Contoh Soal Geografi Kelas 7 Semester 1 dan Semester 2 Kurikulum 2013 File Docx
Table of Contents
Tes pilihan ganda (
 Multiple choice test ) yaitu tes dimana setiap butir soalnya memiliki 
jumlah alternatif jawaban lebih dari satu. Biasanya terdapat dua sampai 
lima alternatif jawaban yang disuguhkan dan jumlah alternatif jawaban 
tersebut tidak boleh terlalu banyak karena akan sangat membingungkan dan
 juga sangat menyulitkan penyusunan butir soal. Tipe soal pilihan ganda 
memiliki karakteristik sebagai berikut.
- Terdiri dari dua bagian, yaitu stem dan option.
- Memiliki jumlah alternatif jawaban lebih dari Satu
- Alternatif jawaban antara 2 hingga 5.
Kemampuan Yang diukur oleh Soal Pilihan Ganda
Soal
 pilihan ganda dapat mengukur beberapa aspek pengetahuan (recall, 
knowledge ), pengertian (coimprehension, understanding), aplikasi dan 
analisis. Kurang tepat soal pilihan ganda untuk mengukur sisntesis, dan 
evaluasi.. Selanjutnya kami akan mengungkapkan mengenai 
perbedaan-perbedaan dari aspek-aspek diatas,
- Tes yang mengungkap pengetahuan (knowlwdge)
Tes
 yang mengungkap pengetahuan merupakan pertanyaan atau tes yang 
mengugkap penalaran dalam kategori terendah. Tes ini hanya mengungkap 
tentang fakta, definisi, pengertian dan sejenisnya. Jadi siswa hanya di 
tuntut untuk mengingat kembali apa yang telah dipelajari.
- Tes yang mengungkap pemahaman (comprehension)
Tes
 ini menuntut siswa untuk memahami atau mengerti apa yang telah 
dipelajari.Dia tidak sekadar dapat mengingat dan menghafal informasi 
yang telah diperoleh, tetapi dapat memilih dan mengorganisasikan 
informasi tersebut. Termasuk dapat menafsirkan gambaran, grafik, bagan 
dan lain lain.
- Tes yang mengungkap penerapan (application)
Jika
 dalam tes yang mengungkap pengetahuan siswa diminta mengingat 
menghapal, mendefinisikan sesuatu dan selanjutnya dapat menjelaskan dan 
mengungkapkan informasi yang diterima (pemahaman), maka pada penerapan 
(aplikasi) siswa dapat menggunakan konsep, prinsip, aturan, hokum, atau 
proses yang telah dipelajari sebelumnya, siswa diharapkan dapat 
menentukan jawaban yang benar terhadap pertanyaan / soal tes yang 
diajukan.
- Tes yang mengungkap analisis (analysis)
Analisis
 merupakan jenjang pertanyaan tingkat tinggi. Pertanyaan analisis 
menuntut siswa untuk berfikir secara mendalam, kritis bahkan menciptakan
 sesuatu yang baru. Untuk menjawab pertanyaan / tes analisis, siswa 
harus dapat menguraikan sebab-sebab, motif-motif atau mampu mengadakan 
deduktif (dari suatu generalisasi hal umum, dari fakta-faktanya, ke hal 
yang khusus). Oleh karena itu pertnyaan analisis tidak hanya mempunyai 
satu jawaban yang benar, melainkan berbagai alternative.
- Tes yang mengungkap sintesis (synthesis)
Sintesis
 merupakan jenjang kedua dari kelompok pertanyaan / tes tingkat tinggi. 
Pertanyaan yang mengungkap sintesis menuntut siswa berfikir orsinil dan 
kreatif. Siswa di tuntut berfikir induktif (dari factor, fakta, 
unsure-unsur yang brsifat khusus, diambil suatu kesimpulan atau 
genealisasi).
