Pengertian Medula Oblongata Adalah - Ciri, Jenis, Struktur, Fungsi, Cara Kerja dan Peranan Medula Oblongata


 Pengertian Medula Oblongata

Medula oblongata adalah bagian dari otak belakang yang mengontrol fungsi otonom seperti pernapasan, pencernaan , jantung dan pembuluh darah fungsi, menelan, dan bersin. Motor dan neuron sensorik dari otak tengah dan otak depan perjalanan melalui medula. Sebagai bagian dari batang otak , medula oblongata membantu dalam mentransfer pesan antara berbagai bagian dari otak dan sumsum tulang belakang . Medula mengandung mielin dan unmyelinated serabut saraf . Saraf mielin ( materi putih ) ditutupi dengan selubung mielin terdiri dari lipid dan protein. Selubung ini insulates akson dan mempromosikan konduksi lebih efisien dari impuls saraf dari serabut saraf unmyelinated (materi abu-abu). Sejumlah saraf kranial inti terletak di materi abu-abu dari medulla oblongata.

Daerah atas medula membentuk keempat ventrikel serebral . Ventrikel keempat adalah rongga berisi cairan serebrospinal dan kontinu dengan saluran air otak. Bagian bawah dari medula menyempit membentuk bagian dari kanal sentral dari sumsum tulang belakang .

 


Struktur Dari Medulla Oblongata

Medulla oblongata (sumsum tingkat lanjut / sumsum kontinu) juga memiliki beberapa struktur / bagian yang secara alami memiliki karakteristik dan tugas masing-masing. Bagian-bagian ini adalah:

1. Saluran Menurun

Saluran naik adalah jalur saraf yang berasal dari otak dan melewati medula aoblongata dan kemudian mengarah ke sumsum tulang belakang. Saluran naik ini berfungsi untuk mengirimkan impuls saraf (sinyal) yang diterima dari otak, yang dikirim ke sumsum tulang belakang sebelum mencapai organ-organ tubuh.

2. Saluran Naik

Saluran turun adalah kebalikan dari saluran menurun. Ketika saluran naik berasal dari otak, saluran turun berasal dari bagian bawah sumsum tulang belakang dan berfungsi untuk memandu impuls saraf (sinyal) yang berasal dari organ melalui sumsum tulang belakang dan melalui saluran turun ke medula lonjong.

3. Inti Tulang Belakang

Ada tiga nukleus saraf di medula oblongata, nukleus hypoglossal (nukleus saraf untuk persarafan lidah), nukleus motorik dorsal vagus (untuk mengendalikan gerakan motorik) dan nukleus dari saluran soliter.

 

 Letak Medulla Oblongata

Anatomi oleh segi lokasi, ia unggul dengan saraf tulang belakang, dan rendah pada pons. Bagian dari brainstem, sering dikenal sebagai otak rendah. Sumsum belakang yang sering digunakan untuk berfikir dibagi dalam dua bagian :

  • Terbuka

Bagian mana yang unggul sirip belakang permukaan sum-sum tulang belakang yang dibentuk oleh ke empat kamar jantung.

  • Tertutup

Bagian rendah atau bagian dimana pusat kanal terletak di sumsum tulang belakang. Daereh antara anterior median sulcus dan anterolateral sulcus yang diduduki oleh sebuah ketinggian di salah satu sisi dikenal sebagai piramid dari sumsum belakang oblongata. Ketinggian ini disebabkan oleh sistem corticospinal. Di bagian bawah sumsum belakang beberapa serat saling silang sehingga obliterating anterior median yang retak. Hal ini dikenal sebagai decussation dari piramid.

Beberapa lainnya serat yang berasal dari anterior median retak di bagian atas decussation dari piramid dan menjalankan laterally diseluruh permukaan pons dikenal sebagai serat arcuate external. Diantara anterolateral dan posterolateral sulcus dibagian atas sumsum belakang yang ditandai oleh pembengkakan yang dikenal sebagai olyvary tubuh. Hal ini disebabkanoleh masa yang besar dari otak kecerdasan dikenal sebagai rendah olyvary inti.

Antara yang posterior median sulcus dan posterolateral sulcus berisi truchts yang masuk dari belakang funiculus dari saraf tulang belakang. Ini adalah fasciculus grascilis, mediali berbaring disamping mid line, dan fasciculus cuneatus, lying laterally. Berkas ini di akhir dibulatkan elevation dikenal sebagai gracile dan cuniate tubercles. Mereka adalah yang disebabkan oleh masa dari otak kecerdasan dikenal sebagai inti gracilis dan inti cuneatus.

Tempat diatas tubercles dibelakan aspek sumsum belakang adalah diduduki oleh 3 lekuk, yang membentuk bagian bawah lantai ke-4 kamar jantung.

Lekuk adalah bounded yang baik dismping oleh celeberall gagang bunga rendah, yang menghubungkan sumsum belakang ke otak. Bagian bawah sumsum belakang, langsung ke lateral fasiculus cuneatus, yang ditandai oleh ketinggian lain longitudinal dikenal sebagai tuberculum cinereum.

Hal ini disebabkan oleh sebuah kumpulan yang abu-abu tulang belakang dikenal sebagai dari inti saraf trigeminal. Yang abu-abu ini dituitupi oleh lapisan serat sraf yang membentuk dari sistim trigminal. Sumsum belakang yang didefinisikan oleh comissural serat, persimpangan dari sisis ipsilateral disraf tulang belakang ke samping contralateral.

 

Fungsi Medula Oblongata (myelenchepalone)

Medula oblongata merupakan bagian batang otak yang paling bawah yang terhubung langsung dengan sumsum tulang belakang. Bagian batang otak ini mengontrol fungsi autonomik tubuh seperti fungsi pernapasan, pencernaan, detak jantung, tekanan darah, menelan dan bersin. Saraf-saraf motorik dan sensorik yang berasal dari otak tengah dan otak besar akan melalui  medula oblongata sebelum diteruskan ke sumsum tulang belakang.

