Pengertian Otak - Struktur, Lapisan – Lapisan Otak, Bagian Otak dan Fungsinya Secara Lengkap


Apa Itu Otak ?

Otak adalah organ yang berfungsi sebagai sistem saraf pusat pada manusia dan beberapa makhluk hidup lainnya. Ini berarti bahwa otak adalah pusat kendali seluruh tubuh kita, otak mengatur sebagian besar koordinasi gerakan, perilaku, keseimbangan dalam tubuh dan berbagai fungsi lainnya.


Bagian Otak dan Fungsinya

Otak memiliki 3 bagian utama, yaitu otak besar (cerebrum), otak kecil (cerebellum), dan batang otak (brainstem). Berikut ini penjelasannya:

Otak besar (cerebrum)

Cerebrum merupakan bagian terbesar dari otak. Cerebrum terbagi menjadi 2 bagian, yaitu otak kanan dan otak kiri. Belahan otak kanan berfungsi untuk mengontrol pergerakan di sisi kiri tubuh dan belahan otak kiri mengontrol gerakan di sisi kanan tubuh.
Permukaan luar cerebrum disebut cerebral cortex. Bagian ini merupakan area otak di mana sel saraf membuat koneksi yang disebut sinaps. Sinaps merupakan sistem saraf yang mengendalikan aktivitas otak.
Sementara bagian dalam cerebrum mengandung sel-sel saraf berselubung (mielin) yang berperan dalam menyampaikan informasi antara otak dan saraf tulang belakang. Otak besar dibagi lagi menjadi 4 bagian, yaitu:
  • Lobus frontal (bagian depan) yang mengendalikan gerakan, ucapan, perilaku, memori, emosi, dan kepribadian. Bagian otak ini juga berperan dalam fungsi intelektual, seperti proses berpikir, penalaran, pemecahan masalah, pengambilan keputusan, dan perencanaan.
  • Lobus parietal (atas) yang mengendalikan sensasi, seperti sentuhan, tekanan, nyeri, dan suhu. Lobus ini juga mengendalikan orientasi spasial atau pemahaman tentang ukuran, bentuk, dan arah.
  • Lobus temporal (samping) yang mengendalikan indra pendengaran, ingatan, dan emosi. Lobus temporal kiri juga berperan dalam fungsi bicara.
  • Lobus oksipital (belakang) yang mengendalikan fungsi penglihatan.

Otak kecil (cerebellum)

Otak kecil terletak di bawah otak besar pada bagian belakang otak, tepatnya di bawah lobus oksipital. Sama seperti otak besar, otak kecil juga memiliki 2 belahan.
Otak kecil bertanggung jawab dalam mengendalikan gerakan, menjaga keseimbangan, serta mengatur posisi dan koordinasi gerakan tubuh. Bagian otak ini juga berperan dalam mengendalikan gerakan halus, seperti menulis dan melukis.

Batang otak (brainstem)
Batang otak adalah seikat jaringan saraf di dasar otak. Fungsinya sebagai stasiun pemancar yang menghubungkan otak besar ke saraf tulang belakang, serta mengirim dan menerima pesan antara berbagai bagian tubuh dan otak.
Batang otak terdiri dari 3 struktur utama, yakni otak tengah, pons, dan medulla oblongata. Otak tengah adalah pusat pengatur gerakan otot mata, sedangkan pons terlibat dalam koordinasi gerakan mata dan otot wajah, pendengaran, dan keseimbangan.


Fungsi Dari Otak

  • Sebagai organ terpenting dalam tubuh manusia, otak memiliki banyak fungsi, berikut adalah beberapa fungsi utama otak:
  • Sistem saraf pusat, yang mengatur seluruh tubuh, memungkinkan seseorang untuk menerjemahkan semua rangsangan informasi yang dirasakan oleh tubuh, contoh-contoh rasa sakit, sentuhan, tekanan, dan sebagainya.
  • Pengaturan kemampuan untuk berpikir, berbicara dan mendengarkan sehingga seseorang dapat menangkap dan kemudian menerjemahkan informasi verbal dan menerima informasi visual dari cahaya dan melihat objek sesuai dengan bentuk objek yang sebenarnya.
  • Pusat keseimbangan dan keterampilan motorik (gerakan) bagi seseorang untuk bergerak sesuai keinginannya.
  • Pusat aktivitas sadar
  • Dapatkan stabilitas tubuh saat bangun dan tidur
  • Pusat kendali semua sistem organ dalam tubuh, misalnya saluran pernapasan, sistem peredaran darah, sistem pencernaan, sistem hormonal, reproduksi dan sistem lain dalam tubuh

