Manfaat Mahkota Dewa Sebagai Obat Tradisional , Cara Mengolah dan Efek Sampingnya


Manfaat mahkota dewa
sebenarnya ada banyak sekali. Hanya saja belum banyak orang yang mengetahuinya, padahal jenis tanaman obat yang satu ini bisa digunakan untuk mengobati berbagai macam penyakit baik ringan hingga berat. Selain itu, mahkota dewa juga bisa digunakan untuk mencegah penyakit berbahaya lainnya. Nah apakah Anda belum mengetahui manfaat dari mahkota dewa? Jika belum simak saja ulasan berikut ini sebab kali ini akan membahas hal tersebut.

Menjaga tubuh agar selalu sehat adalah hal yang harus dilakukan oleh semua orang. Dengan tubuh yang sehat pastinya kita bisa beraktivitas dengan mudah. Umumnya ada beberapa cara menjaga kesehatan tubuh, mulai dari mengonsumsi makanan sehat bergizi, olahraga secara teratur hingga mengonsumsi suplemen vitamin. Namun tak hanya itu saja, memanfaatkan tanaman obat juga merupakan cara terbaik untuk menjaga tubuh agar tetap sehat.
Salah satu tanaman obat yang dipercaya dapat menjaga kesehatan adalah mahkota dewa. Orang sering mendengar kata mahkota dewa, namun tidak banyak orang yang pernah melihat bentuk dan wujud dari tanaman ini. Tak jarang pula mereka meragukan khasiat dari tanaman ini karena belum memilki pengetahuan yang cukup tentang mahkota dewa.
Lantas apa saja kandungan yang terdapat dalam tanaman mahkota dewa? Ada berbagai macam kandungan yang ada di dalamnya, mulai dari zat alkaloid, flavonoid, polifenol dan juga antioksidan. Nah daripada penasaran, simak saja ulasan khasiat mahkota dewa berikut ini.
 
 

Inilah Manfaat Mahkota Dewa untuk Kesehatan Tubuh

  • Menurunkan Gula Darah
Bagi Anda yang memiliki riwayat keluarga dengan penyakit diabetes sebaiknya hati-hati, pastikan Anda sering mengecek kesehatan terutama kadar gula dalam darah Anda. Selain mengurangi asupan gula dan rutin berolahraga jangan lupa untuk mengonsumsi obat yang dapat menurunkan gula darah Anda, obat alami yang bisa dicoba adalah mahkota dewa.
Cara menurunkan dula darah tinggi dengan mahkota dewa pun sangat mudah, yaitu siapkan buah mahkota dewa secukupnya lalu iris tipis-tipis setelah itu rebus buah tersebut dengan 5 gelas air. diamkan sampai air rebusan tersisa setenganya. Minum tiga kali dalam sehari.

  • Untuk Detoksifikasi Tubuh
Manfaat yang kedua adalah untuk detoksifikasi. Saat ini sudah banyak orang yang mengetahui betapa pentingnya melakukan detoksifikasi tubuh, sebab dengan melakukan hal ini racun dalam tubuh bisa dikeluarkan dengan mudah. Tak perlu jauh-jauh ke rumah sakit untuk melakukan detoksifikasi, sebab kandungan alkaloid dalam daun dewa bermanfaat dalam detoksidikasi tubuh.
Caranya adalah dengan merebus buah mahkota dewa tanpa biji kemudian meminum air rebusannya selama seminggu sekali. Racun dalam tubuh akan dikeluarkan melalui urine, keringat dan juga feses.

  • Menurunkan Kolesterol
Manfaat berikutnya adalah untuk menurunkan kolesterol. Kolesterol tinggi adalah penyebab dari segala macam penyakit mulai dari darah tinggi, asam urat hingga serangan jantung. Selain itu, kolesterol tinggi juga dapat menyebabkan penyakit komplikasi yang membahayakan bagi kesehatan tubuh.
Nah bagi Anda yang ingin memiliki tubuh yang sehat dan bugar, mulailah untuk meminum ramuan tradisional dari mahkota dewa. Zat flavonoid yang terkandung di dalamnya, sudah terbukti dapat menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh.

