30 Contoh Soal Olimpiade Fisika SMP/MTS 2024 Dan Kunci Jawabannya

Table of Contents
Soal Olimpiade Fisika SMP/MTS  - Sebelum Kita memulai Membuat Soal - soal Alangkah Baiknya Kita Mengetahui dahulu Apa Itu Pilihan Berganda ( PG) dan Apa itu Soal Pilihan Essay dan Apa saja Jenis dan Metodenya Agar Kita Lebih Memahami . Silahkan Simak di Bawah Ini:
Tes pilihan ganda ( Multiple choice test ) yaitu tes dimana setiap butir soalnya memiliki jumlah alternatif jawaban lebih dari satu. Biasanya terdapat dua sampai lima alternatif jawaban yang disuguhkan dan jumlah alternatif jawaban tersebut tidak boleh terlalu banyak karena akan sangat membingungkan dan juga sangat menyulitkan penyusunan butir soal. Tipe soal pilihan ganda memiliki karakteristik sebagai berikut.
  • Terdiri dari dua bagian, yaitu stem dan option.
  • Memiliki jumlah alternatif jawaban lebih dari Satu
  • Alternatif jawaban antara 2 hingga 5.
 

Kemampuan Yang diukur oleh Soal Pilihan Ganda

Soal pilihan ganda dapat mengukur beberapa aspek pengetahuan (recall, knowledge ), pengertian (coimprehension, understanding), aplikasi dan analisis. Kurang tepat soal pilihan ganda untuk mengukur sisntesis, dan evaluasi.. Selanjutnya kami akan mengungkapkan mengenai perbedaan-perbedaan dari aspek-aspek diatas,
  • Tes yang mengungkap pengetahuan (knowlwdge)
Tes yang mengungkap pengetahuan merupakan pertanyaan atau tes yang mengugkap penalaran dalam kategori terendah. Tes ini hanya mengungkap tentang fakta, definisi, pengertian dan sejenisnya. Jadi siswa hanya di tuntut untuk mengingat kembali apa yang telah dipelajari.
  • Tes yang mengungkap pemahaman (comprehension)
Tes ini menuntut siswa untuk memahami atau mengerti apa yang telah dipelajari.Dia tidak sekadar dapat mengingat dan menghafal informasi yang telah diperoleh, tetapi dapat memilih dan mengorganisasikan informasi tersebut. Termasuk dapat menafsirkan gambaran, grafik, bagan dan lain lain.
  • Tes yang mengungkap penerapan (application)
Jika dalam tes yang mengungkap pengetahuan siswa diminta mengingat menghapal, mendefinisikan sesuatu dan selanjutnya dapat menjelaskan dan mengungkapkan informasi yang diterima (pemahaman), maka pada penerapan (aplikasi) siswa dapat menggunakan konsep, prinsip, aturan, hokum, atau proses yang telah dipelajari sebelumnya, siswa diharapkan dapat menentukan jawaban yang benar terhadap pertanyaan / soal tes yang diajukan.
  • Tes yang mengungkap analisis (analysis)
Analisis merupakan jenjang pertanyaan tingkat tinggi. Pertanyaan analisis menuntut siswa untuk berfikir secara mendalam, kritis bahkan menciptakan sesuatu yang baru. Untuk menjawab pertanyaan / tes analisis, siswa harus dapat menguraikan sebab-sebab, motif-motif atau mampu mengadakan deduktif (dari suatu generalisasi hal umum, dari fakta-faktanya, ke hal yang khusus). Oleh karena itu pertnyaan analisis tidak hanya mempunyai satu jawaban yang benar, melainkan berbagai alternative.
  • Tes yang mengungkap sintesis (synthesis)
Sintesis merupakan jenjang kedua dari kelompok pertanyaan / tes tingkat tinggi. Pertanyaan yang mengungkap sintesis menuntut siswa berfikir orsinil dan kreatif. Siswa di tuntut berfikir induktif (dari factor, fakta, unsure-unsur yang brsifat khusus, diambil suatu kesimpulan atau genealisasi).
  • Tes yang mengungkap penilaian (pertanyaan yang mengungkap evaluasi)
Tes (pertanyaan) yang mengungkap penilaian menuntut siswa untuk mengadakan kegiatan berfikir yang paling tinggi. Dia dapat melakukan itu apabila pengetahuan, pemahaman, aplikasi, analisis dan sintesis dapat dikuasai dengan baik.Pertanyaan yang mengungkap evaluasi menuntut adanya standar atau criteria yang jelas. Kemungkinan jawaban yang diberikan siswa berbeda-beda. Hal itu tidak menjadi masalah asal sudah ada criteria yang jelas. Adanya perbedaan itu justru memperluas segi penalaran siswa sehingga mereka mempunyai cakrawala yang luas.

