Masyarakat Adalah - Menurut Para Ahli, Ciri – Ciri, Fungsi, Unsur dan Bentuk Masyarakat Secara Lengkap

Masyarakat adalah sekelompok orang dalam sebuah sistem semi tertutup atau semi terbuka yang sebagian besar interaksinya adalah antara individu-individu yang berada dalam kelompok tersebut. Kata "society" berasal dari bahasa latin, societas, yang berarti hubungan persahabatan dengan yang lain. Societas diturunkan dari kata socius yang berarti teman, sehingga arti society berhubungan erat dengan kata sosial. Secara implisit, kata society mengandung makna bahwa setiap anggotanya mempunyai perhatian dan kepentingan yang sama dalam mencapai tujuan bersama. Kata "masyarakat" sendiri berakar dari kata dalam bahasa Arab, musyarak. Secara abstrak, sebuah masyarakat adalah suatu jaringan hubungan antar entitas-entitas. Masyarakat adalah sebuah komunitas yang interdependen (saling tergantung satu sama lain). Umumnya, istilah masyarakat digunakan untuk mengacu pada sekelompok orang yang hidup bersama dalam suatu komunitas yang teratur.

Masyarakat sering diorganisasikan berdasarkan mata pencaharian utamanya. Pakar ilmu sosial mengidentifikasikan berbagai tipe masyarakat, seperti masyarakat pemburu, masyarakat pastoral nomadis, masyarakat bercocok tanam, dan masyarakat agrikultural intensif (masyarakat peradaban). Sebagian pakar menganggap masyarakat industri dan pasca-industri sebagai kelompok masyarakat yang terpisah dari masyarakat agrikultural tradisional.

Masyarakat dapat pula diorganisasikan berdasarkan struktur politiknya: berdasarkan urutan kompleksitas dan besar, terdapat masyarakat band, suku, chiefdom, dan masyarakat negara.

Untuk menganalisis secara ilmiah tentang proses terbentuknya masyarakat sekaligus masalah-masalah yang ada sebagai proses-proses yang sedang berjalan atau bergeser kita memerlukan beberapa konsep. Konsep-konsep tersebut sangat perlu untuk menganalisis proses terbentuk dan tergesernya masyarakat dan kebudayaan, serta dalam sebuah penelitian antropologi dan sosiologi yang disebut dinamika sosial (social dynamic). Konsep-konsep penting tersebut antara lain: 
  • Internalisasi (internalization)
  • Sosialisasi (socialization)
  • Enkulturasi (enculturation).



Adapun pengertian masyarakat berdasarkan pendapat ahli adalah sebagai berikut;
  • 1. Richard T. Schaefer dan Robert P. Lamm
Schaefer dan Lamm  berpendapat bahwa pengertian masyarakat ialah sejumlah besar orang-orang yang bertempat tinggal dalam satu wilayah yang sama, relatif independen serta sejumlah orang di luar wilayah tersebut, dan mempunyai budaya yang relatif sama.
  • 2. John J. Macionis
Masyarakat merupakan sejumlah orang-orang yang berinteraksi di dalam wilayah tertentu serta mempunyai budaya bersama.
  • 3. Adam Smith
Masyarakat dapat terdiri atas jenis-jenis manusia yang berbeda-beda dan mempunyai fungsi yang berbeda pula, yang terbentuk serta dilihat dari segi fungsi tidak dari rasa cinta dan sejenisnya, dan hanya ada rasa untuk saling menjaga satu sama lain supaya tidak saling menyakiti.
  • 4. An-Nabhani
Pengertian masyarakat merupakan sekelompok individu yang mempunyai pemikiran perasaan, dan aturan yang sama, serta dapat terjadi interaksi antar sesama karena adanya kesamaan untuk kebaikan masyarakat dan warga masyarakat itu sendiri.
  • 5. Selo Soemardjan
Menurut Selo Sumardjan masyarakat yaitu sekumpulan orang yang telah hidup bersama serta dapat menghasilkan kebudayaan.



