Bahan Penghalus Kulit Wajah Alami Yang Patut di Coba


Memiliki kulit wajah yang bersih, cerah, dan sehat merupakan dambaan setiap orang. Namun dalam perawatannya Anda harus memperhatikan bahan-bahan yang Anda gunakan. Penggunaan bahan yang tidak cocok untuk kulit wajah Anda justru dapat menimbulkan permasalahan baru di wajah. Jika wajah Anda sehat maka berbagai macam penyakit kulit bisa dicegah. Mulai dari masalah jerawat hingga kanker kulit.

Ada berbagai macam cara untuk mendapatkan kulit wajah yang sehat dan halus. Namun Anda disarankan untuk menggunakan bahan-bahan alami. Selain aman untuk kesehatan, beberapa bahan penghalus kulit wajah alami juga mudah didaptkan dan memiliki harga yang terjangkau. Sejak zaman dahulu cara alami masih dipercaya sebagai penghalus kulit wajah yang kasar dan kering. Masalah lainnya yang biasanya diatasi dengan bahan-bahan alami adalah jerawat dan wajah berminyak. Perawatan alami juga tidak hanya bermanfaat untuk kulit wajah, melainkan seluruh tubuh.



Bahan Alami untuk Menghaluskan Kulit Wajah

Untuk mendapatkan kulit wajah yang halus, Anda tidak harus menggunakan secara berlebihan. Namun Anda cukup melakukannya secara rutin. Beberapa bahan juga mudah didapatkan karena ada di sekitar Anda. Berikut beberapa bahan penghalus kulit wajah alami yang bisa Anda ketahui.

  • Air putih
Air putih memang memiliki banyak manfaat untuk tubuh baik untuk kesehatan dan kecantikan wajah. Jika Anda ingin mendapatkan kulit wajah yang bercahaya dan halus maka Anda disarankan minum banyak air putih. Dalam satu hari Anda diharuskan minum air putih minimal 8 gelas hingga 10 gelas. Air putih berguna sebagai flush di dalam tubuh untuk membantu mengeluarkan racun dan limbah.
Cara ini tidak akan maksimal jika Anda juga masih meminum minuman berkarbonasi serta minuman manis buatan. Selain itu, cairan untuk tubuh juga dapat dihasilkan dari makanan yang mengandung kadar air tinggi seperti buah dan sayuran.

  • Jus lemon
Bahan alami yang bisa Anda manfaatkan berikutnya adalah lemon. Anda dapat membuat ramuan jus lemon untuk membuat kulit wajah Anda lebih halus. Selain mampu menghaluskan kulit, jus lemon juga dapat membersihkan kotoran pada kulit, bintik-bintik, dan bekas luka. Buah lemon mengandung enzim yang mampu mengangkat sel kuli mati, sehingga ini akan membuat kulit Anda menjadi lebih segar. Selain itu, buah lemon juga mengandung zat yang sangat baik untuk wajah berminyak.
Anda dapat membuat jus lemon kemudian aplikasikan ke seluruh bagian wajah. Diamkan kurang lebih 10 menit hingga kandungan pada buah lemon meresap. Langkah terakhir adalah membilasnya menggunakan air hangat. Anda dapat melakukan cara tersebut 1-2 dalam seminggu.

  • Tomat
Tomat merupakan salah satu dari beberapa bahan penghalus kulit wajah alami yang bisa Anda gunakan. Tomat sering digunakan sebagai toner kulit alami yang sangat baik untuk tubuh. Tidak hanya membuat kulit wajah halus dan kenyal, namun mampu menghilangkan noda serta jerawat menjadi hilang.
Untuk membuat tomat menjadi obet alami penghalus kulit wajah, Anda dapat memblender tomat. Setelah halus dan berbentuk pasta Anda dapat mengaplikasikan ke kulit wajah secara merata. Diamkan masker tersebut hingga kering sekitar 10 menit kemudian bilas menggunakan air bersih. Agar mendapatkan hasil uyang maksumal Anda dapat melakukannya setiap hari. Kandungan tomat tersebut mampu mengecilan pori-pori di wajah  sehingga akan tampak lebih halus dan bersih.

  • Madu
Madu mengandung bahan alami yang bermanfaat untuk kesehatan kulit, salah satunya adalah membuat kulit wajah halus. Selain itu, madu juga dapat membuat kulit Anda lebih kenyal dan lembut. Cara menggunakannya juga cukup mudah, Anda dapat langsung mengoleskan madu ke seluruh bagian wajah termasuk leher. Diamkan sekitar 10 menit dan bilas menggunakan air dingin.
Anda juga bisa menambahkan madu dengan putih telur agar labih berkhasiat. Jika Anda mencampurkan dengan putih telur maka dapat menunggunya hingga 20 menit sebelum mencucinya menggunakan air dingin dan jangan lupa menggunakan sabun muka untuk menghilangkan bau dari telur.