  • Meningkatkan Sistem Imun Tubuh
Manfaat mahkota dewa selanjutnya adalah dapat meningkatkan sistem imun tubuh. Umumnya vitamin C dan vitamin B lah yang memiliki peranan ini, namun zat saponin yang terkandung dalam mahkota dewa juga bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dengan sistem kekebalan tubuh yang kuat, maka tubuh tidak akan mudah terserang oleh berbagai penyakit.

  • Anti Virus dan Anti Bakteri
Kandungan alkaloid pada mahkota dewa bermanfaat sebagai anti virus serta menangkal bakteri di dalam tubuh. Sehingga tubuh tidak akan mudah terinfeksi virus dan bakteri. Selain itu, buah ini juga dapat memangkal segala penyakit yang disebabkan oleh virus dan juga bakteri.

  • Melancarkan Peredaran Darah
Berikutnya adalah bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah. mahkota dewa mengandung zat yang dapat melancarkan peredaran darah yaitu zat flavonoid di dalam mahkota dewa. Jika peredaran darah lancar maka tubuh akan terhindar dari berbagai macam penyakit dan juga gangguan.
Selain itu, flavonoid yang terkandung pun dapat mengurangi timbunan lemak yang ada di dalam pembuluh darah, sehingga jantung akan lebih sehat dan organ lainnya pun bisa mendapatkan suplai darah yang cukup.

  • Mengobati Gatal-gatal
Polifenol yang terkandung di dalam mahkota dewa juga bisa bermanfaat untuk mengobati gatal-gatal. Jika Anda mengalami hal ini, ambilah mahkota dewa lalu tumbuk hingga halus. Setelah itu Anda bisa menempelkan tumbukan daun mahkota dewa ke bagian tubuh yang gatal. Lakukan secara teratur hingga gatal-gatal tersebut hilang.
  • Mengatasi Nyeri Haid

Manfaat daun mahkota dewa didapatkan dari kandungan antioksidannya yang kuat seperti flavonoid, folifenol, saponin, tanin, terpenoid, dan alkaloid yang berlimpah.Berdasarkan penelitian, kandungan antioksidan dalam ekstrak buah dari tanaman herbal ini bersifat antiradang yang berpotensi mengobati nyeri haid. Secara umum, kekuatan efek antiradang dari ekstrak buah ini bisa berbeda tergantung dosis yang ditentukan setiap produknya.

  • Sebagai Obat Anti Alergi

Selain itu, manfaat daun mahkota dewa juga dapat mengurangi alergi karena memiliki sifat anti bakteri dan antivirus. Polifenol dalam mahkota dewa berfungsi sebagai anti histamin yang mencegah timbulnya berbagai masalah alergi. Mahkota dewa dapat meringankan gejala alergi seperti gatal, ruam, merah, sesak napas, hingga pembengkakan.

  • Detoksifikasi Racun Tubuh

Manfaat daun mahkota dewa juga dipengaruhi oleh senyawa Alkaloid yang dimilikinya. Senyawa ini bersifat menetralisir racun di dalam tubuh dan membuangnya lewat sekresi tubuh. Flavonoid dalam mahkota dewa juga membantu menyingkirkan virus dan bakteri di dalam tubuh yang mengganggu fungsi vital seperti hati, ginjal, dan pencernaan. Sifat detoksifikasinya dapat menyehatkan hati dan mencegah masuknya penyakit hepatitis.

  • Mencegah Flu

Manfaat daun mahkota dewa berikutnya adalah mecegah penyakit flu dan batuk. Mahkota dewa memiliki sifat antibakteri dan antivirus yang bisa mencegah tubuh dari flu. Flu bisa disebabkan oleh berbagai virus seperti influenza. Mengonsumsi ramuan mahkota dewa dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah flu dan batuk.