Ciri – Ciri Dari Masyarakat

  • Hidup Berkelompok
Sehubungan dengan seseorang yang tidak dapat menjalani hidupnya tanpa bergantung pada orang lain, karakteristik pertama suatu masyarakat adalah bahwa orang hidup bersama dan membentuk kelompok. Kelompok ini nantinya akan berubah menjadi masyarakat. Mereka saling kenal dan menyalin tergantung.
  • Budaya Lahir
Singkatnya, jika tidak ada masyarakat, tidak akan ada budaya dan sebaliknya. Masyarakat yang telah hidup bersama tentunya akan menghadirkan budaya, sehingga budaya ini akan diwariskan ke generasi berikutnya dengan berbagai adaptasi.
  • Pengalaman Berubah
Masyarakat itu dinamis (tidak diam), sehingga orang akan selalu menginginkan perubahan dalam hidup mereka. Perubahan ini juga harus disesuaikan dengan budaya yang telah terbentuk sebelumnya.
  • Berinteraksi Satu Sama Lain
Salah satu prasyarat untuk perwujudan masyarakat adalah adanya hubungan antara satu orang dan orang lain (mereka berinteraksi satu sama lain). Interaksi ini tercapai ketika pertemuan terjadi di antara mereka.
  • Ada Seorang Pemimpin
Seorang pemimpin harus mengejar hal-hal yang disepakati agar tidak menjadi bebas atau melarikan diri dari perjanjian. Misalnya, di satu desa ada seorang pemimpin, kepala desa, yang mengelola desa dan dibantu oleh beberapa pejabatnya.
  • Ada Stratifikasi Sosial
Akan ada stratifikasi tertentu di antara orang-orang, apakah itu adalah pembagian tanggung jawab, tugas dan tingkat religiusitas. Layering memungkinkan orang untuk mengambil tempat mereka sehingga mereka dapat memahami peran mereka masing-masing.


Fungsi Masyarakat

1. Social Alignment
Social Aligment merupakan suatu sistem dengan pengelompokkan yang berdasarkan kekerabatan, jenis kelamin, umur, berbagai bentuk dari perkumpulan yang berdasarkan pekerjaan sama, kedudukan ataupun status peranan.

2. Social Controls
Social Controls ialah suatu sistem serta proses yang bertujuan guna mengatur kegiatan dan juga tingkah laku dari tiap individu masyarakat.
Sistem ini dapat disebut sebagai sistem pengendalian sosial yang bertujuan untuk mengendalikan tiap anggota masyarakat untuk mengatur kehidupannya.

3. Social Media
Social Media ialah suatu perlengkapan dan peralatan, yang dapat berupa benda ataupun sebuah bahasa yang kemudian dijadikan sebagai media bagi para anggota masyarakat untuk melangsungkan interaksi dan komunikasi dengan sesamanya.

4. Social Standards
Social Standards adalah suatu ukuran sosial yang dipakai guna menilai dan menentukan seluruh kegiatan dan menilai efektif atau tidaknya suatu kegiatan.


Unsur Dasar Dari Masyarakat

Kerumunan
Kerumunan atau keramaian adalah sekelompok orang di lokasi tertentu. sifat-sifat himpunan, yaitu:
  • Terjadi karena ada Pusat Perhatian yang sama
  • Ada pertanyaan dan jawaban tentang objek yang menjadi pusat perhatian
  • Jalankan untuk waktu yang lama
  • Perasaan secara keseluruhan telah ada, meskipun akan lenyap ketika kerumunan menghilang
Kelompok
Grup adalah sekelompok orang berdasarkan pada karakteristik obyektif dan subyektif bersama. Karakteristik kelompok meliputi:
  • Ada perbedaan status dan peran
  • Ada berbagai pola interaksi
  • Distribusi hak dan kewajiban di antara anggota kelompok
  • Ada klasifikasi yang melibatkan kelompok
  • Ada prestise (sanksi) atau penghargaan
  • Ada klasifikasi universal
Asosiasi
Asosiasi atau asosiasi adalah entitas manusia yang secara sadar dibentuk dan memiliki tujuan tertentu. Suatu asosiasi terbentuk ketika anggotanya memiliki minat, pendidikan, tujuan, agama atau keahlian yang sama
Grup
Grup adalah elemen perusahaan yang memiliki karakteristik sebagai berikut:
  • Kesadaran setiap anggota kelompok bahwa mereka sebenarnya bagian dari kelompok
  • Ada hubungan timbal balik (interaksi) antara anggota kelompok
  • Struktur, aturan dan pola tertentu
  • Ada faktor-faktor yang mengikat seperti takdir, tujuan yang diminati, ideologi atau kepercayaan anggota


