • Semakin ke kiri suatu bilangan pada garis bilangan, semakin kecil nilai bilangan tersebut.
  • Semakin besar nilai negatif, semakin kecil bilangannya. Misalnya, -1 > -5.
  • Nol (0) adalah bilangan netral; lebih besar dari bilangan negatif dan lebih kecil dari bilangan positif.

4. Cara Membandingkan Bilangan Bulat

Untuk membandingkan dua bilangan bulat, Anda bisa mengikuti langkah ini:

  • Tentukan apakah bilangan tersebut positif atau negatif.
  • Gunakan garis bilangan untuk membantu memvisualisasikan dan menentukan mana yang lebih besar atau lebih kecil.
  • Terapkan aturan dasar yang telah disebutkan di atas.

5. Contoh Perbandingan

  • Mengomparasi 2 dengan 5: Karena keduanya positif dan 5 berada di kanan 2 pada garis bilangan, maka 2 < 5.
  • Mengomparasi -2 dengan 3: Karena -2 negatif dan 3 positif, maka -2 < 3.
  • Mengomparasi -4 dengan -1: Kedua bilangan negatif, tapi -1 lebih dekat ke nol, sehingga -4 < -1.

6. Menggunakan Alat Bantu Visual

Garis bilangan adalah alat yang sangat berguna dalam membandingkan bilangan bulat. Dengan memposisikan bilangan pada garis bilangan, Anda dapat dengan mudah menentukan urutan dan perbandingan antara bilangan.

Memahami cara membandingkan bilangan bulat merupakan keterampilan dasar yang akan berguna dalam banyak topik matematika lainnya serta dalam pengambilan keputusan sehari-hari yang melibatkan angka.

 

15 Soal Matematika Kelas 4 SD Perbandingan Bilangan Bulat Beserta Jawabannya

 

Berikut adalah contoh 15 soal matematika untuk siswa kelas 4 SD yang berfokus pada perbandingan bilangan bulat, beserta jawabannya:

Soal 1:

Mana yang lebih besar, -7 atau -3?
Jawaban: -3 lebih besar dari -7.

Soal 2:

Mana yang lebih kecil, 8 atau 5?
Jawaban: 5 lebih kecil dari 8.

Soal 3:

Jika -5 < x < 0, berapa nilai x?
Jawaban: x bisa merupakan bilangan -4, -3, -2, atau -1.

Soal 4:

Apakah -10 sama dengan -10?
Jawaban: Ya, -10 sama dengan -10.

Soal 5:

Apa yang lebih besar, 0 atau -1?
Jawaban: 0 lebih besar dari -1.

Soal 6:

Urutkan bilangan -2, 3, -5, dan 4 dari yang terkecil ke terbesar.
Jawaban: -5, -2, 3, 4.

Soal 7:

Pilih bilangan terkecil: -3, -8, 7, 2.
Jawaban: -8 adalah bilangan terkecil.

Soal 8:

Mana yang lebih besar, -1 atau 1?
Jawaban: 1 lebih besar dari -1.

Soal 9:

Bandingkan -15 dengan -15. Apakah keduanya sama?
Jawaban: Ya, -15 sama dengan -15.

Soal 10:

Apakah 5 lebih kecil dari 6?
Jawaban: Ya, 5 lebih kecil dari 6.

Soal 11:

Tulislah -4 dalam urutan dari bilangan terkecil ke terbesar: 0, -4, 5, -1.
Jawaban: -4, -1, 0, 5.

Soal 12:

-8 ___ -7. Isi titik-titik dengan simbol yang sesuai.
Jawaban: -8 < -7.

Soal 13:

Apakah 10 lebih kecil dari 9?
Jawaban: Tidak, 10 lebih besar dari 9.

Soal 14:

Jika r adalah bilangan bulat dan 0 < r < 4, berapa kemungkinan nilai r?
Jawaban: r bisa 1, 2, atau 3.

Soal 15:

Jika -5 < n < -1, tentukan nilai n terbesar yang mungkin.
Jawaban: n terbesar yang mungkin adalah -2.

Soal dan jawaban tersebut bisa digunakan sebagai latihan untuk memahami konsep perbandingan bilangan bulat pada level sekolah dasar. Ingatlah selalu untuk menggunakan garis bilangan jika anda mengalami kesulitan dalam memvisualisasikan perbandingan tersebut.

 

 

Post a Comment