Struktur Dari Otak

Otak manusia terdiri dari dua sel, yaitu sel saraf (neuron) dan sel glial (neuroglia). Sel-sel saraf adalah sel-sel yang sensitif terhadap rangsangan dan dapat melepaskan rangsangan ini. Karena fungsinya, sel-sel saraf manusia dibagi menjadi tiga jenis, yaitu sel-sel saraf sensorik, sel-sel saraf motorik dan sel-sel saraf penghubung (menghubungkan sel-sel saraf).

Lapisan – Lapisan Otak

  • Durameter
Durameter adalah membran luar yang tebal dan kuat. Struktur ini mengandung serat kolagen elastis, fibrosit, saraf, pembuluh darah dan limfatik. Durameter memiliki fungsi melindungi otak karena kuat dan cukup fleksibel.
  • Arachnoids
Membran arachnoid adalah lapisan fibrosit berbentuk datar dan serat kolagen. Arachnoid terdiri dari dua bagian, bagian yang mengacu pada durameter dan bagian yang mengacu pada diameter. Arachnoidea adalah struktur transparan dengan sel kedap air yang meredam sistem saraf pusat.
  • Piameter
Piameter adalah membran yang paling dekat dengan otak. Piameter adalah membran tipis, halus dan lembut. Bentuk diameter spiral mengikuti struktur bagian luar otak. Piameter terdiri dari sel-sel fibrosit dan sejumlah kecil serat kolagen dan pembuluh darah yang menembus otak. Piameter juga dapat bertindak sebagai sumber nutrisi untuk jaringan saraf.


Bagian-Bagian Otak Manusia Secara Rinci

Otak mempunyai 3 bagian utama, yaitu otak besar (cerebrum), otak kecil (cerebellum) dan batang otak (brainstem). Selain itu, terdapat bagian penting lainnya dari otak yaitu meninges, cairan serebrospinal, corpus callosum, kelenjar pituitari, kelenjar pineal, ventrikel, saraf kranial dan sistem limbik. Berikut bagian-bagian otak beserta fungsinya :

Otak Besar (Cerebrum) 
Cerebrum adalah bagian otak yang terbesar. Cerebrum dibedakan menjadi dua bagian yaitu otak sebelah kanan dan otak sebelah kiri. Keduanya terhubung dengan serabut saraf di bagian bawahnya. Pada umumnya, otak sebelah kanan berfungsi untuk mengontrol sisi kiri tubuh, sedangkan otak sebelah kiri berfungsi untuk mengontrol sisi kanan tubuh.

Permukaan luar cerebrum dinamakan Cerebral Cortex (grey matter) yang merupakan area otak dimana sel saraf membuat sebuah koneksi yang disebut dengan sinaps. Sinaps adalah sistem saraf yang mengontrol aktivitas otak. Pada bagian dalam cerebrum terdapat sel-sel saraf yang terbungkus mielin yang berfungsi menyampaikan informasi antara saraf tulang belakang dan otak. Cerebrum dibedakan menjadi 4 bagian yang disebut dengan lobus, yaitu lobus frontal (depan), lobus temporal (samping), lobus parietal (atas), dan lobus oksipital (belakang). 