Bentuk Masyarakat

Bentuk masyarakat dapat diketahui melalui pengunjian dalam penelitian sosial. Bentuk masyarakat di hasilkan dari kebiasaan yang dilakukan oleh setiap indvidu yang tergabung dalam lingkungan sosialnya, baik untuk pergaulan ataupun untuk mendapatkan kepentingannya.Macam masyarakat diantaranya adalah sebagai berikut;
  1. Masyarakat Primitif

Pengertian masyarakat primitif adalah masyarakat yang pola hidupnya masih tradisonal dengan ciri khas memiliki tingkat kebudayaan yang cukup tinggi, sehingga tidak mau menerima perubahan sosial yang terjadi di sekelilingnya. Masyarakat seperti ini biasanya berada di daerah atau wilayah pedalaman yang terisolasi dari kamjuan zaman.
  1. Masyarakat Modern

Pengertian masyarakat modern adalah masyarakat yang lebih tinggi tingkatkan daripada masyarakat primitif. Sikap masyarakat modern sudah memandang kehidupan sebagai hal yang perlu untuk melakukan kamjuan dalam perubahan sosial, alat yang dipergunakannya juga sudah tidak banyak lagi alat-alat tradisional.
Misalnya dalam menanam padi masyarakat modern sudah mempergunaan peralatan seperti bajak, masin penggilingan padi, dan lain sebaginya.
  1. Masyarakat Madani

Pengertian masyarakat madani adalah masyarakat yang sudah menerima segala bentuk-bentuk kamajuan serta dapat memanfaatkannya sebagai kebutuhan.
Masyarakat madani adalah golingan terteinggi dalam kehidupan, alasan hal ini diungkpakan karena dalam masyarakat madani bukan hanya menerima perubahan sosial akan tetapi juga mampu melakukan filtrasi dalam perubahan yang dianggap sesuai ataupun tidak.
  1. Masyarakat Multikutural

Pengertian masyarakat multikultural adalah masyarakat yang hidup bersama dalam banyak perbedaan, masyarakat ini memiliki hubungan yang tidak terlalu erat akan tetapi untuk menjaganya diperlukan kesadaran bahwa pentingnya hidup bersama dalam kerukunan.
Contoh masyarakat multikultral adalah masyarakat Jakarta, yang memiliki hidup bersama meskipun ada banyak kebudayaan dan ciri khas berbeda.
  1. Masyarakat Majemuk

Pengertian masyarakat majemuk adalah masyarakat yang bersatu karena banyak perbedaan di dalamnya, masyarakat ini cederung melakukan hubungan sosial yang terbatas untuk dapat menghindari konflik sosial yang ada. Masyrakat majemuk seringjuga diibarkan sebagai masyarakat yang terbentuk dalam ruang lingkup yang besar, tanpa adanya perbedaan wilayah.
Contoh yang bisa diberikan dalam masyarakat majemuk, misalnya saja Masyarakat Ekonomi Asean yang berada dalam ruang lingkup Asean, tidak ada batas negara hanya saja hubungan yang dilakukan hanya sebatas hubungan perekonomian.



Itulah penjelasan ringkas mengenai pengertian masyarakat, karakteristik, unsur-unsur, dan jenis-jenis masyarakat secara umum. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan kamu.


Penelusuran yang terkait dengan Jenis Jenis Masyarakat
  • sebutkan jenis jenis masyarakat
  • jenis-jenis masyarakat pdf
  • masyarakat adalah
  • jenis-jenis masyarakat dalam sosiologi
  • contoh masyarakat
  • ciri-ciri masyarakat
  • pengertian masyarakat secara umum
  • definisi masyarakat