Cara Menghilangkan Bau Ketiak Secara Alami dan Supaya Tak Datang Kembali


Bau ketiak merupakan salah satu masalah yang sering dialami semua orang, terutama orang-orang yang selalu berkeringat. Perlu Anda ketahui jika bau ketiak yang ditimbulkan dapat disebabkan oleh berbagai faktor, mulai dari faktor genetik, munculnya keringat, mengonsumsi makanan tertentu dan faktor lainnya. Memiliki anggota tubuh dengan aroma yang tidak sedap tentu akan membuat seseorang kurang percaya diri. Apalagi aktivitas Anda sering berada di antara orang banyak.

Sebenarnya terdapat berbagai cara untuk menghilangkan yang bisa Anda lakukan. Biasanya orang menggunakan deadoran atau menggunakan parfum untuk menghilangkannya. Namun jika Anda memilih menggunakan deadoran untuk menghilangkan bau ketiak Anda harus memperhatikan bahan yang digunakan cocok untuk kulit ketiak Anda atau tidak. Karena jika salah memilih dapat membuat kulit ketiak iritasi. Selain itu, kebanyakan orang juga mengeluh jika deadoran dapat meninggalkan noda di pakaian.
Untuk itu, Anda disarankan menggunakan bahan-bahan alami. Terdapat berbagai macam bahan yang dapat digunakan sebagai cara menghilangkan bau ketiak secara alami. Selain ketiak, badan Anda Anda juga akan lebih segar, berbeda dengan deadoran atau parfum yang hanya dapat mengatasi bagian luar saja.
 
 

Cara Menghilangkan Bau Ketiak dengan Mudah

Penyebab dari bau ketiak adalah keringat yang berlebihan, jika Anda tidak langsung membersihkan maka akan menjadi biang keringat. Sedikit saja Anda berkeringat maka akan menimbulkan bau yang tidak sedap. Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan di rumah.


Menggunakan daun sirih
Daun sirih memang sudah dikenal sejak lama mampu mengatasi berbagai masalah pada tubuh. Salah satunya adalah mengatasi bau badan seseorang. Cara menggunakannya juga cukup mudah, Anda cuci bersih beberapa lembar daun sirih kemudian Anda rebus menggunakan 2 gelas air. Rebus hingga mendidih kemudian diamkan hingga airnya menguap dan tersisa kurang lebih 1 gelas saja. Anda dapat meminum air rebusan daun sirih tersebut secara rutin setiap hari agar hasilnya maksimal.
Selain dengan mengonsumsi, Anda juga dapat menggunakan air rebusan daun sirih untuk mandi. Caranya adalah dengan merebus 30 lembar daun sirih ke dalam air hingga mendidih. Kemudian campurkan air dingin biasa dan Anda dapat menggunakannya untuk mandi. Selain bau ketiak, cara ini juga dapat menghilangkan bau badan Anda.

Menggunakan jeruk nipis
Cara menghilangkan bau ketiak secara alami selanjutnya adalah menggunakan jeruk nipis. Buah ini memiliki kandungan yang mampu membunuh bakteri yang menjadi penyebab bau badan dan ketiak. Selain itu, jeruk nipis juga mampu meningkatkan PH kulit. Caranya adalah dengan memotong jeruk nipis menjadi dua bagian kemudian gosokkan pada bagian ketiak Anda. Kemudian diamkan hingga kering dan bilas menggunakan air bersih. Anda sebenarnya dapat memanfaatkan air dari jeruk nipis tersebut. Caranya adalah dengan mencampurkan beberapa tetes air jeruk dengan daun sirih. Oleskan pada bagian ketiak dan bilas jika sudah melakukannya.

Air bunga mawar
Tips menghilangkan bau ketiak lainnya adalah Anda dapat menggunakan air bunga mawar. Bunga mawar selain memiliki aroma yang harum juga dapat digunakan untuk menghilangkan bau ketiak. Caranya adalah dengan merendam bunga mawar dengan air kemudian peras. Oleskan bunga mawar tersebut pada ketiak atau bagian tubuh lainnya yang menimbulkan bau. Lakukan cara ini secara rutin agar hasilnya lebih maksimal.

