Pengertian Nilai Budaya Meliputi Fungsi, Ciri, dan Contohnya Secara Lengkap

Pengertian Nilai Budaya

Nilai budaya adalah seperangkat nilai-nilai yang disepakati dan tertanam dalam suatu masyarakat, lingkup organisasi, atau lingkungan masyarakat, yang telah mengakar pada kebiasaan, kepercayaan (believe), dan simbol-simbol, dengan karakteristik tertentu yang bisa dibedakan satu dan lainnya sebagai acuan prilaku dan tanggapan atas apa yang akan terjadi atau sedang terjadi.
Nilai-nilai budaya akan terlihat pada simbol-simbol, slogan, moto, visi misi, atau sesuatu yang tampak sebagai acuan pokok moto suatu lingkungan atau organisasi. Ada tiga hal yang berkaiatan dengan nilai-nilai budaya yaitu:
  1. Simbol-simbol, slogan atau yang lainnya yang kasat mata (jelas)
  2. Sikap, tingkah laku, gerak gerik yang muncul sebagai akibat adanya slogan atau moto tersebut
  3. Kepercayaan yang tertanam (believe system) yang telah mengakar dan menjadi kerangka acuan dalam bertindak dan berperilaku (tidak terlihat).

Dari penjelasan diatas, dapatlah dikatakan bahwa nilai budaya tidak terlepas daripada norma dan cara berperilaku mengkondisikan sikap dan reaksi terhadap peristiwa dan berbagai contoh fenomena sosial dalam konteks budaya.
Berbagai norma dan tren yang muncul terus-menerus dari kelompok yang pada gilirannya menciptakan seperangkat keyakinan dan persepsi pemahaman bersama. Seperangkat nilai-nilai dan kepercayaan umum yang dipelajari secara individu melalui pendidikan dan sosialisasi dan yang diakui dan dibagikan oleh anggota masyarakat.

Pengertian Budaya Menurut Para Ahli

Terminologi pemahaman budaya dijelaskan oleh beberapa ahli. Pemahaman budaya menurut beberapa ahli adalah sebagai berikut:
  • Dewan Coenzyaranite
Koentjaraningrat berpendapat bahwa budaya adalah segala sesuatu yang ada hubungannya dengan ide dan selera, dalam bentuk tindakan dan karya yang telah dihasilkan manusia dalam perilaku kehidupan bermasyarakat.
  • Croydon
Croydon menjelaskan bahwa budaya adalah suatu sistem dalam masyarakat dalam bentuk pola-pola terpadu yang mengatur perilaku manusia.
  • Geert Hofstede
Dari sudut pandang Geert Hofstede, dapat dijelaskan bahwa budaya adalah program yang terdiri dari berbagai ide. Pemikiran sekelompok orang tentu saja tidak ada hubungannya satu sama lain.
Budaya adalah asal kata yang membentuk kata budaya. Budaya hanya ditambahkan ke dan dari imbuhan. Konsep budaya dapat dijelaskan secara sempit dan luas.
Konsep budaya terkait erat dengan semua sistem gagasan dan sistem tindakan (perilaku manusia). Sedangkan pemahaman yang luas tentang budaya adalah semua bagian dari sistem ide, pemikiran, tindakan, dan karya ciptaan manusia yang menjadi milik para pencipta yang telah muncul melalui proses pembelajaran.
Edward B. Tylor, dalam pemahaman budaya yang lebih terperinci, menjelaskan bahwa budaya adalah keseluruhan yang kompleks yang mengandung pengetahuan, kepercayaan, seni, moral, hukum, adat istiadat, dan kemampuan lain yang dicapai seseorang sebagai anggota masyarakat.


Jenis-Jenis Nilai Budaya

Beragam macam yang terdapat dalam nilai budaya dalam masyarakat, antara lain sebagai berikut;
  1. Kejujuran, nilai budaya ini akan memberikan pengaruh pada stigma baik dan buruk prilaku yang dijalankan oleh setiap individu.
  2. Patriotisme, jenis nilai ini secara singkat mengindinkasikan tentang kecintaan terhadap daerah atau Negara.
  3. Persaingan, macam nilai budaya ini memberikan dorongan kepada setiap masyarakat untuk dapat berfikir inovatif dalam menentuka kehidupan dan masa depannya.
  4. Kerjasama, maka jenis nilai budaya ini lebih melakat pada proses aturan serta gotong royong untuk mewujudkan kesejahteraan dan tujuan bersama.