Beberapa fungsi penting medula oblongata diantaranya yaitu:

  • Mengontrol fungsi autonomik tumbuh.
  • Melanjutkan impuls saraf antara otak besar dan sumsum tulang belakang.
  • Koordinasi gerakan tubuh.
  • Mengatur mood.

Medula oblongata biasa disebut sebagai kontrol center untuk aktifitas kardiovaskular dan pernapasan. Hal ini karena kemampuannya mengatur detak jantung, tekanan darah, dan pernapasan. Medula ini juga menjadi pusat pengaturan gerak refleks seperti menelan, bersin, berkedip dan pergerakan pada saluran pencernaan. Selain itu, beberapa ujung saraf kranial juga bermuara pada medula oblongata.

Dari segi strukturnya medula oblongata terdiri dari beberapa bagian berikut ini:

  • Median fisura. Merupakan bagian berbentuk cekungan atau parit pada bagian depan dan belakang medula.
  • Piramis. Bagian yang berbentuk tonjolan yang berisi substansi putih, bagian ini merupakan kelanjutan akson dari pedunkulus serebri.
  • Olivia. Merupakan struktur kembar berbentuk biji zaitun (olive) dan mengandung serabut saraf yang menghubungkan sumsum tulang belakang dengan otak kecil dan pons.
  • Ujung beberapa saraf kranial. Diantaranya adalah saraf glosofaringeal (saraf ke IX) yang menerima rangsangan rasa dari lidah, saraf vagus (ke X) yang rangsangan dari dalam oragan, saraf kranial aksesorius (ke XI) yang mengendalikan pergerakan kepala dan saraf kranial ke XII hipoglossus yang mengendalikan pergerakan lidah.

 

Cara Kerja Susunan Saraf Medulla

Fungsi sistem saraf di medula oblongata sesuai dengan fungsi yang dijelaskan di atas, yaitu:

  1. Medulla oblongata bertindak sebagai pusat pernapasan di dua tempat:Kelompok punggung, yang merupakan kelompok sistem saraf yang membentuk pernapasan otomatis Grup ventral, sekelompok sistem saraf yang memasok otot pernapasan 
  2. Medulla oblongata sebagai pusat manajemen jantung Cardioaccelerator Center, yang meningkatkan denyut jantung dan kekuatan kontraktil jantung Cardioinhibitori Center yang menurunkan detak jantung saraf vagus (parasimpatis) alat pacu jantung 
  3. Oblongata medulla sebagai pusat vasomotor Medula sebagai pusat vasomotor berarti medula oblongata mengontrol diameter pembuluh darah melalui saraf simpatis dalam mengukur tekanan darah. 
  4. Medulla oblongata sebagai pusat refleks non-vital Dalam hal ini, medula oblongata bertindak untuk mengatur menelan, muntah, batuk dan bersin sampai tersedak.

 

Peranan Medula Oblongata

Berikut Ini Merupakan Peranan Medula Oblongata.

Medula Oblongata Sebagai Pusat Pernafasan

Medula Oblongata memiliki peran sebagai pusat pernapasan di dua tempat :

  1. Dorsal group –> kelompok neuron yang membentuk pernapasan otomatis.
  2. Ventral group –> kelompok neuron yang mempersarafi otot-otot pernapasan.

Terhadap kemoreseptor yang sensitif terhadap perubahan konsentrasi ion H+ dan konsentrasi CO2.

 Medula Oblongata Sebagai Pusat Pengaturan Jantung

  1. cardioaccelerator center meningkatkan denyut dan kekuatan kontraksi jantung (melalui saraf simpatis).
  2. cardioinhibitori center menurunkan denyut jantung ke pacemaker nervus vagus (saraf parasimpatis)

 Medula Oblongata Sebagai Pusat vasomotor

Medula sebagai pusat vasomotor berfungsi mengontrol diameter pembuluh darah melalui saraf simpatis dalam pengaturan tekanan darah

Medula Oblongata Sebagai Pusat Refleks nonvital

Medula oblongata sebagai pusat refleks nonvital refleks untuk menelan, muntah, batuk, bersin, dan tersedak.

 

Cedera pada Medulla

Cedera medulla oblongata dapat mengakibatkan sejumlah masalah-sensorik terkait. Ini termasuk mati rasa, kelumpuhan, kesulitan menelan, refluks asam, dan kurangnya kontrol gerakan. Karena medula mengontrol fungsi otonom vital, seperti pernapasan dan detak jantung, kerusakan daerah ini otak bisa berakibat fatal. Obat-obatan dan zat kimia lainnya dapat mempengaruhi kemampuan medula untuk berfungsi. Overdosis opiat dapat mematikan karena obat ini menghambat aktivitas medulla dan tubuh menjadi tidak dapat melakukan fungsi-fungsi vital. Bahan kimia dalam kerja anestesi dengan bertindak pada medula untuk mengurangi aktivitas otonom. Hal ini menghasilkan tingkat yang lebih rendah pernapasan dan detak jantung, relaksasi otot, dan kehilangan kesadaran.

 

Baca Juga: Kosakata Nama – Nama Bulan (القمر) Dalam Bahasa Arab dan Kalimatnya

 

 Penelusuran yang terkait dengan Struktur Dari Medulla Oblongata

  • medulla oblongata adalah
  • medulla oblongata bahasa indonesia
  • fungsi medula oblongata dan medulla spinalis
  • fungsi medula spinalis
  • letak medula oblongata
  • fungsi pons
  • ciri ciri medula oblongata
  • fungsi pons varoli