Menggunakan cuka
Cuka mengandung sifat antibakteri yang mampu mencegah pertumbuhan bakteri di tubuh, terutama bagian ketiak. Untuk menghilangkan bau ketiak, Anda dapat menggunakan cuka yang dicampur sedikit air kemudian dioleskan di bagian bawah lengan. Anda dapat melakukannya sebelum tidur kemudian bersihkan ketiak Anda dari cuka saat Anda bangun tidur.

Bubut tomat
Selain sebagai bahan makanan, tomat juga dipercaya mampu menghilangkan bau di ketiak Anda. Caranya adalah siapkan 1-2 buah  tomat kemudian blender hingga menjadi bubur. Terapkan tomat yang sudah halus tersebut pada ketiak Anda. Diamkan selama kurang lebih 15 menit dan bilas menggunakan air bersih. Gunakan cara ini secara rutin 3 kali seminggu untuk hasil yang lebih maksimal.

Menggunakan lobak
Anda dapat menemukan bahan alami untuk menghilangkan bau ketiak ini dengan mudah, biasanya banyak dijumpai di pasar pasar tradisional. Anda dapat membuat lobak menjadi jus. Setelah itu isikan ke botol kecil bekas parfum Anda. Jadi Anda dapat menggunakan lobak sebagai parfum alami untuk mengatasi bau ketiak Anda.
 
 

Metode Menghilangkan Bau Ketiak supaya Tak Datang Kembali


Supaa bisa berkegiatan tanpa kehilangan percaya diri, berikut ini merupakan beberapa metode menghilangkan bau ketiak yang bisa Anda coba:
  • Menjaga kebersihan tubuh
Mandilah setidaknya 2 kali sehari, merupakan pagi dan sore, untuk mengurangi pertumbuhan kuman pada kulit. Dikala mandi, bersihkan tubuh secara menyeluruh menggunakan sabun dan pastikan area ketiak dibersihkan dengan benar. Anda bisa mencoba menggunakan sabun antibakteri untuk hasil yang lebih maksimal.
  • Menggunakan deodoran
Setelah mandi, keringkan tubuh Anda dengan handuk lalu oleskan antiperspiran atau deodoran pada ketiak. Antiperspiran dan deodoran mempunyai fungsi yang berbeda dalam mencegah bau badan.Antiperspiran mengandung senyawa berbasis aluminium yang bisa mengurangi produksi keringat berlebih, sementara deodoran membuat suasana kulit menjadi lebih asam sehingga kuman tidak bisa tumbuh.
  • Menggunakan pakaian yang mengabsorpsi keringat
Kenakan pakaian yang yang longgar dengan bahan yang mudah mengabsorpsi keringat, seperti katun dan linen. Selain itu, usahakan untuk segera mengganti pakaian jika pakaian yang Anda kenakan telah berair oleh keringat. Hal ini supaya kulit tidak lembap dan kuman tidak mudah tumbuh.
  • Menjaga pola makan
Makanan yang Anda makan bisa memengaruhi bau badan Anda. Kurangi atau batasi makanan pedas dan beraroma tajam, seperti kari dan bawang, karena makanan-makanan ini bisa membuat keringat Anda beraroma lebih menyengat. Pun, alkohol bahkan bisa memengaruhi bau keringat Anda.
  • Mencukur bulu ketiak secara teratur
Untuk mengurangi risiko munculnya bau ketiak, Anda perlu untuk mencukur bulu ketiak secara teratur. Pasalnya, bulu ketiak bisa membendung penguapan keringat, sehingga ketiak menjadi lembap dan membuat kuman penyebab bau badan berkembang biak dengan cepat. 
 
 


Penelusuran yang terkait dengan Cara Menghilangkan Bau Ketiak

  • cara menghilangkan bau ketiak dengan jeruk nipis
  • cara menghilangkan bau ketiak permanen
  • cara menghilangkan bau ketiak yang menyengat
  • cara menghilangkan bau ketiak dengan timun
  • cara menghilangkan bau ketiak pada anak
  • cara menghilangkan bau ketiak dengan daun sirih
  • cara menghilangkan bau badan secara cepat
  • cara menghilangkan bau ketiak dengan tawas