Petunjuk :
  1. Perhatikan dan ikuti petunjuk pengisian Lembar Jawaban yang disediakan;
  2. Periksa dan bacalah soal-soal sebelum Anda menjawab;
  3. Laporkan kepada pengawas kalau terdapat tulisan yang kurang jelas, rusak atau jumlahsoal kurang;
  4. Dahulukan mengerjakan soal-soal yang Anda anggap mudah;
  5. Pilihlahsalah satu jawaban yang paling benar dengan menghitamkan bulatan jawaban;
  6. Apabila Anda ingin memperbaiki/mengganti jawaban, bersihkan jawaban semula dengan penghapus sampai bersih, kemudian hitamkan bulatan jawaban yang menurut Anda benar;
  7. Periksalahseluruh pekerjaan Anda sebelum diserahkan kepada pengawas







Contoh Soal OSN IPA Tingkat Nasional 2023 PDF

Berikut ini adalah contoh soal OSN IPA SMP tingkat nasional 2023 beserta jawaban dan link download PDF.

1. Rusdi diajak seorang guru ke ruang bimbingan konseling karena habis berkelahi dengan teman sekelasnya. Tampak raut wajahnya yang lelah dan napasnya yang terengah-engah. Rusdi sulit berbicara karena respon tubuh yang meliputi detak jantung berdegup kencang ditambah lagi tekanan darah yang tinggi. Respon tubuh ini disebabkan oleh....
a. Sekresi insulin oleh pankreas
b. Sekresi tiroksin oleh kelenjar tiroid
c. Sekresi oksitosin oleh kelenjar pituitari
d. Sekresi adrenalin oleh kelenjar adrenal
Jawaban: D

2. Farhan merupakan salah satu anak yang alergi pada udang. Ketika itu dia memenangkan salah satu kejuaraan bergengsi KSM Nasional sekaligus mendapatkan medali perak. Semua orang senang menyambutnya, pada akhirnya farhan lengah saat mengajak seluruh temannya untuk makan bersama merayakan kemenangnya tersebut. Farhan makan dengan lahapnya sampai tidak sadar kalau dia sudah memakan 5 ekor udang utuh. Seketika seluruh kulitnya mengalami ruam. Dari kasus tersebut apa bahaya terbesar bagi pasien yang mengalami kerusakan pada organ kulitnya....
a. Kehilangan banyak produksi minyak di kulit
b. Kontraksi otot yang berlebihan di daerah yang mengalami kerusakan
c. Infeksi pada jaringan yang terkena alergi
d. Jaringan yang rusak memasuki aliran darah
Jawaban: C

3. Apa yang dimaksud dengan ilmu biologi?
a. Ilmu yang mempelajari fisik suatu objek
b. Berkenaan dengan zat-zat kimia dan komposisi tubuh
c. Ilmu yang membahas tentang kehidupan makhluk hidup termasuk tumbuhan, hewan, dan manusia
d. Ilmu alam yang mengkaji unsur pembentuk alam semesta dan gaya yang bekerja di dalamnya
Jawaban: C

4. Mengapa ilmu fisiologi termasuk ke dalam biologi murni?
a. Berhubungan erat dengan penerapan sistem kehidupan yang terlibat dalam fungsi kegiatan tubuh makhluk hidup
b. Melibatkan macam kaidah kehidupan
c. Mengarahkan bagaimana struktur tubuh dapat terbentuk
d. Mempelajari perbedaan bentuk luar tubuh dari masing-masing organisme
Jawaban: A

