Contoh Soal IPS Kelas 9 Semester 1 K13 2020 Beserta Jawabanya

Sebelum Kita memulai Membuat Soal - soal Alangkah Baiknya Kita Mengetahui dahulu Apa Itu Pilihan Berganda ( PG) dan Apa itu Soal Pilihan Essay dan Apa saja Jenis dan Metodenya Agar Kita Lebih Memahami . Silahkan Simak di Bawah Ini:
Tes pilihan ganda ( Multiple choice test ) yaitu tes dimana setiap butir soalnya memiliki jumlah alternatif jawaban lebih dari satu. Biasanya terdapat dua sampai lima alternatif jawaban yang disuguhkan dan jumlah alternatif jawaban tersebut tidak boleh terlalu banyak karena akan sangat membingungkan dan juga sangat menyulitkan penyusunan butir soal. Tipe soal pilihan ganda memiliki karakteristik sebagai berikut.
a.       Terdiri dari dua bagian, yaitu stem dan option.
b.      Memiliki jumlah alternatif jawaban lebih dari Satu
c.       Alternatif jawaban antara 2 hingga 5.

KEMAMPUAN YANG DIUKUR OLEH SOAL PILIHAN GANDA
Soal pilihan ganda dapat mengukur beberapa aspek pengetahuan (recall, knowledge ), pengertian (coimprehension, understanding), aplikasi dan analisis. Kurang tepat soal pilihan ganda untuk mengukur sisntesis, dan evaluasi.. Selanjutnya kami akan mengungkapkan mengenai perbedaan-perbedaan dari aspek-aspek diatas,
1.        Tes yang mengungkap pengetahuan (knowlwdge)
Tes yang mengungkap pengetahuan merupakan pertanyaan atau tes yang mengugkap penalaran dalam kategori terendah. Tes ini hanya mengungkap tentang fakta, definisi, pengertian dan sejenisnya. Jadi siswa hanya di tuntut untuk mengingat kembali apa yang telah dipelajari.
2.        Tes yang mengungkap pemahaman (comprehension)
Tes ini menuntut siswa untuk memahami atau mengerti apa yang telah dipelajari.Dia tidak sekadar dapat mengingat dan menghafal informasi yang telah diperoleh, tetapi dapat memilih dan mengorganisasikan informasi tersebut. Termasuk dapat menafsirkan gambaran, grafik, bagan dan lain lain.
3.        Tes yang mengungkap penerapan (application)
Jika dalam tes yang mengungkap pengetahuan siswa diminta mengingat menghapal, mendefinisikan sesuatu dan selanjutnya dapat menjelaskan dan mengungkapkan informasi yang diterima (pemahaman), maka pada penerapan (aplikasi) siswa dapat menggunakan konsep, prinsip, aturan, hokum, atau proses yang telah dipelajari sebelumnya, siswa diharapkan dapat menentukan jawaban yang benar terhadap pertanyaan / soal tes yang diajukan.
4.        Tes yang mengungkap analisis (analysis)
Analisis merupakan jenjang pertanyaan tingkat tinggi. Pertanyaan analisis menuntut siswa untuk berfikir secara mendalam, kritis bahkan menciptakan sesuatu yang baru. Untuk menjawab pertanyaan / tes analisis, siswa harus dapat menguraikan sebab-sebab, motif-motif atau mampu mengadakan deduktif (dari suatu generalisasi hal umum, dari fakta-faktanya, ke hal yang khusus). Oleh karena itu pertnyaan analisis tidak hanya mempunyai satu jawaban yang benar, melainkan berbagai alternative.
5.        Tes yang mengungkap sintesis (synthesis)
Sintesis merupakan jenjang kedua dari kelompok pertanyaan / tes tingkat tinggi. Pertanyaan yang mengungkap sintesis menuntut siswa berfikir orsinil dan kreatif. Siswa di tuntut berfikir induktif (dari factor, fakta, unsure-unsur yang brsifat khusus, diambil suatu kesimpulan atau genealisasi).
6.        Tes yang mengungkap penilaian (pertanyaan yang mengungkap evaluasi)
Tes (pertanyaan) yang mengungkap penilaian menuntut siswa untuk mengadakan kegiatan berfikir yang paling tinggi. Dia dapat melakukan itu apabila pengetahuan, pemahaman, aplikasi, analisis dan sintesis dapat dikuasai dengan baik.
Pertanyaan yang mengungkap evaluasi menuntut adanya standar atau criteria yang jelas. Kemungkinan jawaban yang diberikan siswa berbeda-beda. Hal itu tidak menjadi masalah asal sudah ada criteria yang jelas. Adanya perbedaan itu justru memperluas segi penalaran siswa sehingga mereka mempunyai cakrawala yang luas.

