Contoh Soal Ips Kelas 9 Semester 1 Kurikulum 2013 Beserta Jawabannya

Table of Contents
Contoh Soal Ips Kelas 9 Semester 1 - Sebelum Kita memulai Membuat Soal - soal Alangkah Baiknya Kita Mengetahui dahulu Apa Itu Pilihan Berganda ( PG) dan Apa itu Soal Pilihan Essay dan Apa saja Jenis dan Metodenya Agar Kita Lebih Memahami . Silahkan Simak di Bawah Ini:
Tes pilihan ganda ( Multiple choice test ) yaitu tes dimana setiap butir soalnya memiliki jumlah alternatif jawaban lebih dari satu. Biasanya terdapat dua sampai lima alternatif jawaban yang disuguhkan dan jumlah alternatif jawaban tersebut tidak boleh terlalu banyak karena akan sangat membingungkan dan juga sangat menyulitkan penyusunan butir soal. Tipe soal pilihan ganda memiliki karakteristik sebagai berikut.
  • Terdiri dari dua bagian, yaitu stem dan option.
  • Memiliki jumlah alternatif jawaban lebih dari Satu
  • Alternatif jawaban antara 2 hingga 5.

Kemampuan Yang diukur oleh Soal Pilihan Ganda

Soal pilihan ganda dapat mengukur beberapa aspek pengetahuan (recall, knowledge ), pengertian (coimprehension, understanding), aplikasi dan analisis. Kurang tepat soal pilihan ganda untuk mengukur sisntesis, dan evaluasi.. Selanjutnya kami akan mengungkapkan mengenai perbedaan-perbedaan dari aspek-aspek diatas,
  • Tes yang mengungkap pengetahuan (knowlwdge)
Tes yang mengungkap pengetahuan merupakan pertanyaan atau tes yang mengugkap penalaran dalam kategori terendah. Tes ini hanya mengungkap tentang fakta, definisi, pengertian dan sejenisnya. Jadi siswa hanya di tuntut untuk mengingat kembali apa yang telah dipelajari.
  • Tes yang mengungkap pemahaman (comprehension)
Tes ini menuntut siswa untuk memahami atau mengerti apa yang telah dipelajari.Dia tidak sekadar dapat mengingat dan menghafal informasi yang telah diperoleh, tetapi dapat memilih dan mengorganisasikan informasi tersebut. Termasuk dapat menafsirkan gambaran, grafik, bagan dan lain lain.
  • Tes yang mengungkap penerapan (application)
Jika dalam tes yang mengungkap pengetahuan siswa diminta mengingat menghapal, mendefinisikan sesuatu dan selanjutnya dapat menjelaskan dan mengungkapkan informasi yang diterima (pemahaman), maka pada penerapan (aplikasi) siswa dapat menggunakan konsep, prinsip, aturan, hokum, atau proses yang telah dipelajari sebelumnya, siswa diharapkan dapat menentukan jawaban yang benar terhadap pertanyaan / soal tes yang diajukan.
  • Tes yang mengungkap analisis (analysis)
Analisis merupakan jenjang pertanyaan tingkat tinggi. Pertanyaan analisis menuntut siswa untuk berfikir secara mendalam, kritis bahkan menciptakan sesuatu yang baru. Untuk menjawab pertanyaan / tes analisis, siswa harus dapat menguraikan sebab-sebab, motif-motif atau mampu mengadakan deduktif (dari suatu generalisasi hal umum, dari fakta-faktanya, ke hal yang khusus). Oleh karena itu pertnyaan analisis tidak hanya mempunyai satu jawaban yang benar, melainkan berbagai alternative.
  • Tes yang mengungkap sintesis (synthesis)
Sintesis merupakan jenjang kedua dari kelompok pertanyaan / tes tingkat tinggi. Pertanyaan yang mengungkap sintesis menuntut siswa berfikir orsinil dan kreatif. Siswa di tuntut berfikir induktif (dari factor, fakta, unsure-unsur yang brsifat khusus, diambil suatu kesimpulan atau genealisasi).
  • Tes yang mengungkap penilaian (pertanyaan yang mengungkap evaluasi)
Tes (pertanyaan) yang mengungkap penilaian menuntut siswa untuk mengadakan kegiatan berfikir yang paling tinggi. Dia dapat melakukan itu apabila pengetahuan, pemahaman, aplikasi, analisis dan sintesis dapat dikuasai dengan baik.Pertanyaan yang mengungkap evaluasi menuntut adanya standar atau criteria yang jelas. Kemungkinan jawaban yang diberikan siswa berbeda-beda. Hal itu tidak menjadi masalah asal sudah ada criteria yang jelas. Adanya perbedaan itu justru memperluas segi penalaran siswa sehingga mereka mempunyai cakrawala yang luas.




Petunjuk :
  1. Perhatikan dan ikuti petunjuk pengisian Lembar Jawaban yang disediakan;
  2. Periksa dan bacalah soal-soal sebelum Anda menjawab;
  3. Laporkan kepada pengawas kalau terdapat tulisan yang kurang jelas, rusak atau jumlahsoal kurang;
  4. Dahulukan mengerjakan soal-soal yang Anda anggap mudah;
  5. Pilihlahsalah satu jawaban yang paling benar dengan menghitamkan bulatan jawaban;
  6. Apabila Anda ingin memperbaiki/mengganti jawaban, bersihkan jawaban semula dengan penghapus sampai bersih, kemudian hitamkan bulatan jawaban yang menurut Anda benar;
  7. Periksalahseluruh pekerjaan Anda sebelum diserahkan kepada pengawas







Di Blog ini anda akan Menemukan Banyak Latihan Soal Penilaian Akhir Semester 2019 IPS Terpadu, Latihan Soal Penilaian Tengah Semester 2019: IPS Kelas IX, Soal IPS Kelas 9 SMP/MTs, PG dan Essay 2020 ,Semester 1 & 2, Contoh Soal Ips Kelas 9 Semester 1 Kurikulum 2013, Soal IPS Kelas 9 SMP/MTS 2020 dan Kunci Jawabannya, Soal Penilaian Harian 1 IPS Kelas 9 Semester Ganjil, Latihan Soal UTS IPS Kelas 9 Semester 1 Kurikulum 2013, Kumpulan Soal IPS SMP Kelas 9 Semester Ganjil, Soal dan Kunci Jawaban PTS IPS Kelas 9 Semester Genap, latihan soal pas ips kelas 9 smp/mts semester 1 kurikulum 2013, soal ips kelas 9 semester 2, soal ips kelas 9 bab 3, dan jawabannya, soal ips kelas 9 beserta kunci jawaban,soal uts ips kelas 9 semester 2 dan jawabannya, soal ips kelas 9 kurikulum 2013 revisi 2018, soal essay ips kelas 9 semester 2, soal uas ips kelas 9 semester 1 ktsp dan jawabannya, soal ips kelas 9 bab 2, dan jawabannya dan Masih Banyak Lagi Semoga Bermanfaat.



Post a Comment