Cara Mengobati Sakit Gigi di Rumah Dengan Bahan Alami


Setiap orang pasti pernah sakit gigi setidaknya sekali seumur hidup. Bukan cuma bikin ngilu saat makan, sakit gigi juga bisa sampai menyebabkan sakit kepala dan badan meriang karena demam. Sayangnya, Anda biasanya tidak bisa langsung berobat ke dokter gigi saat masih sakit. Sementara menunggu jadwal konsultasi, 

Sakit gigi bisa disebabkan oleh beragam hal, dan rasa sakitnya pun tidak hanya pada bagian gigi, tapi juga bisa terasa hingga ke gusi dan mulut. Cara meredakan sakit gigi tidak melulu harus menggunakan obat-obatan yang dijual di apotek. Ada beberapa cara yang cukup mudah dan bahannya bisa Anda dapatkan di dapur, mulai dari rempah-rempah hingga bumbu masakan.

Anda bisa mencoba berbagai cara mengobati sakit gigi sendiri di rumah. Penasaran apa saja obat sakit gigi yang umum?
 
 

Cara mengobati sakit gigi secara alami dan terbukti mujarab


Cara Alami Meredakan Sakit Gigi
Berikut ini adalah beberapa cara meredakan sakit gigi dengan bahan-bahan alami yang bisa kamu temukan di dapur:
  • Berkumur dengan air garam
    Cara pertama mengatasi sakit gigi dengan mudah adalah dengan berkumur menggunakan air garam. Cukup dengan mencampurkan satu gelas air dengan setengah sendok teh garam, kemudian gunakan untuk berkumur selama kurang lebih 30 detik, lalu buang. Air garam berfungsi sebagai desinfektan alami dan dapat meredakan peradangan pada gigi dan gusi yang nyeri.
  • Minyak cengkeh
    Menurut beberapa survei dan penelitian, rempah yang satu ini terbukti dapat digunakan sebagai cara meredakan sakit gigi. Caranya adalah dengan menempelkan setetes minyak cengkeh yang telah dicampur satu sendok minyak zaitun ke bagian gigi yang sakit menggunakan bola kapas (cotton ball), kemudian gigit supaya tetap berada di gigi yang sakit. Anda dapat membeli minyak cengkeh di toko makanan sehat dan apotik.
    Di dalam minyak cengkeh terdapat bahan kimia eugenol yang berperan sebagai antibakteri, antiradang, dan pereda nyeri, sehingga minyak cengkeh dipercaya dapat meredakan sakit gigi.
  • Kompres dengan menggunakan es
    Sebelum efek obat sakit gigi Anda mulai bekerja menghilangkan rasa sakit gigi, Anda bisa menggunakan kompres Metode ini juga dapat membantu mengurangi pembengkakan pada gigi dan gusi yang bengkak.
    Caranya adalah dengan melapisi batu es dengan handuk atau kain, kemudian tempelkan ke bagian pipi Anda yang dekat dengan gigi yang sakit selama sekitar 20 menit, dan ulangi setiap beberapa jam.
  • Kunyah bawang putih
    Cara meredakan sakit gigi selanjutnya adalah dengan menggunakan bawang putih. Caranya adalah dengan mengupas satu siung bawang putih terlebih dahulu, lalu potong atau belah dua. Kemudian, letakkan di bagian gigi yang sakit atau kunyah bawang putih tersebut. Bawang putih diketahui memiliki efek antibakteri yang dapat membantu melawan kuman di gigi dan mulut, serta mengurangi peradangan yang menyebabkan sakit gigi.
  • Kunyah Bawang Merah
    Jika ngilunya tidak seberapa, mungkin cara mengobati sakit gigi yang satu ini bisa Anda coba. Bawang merah dan bawang putih adalah obat sakit gigi alami yang belum banyak diketahui orang-orang.Kedua bawang ini memiliki sifat antiseptik dan antimikroba untuk membunuh kuman penyebab sakit gigi sekaligus mengendalikan rasa nyerinya.Cara mengobati sakit gigi dengan bawang merah adalah dengan mengunyahnya. Ya, kunyahlah bawang merah mentah selama beberapa menit di sisi mulut yang nyut-nyutan. Saat terkoyak oleh gigi, bawang akan melepaskan allicin, zat berminyak yang berfungsi membunuh bakteri.Jika Anda tidak bisa mengunyah bawang, iris tipis bawang dan letakkan langsung di gigi yang sakit sebagai kompres..
  • Berkumur dengan Cuka
    Jika Anda kurang berminat dengan asinnya air garam, mungkin cara mengobati sakit gigi ini bisa jadi pilihan. Cuka dapur dan cuka apel mengandung sifat antibakteri dan antimikroba yang ampuh membunuh kuman penyebab sakit gigi.Namun, jangan berkumur dengan cuka murni. Asam dari cuka bisa merusak lapisan enamel gigi jika terpapar langsung. Maka, larutkan dulu 1/2 sdt cuka ke dalam segelas air hangat. Kumur dan tahan di daerah yang sakit selama kurang lebih 30 detik. Setelah itu, segera buang.Apabila Anda tidak kuat dengan rasa masam dari cuka, Anda bisa teteskan cuka pada kapas dan tempelkan kapas tersebut pada gigi yang sakit. Setelah itu, segera berkumur dan sikat gigi seperti biasa dengan pasta gigi khusus gigi sensitif.
  • Daun Jambu
    Jangan buang daun jambu jika Anda baru saja beli buahnya. Daun jambu merah memiliki sifat antiradang, antimikroba, dan sekaligus pereda nyeri (analgesik) yang bisa jadi cara mengobati sakit gigi di rumah.Caranya dengan melipat atau menggulung satu-dua lembar daun jambu, kemudian kunyah sampai ekstrak airnya keluar. Dengan lidah Anda “tangkap” sari tersebut dan oleskan pada area gigi yang sakit.Jika cara ini sulit buat Anda, coba rebus empat sampai lima lembar daun jambu dan tambahkan sejumput garam. Kemudian dinginkan sebentar. Gunakan larutan daun jambu ini sebagai obat kumur..

Sudah tahu ‘kan, apa yang harus dilakukan ketika sakit gigi menyerang? Semoga Artikel Ini Bermanfaat Buat Kalian Yang Membutuhkan.
 
 
 
 

Penelusuran yang terkait dengan obat alami sakit gigi
  • obat sakit gigi apotik
  • obat sakit gigi berlubang dan ngilu
  • obat sakit gigi alami cepat sembuh
  • nama obat sakit gigi yang paten
  • obat sakit gigi di apotik dan harganya
  • obat sakit gigi berlubang dan ngilu di apotik
  • obat sakit gigi paling ampuh sedunia
  • cara menghilangkan sakit gigi dalam 5 menit