  • Mengatasi Sakit Kepala

Ramuan mahkota dewa dapat mengatasi sakit kepala berkat sifat analgesiknya. Mahkota dewa dapat bekerja sebagai pereda nyeri saat sakit kepala. Flavonoid dalam mahkota dewa dapat mengurangi rasa sakit pada tubuh. Flavonoid juga bekerja sebagai antioksidan yang menjaga daya tahan tubuh.

  • Menstabilkan Tekanan Darah

Saponin dalam mahokta dewa juga bisa mengurangi penggumpalan darah. Efek ini kemudian bisa melancarkan peredaran darah dan mendukung tekanan darah yang lebih sehat.Flavonoid di dalamnya juga menunjukkan aktivitas yang sama yaitu melancarkan peredaran darah ke seluruh tubuh dan mencegah terjadinya penyumbatan pada pembuluh darah. Mahkota dewa bisa mengurangi kandungan kolesterol serta mengurangi penimbunan lemak pada dinding pembuluh darah.

  • Mencegah Penyakit Kardiovaskular

Karena mahkota dewa dapat menstabilkan tekanan darah dan gula darah, ramuan ini sangat bermanfaat untuk mencegah penyakit kardiovaskular atau jantung. Ini berkat sifat antioksidan dan anti-inflamasi dari flavonoid. Flavonoid dapat menurunkan risiko aterosklerosis. Senyawa ini juga dapat meningkatkan kualitas dinding pembuluh darah.Beberapa penelitian telah menemukan hubungan antara tingkat asupan flavonoid yang lebih tinggi dan risiko penyakit kardiovaskular yang lebih rendah di berbagai kelompok, termasuk wanita pascamenopause, perokok pria dan pria dan wanita paruh baya

  • Mencegah Kanker

Mahkota dewa memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan yang kuat. Efek ini dapat mencegah timbulnya berbagai macam kanker. Flavonoid dalam mahkota dewa mampu menjaga tubuh dari serangan kanker mematikan seperti kanker paru-paru, mulut, perut, usus besar, kulit dan lainnya. Mahkota dewa mengandung sifat anti kanker yang dapat melindungi rusaknya sel-sel di dalam tubuh dan organ vital.

  • Mencegah Efek Samping Obat Kemoterapi

Manfaat daun mahkota dewa juga dapat mencegah efek samping obat kemoterapi. Hal ini terkait dengan kandungan falovonoid dalam tanaman herbal ini yang diyakini berpotensi untuk melindungi ginjal dari efek pengobatan kemoterapi.Penggunaan obat kemoterapi seperti cisplatin dan adriamycin-cyclophosphamide tentunya menimbulkan berbagai efek samping. Namun, dengan mahkota dewa, kamu bisa mengurangi risiko efek samping dari kemoterapi.

 

Cara Mengolah Buah Mahkota Dewa

 berbagi ilmu cara mengolah buah mahkota dewa beserta bagian-bagian yang lain adalah suatu yang baik. Apalagi jika rahasia cara mengolah ini justru akan sangat bermanfaat bagi Anda di masa depan, tentu saja penulis akan merasa senang hati untuk berbagi. Tanpa menunggu lebih banyak basa-basi, berikut inilah tips cara mengolah tanaman mahkota dewa, khususnya untuk bagian buah:
  • Mengolah bagian buah
Buah mahkota dewa merupakan bagian yang paling populer dicari karena dinilai paling berkhasiat. Buah dengan nama Latin simpilisia Phalariae Fructus tersebut memiliki warna merah menyala saat sudah matang. Jadi jika buahnya masih hijau, lebih baik jangan dulu Anda petik karena masih mentah. Bagian biji buah mahkota dewa cukup beracun, karena itu sebaiknya Anda buang dahulu sebelum diolah. Untuk mengolah bagian buah mahkota dewa, caranya cukup mudah. Pertama pisahkan dahulu bagian daging, kulit, dan biji buah. Buang bagian biji, kemudian iris-iris tipis bagian sisanya. Keringkan buah mahkota dewa yang telah dicincang atau diiris secara alami dibawah panas matahari. Setelah kering Anda bisa menyimpannya dalam wadah kedap udara untuk digunakan secara berkala. Adapun cara mengkonsumsi buah mahkota dewa kering cukup disebuah dengan air panas, kemudian disaring dan diminum seperti halnya Anda meminum teh hangat.