Konsep Nilai Budaya

Penerapan dalam berbagai lini kehidupan tentang nilai budaya akan menjadikan konsep dari serangkaian unsur penanaman dalam kebiasaan masyarakat. Untuk itulah beberapa konsepsi inilah pembentuk nilai budaya.
  • Simbol-simbol
Pembentukan dalam proses nilai budaya akan senantiasa memerlukan simbul yang dapat dijadikan sebagai slogan secara jelas. Hal ini penting dilakukan selain sebagai karakteristik juga akan menimbulkan dorongan setiap kelompok atau organisasi untyk mencintai budayanya.
  • Sikap
Nilai budaya selalu tidak terlepaskan dari kebudayaan tentang sikap yang erat kaitannya dengan tindak laku manusai dalam menimbulkan gerak gerik yang dapat mendorong atau menghambat tujuan suatu masyarakat.
  • Kepercayaan
Konsep dalam nilai budaya ini akan senantiasa tertanam (believe system) pada setiap diri manusia, lantaran menjadi kerangka acuan dalam bertindak dan berperilaku. Konsidisi inilah kemudian diperkuat kembali bahwa setiap agama akan memiliki nilai budaya yang tidak terpisahkan dari masa lalu.


Ciri Nilai Budaya

Sebagai ciri khas yang membedakan suatu kelompok masyarakat di suatu tempat dengan kelompok masyarakat lainnya maka nilai budaya memiliki karaketeristik dibandingkan dengan yang lain. Antara lain;
  1. Nilai budaya bukan merupakan bawaan dari lahir, melainkan sesuatu yang perlu dipelajari
  2. Nilai budaya bisa diwariskan dari satu orang ke orang lainnya, atau dari suatu kelompok ke kelompok lainnya, bahkan bisa diwariskan pula antar generasi manusia
  3. Nilai budaya memiliki simbol yang menjadi ciri khas suatu budaya
  4. Nilai yang bermakna dalam sifat budaya akan senantiasa dinamis, sehingga akan terus berubah seiring berjalannya waktu
  5. Nilai budaya bersifat selektif dan merepresentasikan perilaku manusia secara terbatas
  6. Berbagai unsur kebudayaan saling berkaitan dengan nilai budaya
  7. Adanya anggapan bahwa nilai budaya sendiri memiliki kelebihan jika dibandingkan dengan nilai budaya yang lain

Manfaat Internalisasi Nilai Budaya

Manfaat internalisasi nilai budaya adalah untuk pengembangan, perbaikan dan penyaringan dalam hal buadaya. Dalam manfaat pengembangan memiliki manfaat sebagai pengembangan potensi seseorang untuk menjadi pribadi dan memiliki perilaku yang baik agar seseorang  yang telah memiliki sikap dan perilaku yang mencerminkan budaya dan karakter bangsa. Kemudian dalam manfaat perbaikan adalah untuk memperkuat kepribadian yang bertanggung jawab dalam pengembangan seorang individu yang lebih bermartabat; dan dalam manfaat penyaring bertujuan untuk menyaring budaya bangsa sendiri dan budaya bangsa lain yang tidak sesuai dengan nilai-nilai budaya dan karakter bangsa yang bermartabat agar tidak terjadi suatu goncangan budaya.

Contoh Nilai Budaya

Contoh nilai budaya yang ada pada bangsa Indonesia adalah Pancasila dengan lima silanya yang merupakan satu kesatuan atau satu sistem. Tiap bagian bangsa Indonesia seperti suku suku memiliki nilai budaya atau sistem nilai budaya yang menjadi pedoman tingkah laku dalam kehidupan masyarakat.Berbagai suku bangsa berbeda memiliki dan mengamalkan nilai nilai seperti tolong menolong atau gotong royong, musyawarah setia kawan, harga diri, tertib dan sebagainya, yang tercermin dalam berbagai lapangan hidup, unsur unsur kebudayaan atau pranata pranata seperti religi, organisasi sosial, kekerabatan, mata pencaharian, unsur teknologi, kesenian dan sebagainya.

Unsur unsur teknologi tradisional contohnya pakaian yang seringkali muncul dengan hiasan tertentu yang kadang kadang merupakan simbol sebuah nilai yang mengandung makna berharga bagi kehidupan sosial pendukung kebudayaan yang bersangkutan. Aktivitas tertentu dalam rangka mata pencaharian dilatarbelakangi oleh nilai nilai seperti gotong royong.
Aktivitas kerja sama yang bersifat saling tolong menolong itu merupakan perwujudan pandangan bahwa manusia tidak hidup sendiri, harus saling bergantung, dan karena itu harus pula memelihara hubungan baik dengan sesama dalam satu lingkungan sosial tertentu.
Pandangan semacam itu menyebabkan terwujudnya aktivitas dalam pandangan lain, seperti dalam upacara religi, upacara perkawinan, membangun rumah, dan lain lain. Hal seperti ini tidak hanya terdapat di Indonesia, tetapi juga pada masyarakat suku bangsa lain di Asia, Afrika, Oseania, dan lain lain.

Penelusuran yang terkait dengan Pengertian Nilai Budaya
  • pengertian nilai budaya menurut para ahli
  • jelaskan pengertian nilai-nilai budaya dan berikan contoh
  • fungsi nilai budaya
  • pengertian nilai budaya nasional
  • 10 nilai budaya
  • sebutkan nilai-nilai budaya
  • nilai-nilai budaya pdf
  • sistem nilai budaya adalah