Pengertian Ovum “Sel Telur” - Bentuk, Fungsi Ovum, Peroses Terbentunya, Perjalanan Ovum dan Masalah Pada Ovum


Pengertian Ovum “Sel Telur”

Ovum atau yang lebih dikenal dengan istilah "sel telur" adalah sel reproduktif betina yang dihasilkan oleh organ reproduksi wanita, yaitu ovarium. Ovum merupakan sel yang besar dan bersifat haploid, artinya mereka hanya memiliki setengah jumlah kromosom normal yang ditemukan dalam sel tubuh manusia (disebut juga sebagai sel somatik).

Pada manusia, ovum diproduksi dalam proses yang disebut ovarium, dimana sel-sel telur yang tidak matang disebut oosit primer berkembang menjadi ovum yang matang melalui serangkaian tahapan yang kompleks. Ovum yang matang akan dikeluarkan dari ovarium dalam proses yang disebut ovulasi, kemudian akan bergerak melalui tuba falopi untuk bertemu dengan sperma dalam proses pembuahan atau fertilisasi. Jika pembuahan terjadi, ovum akan menyelesaikan perjalanannya ke rahim dan melekat pada dinding rahim untuk mulai berkembang menjadi embrio.

Ovum adalah komponen kunci dari reproduksi seksual pada manusia dan banyak mamalia lainnya. Karena ovum hanya membawa setengah dari jumlah kromosom yang diperlukan untuk membentuk individu baru, fertilisasi dengan sperma yang membawa setengah kromosom lainnya akan menghasilkan zigot yang memiliki jumlah kromosom lengkap, memulai pertumbuhan dan perkembangan embrio yang kemudian menjadi individu baru.





Bentuk Ovum

Ovum mempunyai bentuk yang besar, apalagi sebagai satu-satunya organ yang bisa dilihat dengan mata terbuka. Ovum dirangkap oleh beberapa susunan, memiliki sitoplasma dan memiliki induk. Sitoplasma organ telur berisi seluruh objek untuk mencipta jiwa baru, misalnya protein, ribosom, tRNA, mRNA dan objek lainnya. Sitoplasma dari sel telur disebut dengan ooplasm.
Ovum juga memiliki suatu selaput yang disebut dengan vitelline, sama misalnya selaput pada organ lain, selaput tersebut memiliki manfaat untuk menjaga ovum dan menjalin peralihan komponen antara organ dengan area luar organ. Selanjutnya diperoleh juga area pelusida yang sebagai bentuk penjaga sitoplasma organ yang mendukung menjaga organ telur.
Area pelusida bermanfaat guna menghindari kian dari beberapa benih yang datang menyerbuki ovum. Jadi bila sudah terdapat organ sperma yang menyerbuki ovum, kemudian spontan area pelusida tidak bakal memberikan organ benih lainnya semakin datang.


Fungsi Ovum

Gamet adalah satu-satunya jenis sel yang haploid (mereka hanya berisi satu set kromosom, yang merupakan setengah bahan genetik mereka ditemukan yang diperlukan untuk membuat organisme).

Pada manusia, ini berarti mereka memiliki 23 kromosom. Fungsi ovum adalah untuk membawa set kromosom untuk disumbangkan oleh perempuan dan menciptakan lingkungan yang tepat untuk memungkinkan terjadinya pembuahan dengan sperma. Ovum juga menyediakan nutrisi bagi embrio berkembang sampai tenggelam ke dalam rahim dan plasenta mengambil alih.

Peroses Terbentunya Ovum

  • Tahap oogonium pertama
Bahkan dalam oosit primitif ovarium janin atau oogonium sudah termasuk. Setiap sel primordial dikelilingi oleh sel-sel Pregranulosa, yang bertindak sebagai pelindung dan menyediakan nutrisi untuk pembentukan folikel urin.
  • Tahap Folikel Primordial
Oosit ini, setelah menjadi folikel primordial, bermigrasi ke stroma korteks ovarium. Jumlahnya sekitar 200.000. Perkembangan folikel primitif berlanjut hingga masa kanak-kanak. Pada masa pubertas, salah satu folikel akan matang dan folikel dewasa ini akan disebut folikel de Graaf. Di dalamnya ada sel telur yang disebut oosit primer.
  • Tahap Oosit Primer
Pada titik ini, nukleus sudah memiliki 23 pasang kromosom. Setiap kromosom terdiri dari dua kromatin yang mengandung informasi genetik dalam bentuk DNA.
  • Tahap Pembelahan Meiosis
Meiosis terjadi di ovarium ketika Follikel de Graaf sudah matang dan siap sebelum ovulasi. Inti dari sebuah telur membelah sehingga kromosom dibagi menjadi dua kelompok yang masing-masing terdiri dari 23 kromosom. Sel-sel ini disebut oosit sekunder. Hasil dari pembelahan meiosis pertama ini adalah oosit sekunder yang haploid.
  • Tahap Pembelahan Meiosis Kedua
Terjadi ketika spermatozoa menembus zona pellusid telur (proses kesuburan). Oosit sekunder membentuk sel telur dan kemudian berdiferensiasi menjadi oosit matang.
Sel Telur yang telah dibuahi mulai berkembang menjadi embrio. Jika tidak ada kesuburan terjadi, oosit matang kadaluwarsa dan menyebabkan ovulasi (menstruasi).
Ada beberapa hormon yang terlibat dalam proses oogenesis ini, yaitu:
  • Hormon FSH (hormon perangsang folikel), bertindak sebagai stimulan untuk ovulasi (proses pengangkatan sel telur)
  • Hormon LH (luteinizing hormone) bertindak sebagai stimulus untuk ovulasi (proses pengangkatan sel telur).
  • Hormon estrogen membantu dalam pematangan folikel dan merangsang pertumbuhan genital sekunder.
  • Hormon progesteron digunakan untuk mengentalkan lapisan rahim selama pembusukan sel telur (menstruasi).


