Pengertian Riwayat Hidup ( CV ) Serta Cara Menulis Riwayat Hidup dan Contohnya

Dari segi penampilannya, riwayat hidup itu sendiri tidak memiliki bentuk standard yang menjadi acuan. Riwayat hidup biasanya ditulis seperti karangan singkat yang diawali dengan judul dan juga ditutup oleh rangkaian seperti tanggal, tanda tangan dan nama.
Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang Riwayat hidup beserta dengan hal-hal yang ada didalamnya.
Contoh-contoh Daftar Riwayat Hidup CV (Curriculum Vitae) yang baik dan benar, bisa digunakan untuk melamar kerja di berbagai bidang seperti bekerja di PT atau perusahaan, Administrasi, Akuntansi, Apoteker, Supermarket, Perhotelan, Karyawan pabrik dan lain-lain.

Dengan desain umum simpel singkat dan sederhana cocok untuk lulusan SMA, SMK, Diploma dan Sarjana juga masih oke. File dokumen dalam format docx Ms word. Download dan save lebih dahulu ke komputer atau HP Kamu agar bisa di edit menggunakan Microsoft Office.

Unsur-unsur Riwayat Hidup

Dibawah ini merupakan unsur-unssur dari Riwayat Hidup beserta dengan penjelasannya yaitu, sebagai berikut ini :
  • Data pribadi
Biasanya data pribadi yang terdapat didalam daftar riwayat hidup berisi nama pelamar, alamat, tempat/tanggal lahir, nomor telepon yang dapat dihubungi. Data pribadi ini juga sangat penting, agar saat kita diterima di sebuah perusahaan yang sedang kita minati, pihak perusahaan tersebut dapat dengan mudah untuk menghubungi kita.
  • Riwayat pendidikan
Selanjutnya didalam riwayat hidup biasanya berisi sebuah data pendidikan mulai dari pendidikan yang tingkat rendah hingga ke tingkat tertinggi,dan jangan lupa untuk mencantumkan nilai akhir dari akademis yang sudah diraih.
Riwayat pendidikan merupakan salah satu unsur yang sangat penting, karena pihak dari perusahaan juga akan melihat daftar riwayat pendidikan kita. Apakah sejak di masa pendidikan dasar hingga ke universitas kalian mempunyai kemampuan yang dibutuhkan oleh perusahaan tersebut atau tidak.
  • Pengalaman bekerja
Kemudian didalam riwayat hidup juga biasanya dicantumkan sebuah pengalaman kerja, jika kalian sudah pernah bekerja sebelumnya. Jika kalian sudah pernah bekerja sebelumnya, maka kalian perlu menliskan juga pekerjaan apa yang pernah kalian jalani. Semakin banyak sebuah pengalaman kerja, maka ilmu yang kalian dapat juga akan semakin banyak.
  • Keterangan Lain
Data yang tidak bisa dimasukan ke dalam subjudul yang sudah ada didalam daftar riwayat hidup, bisa dimasukan ke dalam subjudul dari keterangan lain ini. Data yang dapat masuk ke dalam keterangan lain yaitu sesuatu yang tidak diperoleh melalui sebuah pendidikan yang formal. Keterangan yang dicantumkan sebaiknya ada hubungannya dengan bidang yang sedang dilamar.
  • Pengalaman didalam organisasi serta jabatan yang pernah dipegang
Pengalaman didalam sebuah organisasi ini juga dapat menjadi bahan pertimbangan sebagai nilai tambah kemampuan kalian, karena bisa dilihat bahwa kalian termasuk anak yang aktif berkegiatan saat di sekolah atau di kampus.
  • Kemampuan atau Skill
Kemampuan disini biasanya berisi sebuah kemampuan dalam bahasa asing dan daerah, kemampuan didalam bidang seni, kemampuan dan penguasaan dalam bidang teknologi komputer.
Kemampuan yang bisa kalian lakukan juga perlu dituliskan di sini. Maka pihak dari perusahaan tersebut dapat melihat apa saja kemampuan yang kalian miliki sesuai atau tidak dengan posisi yang dilamar.




