Pengertian Manajemen strategis Adalah : Menurut Para Ahli, Tujuan, Manfaat, Proses Manajemen Strategis dan Tahapan Manajemen Strategi


Pengertian Manajemen strategis

Manajemen strategis adalah seni dan ilmu penyusunan, penerapan, dan pengevaluasian keputusan-keputusan lintas fungsional yang dapat memungkinkan suatu perusahaan mencapat sasarannya. Manajemen strategis adalah proses penetapan tujuan organisasi, pengembangan kebijakan dan perencanaan untuk mencapai sasaran tersebut, serta mengalokasikan sumber daya untuk menerapkan kebijakan dan merencanakan pencapaian tujuan organisasi. Manajemen strategis mengkombinasikan aktivitas-aktivitas dari berbagai bagian fungsional suatu bisnis untuk mencapai tujuan organisasi.

Manajemen strategis merupakan aktivitas manajemen tertinggi yang biasanya disusun oleh dewan direksi dan dilaksanakan oleh CEO serta tim eksekutif organisasi tersebut. Manajemen strategis memberikan arahan menyeluruh untuk perusahaan dan terkait erat dengan bidang perilaku organisasi.

Manajemen strategis berbicara tentang gambaran besar.Inti dari manajemen strategis adalah mengidentifikasi tujuan organisasi, sumber dayanya, dan bagaimana sumber daya yang ada tersebut dapat digunakan secara paling efektif untuk memenuhi tujuan strategis. Manajemen strategis di saat ini harus memberikan fondasi dasar atau pedoman untuk pengambilan keputusan dalam organisasi. Ini adalah proses yang berkesinambungan dan terus-menerus. Rencana strategis organisasi merupakan dokumen hidup yang selalu dikunjungi dan kembali dikunjungi.Bahkan mungkin sampai perlu dianggap sebagaimana suatu cairan karena sifatnya yang terus harus dimodifikasi.Seiring dengan adanya informasi baru telah tersedia, dia harus digunakan untuk membuat penyesuaian dan revisi.

Menurut Thomas L.Wheelen – J. David Hunger manajemen strategi adalah serangkaian dari pada keputusan majerial dan kegiatan-kegiatan yang menentukan keberhasilan perusahaan dalam jangka panjang. Kegiatan tersebut terdiri dari perumusan / perencanaan strategi, pelaksanaan / implementasi, dan evaluasi

 

Baca Juga: Pengertian Sidang Adalah - Fungsi, Bentuk, Sistem, Instrument Persidangan dan Perumpamaan Dari Persidangan

 

Pengertian Manajemen Strategi Menurut Para Ahli

Berikut ini merupakan pengertian Manajemen strategi menurut para ahli :

  • Menurut Nawawi

Manajemen strategi adalah Perencanaan berskala besar (disebut perencanaan strategis) yang berorientasi untuk mencapai masa depan yang jauh (disebut visi), dan didefinisikan sebagai keputusan pemimpin tertinggi ini (keputusan yang fundamental dan pokok), sehingga memungkinkan organisasi untuk berinteraksi secara efektif (disebut misi), dalam upaya untuk menghasilkan sesuatu (perencanaan operasional untuk menghasilkan barang dan / atau jasa serta layanan) kualitas, optimasi diarahkan pada pencapaian tujuan (disebut tujuan strategis) dan sasaran (tujuan operasional) ‘organisasi.

  • Menurut J. David Hunger

“Strategic Management is that a set of managerial decisions and actions that determines the long-run performance of a corporation”, dan jika diterjemahkan secara bebas maka Manajemen strategis adalah serangkaian keputusan dan tindakan yang menentukan kinerja perusahaan dalam jangka panjang manajerial.

  • Menurut Thomas L. Wheelen

Manajemen strategis adalah serangkaian keputusan dan tindakan yang menentukan kinerja perusahaan dalam jangka panjang manajerial.

  • Menurut Gregory  G Dees (Djaslim Saladin, 2003)

Manajemen strategi adalah kombinasi dari tiga kegiatan analisis strategi, perumusan strategi dan strategi implentasi.