Perjalanan Ovum

di kanan dan kiri. Dalam ovarium yang hanya sebesar ibu jari ini terdapat puluhan ribu ovum. Saat lahir saja, wanita sudah memiliki 750.000 ovum yang terus berkurang seiring bertambahnya usia ovarium hingga akhirnya punah saat menopause.

“Ditangkap” Fimbria. Setiap bulan, Ooganium atau sel telur muda berebut menuju ke saluran tuba falopi. Jika behasil masuk, akan ditangkap oleh fimbria, organ di ujung tuba falopi yang berbentuk seperti tangan dan diarahkan ke tuba falopi.

Santai di tuba falopi. Dalam saluran tuba falopi sepanjang 7,5-10 cm ini, terdapat silla atau sel yang ujungnya berbentuk seperti rambut yang bergerak mendorong ovum menuju rahim. Ovum akan bertahan selama satu hari di tuba falopi. Jika bertemu dengan sperma akan bersatu membentuk zigot.

Menempel terus di rahim. Zigot akan turun ke rongga rahim, lalu menempel di lapisan dindingnya dan berkembang menjadi janin. Dinding rahim terdiri dari miometrium-jaringan otot di bagian luar berupa otot polos berlapis tiga yang dapat berkontraksi dan berelaksasi dan endometrium-selaput lendir di bagian dalam. Bentuk rahim tidak selalu normal seperti buah pir atau avokad gepeng. Rahim juga bisa berbentuk:
  • Uterus Septus, dri luar terlihat normal, tapi di dalamnya ternyata ada sekat, baik sebagian atau menyeluruh yang membagi rahim jadi dua bagian.
  • Uterus Bikornis, menyerupai bentuk hati. Ada sekat di bagian dalamnya dan terlihat terbagi dua dari luar.
  • Uterus Dildefis, bisa dikatakan ada dua rahim atau rahim ganda. Terkadang hingga ke bagian vaginanya ada sekatnya juga yang memisahkan vagina menjadi dua bagian.  
Bila tidak menjadi zigot. Jika tidak berhasil menjadi zigot, ovum akan tetap turun ke rongga rahim. Endometrium yang sudah menebal dan siap sebagai zigot menanamkan dirinya akan luruh, lalu beranjak keluar rahim dalam bentuk yang kita kenal sebagai darah haid.

Pintu perbatasan serviks. Antara rahim dan vagina, terdapat serviks atau leher rahim yang sempit sekali. Serviks ini seperti pintu yang bisa terkunci selama kehamilan sehingga janin tidak dapat melewatinya dan baru akan terbuka dan meregang saat proses persalinan. Serviks akan menghalangi bakteri dan virus dari luar masuk lebih dalam ke bagian organ reproduksi.

Lorong panjang vagina. Setelah melalui serviks, ovum akan sampai di lorong vagina. Panjang dinding depan dan belakang vagina tidak sama. Dengan posisi rahim ke arah depan, panjang dinding sekitar 7,5 cm dan dinding belakang sekitar 11,5 cm. Lorong berkerut-kerut ini juga bisa memanjang dan melebar bila ada rangsangan. Di ujung vagina, terdapat lubang atau liang vagina yang merupakan tempat keluarnya darah haid. Bila darah haid sudah keluar, beakhirlah perjalanan ovum. Perjalanan serupa akan terjadi setiap bulan. (me)


Masalah Ovum

Ketidakseimbangan hormon kelamin pada wanita dapat menyebabkan sindrom ovarium polikistik. Penyakit ini disebabkan oleh kenyataan bahwa, karena ketidakseimbangan hormon, telur yang dihasilkan dari ovarium tidak berkembang sepenuhnya dan kista muncul di ovarium. Ovum-ovum ini, selain tidak subur, dapat menyebabkan nyeri panggul, rambut berlebih atau kebotakan atau jerawat. Ini biasanya merupakan penyakit keturunan.Anovulasi, jenis masalah lain, memengaruhi proses ovulasi yang menyebabkan “revolusi” hormon, dan timbul karena stres, latihan fisik yang berlebihan, atau penurunan berat badan.Secara umum, memiliki indeks massa tubuh yang direkomendasikan dan menghindari obat-obatan atau konsumsi alkohol membantu mengurangi kemungkinan berakhirnya perubahan pada telur.



Penelusuran yang terkait dengan Sel Telur adalah
  • kapan sel telur dilepaskan
  • sel telur ada 3
  • sel telur tidak ada
  • makanan untuk memperbanyak sel telur
  • penyebab sel telur tidak berkembang
  • letak sel telur
  • bentuk sel telur yang matang
  • ukuran sel telur normal berapa cm
  • ovum adalah brainly
  • pengertian ovum dan ovarium
  • fungsi ovum
  • bentuk ovum
  • blighted ovum adalah
  • blighted ovum adalah pdf
  • morfologi ovum
  • zigot adalah