Cara Merawat Rambut Rontok dan Ketombe Maupun Berminyak dengan Bahan Alami


Rambut adalah salah satu aset penting bagi semua orang,  salah satunya yaitu bagi para wanita. Maka jangan heran jika para wanita akan rela melakukan apapun untuk merawat rambutnya agar tetap sehat. Namun perawatan rambut yang Anda lakukan pastinya akan sia-sia jika dalam setiap harinya rambut mengalami masalah seperti mudah rontok dan berketombe. Setiap orang pastinya tidak ingin mengalami hal ini, oleh karena itu sebelum memilih perawatan rambut pastikan Anda mengetahui bahan-bahan yang terkandung di dalamnya. Sebab bahan-bahan kimia yang terkandung dalam produk perawatan rambut juga dapat membuat rambut rusak dan tidak terjaga kesehatannya.

Namun tak hanya bahan kimia saja yang dapat menyebabkan rambut menjadi rusak, rontok dan berketombe. Sering menggunakan alat pemanas rambut seperti hairdryer, catok rambut dan alat pengeriting rambut juga dapat menyebabkan hal ini. Namun Anda jangan khawatir, karena ada beberapa cara untuk mengatasi dan merawat masalah rambut yang satu ini. Sebaiknya pilihlah bahan alami dalam merawat kesehatan rambut.

Karena bahan alami tentunya tidak mengandung beberapa bahan kimia berbahaya yang dapat membuat kesehatan dan pertumbuhan rambut menjadi terganggu. Selain itu, bahan alami yang Anda gunakan juga memiliki harga yang cukup terjangkau. Nah bagi Anda yang memiliki masalah yang satu ini, tak ada salahnya untuk menerapkan beberapa cara berikut ini.
 
 

