Suhu Adalah - Pengertian , Jenis - Jenis, Rumus dan Alat Ukurnya Secara Lengkap

Pengertian suhu

Suhu adalah besaran yang menyatakan derajat panas dingin suatu benda dan alat yang digunakan untuk mengukur suhu adalah thermometer. Dalam kehidupan sehari-hari masyarakat untuk mengukur suhu cenderung menggunakan indera peraba. Tetapi dengan adanya perkembangan teknologi maka diciptakanlah termometer untuk mengukur suhu dengan valid.

Pada abad 17 terdapat 30 jenis skala yang membuat para ilmuan kebingungan. Hal ini memberikan inspirasi pada Anders Celcius (1701 – 1744) sehingga pada tahun 1742 dia memperkenalkan skala yang digunakan sebagai pedoman pengukuran suhu. Skala ini diberinama sesuai dengan namanya yaitu Skala Celcius. Apabila benda didinginkan terus maka suhunya akan semakin dingin dan partikelnya akan berhenti bergerak, kondisi ini disebut kondisi nol mutlak. Skala Celcius tidak bisa menjawab masalah ini maka Lord Kelvin (1842 – 1907) menawarkan skala baru yang diberi nama Kelvin. Skala kelvin dimulai dari 273 K ketika air membeku dan 373 K ketika air mendidih. Sehingga nol mutlak sama dengan 0 K atau -273°C. Selain skala tersebut ada juga skala Reamur dan Fahrenheit. Untuk skala Reamur air membeku pada suhu 0°R dan mendidih pada suhu 80°R sedangkan pada skala Fahrenheit air membuka pada suhu 32°F dan mendidih pada suhu 212°F.



Pengertian Termometer

Termometer adalah alat yang digunakan untuk mengukur suhu (temperatur), ataupun perubahan suhu. Istilah termometer berasal dari bahasa Latin thermo yang berarti panas dan meter yang berarti untuk mengukur (to measure). Prinsip kerja termometer ada bermacam-macam, yang paling umum digunakan adalah termometer air raksa. Jenis lainnya yang juga dikenal adalah Celsius, Reaumur, Fahrenheit dan Kelvin.

Alat Pengukur Suhu

Ada banyak alat yang digunakan untuk mengukur perubahan suhu, salah satunya adalah termometer. Suhu ditentukan dengan membaca tingkat cairan dalam termometer dengan bantuan skala derajat yang terdapat pada termometer. Tapi, sekarang sudah banyak termometer digital yang langsung menunjukkan angka derajat dari suhu yang diukur. Termometer tradisional menggunakan prinsip pemuaian zat akibat energi kalor.
Terdapat tiga jenis termometer untuk mengukur suhu, yaitu termometer klinis, termometer laboratorium, dan termometer maksimum-minimum.
  • Termometer klinis biasa digunakan untuk mengukur suhu tubuh manusia dan memiliki kisaran terbatas. Pada suhu tinggi, kaca dan merkuri dalam termometer akan memuai ke tingkat yang mengarah pada pecahnya termometer. Termometer klinis tidak dapat digunakan untuk mengukur panas yang ekstrem, seperti daerah api, karena kacanya dapat meleleh.
  • Termometer laboratorium digunakan untuk mengukur suhu benda selain tubuh manusia. Kisaran suhunya dari -10oC hingga 110oC. Jenis termometer yang terakhir adalah termometer maksimum-minimum yang digunakan untuk mengukur suhu maksimum dan minimum di hari itu. Biasanya digunakan untuk mengukur cuaca.


Macam Macam Termometer

Ada cukup banyak jenis dan macam-macam termometer yang biasa digunakan di sekitar kita, berikut ini beberaoa jenis jenis termometer dan penjelasannya,
  • Termometer Klinis
Termometer klinis adalah termometer yang dimanfaatkan untuk mengukur suhu badan. Termometer klinis sering digunakan dalam bidang kedokteran. Suhu badan seseorang dapat diukur menggunakan termometer klinis melalui ketiak, rongga mulut, atau di antara lekukan tubuh lainnya.
  • Termometer Alkohol
Termometer alkohol ialah sebuah termometer cairan yang menggunakan alkohol sebagai pengisinya. Alkohol ini lebih peka daripada air raksa sehingga ketika memuai, perubahan pada volumenya lebih terlihat jelas. Termometer alkohol ini disebut juga termometer minimum karena dapat mengukur suhu yang sangat rendah.
  • Termometer Bimetal
Termometer bimetal adalah termometer yang memanfaatkan perbedaan pemuaian antar dua jenis logam. Termometer ini terdiri dari dua buah keping logam yang memiliki koefisien muai berbeda, sehingga ketika terkena perubahan suhu maka bimetal akan melengkung ke arah tertentu.
  • Termometer Digital
Termometer digital adalah termometer yang menggunakan sensor digital dan layar LCD untuk menunjukkan tingkat suhu. Sensor yang digunakan biasanya termokopel. Termometer digital digunakan secara luas karena akurasi dan sensitivitasnya.
  • Termometer udara
Termometer udara merupakan termometer yang pertama kali dibuat manusia. Teknologinya sangat kuno, oleh karena itu pada zaman modern, termometer jenis udara tidak digunakan lagi karena sangat tidak teliti. Termometer udara berbentuk sebuah tabung bulat yang terbuat dari kaca kaca dan dilengkapi dengan pipa halus yang berisi udara.
  • Termometer Ruangan
Termometer ini berfungsi untuk mengukur suhu pada sebuah ruangan. Pada dasarnya termometer ini sama dengan termometer yang lain hanya saja skalanya yang berbeda. Skala termometer ini antara -50°C sampai 50°C
  • Termometer listrik
Termometer listrik bekerja sesuai dengab sifat listrik logam. Apabila dua macam logam yang jenisnya berbeda dipanaskan, maka kedua logam tersebut bermuatan listrik, akan tetapi tegangannya berbeda.
  • Termometer Laboratorium
Termometer Laboratorium menggunakan cairan raksa atau cairan alkohol. Jika cairan tersebut bertambah panas maka akan memuai sehingga sekalanya akan bertambah. Supaya termometer ini sensitive terhadap perubahan suhu maka dinding dari termometer dibuat setipis mungkin dan jika dapat memungkinkan terbuat dari bahan konduktor.
  • Termometer Resistor
Termometer resistor adalah termometer yang memanfaatkan perubahan hambatan jenis suatu penghantar akibat adanya perubahan suhu. Termometer ini berupa komponen elektronik.
  • Termometer Termokopel
Model termometer ini adalah model yang sensitif sehingga mampu memberikan hasil pengukuran suhu yang akurat. Bahan yang digunakan dalam termokopel adalah bimetal yang jika terkena panas akan melengkung ke arah yang memiliki koefisien lebih kecil.