Jenis Riwayat Hidup

Curriculum vitae/daftar riwayat hidup dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu:
  1. Curriculum Vitae berdasarkan urutan kronologis

Ini merupakan jenis CV yang biasanya digunakan kebanyakan orang. CV ini mengedepankan pendidikan dan pengalaman kerja dalam urutan kronologis, baik digunakan bila seseorang memiliki tipe perkerjaan yang sama sepanjang karir seseorang, sehingga CV model ini akan memperlihatkan perkembangan karir seseorang.
Jenis CV seperti ini lebih disenangi oleh sejumlah perusahaan, karena format susunannya yang dimulai dengan pengalaman kerja paling baru.
  1. Curriculum Vitae berdasarkan keterampilan

Ini merupakan jenis CV yang lebih terfokus pada keterampilan dibanding pengalaman kerja. Fungsinya yaitu untuk meyakinkan pemberi kerja bahwa seseorang mempunyai keterampilan yang dibutuhkan untuk melakukan pekerjaan tersebut. Jenis CV ini cocok untuk para fresh graduate dan orang yang ingin berganti pekerjaan ke bidang yang berbeda dengan bidang kerjanya dulu.

Tujuan Riwayat Hidup

Seperti yang telah ditulis di atas bahwa CV adalah dokumen ringkas yang merangkum masa lalu Anda, keterampilan profesional, kemahiran dan pengalaman Anda.
Tujuan dari dokumen ini adalah untuk menunjukkan bahwa Anda memiliki keterampilan yang diperlukan (dan beberapa yang saling melengkapi) untuk melakukan pekerjaan yang Anda lamar. Secara harfiah Anda menjual bakat, keterampilan, keahlian, dan lain-lain.
Secara lebih rinci, daftar riwayat hidup disusun dengan tujuan sebagai berikut:
  1. Untuk memberi tahu atasan tentang perincian pribadi Anda seperti pendidikan, pengalaman kerja, keterampilan, dan minat.
  2. Untuk mendapatkan wawancara untuk pekerjaan tertentu yang telah Anda lamar.
  3. Untuk menunjukkan bagaimana Anda memenuhi kriteria untuk pekerjaan yang Anda lamar.
  4. Untuk meenunjukkan kualitas diri Anda dan meyakinkan atasan untuk mengundang Anda untuk wawancara.
  5. Untuk keprluan posisi akademik, karya ilmiah, penelitian atau medis; men-submit naskah untuk publikasi; ulasan tenurial dan pengajuan hibah atau beasiswa.
  6. Dokumen promosi diri.
  7. Untuk menunjukkan bagaimana Anda unik dalam kemampuan Anda untuk menambah nilai bagi organisasi.
  8. CV merupakan potret riwayat karier Anda, ini digunakan untuk mengevaluasi kesesuaian Anda untuk peran spesifik yang telah Anda lamar.


Hal yang Perlu Diperhatikan Dalam Penulisan Riwayat Hidup

Dalam pembuatan daftar riwayat hidup atau CV, kamu juga harus memperhatikan beberapa hal yang sangat penting yaitu, diantaranya sebagai berikut :
  1. Pastikan seluruh informasi yang ada di dalamnya asli dan didasarkan pada unsur kejujuran.
  2. Berikan sebuah informasi yang rinci namun tidak terlalu bertele-tele.
  3. Buatlah daftar riwayat hidup yang singkat, padat dan jelas.
  4. Masukkan juga beberapa informasi dan prestasi yang berkaitan dengan pekerjaan yang sedang dilamar saja, dan sebaiknya tidak memasukkan sebuah informasi yang tidak terlalu penting.
  5. Masukkan beberapa informasi pendidikan secara lengkap beserta dengan seluruh pendidikan non-formal misalnya sebuah pendidikan komputer yang menurut kamu penting untuk dicantumkan.
  6. Tambahkan juga seluruh data dari pengalaman kerja dan training yang pernah kamu lakukan.
  7. Tuliskan juga beberapa kelebihan atau kompetensi yang kamu miliki.
  8. Daftar riwayat hidup bisa ditulis tangan ataupun diketik dengan menggunakan komputer.
  9. Didalam daftar riwayat hidup biasanya ditambahkan pas foto terbaru yang formal.
  10. Jika diketik dengan Komputer, buatlah dalam format yang formal dan rapi, tetapi jika ditulis tangan tulislah dengan tulisan yang serapi mungkin.


Tips Membuat CV

Saya tidak PD nih tentang CV yang saya buat. Gimana ya? Jangan khawatir! Berikut tips membuat CV yang menarik para HRD perusahaan:

1. Hindari salah ketik atau typo

Tips Membuat CV yang pertama yaitu menghindari kesalahan ketik pada daftar riwayat hidup yang Anda tulis. Selain itu, huruf yang digunakan juga harus memilih tulisan yang sifatnya normal.
Kesalahan ketik dan huruf yang tidak sesuai akan memberikan kesan pertama dalam perekrutan.