- Tes yang mengungkap penilaian (pertanyaan yang mengungkap evaluasi)
Tes
 (pertanyaan) yang mengungkap penilaian menuntut siswa untuk mengadakan 
kegiatan berfikir yang paling tinggi. Dia dapat melakukan itu apabila 
pengetahuan, pemahaman, aplikasi, analisis dan sintesis dapat dikuasai 
dengan baik.Pertanyaan yang mengungkap evaluasi menuntut adanya standar 
atau criteria yang jelas. Kemungkinan jawaban yang diberikan siswa 
berbeda-beda. Hal itu tidak menjadi masalah asal sudah ada criteria yang
 jelas. Adanya perbedaan itu justru memperluas segi penalaran siswa 
sehingga mereka mempunyai cakrawala yang luas.
Petunjuk :
- Perhatikan dan ikuti petunjuk pengisian Lembar Jawaban yang disediakan;
- Periksa dan bacalah soal-soal sebelum Anda menjawab;
- Laporkan kepada pengawas kalau terdapat tulisan yang kurang jelas, rusak atau jumlahsoal kurang;
- Dahulukan mengerjakan soal-soal yang Anda anggap mudah;
- Pilihlahsalah satu jawaban yang paling benar dengan menghitamkan bulatan jawaban;
- Apabila Anda ingin memperbaiki/mengganti jawaban, bersihkan jawaban semula dengan penghapus sampai bersih, kemudian hitamkan bulatan jawaban yang menurut Anda benar;
- Periksalahseluruh pekerjaan Anda sebelum diserahkan kepada pengawas
Soal Geografi Kelas 7 Smester 1 2 Dan Kunci Jawaban
Di Blog ini anda akan Menemukan Banyak Latihan Soal Geografi Kelas 7 Lengkap Dengan Kunci Jawabannya, Geografi Kelas 7: Materi, Pelajaran, Latihan Soal, Pembahasan, Latihan Soal Penilaian Akhir Semester 2019 IPS Kelas 7, Soal Geografi Kelas 7 Smt 1, Bank soal geografi kelas 7, Soal Geografi kelas 7 semester 1 , Bank Soal Geografi Kelas VII, Kumpulan Soal IPS Kelas 7 Semester Ganjil Kurikulum 2013, IPS Geografi SMP Kelas 7, 8 & 9 (Kurikulum 2013) , pelajaran geografi kelas 7, soal ips kelas 7 semester 2,soal ips kelas 7 semester 1 beserta kunci jawaban,soal geografi smp dan kunci jawaban,soal ips kelas 7 bab 4 kurikulum 2013,soal uts ips kelas 7 semester 2 dan kunci jawaban,contoh soal geografi kelas 11 semester 2,soal ips kelas 7 tentang pasar,
Soal Latihan UTS Ganjil Biologi SMA kelas 12, Latihan Soal UTS Biologi Kelas 12 Semester Ganjil dan Genap, Download soal Biologi Kelas 12 SMA , Soal Biologi Kelas 12 Lengkap Dengan Kunci Jawabannya, SOAL BIOLOGI KELAS XII IPA LENGKAP, Soal Biologi SMA Kelas 12 Tentang Tumbuhan , Ini 10 Contoh Soal Biologi UAS Kelas 12 Semester Ganjil, BUKU LATIHAN SOAL BIOLOGI SMA MA XII K REVISI, Gudang Lengkap Soal Biologi SMA kelas X, XI, XII , Soal Biologi Kelas 12 (XII) - SMA/MA/STM, Soal PG & Essay, soal biologi kelas 12 dan pembahasannya,soal biologi kelas 12 dan kunci jawaban pdf,soal biologi kelas 12 semester 2,kumpulan soal biologi kelas 12 semester 2 dan kunci jawaban,soal biologi kelas 12 pertumbuhan dan perkembangan,soal biologi kelas 12 semester 2 kurikulum 2013,soal biologi kelas 12 pdf,soal biologi kelas 12 bab 1, dan Masih Banyak Lagi Semoga Bermanfaat.

Post a Comment