 Macam-Macam Bentuk Soal Essay

Jawaban terhadap soal essay mempunyai tingkatan kebebasan menjawab yang bervariasi. Siswa dapat dituntut untuk menjawab secara singkat dan tepat, atau dapat pula diberikan suatu kebebasan untuk merumuskan jawabannyasendiri. Nah, berdasarkan jawaban  soal yang dituntut kepada siswa yang mengerjakan tes essay ini, maka soal-soal yang menyusun tes essay dapat dibedakan paling tidak menjadi 2 jenis, yaitu:
1. Soal Essay dengan Jawaban Terbatas
Soal essay jenis pertama, yaitu soal essay dengan jawaban terbatas. Soal essay jenis ini sangat menekankan pada batas jumlah jawaban yang diberikan siswa. Soal essay dengan jawaban terbatas biasanya mengandung permasalahan yang terbatas dan jawabannya sudah ditentukan spesifikasinya. Kata-kata kerja operasional yang digunakan dalam soal ini merupakan ciri khas yang membuat kita dapat dengan mudah membedakannya dari tipe soal essay yang kedua (soal essay dengan jawaban bebas), yaitu adanya penggunaan kata seperti: definisikan, sebutkan, berilah alasan singkat. Selain itu batasan mengenai ruang lingkup jawaban dapat pula disertakan pada petunjuk mengerjakan soal.
 2. Soal Essay dengan Jawaban Bebas
Adapun jenis soal essay yang menyusun tes essay yang kedua adalah soal essay dengan jawaban bebas. Soal essay dengan jawaban bebas akan memberikan siswa kesempatan seluas-luasnya untuk merumuskan sendiri jawabannya. Walaupun demikian, soal essay dengan jawaban bebas seringkali juga masih tetap diberi batasan-batasan tertentu, seperti lama waktu mengerjakan soal dan jumlah halaman jawaban. Batasan terhadap bentuk jawaban dan isi dibuat seminimal mungkin. Pada prinsipnya guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk menunjukkan keterampilan mereka dalam melakukan sintesis dan evaluasi. Pengontrolan atau pembatasan hanya terbatas pada upaya agar soal essay yang bersangkutan dapat mengungkapkan keterampilan kognitif yang dikehendaki.


I. Pilihlah jawaban huruf A,B,C dan D yang anda anggap paling benar dengan memberi tanda silang (x)!

1. Secara astronomis, Indonesia terletak pada 95° BT – 141° BT dan 6° LU – 11° LS. Posisi tersebut membuat Indonesia berada pada wilayah tropis yang ditandai dengan suhu yang tinggi yaitu berkisar antara …. 
A. 25°c-30° Celcius 
B. 27°–32° Fahrenhait
C. 32°-37° Celcius
D. 32°–37° Fahrenhait

2. Ragam potensi yang dimiliki Indonesia sebagai dampak negaif dari letak geologis Indonesia yaitu… 
A. Terdapat energi panas bumi
B. Batuan yang banyak mengandung mineral
C. Tanah yang subur
D. Rawan bencana alam

3. Negara – negara Asia Timur seperti Jepang dan Korea Selatan dalam mengirimkan barang barang ekspor ke berbagai wilayah di dunia seperti Afrika, Timur Tengah dan Eropa menggunakan jalur perdagangan melalui selat …. 
A. Karimata
B. Bosporus
C. Sunda
D. Malaka

4. Keuntungan Indonesia berada pada jalur pertemuan tiga lempeng yaitu Lempeng Eurasia, Lempeng Pasifik dan Lempeng Hindia adalah …. 
A. Banyaknya potensi sumber daya manusia
B. Beragamnya potensi sumber daya hayati
C. Banyaknya potensi sumber daya hewani
D. Beragamnya potensi sumber energi dan mineral

5. Dilihat dari segi kependudukan suatu negara, dikatakan sebagai negara berkembang bila ….
A. angka usia harapan hidup tinggi
B. angka pertumbuhan penduduk tinggi
C. penguasaan terhadap iptek tinggi
D. tingkat pendidikan cukup tinggi

6. Contoh Sumber Daya Alam yang dapat diperbaharui adalah…. 
A. Air, udara, batu bara
B. Matahari, udara, air 
C. Tanah, tembaga, Besi
D. Baja, matahari, udara

7. Salah satu cara pelestarian hutan adalah dengan…. 
A. Ladang berpindah
B. Pemangkasan pohon scr rutin
C. Reboisasi 
D. Membuat terasiring

8. Salah satu penghasil minyak bumi di Indonesia adalah…. 
A. Riau, Jawa Tengah
B. Pulau Bintan
C. Sumsel dan Laut Jawa
D. Timika Papua
     
9. Yang termasuk ciri-ciri negara berkembang adalah ….
A. Ketergantungan pada pihak lain rendah.
B. Tingkat pendapatan rendah. 
C. Tingkat pendidikan tinggi.
D. Teknologinya modern.