  • Minyak pohon teh
Minyak ini juga disebut dengan tea tree oil dan merupakan salah satu dari minyak esensial bersifat bakteri ampuh. Dengan rutin menggunakan minyak ini maka kulit wajah Anda akan terhindar dari jerawat serta mampu menghilangkan flek hitam di wajah.
 
  • Alpukat
Buah alpukat memiliki kandungan yang baik untuk kulit. Buah ini mengandung vitamin A, vitamin D, vitamin E, kalium, asam lemak omega 3 dan lesitin. Kandungan vitamin E pada alpukat mampu mencegah kerutan dan menghaluskan kulit.Caranya dengan kupas buah alpukat dan hancurkan sampai halus. Setelah itu tambahkan sedikit minyak kelapa dan campurkan. Gunakan masker tersebut secara merata di area wajah selama 30 menit.

  • Bubuk Kopi
Dilansir dari Hellosehat, bubuk kopi dapat digunakan sebagai bahan alami untuk menghaluskan wajah. Bubuk kopi dapat digunakan sebagai eksfoliator.Cara membuat scrub dengan bubuk kopi yaitu dengan mencampurkan 30 gram bubuk kopi segar, 30 gram brown sugar dan perasan lemon secukupnya. Kemudian gunakan scrub tersebut pada kulit wajah setiap 3 hari sekali setelah mandi. Tunggu scrub mengering selama beberapa menit dan bilas hingga bersih.

  • Oatmeal
Oatmeal bermanfaat untuk menghidrasi dan melembapkan kulit. Oatmeal memiliki kemampuan dapat menyerap minyak berlebih dan mengunci kelembapan kulit sehingga kulit wajah akan senantiasa terasa halus.Cara memanfaatkan oatmeal untuk menghaluskan kulit yaitu dengan mencampurkan oatmeal dengan air hangat. Setelah itu tambahkan yogurt, madu dan putih telur. Oleskan pada area wajah dan diamkan selama 15 menit. Kemudian, bilas wajah hingga bersih.

  • Minyak Kelapa
Salah satu bahan alami yang dapat digunakan untuk menghaluskan kulit yaitu minyak kelapa. Minyak kelapa mengandung antimikroba dan anti inflamsi yang efektif untuk mengatasi masalah kulit seperti pecah-pecah atau kulit kering. Tak hanya itu, minyak kelapa dipercaya dapat meningkatkan kelembapan kulit dan menambah jumlah lemak pada kulit. caranya dengan menyiapkan satu sendok minyak kelapa. Kemudian taruh pada kedua tangan dan usap hingga terbentuk lapisan tipis. Oles lapisan tipis tersebut ke seluruh wajah dan leher. Diamkan selama semalam dan bilas keesokan harinya.

  • Minyak Zaitun dan Gula
Minyak zaitun memiliki manfaat untuk kulit yaitu dapat membersihkan sebum dan bakteri serta melembapkan kulit. Minyak zaitun mengandung vitamin A, vitamin D, vitamin K, vitamin E serta antioksidan yang baik untuk kulit.Salah satu cara menghaluskan kulit wajah secara alami yaitu dengan membuat scrub alami untuk eksfoliasi wajah dari minyak zaitun dan gula. Eksfoliasi kulit dengan minyak zaitun berfungsi untuk meregenerasi sel kulit mati sehingga kulit lebih halus dan cerah.Caranya dengan menyiapkan setengah cangkir gula dan 1 sendok minyak zaitun. Campurkan kedua bahan tersebut. Kemudian setelah menjadi scrub, aplikasikan pada wajah dan gosok dengan perlahan. Bilas wajah hingga bersih.

  • Lidah Buaya
lidah buaya memiliki kandungan antioksidan, beberapa enzim, vitamin C, vitamin A dan senyawa anti peradangan yang dapat melembutkan kulit. Tetapi, sebelum menggunakan lidah buaya, lebih baik cobalah menempelkan sedikit gel lidah buaya di pergelangan tangan.Hal tersebut bertujuan untuk mengetahui apakah Anda alergi atau tidak. Apabila tak ada reaksi alergi, maka Anda dapat mengoleskan gel lidah buaya di wajah sesuai kebutuhan.

  • Minyak Esensial
Salah satu bahan alami yang dapat digunakan untuk menghaluskan kulit yaitu minyak esensial. Lakukan perawatan dengan berbagai jenis esensial sesuai dengan jenis kulit seperti minyak mawar, minyak lemon, minyak jojoba, tea tree oil, minyak lavender, dan lain-lain.
 
 
 
 
Penelusuran yang terkait dengan Bahan Penghalus Kulit Wajah

  • cara menghaluskan kulit wajah yang kasar
  • produk untuk menghaluskan kulit wajah
  • cara menghaluskan wajah yang kasar dan kering
  • cara agar kulit wajah mulus seperti bayi
  • cara menghaluskan wajah secara alami dalam 1 hari
  • cara menghaluskan wajah secara alami dalam 1 minggu
  • cara menghaluskan kulit wajah sensitif
  • cara menghaluskan wajah bekas jerawat