Kandungan Nutrisi dan Manfaat Buah Mangga Yang Harus di Ketahui !!


Buah mangga atau mango merupakan buah yang sangat populer di indonesia. Buah mangga termasuk jenis buah yang memiliki banyak varietas karena memang saat ini sudah dibudidayakan. Beberapa varietas unggulan dari buah mangga ini diantaranya Mangga Arumanis, Gedong, Golek, dan Manalagi.


Buah mangga dikonsumsi dengan cara memakannya langsung buah yang sudah masak. Namun ada juga yang memanfaatkan buah mangga sebagai salad serta dibuat jus. Ada juga yang menjadikannya sebagai bahan rujak petis untuk mangga mengkal (masih muda).
 
 
 

Selain memiliki sifat rasa yang manis dan menyegarkan, ternyata buah mangga mengandung banyak nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Buah ini juga kaya vitamin E dan diyakini mengandung afrodisiak, yakni bahan yang bisa berfungsi meningkatkan libido atau gairah bercinta. Mangga merupakan buah yang banyak diolah untuk berbagai macam makanan. Umumnya masyarakat mengonsumsi buah yang memiliki daging kuning dan agak oranye ini sebagai rujak, dimakan langsung, atau biar lebih segar dijadikan jus.Tidak hanya karena rasanya yang lezat, jus mangga juga sangat bermanfaat untuk kesehatan dari menjaga kesehatan mata, otak, menjaga kecantikan kulit, bahkan membantu untuk program dietmu mencapai tubuh ideal.
 

Kandungan Nutrisi Dalam Buah Mangga

 

Mangga merupakan salah satu jenis buah yang telah dikenal luas dan disukai konsumen seluruh dunia. Buah tropis ini memiliki nilai gizi  serta manfaat kesehatan yang tinggi. Mari kita ikuti informasi manfaat buah mangga ini untuk kepentingan kesehatan.

Kandungan nutrisi mangga :

  •  Mangga adalah buah yang paling bergizi dari semua buah karena mengandung sekitar 20 vitamin dan mineral yang berbeda.
  •  Buah mangga mengandung mineral seperti, besi, tembaga, kalium dan beberapa mineral, seperti selenium, mangan, fosfor, seng dan kalsium.
  •  Buah ini juga juga mengandung karbohidrat tinggi.
  •  Mangga merupakan sumber vitamin yang kaya akan vitamin A, vitamin C  dan vitamin B. Walaupun tidak banyak mangga juga mengandung vitamin E dan vitamin K.
  •  Makan mangga sangat sehat karena memiliki beberapa senyawa lain seperti, lutein, asam galat, asam anakardat dan kriptozantin.
  • Serat juga terkandung dalam buah mangga yang membantu dalam penambahan berat badan, pergerakan usus yang sehat dan teratur dan membantu menjaga  kesehatan usus besar
 

Manfaat mangga bagi kesehatan  

a). Sumber Serat
Kandungan serat dalam buah mangga sekitar 1,8 persen, memberikan kontribusi yang cukup terhadap kebutuhan serat manusia. Serat pangan memiliki peran fisiologis terhadap usus. Serat pangan buah mangga terdiri dari serat pangan larut, yaitu pektin dan serat pangan tidak larut, yaitu selulosa. Masing-masing jenis serat pangan ini sangat penting bagi kesehatan manusia. Salah satu fungsi dari serat pangan larut yaitu memperlambat kecepatan pencernaan dalam usus. Jika seandainya fungsi mastikasi, pengunyahan dan penelanan rongga mulut tidak terlalu efektif (makanan tidak sempurna dikunyah dan dihancurkan) maka secara lambat usus akan mencerna makanan lebih efektif. Sehingga semua makanan dapat terurai dengan mudah dan diabsorpsi dengan baik oleh usus.