10. Contoh beberapa negara maju adalah…….
A. Jepang, Korea, China
B. Prancis, Spanyol, Kuba.
C. Ingris, India, Jepang
D. Belanda, Ingris, Jepang

11. contoh negara-negara berkembang adalah…….
A. Spanyol,Inggris,Jepang
B. Spanyol,Korea,China
C. India, Malaysia,Indonesia 
D. Korea,India,Jepang

12. Sebab Khusus Terjadinya Perang Dunia II….
A. serbuan Jerman ke Kota Danzig, Polandia pada 1 Sept 1939.
B. serbuan Jerman ke Kota Danzig, Polandia pada 1 Okt 1939.
C. serbuan Jerman ke Kota Berlin, Polandia pada 1 Sept 1939.
D. serbuan Italia ke Kota Danzig, Polandia pada 1 Sept 1939.

13. Perang dunia ke II di medan Asia Pasifik diawali dengan….
A. penyerbuan Jepang ke pangkalan armada laut Amerika di Philipina.
B. penyerbuan pangkalan Armada Angkatan Laut Rusia di Pearl Harbour, oleh Jepang.
C. penyerbuan Jepang pangkalan Armada Angkatan Laut Amerika di Pearl Harbour, Hawai pada tanggal 7 Des 1941
D. penyerbuan pangkalan ArmadaAngkatan Laut Amerika Serikat di Pearl Harbour, Hawai oleh Jepang.

14. Amerika Serikat dan Rusia (Uni Soviet) sebagai pemenang dalam Perang DuniaII tumbuh menjadi negara raksasa (adikuasa). Hal diatas Akibat Perang Dunia II di bidang …..
A. Politik 
B. Ekonomi
C. Sosial
D. Militer.

15. Jepang mengadakan propaganda denganGerakan 3 A sebenarnya bertujuan untuk ….
A. Menghindari perlawanan rakyat Indonesia
B. Menekan partai-partai politik di Indonesia.
C. Melawan pemerintah kolonial Belanda.
D. Mendapat dukungan untuk Perang Asia Timur Raya.

16. Pergolakan sosial politik diawali dengan gerakan pengambil alihan kekuasaan oleh Dewan Banteng yang dipimpin oleh ….
A. Letnan Kolonel H. N. Ventje Samual
B. Kolonel M. Simbolon
C. Letnan Kolonel Ahmad Husein
D. Letnan Kol. Barlian

17. Perubahan-perubahan sosial adalah suatu variasi dari cara-cara hidup yang telah diterima yang disebabkan baik karena perubahan-perubahan kondisi geografis,kebudayaan material, komposisi penduduk,dan ideologi adalah definisi perubahan sosial yang dikemukakan oleh ….
A. Mac Iver
B. Gillin dan Gullir 
C. Kingsley Davis
D. Bruce J. Cohen

18. Faktor-faktor penyebab perubahan sosial adalah ….
A. perubahan evolusi
B. perubahan revolusi
C. pertentangan
D. Jumlah penduduk

19. Perhatikan ciri masyarakat berikut.
(1) Hubungannya lebih didasarkan oleh kepentingan-kepentingan.
(2) Adanya kepercayaan yang kuat terhadap manfaat ilmu.
(3) Kontrol sosial bersifat formal.
(4) Mobilitas sosialnya bersifat dinamis.
(5) Adanya tingkat pendidikan yang formal.
Dari ciri-ciri di atas yang termasuk ciri-ciri masyarakat modern adalah
A. 1,2, dan 3
B. 1,3, dan 4.
C. 1,2, dan 4.
D. 1, 2, dan 5

20. Dampak positif dari perubahan sosial budaya adalah ….
A. Gaya hidup yang meniru Barat.
B. Pesatnya perkembangan teknologi.
C. Kesenjangan social.
D. Penemuan IPTEK.

