Manfaat Labu Kuning Untuk Kesehatan Tubuh Hingga Kulit


Manfaat labu kuning sebenarnya ada banyak sekali. Namun tak jarang belum banyak orang yang mengetahui jenis sayuran yang sering digunakan untuk perayaan Halloween ini. Nah apakah Anda salah satu orang yang menyukai labu kuning? Jika iya berbahagialah Anda, sebab ada banyak sekali manfaat dari labu kuning yang bisa didapatkan. Untuk lebih jelasnya, simak saja ulasan berikut ini.

Siapa yang tidak tahu labu kuning? Hampir semua orang pastinya sudah tahu dengan jenis sayuran dan buah ini. Umumnya labu kuning dimanfaatkan sebagai makanan pengganti ASI untuk bayi 6 bulan dan buah ini juga sering diolah menjadi makanan yang yang lezat, seperti puding labu kuning, kolak dan makanan lainnya.
Namun tak hanya rasa lezat saja yang bisa kita dapatkan, mengonsumsi labu kuning secara rutin juga dapat membuat tubuh kita lebih sehat. Sebab menurut ahli gizi Cassandra Barns, buah labu kuning mengandung serat tinggi dan antioksidan alami yang baik untuk kesehatan tubuh. Daripada penasaran dengan apa saja khasiat dari labu kuning, untuk lebih jelasnya Anda bisa menyimak ulasan berikut ini.
 
 

Inilah Manfaat Labu Kuning untuk Kesehatan Tubuh Paling Lengkap

  • Kaya Antioksidan
Seperti yang sudah dijelaskan tadi labu kuning memang kaya akan antioksidan yang baik untuk kesehatan tubuh dan kulit. Selain itu, minyak biji labu juga mengandung gamma-tocopherol yang merupakan salah satu bentuk vitamin E.
Senyawa tersebut juga bersifat antioksidan dimana senyawa tersebut dapat melindungi tubuh dari terbentuknya sel kanker serta dapat mengurangi peradangan. Selain kaya antioksidan, minyak biji labu juga mengandung asam lemak tak jenuh ganda. Untuk mendapatkan kandungan alami, sangat disarankan untuk memilih labu kuning yang organik.
  • Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Manfaat yang kedua adalah untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kandungan vitamin A dan vitamin C pada labu kuning memiliki peranan penting untuk memelihara sistem kekebalan tubuh seseorang. Sehingga seseorang yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang kuat akan lebih sehat dan jarang terserang penyakit. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk menyantap sup labu kuning di musim hujan yang dingin untuk mencegah penyakit seperti batuk, flu dan pilek.
  • Menyehatkan Kulit
Manfaat berikutnya adalah untuk menyehatkan kulit. Perlu Anda ketahui bahwa labu kuning juga kaya akan beta karoten sama seperti wortel dan ubi jalar. Beta karoten tersebut akan diubah menjadi vitamin A. Kandungan tersebut dikenal dapat mencegah kerusakan sel-sel kulit yang dapat menyebabkan penuaan.
Selain itu, karotenoid dan beta karotenlah yang membuat labu berwarna orange atau kuning. Senyawa tersebut juga bersifat antioksidan sehingga dapat membantu  utnuk mencegah kerusakan kulit dari paparan radikal bebas.
  • Menyehatkan Mata
Manfaat labu kuning selanjuntya adalah untuk menyehatkan mata. Tak hanya dapat mencegah kerusakan sel kulit, vitamin A yang terkandung di dalam labu kuning juga memiliki peranan untuk menyehatkan mata, seperti memperlambat penurunan fungsi retina karena kandungan beta karoten yang tinggi.Perlu diketahui bahwa penurunan fungsi retina bisa menyebabkan kebutaan jika tidak segera ditangani dengan baik. Selain itu, nutrisi pada labu kuning ini juga dapat mencegah penyakit mata lainnya seiring dengan bertambahnya usia.
  • Menurunkan Berat Badan
Apakah Anda sedang menjalani program diet? Jika iya, cobalah untuk menambahkan labu kuning pada menu diet Anda. Sama seperti ubi jalar, selain memiliki rasa yang enak labu kuning juga dapat membantu menurukan berat badan.Manfaat tersebut bisa Anda dapatkan karena labu kuning rendah kalori dan karbohidrat. Perlu Anda ketahui pula bahwa labu kuning merupakan makanan kaya akan serat, sehingga ketika Anda mengonsumsinya maka dapat membuat Anda kenyang lebih lama.
  • Menyehatkan Jantung
Jantung adalah salah satu organ tubuh manusia yang paling penting. Sebab jantung berfungsi untuk memompa darah dan mengalirkannya ke seluruh tubuh. Jika jantung sehat, maka seluruh organ tubuh juga akan sehat. Selain olahraga, mengonsumsi labu juga dapat menjaga kesehatan jantung. Sebab antioksidan pada labu memiliki efek perlindungan untuk seluruh tubuh, termasuk jantung dan pembuluh darah.Selain itu, tingginya serat pada labu kuning juga dapat menjaga kadar kolesterol dan membantu untuk menurunkan tekanan darah. Mengonsumsi labu kuning secara teratur tentu saja dapat membantu mencegah penyakit jantung, serta dapat mengatasi masalah penyebab penyakit jantung seperti hipertensi dan kolesterol tinggi.
  • Memperbaiki Suasana Hati
Yang terakhir adalah berguna untuk memperbaiki suasana hati. Biji labu kuning kaya akan magnesium, seperti yang Anda ketahui manfaat magnesium dapat meringankan gejala deresi, mengatasi kesedihan, memperbaiki suasana hati serta dapat mengatasi gangguan kecemasan. Magnesium juga dipercaya dapat mempengaruhi reaksi kimia di otak dan akan berdampak pada timbulnya rasa bahagia dan rileks.
  • Menurunkan Berat Badan