b). Sumber Antioksidan
Kemampuan antioksidatif dari buah mangga dihasilkan oleh berbagai senyawa yang terdapat di dalamnya, yaitu betakaroten, senyawa fenolik, lupeol, vitamin C, E, serta beberapa mineral seperti Cu, Zn, Mn, dan Se. Senyawa-senyawa tersebut dapat melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas, seperti kanker. Kemungkinan terjadi kanker disini juga termasuk yang terjadi di dalam mulut, atau yang biasa disebut oral cancer atau karsinoma rongga mulut. Walaupun mungkin efeknya tidak secara langsung, namun perubahan mendasar pada materi genetis dan sel-sel lainnya akibat asap rokok,pengaruh lingkungan/faktor industri dapat menjadi faktor resiko dan pemicu terjadinya kanker intraoral.

c). Sumber Vitamin C
Kandungan vitamin C mangga cukup layak diperhitungkan. Setiap 100 gram bagian mangga masak yang dapat dimakan memasok vitamin C sebanyak 41 mg, mangga muda bahkan hingga 65 mg. Berarti, dengan mengkonsumsi mangga ranum 150 gram atau mangga golek 200 gram (1/2 buah ukuran kecil), kecukupan vitamin C yang dianjurkan untuk laki-laki dan perempuan dewasa per hari (masing-masing 60 mg) dapat terpenuhi. Vitamin C memiliki fungsi menjaga dan memacu kesehatan pembuluh-pembuluh kapiler, kesehatan gigi dan gusi. Ia membantu penyerapan zat besi, dimana jika terjadi defesiensi zat besi dalam tubuh maka kita akan rentan (lebih mudah) terkena karies. Ia pun juga dapat menghambat produksi natrosamin , satu zat pemicu kanker. Vitamin C mampu pula membuat jaringan penghubung tetap normal dan membantu penyembuhan luka. Jika seseorang mengalami kekurangan (defesiensi) vitamin ini maka gusi (gingiva)-nya akan mengalami hiperplasia (pembesaran) yang mungkin diikuti dengan gejala klinis berupa gusi merah kebiruan, ulserasi, dan mudah berdarah. Manifestasi defesiensi vitamin C dalam mulut biasa dikenal dengan nama penyakit “Scurvy”.

d). Sumber Mineral : Kalium
Kalium terdapat dalam jumlah besar pada buah mangga. Tiap 100 gram mangga mengandung kalium 156 mg. Dengan mengonsumsi buah mangga minimal 250 gram, kecukupan kalium sebanyak 400 mg per hari dapat terpenuhi. Kalium mempunyai fungsi meningkatkan keteraturan denyut jantung, mengaktifkan kontraksi otot, dan membantu tekanan darah.

 e). Sumber Air
Karena mengandung unsur air yang paling tinggi maka buah mangga dapat di ambil sarinya atau dibuat sebagai jus. Oleh karena rasa manis dan airnya yang tinggi menyebabkan buah ini amat menyegarkan ketika dimakan, walaupun agak lecek dan kotor. Di pasar dan supermarket kini sudah sangat mudah dijumpai jus mangga yang telah dikemas dalam produk siap untuk konsumsi.

Dalam setiap 100 gram mangga ranum terdapat 84% air, 41 mg vitamin C, dan 73 kalori energi, sedangkan mangga muda mengandung 84% air, 65 mg vitamin C, dan 66 kalori energi. Jika dibandingkan dengan jumlah kandungan vitamin C pada jeruk dimana setiap 100 gram bagian jeruk manis yang bisa dimakan, terkandung 49 mg vitamin C. Maka ternyata kandungan vitamin C mangga muda masih lebih tinggi. Angka kebutuhan rata-rata konsumsi vitamin C yang dianjurkan bagi setiap pria adalah 40 mg dan wanita 30 mg perhari.


Manfaat Buah Mangga

Bagi kamu yang belum tahu apa saja manfaatnya, yuk kita simak daftar manfaat jus mangga dan nutrisi yang terkandung di dalamnya berikut ini!