  • Menurut Alex Miller (2003)

Manajemen strategi adalah suatu proses kombinasi antara tiga aktivitas yaitu analisis strategi, perumusan strategi dan implentasi strategi.

  • Menurut Pearch (1997)

Dikatakan bahwa manajemen stratejik adalah pengumpulan dan tindakan yang menyebabkan perumusan (formulasi) dan pelaksanaan (implementasi) rencana yang dirancang untuk mencapai tujuan organisasi.

  • Menurut Robinson (1997)

Manajemen strategi adalah seperangkat strategi dan tindakan yang menyebabkan perumusan (formulasi) dan pelaksanaan (implementasi) rencana yang dirancang untuk mencapai tujuan organisasi.

  • Menurut Fred R. David

Manajemen strategi adalah seni dan ilmu merumuskan, melaksanakan, dan mengevaluasi keputusan lintas fungsional yang memungkinkan organisasi untuk mencapai tujuan.

  • Menurut Husein Umar (1999 : 86)

Manajemen strategis sebagai suatu seni dan ilmu dalam hal pembuatan (merumuskan), aplikasi (aplikasi) dan evaluasi (evaluasi) keputusan strategis antara fungsi yang memungkinkan organisasi untuk mencapai tujuan di masa depan.

 

Tujuan Manajemen Strategis

Setidaknya ada tujuh tujuan manajemen strategik seperti berikut ini.

  1. Memberikan arah jangka panjang perusahaan yang bakal dicapai.
  2. Membantu perusahaan beradaptasi pada setiap perusahaan.
  3. Membuat kinerja perusahaan menjadi lebih efektif.
  4. Mengaplikasikan dan mengevaluasi strategi yang disepakati dengan efektif dan efisien.
  5. Membuat strategi baru untuk menyesuikan dengan perkembangan lingkungan eksternal.
  6. Meninjau ulang kelebihan dan kelemahan serta mencermati peluang dan ancaman bisnis perusahaan.
  7. Berinovasi pada produk dan layanan sehingga selalu disukai oleh konsumen.

 

Manfaat Manajemen Strategi

Setelah mengetahui pengertian serta tujuan dari manajemen strategi, selanjutnya kita akan membahas manfaat manajemen strategi. Hal ini karena manajemen strategi diperlukan untuk berbagai kegiatan agar bisa mencapai tujuan lebih baik.

Manfaat dari manajemen strategi diantaranya yaitu dapat menghasilkan keputusan terbaik dalam berorganisasi, kegiatan merumuskan strategi akan membantu meningkatkan kemampuan organisasi dalam menghadapi berbagai kendala atau tantangan, keterlibatan pegawai dalam merumuskan strategi menjadikan mereka mengerti dan menghargai produktivitas hingga akhirnya akan meningkatkan motivasi kerja.

Manfaat selanjutnya yaitu membuat sebuah organisasi menjadi lebih peka terhadap ancaman dari luar, membantu mencegah berbagai masalah yang berasal dari dalam maupun luar, membuat proses operasional sebuah organisasi menjadi lebih efektif dan efisien, membantu perusahaan untuk beradaptasi dengan adanya perubahan, membuat organisasi lebih profitable ketimbang organisasi yang tidak menerapkannya.

 

Proses Manajemen Strategis

 Proses manajemen strategis menurut Bryson and Roring (1987:10) meliputi delapan langkah, yaitu :