  • Lobus frontal merupakan bagian terdepan dari sturktur otak besar atau bagian otak yang terletak di belakang dahi. Lobus ini berfungsi untuk mengendalikan ucapan, gerakan, memori,  perilaku, kepribadian, emosi serta fungsi intelektual, seperti penalaran, proses berpikir, pemecahan masalah, perencanaan dan pengambilan keputusan, gerakan, kepribadian, proses intelektual serta interaksi. 
  • Lobus oksipital merupakan bagian dari sturktur otak besar yang terletak paling belakang. Lobus ini berhubungan dengan penglihatan (visual) manusia, sehingga tubuh dapat membedakan berbagai hal yang dilihat oleh mata. Lobus ini berfungsi untuk menerima, memproses, dan menerjemahkan informasi sensoris. 
  • Lobus parietal merupakan bagian dari sturktur otak besar yang terletak di bagian tengah. Lobus ini bertanggung jawab terhadap lima indra manusia. Lobus ini berfungsi untuk mengendalikan orientasi spasial (pemahaman mengenai bentuk, ukuran dan arah) serta mengendalikan sensasi, seperti tekanan, sentuhan, nyeri dan suhu.
  • Lobus temporal merupakan bagian dari sturktur otak besar yang terletak di bagian samping kanan dan kiri otak. Lobus ini berfungsi untuk mengatur input sensoris, produksi bahasa dan ucapan, persepsi pendengaran, serta daya ingat. 
Otak Kecil (Cerebellum) 
Otak kecil atau cerebellum terletak di bagian bawah otak besar, tepatnya di bawah lobus oksipital. Seperti halnya otak besar, otak kecil juga mempunyai dua belahan otak, yaitu yang berwarna abu-abu dan putih. Otak kecil berfungsi untuk mengatur keseimbangan, gerakan, mengatur sikap, posisi atau  postrur tubuh, sampai koordinasi otot. Cerebellum berperan penting dalam kemampuan seseorang untuk melakukan suatu tindakan dengan cepat dan berulang, seperti bermain video game. Selain itu, cerebellum juga berperan penting dalam mengendalikan gerakan halus, seperti orang yang sedang melukis, atau pada saat dokter melakukan prosedur bedah.

Cerebellum dibagi menjadi 3 bagian, yaitu :
  • Spinoserebelum, adalah bagian otak kecil yang berfungsi untuk mengendalikan kemampuan otot dan gerakan tubuh.
  • Vestibuloserebelum, adalah bagian otak kecil yang berfungsi untuk mengendalikan dan menjaga keseimbangan pergerakan mata.
  • Sereberoserebelum, adalah bagian otak kecil yang berfungsi untuk menyimpan memori, melakukan perencanaan, dan menginisiasi gerakan yang disadari.

Batang Otak (Brainstem)
Batang otak merupakan serangkaian jaringan saraf di dasar otak. Brainstem berperan sebagai stasiun pemancar yang menghubungkan cerebrum dengan saraf tulang belakang. Selain itu, brainstem berfungsi untuk mengirim dan menerima pesan dari berbagai bagian tubuh dan otak.  Batang otak mempunyai saraf kranial yang berguna untuk mengendalikan pendengaran, menelan, gerakan mata, dan gerakan pada otot wajah, leher, bahu, serta lidah. Saraf kranial untuk penglihatan dan penciuman berasal dari otak besar. Brainstem terdiri atas tiga struktur utama, yaitu sebagai berikut :


  • Otak tengah (Midbrain) merupakan pusat gerak okular yang penting yang menjadi penghubung antara otak besar dan otak kecil. Otak tengah berkaitan dengan proses penglihatan pada manusia.
  • Medulla oblongata adalah titik awal dimulainya saraf yang akan menuju ke tulang belakang, kemudian akan diteruskan ke seluruh tubuh. Medulla oblongata berfungsi untuk mengendalikan fungsi pernapasan, irama jantung, tekanan darah dan menelan. Medulla oblongata berkaitan dengan proses pengendalian fungsi otomatis organ-organ pada manusia.
  • Pons adalah bagian batang otak yang berada di bawah medulla oblongata. Pons berfungsi untuk mengatur dan meneruskan seluruh informasi ke bagian otak yang lain. Pons berkaitan dengan koordinasi gerakan wajah dan mata, menangkap sensasi di bagian wajah, pendengaran serta keseimbangan.

Meninges
Maninges merupakan membran tipis atau lapisan yang berfungsi sebagai penutup dan pelindung otak serta saraf tulang belakang. Maninges memiliki tiga lapisan, yaitu lapisan luar paling tebal (dura mater), membran tengah dan tipis (lapisan arachnoid) dan lapisan dalam (pia mater).

Cairan Serebrospinal
Cairan Serebrospinal merupakan cairan jernih dan bening yang mengelilingi serta melindungi otak dan saraf tulang belakang. Cairan ini berfungsi untuk menghilangkan produk limbah atau sisa metabolisme dari otak, membawa nutrisi melalui darah ke otak, membasahi serta melindungi otak dan saraf tulang belakang. Cairan ini bersirkulasi melalui bilik yang dinamakan ventrikel yang berada di otak. Banyaknya jumlah cairan ini dikontoleh otak. Cairan serebrospinal berasal dari Pleksus koroid yang berada di bagian ventrikel di otak.