Buah mahkota dewa memang tak salah jika diburu, karena mengandung zat-zat yang bermanfaat untuk mengobati penyakit-penyakit legendaris. Ya, buah ini bisa menjadi obat alternatif yang bisa membantu tubuh Anda menghilangkan penyakit diabetes, rematik, kanker payudara, bahkan kanker rahim. Selain itu, buah ini juga aman untuk perut Anda jadi dapat melancarkan pencernaan.
  • Mengolah bagian batang
Selain buah, jangan mengacuhkan bagian yang lain. Bahkan bagian batang tanaman mahkota dewa juga bisa diproses menjadi ramuan obat yang sangat berkhasiat untuk mengobati kanker tulang. Hampir sama dengan pengolahan bagian buah, untuk bisa membuat teh batang mahkota dewa Anda harus menguliti dahulu bagian batangnya baru kemudian dikeringkan sebagai bahan teh. Guna mendapatkan rasa yang lebih kaya, Anda juga membuat kombinasi ramuan mahkota dewa dari bagian buah dan batangnya.
  • Cara mengolah daun mahkota dewa
Tentu saja bagian daun adalah bahan termudah untuk membuat teh dari tanaman apapun, tidak terkecuali daun mahkota dewa. Seperti halnya bagian buah mahkota dewa, daunnya juga dipercaya bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit seperti eksim, disentri, tumor, bahkan untuk menyembuhkan masalah lemah syahwat. Lalu bagaimana cara mengolah bagian daun mahkota dewa ini? Untuk mengobati penyakit dalam Anda bisa membuat ramuan seduhan dari daun mahkota dewa kemudian diminum selagi hangat. Adapun untuk penyakit luar seperti eksim, tumbuklah daun mahkota dewa kemudian tutupkan di bagian yang sakit. 

Efek Sampingnya

Tanaman mahkota dewa ini tidak boleh dimakan sembarangan tanpa solusi dari orang yang mengerti dibidang ini, seperti dokter. Karena tanaman ini dapat menjadi sangat beracun. Setiap bagian dari tanaman mahkota dewa, batang, daun, buah, kulit, dan biji mengandung racun.

Dijelaskan pada situs phcogrev.com, bahwa biji dari mahkota dewa merupakan bagian yang paling beracun dan berbahaya. Racun dalam tanaman ini dapat menyebabkan mabuk, kejang, mulut bengkak, sariawan, dan bahkan sampai pingsan. Buah mahkota dewa jangan dikonsumsi pada saat Anda sedang haid karena akan memperhebat pendarahan dan menggerus dinding rahim. Dosis pemakaian sangat berperan penting dalam penggunaan obat herbal ini, salah dosis saja akan berakibat fatal.
 
 
 
 
Penelusuran yang terkait dengan Manfaat Mahkota Dewa

  • manfaat mahkota dewa dan cara pengolahannya
  • manfaat mahkota dewa untuk kecantikan
  • manfaat mahkota dewa untuk asam lambung
  • khasiat buah mahkota dewa untuk lelaki
  • manfaat buah mahkota dewa dan efek sampingnya
  • cara mengolah mahkota dewa
  • cara mengolah daun mahkota dewa
  • efek samping minum air rebusan mahkota dewa