  1. Memprakarsai dan menyepakati suatu proses perencanaan strategis.Tujuan langkah pertama adalah menegosiasikan kesepakatan dengan orang-orang penting pembuat keputusan (decision makers) atau pembentuk opini (opinion leaders) internal (dan mungkin eksternal) tentang seluruh upaya perencanaan strategis dan langkah perencanaan yang terpenting.
  2. Mengidentifikasi mandat organisasi.Mandat formal dan informal yang ditempatkan pada organisasi adalah “keharusan” yang dihadapi organisasi.
  3. Memperjelas misi dan nilai-nilai organisasi .Misi organisasi yang berkaitan erat dengan mandatnya, menyediakan raison de^etre-nya, pembenaran sosial bagi keberadaannya.
  4. Menilai lingkungan eksternal : peluang dan ancaman.Mengeksplorasi lingkungan di luar organisasi untuk mengidentifikasi peluang dan ancaman yang dihadapi oleh organisasi.
  5. Menilai lingkungan internal : Kekuatan dan kelemahan.Untuk mengenali kekuasaan dan kelemahan internal, organisasi dapat memantau sumber daya(inputs), strategi sekarang (process), dan kinerja(outputs).
  6. Mengidentifikasi isu strategis yang dihadapi organisasi.Isu strategis, meliputi konflik satu jenis atau lainnya. Konflik dapat menyangkut tujuan (apa); cara (bagaimana); filsafat (mengapa); tempat (dimana); waktu (kapan); dan kelompok yang mungkin diuntungkan atau tidak diuntungkan oleh cara-cara yang berbeda dalam pemecahan isu (siapa).
  7. Merumuskan strategi untuk mengelola isu-isu.Strategi didefinisikan sebagai pola tujuan, kebijakan, program, tindakan, keputusan, atau alokasi sumber daya yang menegaskan bagaimana organisasi, apa yang dikerjakan organisasi, mengapa organisasi harus melakukan hal tersebut.
  8. Menciptakan visi organisasi yang efektif bagi masa depan.Langkah terakhir dari proses manajemen strategis adalah mengembangkan deskripsi mengenai bagaimana seharusnya organisasi itu sehingga berhasil mengimplementasikan strateginya dan mencapai seluruh potensinya.

 

Proses dan Tahapan Manajemen Strategi

  • Merumuskan Strategi

Tahap awal yang harus dilakukan oleh organisasi dalam pengembangan visi dan mis yaitu merumuskan strategi. Bisa dimulai dari analisis SWOT, menentukan dan menetapkan tujuan jangka panjang suatu organisasi, dan merumuskan strategi alternatif lainnya.

  • Menerapkan Strategi

Strategi yang telah ditetapkan kemudian diimplementasikan atau diterapkan, misalnya saja dengan merancang struktur organisasi, mendistribusikan sumber daya, melakukan kebijakan, mengembangkan proses pengambilan keputusan, usaha pemasaran, dan pengelolaan sumber daya alam.

  • Mengevaluasi Strategi

Kehidupan dan lingkungan terus saja berubah seiring perkembangan zaman. Untuk itu sangat penting melakukan evaluasi secara berkala. Hal ini bertujuan untuk melihat faktor-faktor apa yang mempengaruhi kemajuan atau kemunduran, baik secara internal maupun eksternal.

  • Cara Melakukan Kegiatan Evaluasi

Cara melakukan evaluasi juga ada tahapannya. Pertama harus mengkaji ulang berbagai faktor internal maupun ekternal yang menjadi landasan perumusan strategi yang telah diterapkan sebelumnya. Selanjutnya yaitu mengukur kinerja saat ini dengan cara melakukan upaya perbaikan dari kekurangan kinerja sebelumnya.

 

Baca Juga: Badan Usaha Adalah - Pengertian, Fungsi, Syarat Atau Cara Pendirian Badan Usaha

 

Demikian Penjelasan Tentang   Pengertian Manajemen strategis Adalah : Menurut Para Ahli, Tujuan, Manfaat, Proses Manajemen Strategis dan Tahapan Manajemen Strategi. Jangan Lupa selalu kunjungi referensisiswa.my.id untuk mendapatkan Artikel Lainnya. Terimakasih

 

Penelusuran yang terkait dengan Pengertian Manajemen Strategis

  • pengertian manajemen strategi menurut para ahli
  • proses manajemen strategis
  • pengertian manajemen strategi menurut para ahli 2016
  • tujuan manajemen strategik
  • unsur-unsur manajemen strategik
  • manfaat manajemen strategi
  • contoh manajemen strategi
  • tugas manajemen strategi