Tips Merawat Rambut Rontok dan Ketombe yang Paling Efektif

Sebelum mengetahui beberapa tipsnya, tak ada salahnya Anda mengetahui apa itu ketombe. Ketombe merupakan pengelupasan berlebih sel kulit mati yang menumpuk pada kulit kepala. Hal ini disebabkan karena kulit kepala yang lembab dan berminyak. Tak hanya itu saja, penggunaan shampo yang tidak cocok serta sering mengganti cat warna rambut juga dapat menyebabkan hal ini, parahnya lagi jika tidak dirawat secara teratur hal ini juga dapat menyebabkan rambut secara berlebih.
  • Menggunakan Cuka
Yang pertama adalah dengan menggunakan cuka. Cuka yang biasa Anda gunakan untuk memasak juga dapat digunakan untuk merawat rambut. Cuka dapat mengatasi ketombe serta merawat rambut agar lebih sehat dan kuat. Hal ini dikarenakan cuka mengandung enzim dan kalium yang berperan dalam mengurangi ketombe pada rambut. Cara pemakaiannya mudah, Anda bisa menuangkan cuka langsung pada kulit kepala sampai rata dan diamkan sampai beberapa menit lalu bilas sampai bersih. Jika tidak tahan dengan baunya, Anda bisa mencampur cuka dengan sedikit air kemudian oleskan pada kulit kepala sebelum tidur. Bungkus rambut dengan shower cap dan keramaslah pada keesokan harinya.
  • Menggunakan Lidah Buaya
Yang kedua adalah dengan menggunakan lidah buaya. Sejak zaman dahulu lidah buaya sering digunakan untuk merawat rambut kepala Anda. Tips merawat rambut rontok dan ketombe caranya pun sangat mudah, yaitu belah lidah buaya dan ambil gelnya. Oleskan gel lidah buaya tersebut pada kulit kepala dan diamkan selama 1 jam. Lakukan perawatan ini secara rutin agar rambut selalu sehat  dan pastinya agar ketombe dapat teratasi.
  • Menggunakan Kunyit
Sama seperti cuka, kunyit juga sering digunakan sebagai bumbu masakan. Namun tak hanya itu saja, kunyit juga memiliki khasiat yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh dan kesehatan rambut. Hal ini dikarenakan kunyit kaya akan vitamin C, zat besi, kalsium, minyak atsiri dan lainnya yang baik untuk menjaga kesehatan rambut. Caranya pun sangat mudah siapkan kunyit beberapa ruas, bersihkan kemudian parut dan peras airnya. Oleskan air perasan kunyit tersebut pada rambut dan jangan lupa untuk memijat kulit kepala. Diamkan selama 30 menit dan bungkus dengan menggunakan shower cap. Setela itu Anda bisa membilas rambut sampai bersih. Ulangi beberapa kali dalam seminggu agar rambut bebas dari ketombe dan lebih kuat tak mudah rontok.
  • Menggunakan Minyak Kelapa
Sejak zaman dahulu, masyarakat juga sudah percaya tentang manfaat minyak kepala untuk merawat  rambut. Cara menggunakannya pun sangat mudah, hangatkan minyak kelapa lalu usapkan pada rambut dan kulit kepala. Pastikan Anda memijat kulit kepala agar sirkulasi darah yang menuju rambut dapat lancar. Setelah itu bungkus rambut dengan shower cap dan diamkan selama 30 menit. Lalu keramaslah hingga bersih dengan menggunakan shampo.
  • Banyak minum air putih dan makan sayuran hijau
Minum dua liter air atau delapan gelas air setiap hari agar kulit kepala tidak kering dan menjaga kesehatan rambut. Selain itu, tetap menjaga asupan makanan yang bergizi setiap hari agar dapat membuat kulit, rambut, dan kuku tetap sehat. Kamu dapat mengkonsumsi sayuran hijau yang dapat menutrisi kulit kepala dan rambut agar bebas dari ketombe dan kerontokan.
  • Tidur yang cukup
Pola tidur yang tidak sehat dapat mengakibatkan munculnya ketombe dan rambut rontok. Sebaiknya membiasakan tidur delapan jam per hari agar tubuh tetap sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit, juga ketombe dan rambut rontok.
  • Garam
Garam, yang biasanya hanya kita ketahui sebagai bumbu dapur, ternyata dapat juga digunakan untuk menghilangkan ketombe, lho, KLovers! Dilansir dari merdeka.com, butiran garam dapat dijadikan scrub untuk dioles dan digosokkan pada kulit kepala. Garam mampu mengangkat sel kulit mati pada kepala yang menjadi penyebab ketombe dan rambut rontok.
  • Bawang merah
Sejak dulu, bawang merah sering digunakan untuk membantu tumbuhnya rambut menjadi lebih lebat secara tradisional. Selain itu, bawa putih juga dapat digunakan untuk menghilangkan ketombe secara alami. Cukup dengan cara menghaluskan bawang merah dan mengoleskannya pada kulit kepala secara merata secara rutin setiap minggu, kulit kepala akan terbebas dari ketombe dan rambut rontok.
  • Baking soda
Baking soda baik untuk membersihkan kulit kepala dan rambut dari ketombe. Tapi, gunakan baking soda sedikit saja dan jangan terlalu sering agar kulit kepala tetap sehat. Kamu hanya perlu melarutkan baking soda dengan air dan mengoleskannya pada kulit kepala dan rambut. Kemudian, bilas dengan air.
 
 