21. Sebab khusus Perang Dunia II di Eropa dimulai dengan….
A. serangan Jerman terhadap Polandia
B. serangan Jerman terhadap Perancis
C. serangan Inggris terhadap Jerman
D. serangan Italia terhadap Jerman

22. Kedatangan Jepang ke Indonesia semula disambut dengan suka cita oleh bangsa Indonesia, karena Jepang menganggap dirinya sebagai….
A. cahaya bagi bangsa Indonesia
B. pelindung bagi bangsa Asia
C. saudara tua bangsa Indonesia
D. Pemimpin bagi bangsa Asia

23. Tujuan Jepang mengadakan propaganda dengan Gerakan 3A untuk….
A. menekan partai-partai politik di Indonesia
B. mendapat dukungan melawan sekutu
C. menghindari perlawanan rakyat Indonesia
D. melawan pemerintah kolonial Belanda

24. Untuk menghadapi perang Asia Timur Raya, pemerintahan pendudukan Jepang mendidik para pemuda yang berumur 18-25 tahun dan bertugas sebagai pembantu prajurit Jepang disebut ….
A. Keibodan
B. Seinendan
C. Heiho
D. PETA

25. Berikut ini adalah tugas AFNEI di Indonesia, kecuali….
A. menerima penyerahan kekuasaan dari tangan Jepang
B. menyerahkan kekuasaan atas Indonesia kepada NICA
C. membebaskan para tawanan perang dan interniran Sekutu
D. menghimpun keterangan dan menuntut penjahat perang

26. Salah satu faktor yang meyebabkan terjadinya konflik antara Indonesia dengan Belanda setelah proklamasi kemerdekaan adalah….
A. Indonesia membantu Sekutu menghadapi Belanda
B. Indonesia membantu Jepang menghadapi Belanda
C. NICA membantu mengamankan Jepang
D. NICA berusaha mempersenjatai KNIL

27. Kedatangan pasukan Sekutu akhirnya disambut dengan perlawanan oleh rakyat Indonesia karena sekutu….
A. melucuti tentara Jepang
B. mengubah pemerintahan RI
C. membawa serta NICA
D. Membantu pasukan Jepang

28. Upaya menyelesaikan permasalahan Indonesia – Belanda, PBB membentuk Komisi Tiga Negara yang terdiri dari….
A. Amerika Serikat, Inggris, dan Austria
B. Amerika Serikat, Belgia, dan Austria
C. Amerika Serikat, Belgia, dan Australia
D. Amerika Serikat, Inggris, dan Australia

29. Sebagai penghargaan atas jasa para pahlawan di Surabaya yang mempertahankan tanah air Indonesia dari kekuasaan asing, maka tanggal 10 November ditetapkan sebagai hari….
A. Kebangkitan nasional
B. Kesaktian Pancasila
C. Berkabung nasional
D. Pahlawan

30. Alasan dikeluarkannya Dekrit Presiden 5 Juli 1959 yaitu ….
A. badan konstituante gagal menyusun UUD
B. dibubarkannya badan konstituante
C. kembali berlakunya UUD 1945
D. Pembentukan MPRS dan DPAS


31. Benua terluas di permukaan bumi adalah….
A. Amerika
B. Afrika
C. Asia
D. Australia



32. Secara astronomis, Benua Eropa terletak pada 9°BB-60°BT dan 35°LU-80°LU. Berdasarkan letak tersebut, maka Benua Eropa memiliki iklim….
A. sedang dan dingin
B. tropis dan subtropis
C. subtropis dan sedang
D. subtropis dan dingin

33. Perhatikan negara-negara berikut ini:
(1) Sri Lanka
(2) Afganistan
(3) India
(4) Sudan
(5) Nepal
Negara-negara yang berada di kawasan Asia Selatan ditunjukkan oleh nomor….
A. (1), (2), dan (3)
B. (1), (3), dan (5)
C. (2), (3), dan (4)
D. (3), (4), dan (5)



34. Thailand, Indonesia, dan Vietnam merupakan negara produsen karet terbesar di dunia. Getah karet bermanfaat bagi kehidupan manusia, yaitu….
A. sebagai bahan baku mebel
B. sebagai bahan baku makanan ringan
C. sebagai bahan baku pembuatan ban
D. berfungsi menyerap karbondioksida di udara




35. Negara Jepang merupakan salah satu negara kepulauan yang ada di dunia. Negara ini memiliki sumber daya perikanan yang sangat tinggi. Faktor yang menyebabkan hal tersebut terjadi adalah….
A. memiliki banyak gunung api
B. memiliki perairan laut dangkal
C. berada di zona pertemuan lempeng
D. berada di zona pertemuan dua arus yang berbeda






Penelusuran yang terkait dengan Soal IPS Kelas 9 Semester 1
  • soal ips kelas 9 semester 1 bab 1
  • soal ips kelas 9 semester 2 kurikulum 2013 dan jawabannya
  • soal uts ips kelas 9 semester 2 dan jawabannya
  • soal ips kelas 9 bab 3, dan jawabannya
  • soal ips kelas 9 beserta kunci jawaban
  • soal uas ips kelas 9 semester 1 ktsp dan jawabannya
  • soal essay ips kelas 9 semester 2
  • soal ips kelas 9 kurikulum 2013 revisi 2018