2. Buat CV yang kreatif

Tips selanjutnya yaitu membuat CV yang kreatif. Buatkan CV yang sederhana namun terkesan modern tanpa menghilangkan kesan formal.

3. Tulis sesuatu yang valid

Dalam CV yang Anda buat harus berisi data yang valid. Jangan sampai Anda menuliskan informasi yang tidak valid atau tidak sesuai kenyataan.
Misalnya Anda menuliskan IPK 3.00 padahal Anda IPK Anda dibawahnya. Perekrut secara otomatis akan memposisikan Anda dalam daftar blacklist daftar perekrutan.

4. CV dibuat singkat, tidak seperti Esay

Buatlah CV yang singkat dan jelas. Anda tidak perlu menjabarkan secara rinci dengan membuat CV layaknya seperti esay. CV yang terlalu panjang akan membuat perekrut malas untuk membaca dokumen Anda.


Contoh daftar riwayat hidup yang baik dan benar

DAFTAR RIWAYAT HIDUP
DATA PRIBADI
  1. Nama : Nugroho Septian
  2. Jenis Kelamin : Laki – laki
  3. Tempat, Tanggal Lahir : Medan, 13 Desember 1990
  4. Kewarganegaraan : Indonesia
  5. Status Perkawinan : Belum Menikah
  6. Agama : Islam
  7. Kesehatan : Sangat Baik
  8. Alamat Lengkap : Jl. Gaperta No. 13 Kel. Medan Helvetia Kec. Helvetia Kota Medan 20211
  9. Nomor Telepon : 08122211331
PENDIDIKAN FORMAL
  1. 1998 – 2001 : SD N 3 Medan
  2. 2001 – 2004 : SMP 45 Medan
  3. 2004 – 2007 : SMA Matraman Medan
  4. 2007 – 2014 : Program S1 Manajemen di Universitas Sumatera Utara
PENGALAMAN KERJA
  1. Bekerja di PT. BANK CENTRAL ASIA Tbk. Medan Sebagai Verificator Kartu Kredit Januari 2009 – September 2009
  2. Bekerja di PT. Mitra Sejahtera sebagai Head Marketing  Desember 2009 – Juli 2011
  3. Bekerja di PT. Melia Sehat Sejahtera Medan sebagai Top Leader September 2013 – Februari 2015
  4. Bekerja di PT. Sinchan Abadi Medan sebagai Administrasi Maret 2015 – Sekarang
PRESTASI
  1. Juara 1 Bulu Tangkis Piala Gubernur (2011)
  2. Juara 1 Bulu Tangkis Antar Mahasiswa Nasional USU (2014)
Demikian Daftar Riwayat Hidup ini. Saya buat dengan sesungguhnya.
Hormat saya,
Nugroho Septian

Contoh daftar riwayat hidup yang menarik

Contoh Daftar Riwayat Hidup Yang Diinginkan HRD dan Cara Membuatnya

Via: mpssoft.co.id

Contoh CV (Curriculum Vitae) Daftar Riwayat Hidup Baik dan Benar

Via: romadecade.org

15 Contoh CV (Daftar Riwayat Hidup) Terbaru dan Terlengkap


Via: moondoggiesmusic.com

Riwayat Hidup word pdf doc cv



Download

Contoh Daftar Riwayat Hidup (CV) Lamaran Kerja Yang Baik Dan Benar






Itu tadi adalah beberapa contoh daftar riwayat hidup dan cv tulis tangan yang baik dan benar. Dengan melihat berbagai contoh yang tersedia, tentunya dapat menjadi refrensi bagi anda untuk menulis daftar riwayat hidup dengan lebih baik lagi. Daftar riwayat hidup yang baik tentu akan menarik bagi pihak perusahaan dan pihak HRD untuk dapat mewawancara diri anda.


Penelusuran yang terkait dengan riwayat hidup adalah
  • contoh daftar riwayat hidup 2021
  • contoh daftar riwayat hidup bagi yang belum pernah bekerja
  • unsur-unsur daftar riwayat hidup
  • isi daftar riwayat hidup
  • cara mengisi daftar riwayat hidup
  • fungsi daftar riwayat hidup
  • format daftar riwayat hidup
  • daftar riwayat hidup warna kuning