Cara Mengatasi Kulit Kepala dan Rambut Berminyak

Berikut enam tips yang bisa kamu lakukan, agar kulit kepala tidak terlalu berminyak.
  • Cuci rambut setiap dua hari sekali
Bagi kamu yang selalu mencuci rambut setiap hari, mungkin menjadi tantangan besar untuk menahan diri tak mencuci rambut, terutama saat cuaca panas dan lembap.Namun, tak mencuci rambut setiap hari akan membantu kulit kepala tak terlalu kering, sehingga tidak memproduksi minyak berlebih.Dan ingat, hanya satu pompa sampo yang dibutuhkan setiap kali mencuci rambut. Menggunakan terlalu banyak sampo membuat rambut kering, sama dengan mencuci rambut terlalu sering.Oleskan sampo hanya pada kulit kepala, bukan pada helai rambut. Saat mencucinya, busa secara alami akan membersihkan kotoran di kulit kepala.
  • Gunakan sampo kering saat tak mencuci rambut
Jangan tunggu sampai rambut berminyak untuk menggunakan dry shampoo atau sampo kering. Sebelum jadwal mencuci rambut berikutnya, semprotkan sampo kering pada area kulit kepala yang lebih rentan terhadap lemak.Shampo kering membantu menyerap lemak yang menumpuk di kulit kepala sebelum waktu cuci berikutnya. Pastikan untuk menyemprotkan pada akar rambut, agar produk bekerja.Bagi kamu yang rutin berolahraga, sampo kering sangta diperlukan, karena berkeringan berarti rambut kaan lebih cepat berminyak.Lauren Thompson Baxter, stylist di Nunzio Saviano Salon di New York City, menyarankan kepada Runners World untuk menggunakan sampo kering malam sebelum latihan, sehingga dapat membantu menyerap minyak sepanjang malam.
  • Gunakan sampo yang tepat
Temukan sampo yang tepat, yang dapat membantu mengontrol minyak dan mengandung bahan-bahan yang tidak menghilangkan minyak alami rambut.Gunakan formula yang terbuat dari bahan alami dan tidak mengandung bahan berbahaya seperti sulfat atau paraben.Sampo bebas sulfat bebas dari zat pembersih yang keras, sementara paraben dapat menyebabkan sejumlah masalah bagi rambut, termasuk membuat rambut kering, mengiritasi kulit kepala, memudarkan warna kulit, dan bahkan rambut rontok.
  • Hindari makanan berminyak
Kamu adalah apa yang kamu makan. Sama seperti saat kamu perlu menghindari makanan yang berminyak dan digoreng untuk mengurangi jerawat pada kulit, kamu juga perlu menghindarinya untuk membuat kulit kepala tidak terlalu berminyak.Kulit kepala memiliki kelenjar berminyak, dan makan makanan berminyak atau goreng mengirim kelenjar minyak ke seluruh tubuh, termasuk ke kulit kepala.
  • Batasi jumlah produk yang digunakan
Menggunakan hair spray, krim, serum, dan produk rambut lainnya dapat menyebabkan penumpukan pada kulit kepala, yang kemudian menyebabkan kelebihan lemak.Jadi sebaiknya, lewati saja hal-hal itu. Apalagi, kamu tidak mencuci rambut setiap hari.Penumpukan produk tidak hanya menyebabkan kulit kepala tersumbat, tetapi juga dapat menyebabkan komedo atau jerawat.Bagaimanapun, kulit kepala seperti kulit kita, dan jerawat dapat terbentuk ketika folikel rambut tersumbat dengan sel kulit mati atau minyak. Ini bisa gatal, merah atau menyakitkan.Ingat, terlalu sering menggunakan produk penataan rambut dapat mengiritasi kulit kepala, jadi gunakan hanya jika perlu, misalnya pada hari-hari besar, dan cobalah untuk bertepatan dengan hari-hari pencucian rambut.
  • Gunakan clarifying shampoo
Meskipun harus membatasi penggunaan produk rambut, jika kamu merasa kulit kepala tersumbat karena penumpukan produk, clarifying shampoo akan membantu ‘mengatur ulang’ kulit kepala.Sampo lembut sangat ideal untuk penggunaan sehari-hari, tetapi clarifying shampoo berfungsi untuk membersihkan kulit kepala, akar, dan helai rambut secara mendalam ketika rambut mulai terasa berat.Mereka seperti exfoliator wajah yang membuat kulit kepala bersih untuk menghilangkan kotoran yang menyumbat pori-pori kulit kepala.Namun, sebaiknya, gunakan clarifying shampoo hanya sekali seminggu.
 
 
 
 
 
Penelusuran yang terkait dengan Cara Merawat Rambut Rontok

  • cara merawat rambut rontok dan berminyak
  • cara merawat rambut rontok dan kering
  • cara mengatasi rambut rontok secara alami dan permanen
  • shampo mengatasi rambut rontok
  • cara mengatasi rambut rontok dengan lidah buaya
  • cara mengatasi rambut rontok pada remaja
  • mengatasi rambut rontok pria
  • cara mengatasi rambut rontok dan ketombe