Pengertian Teknologi Adalah : Menurut Ahli, Sejarah, Jenis- Jenis, Perkembangan Teknologi, Contoh Teknologi dan Manfaatnya


Pengertian  Teknologi

Teknologi adalah keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia.

Penggunaan teknologi oleh manusia diawali dengan pengubahan sumber daya alam menjadi alat-alat sederhana. Penemuan prasejarah tentang kemampuan mengendalikan api telah menaikkan ketersediaan sumber-sumber pangan, sedangkan penciptaan roda telah membantu manusia dalam bepergian dan mengendalikan lingkungan mereka. Perkembangan teknologi terbaru, termasuk di antaranya mesin cetak, telepon, dan Internet, telah memperkecil hambatan fisik terhadap komunikasi dan memungkinkan manusia untuk berinteraksi secara bebas dalam skala global. Tetapi, tidak semua teknologi digunakan untuk tujuan damai. Pengembangan senjata penghancur yang semakin hebat telah berlangsung sepanjang sejarah dari pentungan sampai senjata nuklir.

Teknologi telah memengaruhi masyarakat dan sekelilingnya dalam banyak cara. Di banyak kelompok masyarakat, teknologi telah membantu memperbaiki ekonomi (termasuk ekonomi global masa kini) dan telah memungkinkan bertambahnya kaum senggang. Banyak proses teknologi menghasilkan produk sampingan yang tidak dikehendaki yang disebut pencemar dan menguras sumber daya alam, merugikan, dan merusak Bumi dan lingkungannya. Berbagai macam penerapan teknologi telah memengaruhi nilai suatu masyarakat dan teknologi baru sering kali mencuatkan pertanyaan-pertanyaan etika baru. Sebagai contoh: meluasnya gagasan tentang efisiensi dalam konteks produktivitas manusia, suatu istilah yang pada awalnynya hanya menyangkut permesinan. Contoh lainnya adalah tantangan norma-norma tradisional.

Bahwa keadaan ini membahayakan lingkungan dan mengucilkan manusia. Penyokong paham-paham seperti transhumanisme dan tekno-progresivisme memandang proses teknologi yang berkelanjutan sebagai hal yang menguntungkan bagi masyarakat dan kondisi manusia. Tentu saja, paling sedikit hingga saat ini diyakini bahwa pengembangan teknologi hanya terbatas bagi umat manusia, tetapi kajian-kajian ilmiah terbaru mengisyaratkan bahwa primata lainnya dan komunitas lumba-lumba tertentu telah mengembangkan alat-alat sederhana dan belajar untuk mewariskan pengetahuan mereka kepada keturunan mereka.

 

 Baca Juga: Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup serta Faktor-faktor yang Mempengaruhinya

 

Definisi Teknologi Menurut Ahli Berbagai Sumber

Definisi Teknologi Menurut Poerbahawadja Harahap, Teknologi adalah :

  • Ilmu yang menyelidiki cara- cara kerja di dalam tehnik
  • Ilmu pengetahuan yang digunakan dalam pabrik- pabrik dan industri- industri.


Definisi Teknologi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (1990 : 1158), Teknologi adalah ;
 

  • Metode ilmiah untuk mencapai tujuan praktis ilmu pengetahuan terapan
  • Keseluruhan sarana untuk menyediakan barang- barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia.


 
Dalam Random House Dictionary seperti dikutip Naisbitt (2002 : 46) . Teknologi adalah sebagai benda, sebuah obyek, bahan dan wujud yang jelas- jelas berbeda dengan manusia.
 
Definisi Teknologi menurut Wikipedia situs wiki terbesar di Dunia ini, Teknologi adalah keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia.
 
Menurut Miarso (2007 : 62) : Teknologi adalah proses yang meningkatkan nilai tambah, proses tersebut menggunakan atau menghasilkan suatu produk , produk yang dihasilkan tidak terpisah dari produk lain yang telah ada, dan karena itu menjadi bagian integral dari suatu sistem.

