Cara Menghilangkan Karang Gigi Tanpa Scalling ke Dokter

 


Plak gigi atau karang gigi jika tidak dibersihkan maka lama kelamaan akan menyebabkan deposit mineral yang akhirnya dapat mengeras. Plak tersebut nantinya akan menjadi penyebab bau mulut tidak sedap. Sebenarnya karang tersebut terbentuk bukan karena deposit kotoran, namun juga karena terjadinya defisit air liur. Saliva atau air liur adalah elemen penting yang harus ada di dalam rongga mulut.

Air liur tersebut mampu bekerja sebagai self-cleansing, yang berguna untuk membersihkan sisa makanan serta plak yang ada di permukaan gigi. Anda dapat menghilangkan karang gigi dengan cara scalling ke dokter. Namun perlu Anda ketahui bahwa sebenarnya ada cara alternatif yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Cara menghilangkan karang gigi tanpa scalling ke dokter sebenarnya tidak terlalu susah.
 
 

Beberapa Cara Menghilangkan Karang Gigi Secara Alami

Cara alami memang lebih disukai oleh banyak orang. Selain tidak membutuhkan biaya yang besar, cara alami untuk menghilangkan karang gigi juga memiliki manfaat lain, yakni membuat nafas menjadi segar. Berikut beberapa cara alami yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah.

  • Baking Soda
Untuk menghilangkan karang gigi, Anda dapat memanfaatkan baking soda. Bubuk soda kue merupakan bahan pertama uang mampu menangani masalah karang gigi. Biasanya baking soda digunakan untuk membersihkan plak baru. Namun jika Anda rutin untuk melakukannya maka karang gigi Anda akan menghilang secara bertahap.
Cara menggunakannya adalah Anda tuangkan sedikit baking soda di wadah kemudian taburi sedikit garam dan beberapa tetes air. Haluskan bahan-bahan tersebut hingga berbentuk pasta. Langkah selanjutnya Anda dapat berkumur terlebih dahulu menggunakan air biasa kemudian tempelkan pasa baking soda keseluruh permukaan gigi. Setelah itu sikat gigi Anda beberapa menit dan yang terakhir Anda berkumur untuk membersihkan mulut dari baking soda.

  • Tomat dan Stroberi
Cara menghilangkan karang gigi tanpa scalling ke dokter dapat Anda lakukan dengan menggunakan tomat dan stoberi. Makanan ini mengandung vitamin C yang cukup tinggi dan bermanfaat untuk membersihkan gigi secara alami. Mengonsumsi tomat dan stroberi secara rutin mampu meningkatkan kesehatan mulut dan menghilangkan karang gigi.
Caranya adalah Anda dapat memilih salah satu dari buah tersebut. Lengkah pertama bersihkan mulut menggunakan air hangat. Kemudian gosokkan tomat ke permukaan gigi, terutama di bagian karang gigi. Diamkan kurang lebih 5 hingga 10 menit agar semua kandungan pada buah tersebut bekerja utuk melembutkan karang gigi. Setelah itu, Anda dapat berkumur menggunakan air hangat kembali yang Anda campur dengan baking soda.

  • Keju
Makanan yang satu ini mengandung protein yang cukup tinggi. Biasanya keju digunakan sebagai campuran makanan untuk sarapan pagi. Selain lebih praktis untuk diolah, keju juga salah satu makanan yang menyehatkan.
Perlu Anda ketahui jika keju juga dapat Anda manfaatkan untuk menghilangkan karang gigi. Namun prosesnya tidak semudah yang Anda bayangkan. Keju tersebut bekerja untuk menetralkan asam di mulut yang dapat menyebabkan produksi plak. Untuk itu, Anda disarankan mengonsumi keju secara rutin.

  • Minyak wijen
Minyak wijen memiliki banyak manfaat untuk tubuh, diantaranya adalah mencegah diabetes, menurunkan tekanan darah tinggi, menjaga kesehatan usus merawat kuit, menyehatkan rambut, dan memelihara kepadatan tulang. Namun Anda juga dapat menggunakan minyak wijen untuk menjaga kesehatan mulut, salah satunya adalah menghilangkan plak pada gigi.
Caranya cukup mudah, Anda dapat berkumur menggunakan minyak wijen secara rutin. Anda lakukan dua kali sehari pada pagi dan malam hari. Metode ini mampu menurunkan jumlah bakteri yang menyebabkan timbulnya plak.
 
