Download Buku Guru dan Siswa PPKN Kelas 8 Semester 1 dan 2 Kurikulum Merdeka Lengkap

Table of Contents

Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN)
merupakan mata pelajaran yang memegang peran penting dalam membentuk karakter dan kesadaran kewarganegaraan siswa.

Kurikulum Merdeka adalah kurikulum yang membantu pendidik untuk menciptakan pembelajaran berkualitas sesuai dengan kebutuhan dan lingkungan belajar peserta didik. Berikut adalah beberapa karakteristik utama dari Kurikulum Merdeka:

  1. Fokus pada Materi Esensial: Kurikulum Merdeka menekankan pada materi yang esensial, relevan, dan mendalam. Ini memungkinkan waktu yang cukup bagi peserta didik untuk membangun kreativitas dan inovasi dalam mencapai kompetensi dasar seperti literasi dan numerasi.
  1. Pembelajaran yang Fleksibel: Guru memiliki keleluasaan untuk merancang pembelajaran yang sesuai dengan tahap capaian dan perkembangan masing-masing peserta didik. Selain itu, mereka dapat melakukan penyesuaian dengan konteks dan muatan lokal.
  1. Pengembangan Soft Skills dan Karakter: Kurikulum Merdeka juga memperhatikan pengembangan soft skills dan karakter melalui projek penguatan profil pelajar Pancasila. Peserta didik akan mengeksplorasi ilmu pengetahuan, mengembangkan keterampilan, serta menguatkan pengembangan enam dimensi profil pelajar Pancasila. Isu-isu penting seperti gaya hidup berkelanjutan, toleransi, kesehatan mental, budaya, wirausaha, teknologi, dan kehidupan berdemokrasi menjadi fokus dalam projek ini.
  1. Keleluasaan Pendidik: Kurikulum Merdeka memberikan keleluasaan kepada pendidik untuk menciptakan pembelajaran berkualitas yang sesuai dengan kebutuhan dan lingkungan belajar peserta didik.

 

Buku teks Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) untuk siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) Kelas VIII telah terbit oleh Pusat Kurikulum dan Perbukuan Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Tantangan untuk menuntaskan buku ini tidak mudah. Perkembangan pesat teknologi informasi sejalan dengan gelombang Revolusi Industri 4.0 telah mengubah secara mendasar kehidupan sosial, termasuk di lingkungan dunia pendidikan.

Peserta didik secara umum semakin tidak ingin diarahkan, sedangkan minat literasinya terhadap narasi panjang cenderung menurun. Publik termasuk peserta didik cenderung semakin menjadikan media sosial sebagai sumber informasi utamanya.

Keadaan tersebut dapat membuat peran buku terpinggirkan bila buku tidak dikembangkan secara baik. Pada saat yang sama, derasnya budaya global juga dapat menggoyahkan jiwa kebangsaan di masyarakat tanpa terkecuali pada diri para siswa.

Dengan tantangan tersebut maka perlu hadir buku teks PPKn dengan pendekatan yang berbeda dengan sebelumnya. Kalimat perlu disusun secara lebih ringkas serta bernuansa kasual, dan dilengkapi ilustrasi serta tautan yang relevan. Hal tersebut sejalan pula dengan gerakan Merdeka Belajar yang diluncurkan dalam membantu para siswa bersiap menghadapi tantangan global abad ke-21.

 

Buku Guru dan Siswa Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN) untuk Kelas 8 SMP/MTs dengan Kurikulum Merdeka merupakan sumber belajar yang sangat penting dalam proses pembelajaran. Berikut adalah informasi mengenai buku tersebut:

  1. Buku Guru PPKN Kelas 8 Semester 1 dan 2 Kurikulum Merdeka:
    • Buku ini disusun khusus untuk membantu para guru dalam mengajar mata pelajaran PPKN pada kelas 8 SMP/MTs.
    • Materi dalam buku ini mengikuti struktur kurikulum yang telah ditetapkan, sehingga memastikan bahwa semua materi yang penting dan relevan telah disampaikan kepada siswa.
    • Bagi bapak/ibu guru yang mengajar PPKN di sekolah yang telah menerapkan kurikulum merdeka, buku ini akan sangat berguna. Anda dapat mengunduhnya secara gratis melalui tautan ini.
    • Buku Guru PPKN Kelas 8 Kurikulum Merdeka (DISINI
    • Buku Siswa PPKN Kelas 8 Kurikulum Merdeka (DISINI)
  1. Buku Siswa PPKN Kelas 8 Semester 1 dan 2 Kurikulum Merdeka:
    • Buku ini ditujukan untuk para siswa SMP/MTs kelas 8 yang mempelajari mata pelajaran PPKN.
    • Jika Anda membutuhkan buku teks pelajaran PPKN kelas 8 SMP kurikulum merdeka, Anda dapat mengunduhnya melalui tautan ini.
    • Buku Guru PPKN Kelas 8 Kurikulum Merdeka (DISINI
    • Buku Siswa PPKN Kelas 8 Kurikulum Merdeka (DISINI)

 

 

 Penelusuran terkait

  • kurikulum merdeka untuk sd
  • implementasi kurikulum merdeka
  • kurikulum merdeka pdf
  • kurikulum merdeka smp
  • kurikulum merdeka belajar
  • kurikulum merdeka login
  • contoh kurikulum merdeka
  • kurikulum merdeka sma 

Post a Comment