5. Mengapa pekerjaan yang dilakukan rashiqa termasuk ke dalam cabang biologi terapan?
a. Mendalami pengetahuan tentang penyakit
b. Dapat diaplikasikan dalam menangani makhluk hidup secara implisit
c. Bergelut dalam dunia praktek lapangan
d. Berkaitan dengan objek penelitian biologi
Jawaban: B

6. Apa kesimpulan yang mungkin dapat dianilisis dari cabang biologi murni terhadap keberhasilan, kecuali?
a. Menjadi ahli zoology
b. Membuat penemuan-penemuan baru dalam menciptakan produk unggul
c. Menjadi ahli tumbuhan di bidangnya
d. Menjadi ahli genetika persilangan
Jawaban: A

7. Bagian organ mana pada tumbuhan yang mengandung leukoplas....
a. Batang
b. Akar
c. Bunga
d. Ranting
Jawaban: B

8. The appropriate statement about the nucleus is
i. Terletak di tengah sel hidup
ii. Mengatur pembelahan sel
iii. Mengandung DNA kromosom
Which one of the following is correct....
a. I saja
b. I dan III
c. II dan III
d. II saja
Jawaban: C

9. In what ways the organ are labelled A help the organism to keep alive....
i. Menghasilkan makanan
ii. Melakukan respirasi
iii. Melakukan osmosis
Manakah di bawah ini yang benar....
a. I saja
b. I dan II
c. II saja
d. I, II, dan III
Jawaban: A

10. Pada tahap mana nukleus memperbesar ukurannya....
a. Telopase
b. Anaphase
c. Metaphase
d. Propase
Jawaban: A

11. Dengan proses mitosis, kehidupan organisme baru biasanya dapat:
i. Mengatur penyebaran jumlah keseimbangan kromosom
ii. Mengatur keseimbangan sifat
iii. Menghasilkan gamet yang haploid
Manakah pernyataan di bawah ini yang tepat....
a. II dan III
b. I, II, dan III
c. I dan II
d. I dan III
Jawaban: C

12. Sel organisme prokariotik menambah jumlahnya dengan cara pembelahan....
a. Amitosis
b. Propase
c. Mitosis
d. Meiosis
Jawaban: A

13. Proses pembelahan sel pada akar tumbuhan terjadi secara....
a. Mitosis
b. Meiosis
c. Metafase
d. Anfase
Jawaban: A

14. Apa kemungkinan konsekuensi yang terjadi pada sel tumbuhan jika pada tahap ke-2 fase di atas tidak
terkendali....
a. Mengalami kanker
b. Pertumbuhan yang lambat dari biasanya
c. Tumbuh bagian yang tidak seharusnya
d. Tumbuhan menjadi sangat subur
Jawaban: A

15. Jika air sungai pada ember diganti dengan zat cair yang memiliki massa jenis yang lebih besar maka kemungkinan yang bisa terjadi adalah .......
a. Jarak maksimum semburan cairan lebih kecil dibanding semula
b. volume benda yang tidak terendam akan muncul di permukaan lebih besar dibanding semula
c. Tekanan pada kedalam x dari dasar ember lebih kecil dari semula
d. Suhu pada kedalam x dari dasar ember lebih besar dari semula
Jawaban: A




Soal Olimpiade Fisika Smp 2020 Tingkat Nasional, Pembahasan soal OSN fisika SMP tingkat kabupaten/kota , Olimpiade Fisika - Fisika Study Center, Soal Olimpiade Fisika SMP/MTS 2020 Dan Kunci Jawabannya, Kumpulan Soal Olimpiade Fisika SMP dari Tahun ke Tahun, Bank Soal Olimpiade Fisika SMP , Modul Olimpiade Sains Fisika SMP,
OLIMPIADE SAINS : Buku OSN FISIKA SMP BEST SELLER, Soal OSN Fisika SMP Tingkat Kabupaten/Kota dari Masa ke masa, soal olimpiade fisika smp pdf, soal olimpiade fisika smp 2019, soal olimpiade fisika smp dan pembahasannya 2016, soal olimpiade fisika smp 2018, soal olimpiade fisika smp unud, soal olimpiade fisika smp tentang optik, download soal olimpiade fisika smp dan pembahasannya, soal essay olimpiade fisika smp
.

Post a Comment