Corpus Callosum
Corpus Callosum merupakan serangkaian serabut saraf yang terletak diantara dua belahan otak. Serabut saraf ini menghubungkan atau mengkomunikasikan antara kedua belahan otak kanan dan otak kiri.

Kelenjar Pituitari
Kelenjar pituitari merupakan kelenjar endokrin yang berada pada bagian paling bawah dari otak besar, tepatnya terletak pada bagian sela tursika (lekuk kecil dasar otak) dibawah hipotalamus. Kelenjar pituitari terdiri atas dua lobus, yaitu lobus anterior dan lobus posterior. Kelenjar pituitari ini memproduksi berbagai hormon yang berfungsi untuk mengontrol kelenjar-kelenjar lain yang berada di seluruh tubuh manusia, seperti kortikotropin, prolaktin dan hormon pertumbuhan.

Kelenjar Pineal
Kelenjar Pineal merupakan kelenjar yang berukuran sangat kecil yang terletak di bagian ventrikel ketiga pada otak. Kelenjar ini berperan dalam perkembangan seksual serta memproduksi hormon melatonin yang dapat memengaruhi pola bangun dan tidur.

Ventrikel
Ventrikel merupakan suatu ruangan yang berisi cairan di dalam otak. Cairan di dalam ventrikel disebut dengan cairan serebrospinal. Terdapat empat ventrikel, yaitu dua ventrikel lateral yang terletak di belahan otak besar, ventrikel ketiga yang terletak di tengah otak serta dikelilingi oleh hipotalamus dan talamus, dan ventrikel keempat yang terletak di belakang otak, antara otak kecil dan batang otak. Ventrikel satu dengan ventrikel lainnya saling terhubung oleh serangkaian tabung.

Saraf Kranial
Ada 12 pasang saraf kranial dengan fungsi khusus pada area leher dan kepala. Satu pasang saraf kranial pertama terdapat di otak besar, sementara 11 pasang lainnya terdapat di batang otak. Saraf kranial memiliki banyak fungsi, diantaranya yaitu mendeteksi cahaya dan penglihatan oleh pupil mata, pendengaran, penciuman, mengunyah, pelebaran pupil dan kelopak mata, gerakan mata, sensasi wajah, ekspresi wajah, keseimbangan, indera perasa di bagian depan lidah, bicara, refleks muntah, mengendalikan otot-otot organ internal, mengangkat bahu, pergerakan leher, dan mengatur gerakan lidah.

Sistem Limbik
Sistem Limbik bertanggungjawab atas perasaan atau emosi. Sistem ini terdiri dari hipotalamus, talamus, amigdala dan hippocampus.




anatomi kepala manusia, anatomi korteks serebri pdf, Anatomi Otak Manusia, anatomi otak manusia pdf, anatomi otak manusia ppt, anatomi otak pdf, anatomi saraf, apakah otak bisa merasakan sakit, bagaimana cara kerja otak yang anda ketahui, bagian bagian otak beserta fungsinya masing masing, Bagian Dari Otak Manusia, bagian otak dan fungsinya pdf, Brainstem (Batang otak), diencephalon adalah, fungsi lobus frontalis, fungsi medula oblongata, fungsi otak, fungsi otak belakang, fungsi otak besar, fungsi otak depan, fungsi otak kecil, fungsi otak secara umum, fungsi otak tengah, fungsi white matter, gambar otak dan bagiannya, gambar otak manusia dan bagiannya, hipotalamus, histologi cerebrum pdf, jelaskan bagian bagian otak dan fungsinya masing masing, jurnal tentang otak manusia pdf, kapasitas penyimpanan otak manusia, keajaiban otak manusia, kebutuhan otak manusia, keistimewaan otak manusia, kemampuan otak manusia dalam belajar, makalah otak manusia dan bagiannya, meninges adalah, mesencephalon adalah, Otak Belakang, otak binatang, otak depan, otak hacker, otak kanan dan kiri, otak manusia ada berapa, otak manusia asli, otak manusia pdf, otak manusia terbuat dari, pelajaran tentang otak manusia, penelitian tentang otak manusia, perbedaan otak besar kecil dan tengah, permen karet dapat meningkatkan daya ingat, rahasia dibalik otak manusia

Penelusuran yang terkait dengan Pengertian Otak
  • pengertian otak menurut para ahli
  • gambar otak dan bagiannya
  • bagian otak
  • anatomi otak
  • struktur otak
  • fungsi otak besar
  • bagian otak dan fungsinya
  • bagian-bagian otak