Jenis Satuan Temperatur Suhu

Seperti yang telah kami jelaskan di atas, satuan suhu internasional adalah Kelvin, tetapi untuk memudahkan pengukuran, banyak satuan selain satuan suhu digunakan. Perbedaan suhu ini juga digunakan untuk membuat berbagai jenis termometer (pembacaan suhu). Beberapa skala suhu yang paling umum digunakan meliputi:
  • Skala satuan atau Celsius (oC)
Skala Celsius yakni skala dalam suhu pada titik beku 0 ° C dan titik didih 100 ° C pada tekanan atmosfer normal. Meskipun angka yang diberikan pada skala Celsius cukup akurat, masih ada beberapa ketidakakuratan yang tidak dapat digunakan sebagai norma formal atau satuan internasional. Definisi standar 1 derajat Celcius adalah 1 / 273,16 dari perbedaan antara air titik tripel dan nol mutlak, berdasarkan pemahaman ini dapat dilihat bahwa satu derajat Celcius mewakili perbedaan suhu yang sama dengan satu Kelvin.
  • Unit atau skala Fahrenheit (oF)
Skala Fahrenheit adalah skala suhu di mana titik beku air adalah 32 ° F dan titik didih air adalah 212 ° F. Oleh karena itu, perbedaan antara titik lebur dan titik didih pada skala ini adalah 180 ° F. Skala ini diperkenalkan pada 1724 oleh seorang ilmuwan Jerman bernama Gabriel Fahrenheit.
  • Unit atau skala Reaumur (oR)
Skala Reaumur adalah skala suhu di mana titik beku air adalah 0 ° C dan titik didih 80 ° C, yang berarti ada perbedaan 80 ° C antara titik beku dan titik didih. Skala ini diperkenalkan pada 1731 oleh Rene Antoine Ferchault de Reaumur.
  • Skala Unit atau Kelvin (oR)
Skala Kelvin adalah skala suhu dengan titik beku 273 oK dan titik didih 373 oK. Perbedaan antara titik beku dan titik didih adalah 100 derajat. Sejauh ini, Kelvin adalah unit internasional untuk suhu, karena dianggap paling akurat. Ilmuwan yang memperkenalkannya adalah William Thomson atau Lord Kelvin.


Rumus Konversi Suhu Celcius, Kelvin dan Fahrenheit


Untuk konversi suhu diatas merupakan suatu cara dalam menyatakan nilai suhu pada suatu benda dengan satu skala suhu terhadap skala suhu yang lainnya sehingga bisa disimpulkan jika nilai suhu pada suatu benda dalam skala celcius diubah atau dikoversi didalam skala lainnya baik pada Skala Reamur, Fahrenheit dan Kelvin.

1. Rumus Konversi Suhu Celcius ke Reamur

Untuk Menghitung Konversi Suhu pada Celcius ke Reamur bisa menggunakan rumus dibawah ini:
R = ( 4/5 ) C
R = Skala Suhu Reamur
C = Skala Suhu Celcius

2. Rumus Konversi Suhu dari Celcius ke Fahrenheit

Untuk Menghitung Konversi Suhu Celcius ke Fahrenheit bisa menggunakan rumus dibawah ini :
F = ( 9/5 ) C + 32
F = Skala Suhu Fahrenheit
C = Skala Suhu Celcius

3. Rumus Konversi Suhu dari Celcius ke Kelvin

Untuk Menghitung Konversi Suhu Celcius ke Kelvin bisa menggunakan rumus dibawah ini:
K = C + 273
K = Skala Suhu Kelvin
C = Skala Suhu Celcius




Demikian Pembahasan Materi Kita Kali ini Mengenai Pengukuran Suhu. Jangan Lupa Tetap Bersama Kami Di referensisiswa.my.id. Semoga Bermanfaat dan dapat menambah wawasan kita. Terimakasih.

Penelusuran yang terkait dengan suhu adalah

  • definisi suhu adalah
  • suhu adalah brainly
  • pengertian suhu menurut para ahli
  • suhu adalah guru
  • suhu adalah besaran yang menyatakan
  • jenis jenis suhu
  • contoh suhu
  • alat untuk mengukur suhu adalah