  • Getah Buah Sukun
Anda tentu tidak asing dengan buah sukun. Buah yang satu ini dapat Anda manfaatkan getahnya sebagai cara menghilangkan karang gigi tanpa scalling ke dokter. Getah buah sukun memang dipercaya sejak dulu untuk mengatasi berbagai permasalahan pada gigi.
Cara menggunakannya adalah degan mengoleskan getah buah sukun ke bagian karang gigi secara menyeluruh. Diamkan beberapa saat agar getah tersebut bekerja, kemudian berkumur menggunakan air bersih.

  • Biji Asam Kawak
Bahan alami yang satu ini biasanya digunakan untuk menambah cita rasa pada makanan. Namun selain itu, biji asam kawak juga memiliki manfaat untuk membersihkan karang gigi. Caranya membersihkannya juga tidak terlalu sulit. Anda hanya perlu menyangrai biji asam kawak kemudian tumbuk hingga halus. Hasil tumbukkan tersebut kemudian Anda gunakan untuk mengoleskan karang gigi. Agar lebih mudah Anda dapat menggunakan kapas. Diamkan beberapa saat dan sikat hingga bersih. Langkah terakhir adalah berkumur dengan air bersih.
 
  • Kulit jeruk
Kulit jeruk dianggap efektif untuk membersihkan karang gigi. Ada dua cara yang bisa dilakukan. Cara pertama cukup dengan menggosokkan bagian dalam kulit jeruk pada permukaan gigi dan gusi. Mungkin cara ini agak sedikit sulit bagi sebagian orang untuk menjangkau area-area sempit pada mulut.Cara kedua adalah dengan membuat kulit jeruk menjadi pasta. Lumat bagian dalam kulit jeruk hingga berbentuk pasta dan campurkan dengan sedikit air. Oleskan pasta pada sikat gigi dan gunakan layaknya menyikat gigi biasa.
  • Lidah buaya
Ternyata, lidah buaya juga efektif untuk membersihkan karang gigi. Caranya adalah dengan mencampurkan 1 sendok teh gel lidah buaya, 4 sendok teh gliserin, minyak lemon, serta air secukupnya.Gunakan campuran tersebut sebagai scrub gigi malam hari sebelum tidur. Lakukan cara ini setiap hari sampai plak dan karang gigi meluruh semuanya.
 
  • Pasta vitamin C alami
Vitamin C bermanfaat untuk meluruhkan karang gigi sekaligus membunuh bakteri. Anda bisa membuat campuran pasta vitamin C alami untuk membersihkan karang gigi dan menjaga kesehatan mulut secara keseluruhan.Berikut cara membuat pasta vitamin C:

    Lumatkan tomat, stroberi, jeruk, serta buah-buahan kaya vitamin C lainnya yang Anda inginkan
    Campurkan semua buah-buahan hingga merata dan membentuk pasta kental
    Oleskan pasta pada plak dan karang gigi yang ada di mulut
    Biarkan pasta selama 5 menit
    Lanjutkan dengan kumur-kumur hingga bersih tuntas.

Itulah cara membersihkan karang gigi dengan garam dan bahan rumahan lainnya. Jika cara di atas tidak efektif, sebaiknya Anda ke dokter gigi untuk melakukan scaling atau pembersihan karang gigi.  
 
  • Garam Dapur
Garam dapur dipercaya untuk menghilangkan karang gigi secara alami. Caranya yakni masukkan 1 sendok teh garam ke dalam segelas air hangat. Setelah diaduk dan tercampur, kumur-kumur dengan air ini terutama pada area karang gigi selama 1 menit dan sehari 3 kali.


 
 
Penelusuran yang terkait dengan Cara Menghilangkan Karang Gigi

  • cara menghilangkan karang gigi yang sudah mengeras
  • cara menghilangkan karang gigi yang sudah parah
  • cara menghilangkan karang gigi dalam 1 hari
  • cara menghilangkan karang gigi dengan kulit jeruk
  • cara menghilangkan karang gigi yang sudah menebal
  • cara menghilangkan karang gigi yang sudah keras
  • cara menghilangkan karang gigi dengan garam
  • cara menghilangkan karang gigi dengan baking soda
  • cara menghilangkan karang gigi 
  • cara menghilangkan karang gigi yang sudah parah
  • cara menghilangkan karang gigi dengan garam dapur 
  • cara menghilangkan karang gigi dengan baking soda 
  • cara membersihkan karang gigi yang sudah mengeras