 

 Sejarah Teknologi

Berbagai macam inovasi senantiasa terus berkembang selama abad pertengahan berlangsung. Teknologi abad pertengahan banyak menggunakan mesin sederhana seperti halnya tuas, baut, dan katrol yang digabung untuk membentuk peralatan lain yang lebih kompleks. Pada zaman renaisans, ditemukan mesin cetak yang memungkinkan adanya dokumenstasi pengetahuan yang lebih luas dan teknologi juga semakin menunjukkan keterkaitannya dengan sains. Kemajuan teknologi di abad ini dikatakan lebih stabil sehingga dapat membuat cadangan makanan dan barang menjadi lebih stabil pula. Revolusi industri di Inggris pada abad ke-18 merupakan babak awal adanya penemuan teknologi-teknologi baru dalam bidang pertanian, manufaktur, pertambangan, dan lain sebagainya. Kemajuan sains dan penemuan berbagai konsep telah memungkinkan adanya perkembangan teknologi ke arah yang lebih maju dan setingkat lebih tinggi dari jaman sebelumnya. Pada akhir abad 19 dan awal abad 20-an, teknologi di bidang transportasi mulai berkembang pesat. Seperti, kereta api dan pesawat terbang. Kemudian pada abad 20 semakin banyak penemuan-penemuan baru. Misalnya dalam bidang fisika, ditemukan adanya fisi nuklir yang memicu adanya penemuan di bidang senjata dan tenaga nuklir. Komputer juga semakin mengecil ukurannya berkat adanya transistor dan sirkuit yang terintegrasi. Selain itu, perkembangan teknologi informasi juga sangat pesat di abad ke-21. Yaitu, dengan ditemukannya internet yang mereformasi total tentang media informasi. Di samping itu, teknik manufaktur maupun konstruksi yang kompleks diperlukan untuk membuat dan menjaga seluruh teknologi terbaru ini. Mereka juga tidak lupa bahwa terdapat kewajiban untuk mendukung dan mengembangkan generasi terbaru sehingga muncul berbagai macam peralatan di bidang teknologi yang lebih kompleks. Teknologi modern juga sangatlah bergantung pada pelatihan dan pendidikan, serta seringkali membutuhkan pengetahuan dan pelatihan tertentu dari user atau juga pemakainya.

 

 

Jenis- Jenis Teknologi

Perkembangan dapat dilihat dari aneka inovasi teknologi yang ada saat ini. Kemajuan teknologi  menyentuh berbagai macam sektor, mulai dari :

  • Teknologi Dalam Bidang Ekonomi

Kemajuan teknologi di bidang ekonomi ini berupa perkembangan sistem keuangan yang digunakan. Jika dahulu orang melakukan bertransaksi secara real atau nyata, atau berhadapan antara pembeli dengan penjual, maka kini beralih menjadi online. Selain itu, sistem keuangan juga jadi berubah menjadi e-money. 

  •  Teknologi Pangan

Sistem pertanian yang ada saat ini tentunya berbeda dengan sistem pertanian pada zaman dahulu, mulai dari bibir, sistem tanam, serta teknik menanamnya. 

  • Teknologi Informasi

Kemajuan informasi ini ditandai dengan mudahnya masyarakat dalam memperoleh atau mendapatkan informasi melalui Internet dengan berbagai perangkat teknologi yang ada. 

  • Teknologi Komunikasi

Kemajuan komunikasi ini ditandai dengan mudahnya seseorang untuk berkomunikasi dengan orang lain, walau dengan jarak yang cukup jauh.

  • Teknologi Transportasi

Salah satu kemajuan dalam bidang transportasi ini adalah adanya berbagai macam alat transportasi modern, yang mempermudah seseorang untuk mengangkut barang atau bepergian dari 1 temat ke tempat lain dengan mudah.

  • Teknologi Medis

Salah satu kemajuan dalam dunia medis ini adalah ditemukannya berbagai macam vaksin guna mencegah berbagai macam penyakit berbahaya.

  • Teknologi Pendidikan

Adapun teknologi yang turut berkembang dalam dunia pendidikan adalah, berkembangnya sistem pendidikan jadi lebih baik, tenaga pendidik serta murid mudah memahami berbagai pelajaran yang diberikan, dll.