Kamu bisa memasukkan labu kuning sebagai daftar makanan yang dikonsumsi selama diet.Kandungan serat dalam labu kuning bisa memperlambat proses pencernaan.Setelah mengonsumsi buah ini, kamu akan merasa kenyang dalam waktu lebih lama.Serat pada labu juga disebut lebih banyak dibanding dua potong roti gandum.Selain itu, labu kuning juga memiliki kadar kalor yang rendah dan mengandung banyak air.Kandungan air itu dapat mengilangkan dehidrasi akibat puasa seharian.

  • Mencegah Kanker

Labu kuning memiliki kandungan yang berfungsi sebagai antioksidan untuk melawan radikal bebas yang menjadi penyebab kanker.Kandungan tersebut di antaranya adalah vitamin a dan beta karoten.Berdasarkan penelitian, orang yang rajin mengonsumsi makanan mengandung beta karoten memiliki risiko lebih rendah terserang sejumlah penyakit kanker, semisal kanker paru dan kanker prostat.

  • Membantu Kulit Awet Muda

Manfaat labu kuning lainnya adalah membantu kamu merawat kulit agar awet muda.Kandungan beta karoten dalam labu kuning bisa melindungi kamu dari dampak negatif sinar ultraviolet.Hal ini bisa mencegah kerusakan kulit dan timbul kerutan.Selain dimakan, labu kuning juga bisa digunakan sebagai bahan pembuat masker wajah sebagai bagian dari perawatan kulit agar awet muda.Untuk membuat masker labu kuning, kamu perlu seperempat cangkir labu kuning yang telah lembek.Kemudian campurkan labu kuning dengan satu sendok makan madu dan susu.Setelah itu oleskan pada wajah dan diamkan selama 20 menit.Jika sudah selesai, bilaslah menggunakan air hangat.

  • Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Di tengah pandemi virus corona, kamu perlu mengonsumi labu kuning secara teratur untuk meningkatkan imunitas atau daya tahan tubuh.Labu kuning mengandung vitamin a dan vitamin c yang memiliki sifat antioksidan, sehingga dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

  • Mengurangi Stres

Biji labu kuning ternyata memiliki kandungan asam amino yang dapat diubah menjadi serotonin.Serotonin berfungsi sebagai pengantar sinyal antarjaringan saraf yang memiliki dampak memperbaiki suasana hati.Mengonsumsi biji labu kuning membuat kamu lebih mudah tidur dan membuat suasana hati lebih baik.

 

Baca Juga: Manfaat Daun Salam untuk Darah tinggi, Diabetes dan Kesehatan

 

 Penelusuran yang terkait dengan Manfaat Labu Kuning

  • manfaat labu kuning kukus
  • manfaat labu kuning untuk jantung
  • manfaat labu kuning dan efek sampingnya
  • manfaat labu kuning untuk diet
  • manfaat labu kuning untuk asam lambung
  • manfaat labu kuning untuk bayi
  • manfaat labu kuning untuk diabetes
  • manfaat labu kuning untuk ibu hamil