  • Antikanker
Anti-cancerogenic dan mencegah kanker payudara, kolon dan prostat. Senyawa antioksidan yang hadir dalam buah mangga telah ditemukan untuk melindungi terhadap kanker usus besar, payudara, leukemia dan prostat.
  • Menurunkan kolesterol
Mangga kaya akan prebiotik serat makanan. Tingkat tinggi serat, pectin dan vitamin C membantu untuk menurunkan kadar kolesterol serum, khususnya Low-Density Lipoprotein (kolesterol jahat).
  • Menjaga kesehatan mata
Buah Mangga adalah sumber vitamin A dan flavonoid seperti beta-karoten, alfa-karoten, dan beta-cryptoxanthin. Vitamin A membantu penglihatan yang baik dan mencegah kebutaan malam, serta mata kering. Vitamin A juga dibutuhkan untuk menjaga selaput lendir sehat dan kulit.
  • Indeks Glikemik Rendah
Nilai Indeks Glikemik mangga adalah 51, yang tergolong dalam kategori rendah. Jadi, mangga tidak memiliki efek yang terlalu signifikan dalam meningkatkan kadar gula darah Anda, sehingga buah ini cukup aman untuk dikonsumsi penderita diabetes, tentu saja dalam jumlah wajar.
  • Membersihkan kulit
Lupakan mitos yang mengatakan bahwa makan mangga bisa sebabkan jerawat! Mangga justru bisa bertindak sebagai pembersih kulit, dengan membersihkan pori-pori tersumbat dan menghilangkan jerawat.
  • Meningkatkan vitalitas
Manga adalah sumber vitamin E, yang membantu mengatur hormon untuk meningkatkan vitalitas baik pria maupun wanita.
  • Menyehatkan pencernaan
Mangga mengandung enzim untuk menghancurkan protein. Serat dalam mangga juga membantu pencernaan dan eliminasi asam.
  • Menyeimbangkan Kadar Asam
Mangga sifatnya basa, dengan sifat basa tersebut mangga memiliki khasiat untuk menyeimbangkan kadar asam yang tinggi pada usus.Perut yang terlalu asam akan menyebabkan buruknya penyerapan nutrisi, selain itu jus mangga juga menjaga pH tubuh tetap stabil.
  • Baik untuk Ibu Hamil
Jus mangga merupakan salah satu buah yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Karena di dalamnya banyak mengandung zat besi, vitamin A, vitamin C dan vitamin B6.
  • Menghindari Asma
Jus mangga sangat kaya akan vitamin C. Di mana beberapa penelitian menyebut adanya keterkaitan antara vitamin C dan asma yang mereda.
  • Meredakan Batu Ginjal
Karena kandungan vitamin B6 yang melimpah, sebuah studi di Amerika Serikat mengungkap bahwa vitamin ini bisa mereduksi penggumpalan urin menjadi batu ginjal.
  • Meningkatkan Kesehatan Tulang
Selain baik untuk mata, kandungan vitamin A di dalamnya bisa berkhasiat untuk kesehatan tulang. Vitamin ini terbukti bisa mendukung pertumbuhan tulang dalam sebuah penelitian yang dibulikasikan oleh Pomona College. 
  • Mangga adalah pembersih kulit
Efek ajaib mangga pada kulit bisa kita dapatkan dengan memotongnya menjadi potongan-potongan tipis dan meletakkannya di wajah selama 15 menit sebelum dibilas dengan air.
 
 
 

Nah, bagaimana banyak sekali bukan, manfaat buah mangga ini? Jadibagi Anda yang doyan makan buah mangga, jangan khawatir dengan mitos bahwa buah mangga bisa menyebabkan diabetes atau jerawat. Selama dikonsumsi secara wajar, aman-aman saja. 
 
 
Penelusuran yang terkait dengan Manfaat Buah Mangga

  • manfaat buah mangga muda
  • manfaat buah mangga untuk diet
  • artikel manfaat buah mangga
  • manfaat buah mangga untuk ibu hamil
  • manfaat mangga muda
  • kandungan buah mangga
  • manfaat buah mangga mana lagi
  • manfaat buah mangga yang belum matang