 

 Perkembangan Teknologi

Perkembangan teknologi terbaru, termasuk mesin cetak, telepon, dan Internet, telah menyempit hambatan fisik untuk komunikasi dan memungkinkan manusia untuk berinteraksi secara bebas pada skala global. Namun, tidak semua teknologi yang digunakan untuk tujuan damai; pengembangan lebih intens senjata telah terjadi sepanjang sejarah, dari klub untuk senjata nuklir.

Dampak teknologi dan masyarakat sekitar dalam banyak cara. Dalam banyak masyarakat, teknologi telah membantu memperbaiki ekonomi (termasuk ekonomi global saat ini) dan telah memungkinkan peningkatan gratis. Banyak proses teknologi menghasilkan produk sampingan yang tidak diinginkan, yang disebut polusi, dan menguras sumber daya alam, merugikan dan merusak Bumi dan lingkungannya.

Berbagai aplikasi teknologi telah mempengaruhi nilai masyarakat dan teknologi baru seringkali menimbulkan pertanyaan etis baru. Misalnya, gagasan luas efisiensi dalam konteks produktivitas manusia, istilah yang di Hosono dan Ryuichi Sakamoto hanya menyangkut mesin, contoh-contoh lain yang menantang norma-norma tradisional.

 

10 contoh teknologi dan manfaatnya

1. Bidang pendidikan

→ Teknologi pembelajaran online.

Manfaatnya: Sebagai sarana pembelajaran siswa melalui internet kapan saja dan di mana saja, seperti Brainly misalnya :D

2. Bidang transportasi

→ Adanya mobil, motor, kereta, dan lain-lain.

Manfaatnya: Sebagai alat transportasi yang mempermudah mobilitas manusia ke berbagai wilayah.

3. Bidang kedokteran

→ Adanya aplikasi konsultasi kesehatan.

Manfaatnya: Sebagai tempat berkonsultasi tentang keluhan kesehatan dan dijawab oleh tenaga medis profesional kapan saja dan di mana saja.

4. Bidang bisnis

→ Adanya pembayaran melalui sistem e-money

Manfaatnya: Sebagai upaya pengurangan penggunaan uang tunai di masyarakat sehingga transaksi lebih efektif dan efisien.

5. Bidang lingkungan

→ Adanya teknologi pengolah sampah

Manfaatnya: Sebagai upaya mengurangi sampah yang menumpuk tidak terpakai.

6. Bidang pertanian

→ Adanya produk pertanian yang bebas pestisida.

Manfaatnya: Untuk menghasilkan produk pertanian yang lebih aman untuk dikonsumsi.

7. Bidang perikanan

→ Adanya teknologi pendinginan dan pengalengan ikan.

Manfaatnya: Untuk mengurangi kerusakan produk perikanan sehingga lebih layak dikonsumsi.

8. Bidang informasi

→ Adanya media online, TV dan radio.

Manfaatnya: Untuk dapat memperoleh informasi dengan lebih cepat dari berbagai sudut wilayah di dunia.

9. Bidang komunikasi

→ Adanya handphone.

Manfaatnya: Dapat berkomunikasi dengan siapapun tanpa batasan wilayah.

10. Bidang seni

→ Adanya teknologi grafis seperti kamera, handycam, dan lain-lain.

Manfaatnya: Dapat menghasilkan berbagai jenis hasil karya seni digital yang beragam.

 

 Baca Juga: Tuba Falopi Adalah - Pengertian, Fungsi dan Bagian-Bagian Tuba Fallopi Secara Lengkap

 

 Demikian Penjelasan Tentang  Pengertian  Teknologi Adalah : Menurut Ahli,  Sejarah, Jenis- Jenis, Perkembangan Teknologi, Contoh Teknologi dan Manfaatnya . Jangan Lupa selalu kunjungi referensisiswa.my.id untuk mendapatkan Artikel Lainnya. Terimakasih

 

Penelusuran yang terkait dengan Pengertian Teknologi

  • pengertian teknologi menurut para ahli
  • pengertian teknologi informasi
  • pengertian teknologi komunikasi
  • contoh teknologi
  • pengertian perkembangan teknologi
  • pengertian teknologi informasi dan komunikasi
  • pengertian teknologi informasi menurut para ahli
  • pengertian informasi