Soal PKN Kelas 7 Semester Genap SMP Lengkap Dengan Jawabannya
Table of Contents
Sebelum Kita memulai Membuat Soal - soal Alangkah Baiknya Kita Mengetahui dahulu Apa Itu Pilihan Berganda ( PG) dan Apa itu Soal Pilihan Essay dan Apa saja Jenis dan Metodenya Agar Kita Lebih Memahami . Silahkan Simak di Bawah Ini:
Tes pilihan ganda ( Multiple choice test ) yaitu tes dimana setiap butir soalnya memiliki jumlah alternatif jawaban lebih dari satu. Biasanya terdapat dua sampai lima alternatif jawaban yang disuguhkan dan jumlah alternatif jawaban tersebut tidak boleh terlalu banyak karena akan sangat membingungkan dan juga sangat menyulitkan penyusunan butir soal. Tipe soal pilihan ganda memiliki karakteristik sebagai berikut.
Tes pilihan ganda ( Multiple choice test ) yaitu tes dimana setiap butir soalnya memiliki jumlah alternatif jawaban lebih dari satu. Biasanya terdapat dua sampai lima alternatif jawaban yang disuguhkan dan jumlah alternatif jawaban tersebut tidak boleh terlalu banyak karena akan sangat membingungkan dan juga sangat menyulitkan penyusunan butir soal. Tipe soal pilihan ganda memiliki karakteristik sebagai berikut.
- Terdiri dari dua bagian, yaitu stem dan option.
- Memiliki jumlah alternatif jawaban lebih dari Satu
- Alternatif jawaban antara 2 hingga 5.
Kemampuan Yang diukur oleh Soal Pilihan Ganda
Soal pilihan ganda dapat mengukur beberapa aspek pengetahuan (recall, knowledge ), pengertian (coimprehension, understanding), aplikasi dan analisis. Kurang tepat soal pilihan ganda untuk mengukur sisntesis, dan evaluasi.. Selanjutnya kami akan mengungkapkan mengenai perbedaan-perbedaan dari aspek-aspek diatas,
- Tes yang mengungkap pengetahuan (knowlwdge)
Tes yang mengungkap pengetahuan merupakan pertanyaan atau tes yang mengugkap penalaran dalam kategori terendah. Tes ini hanya mengungkap tentang fakta, definisi, pengertian dan sejenisnya. Jadi siswa hanya di tuntut untuk mengingat kembali apa yang telah dipelajari.
- Tes yang mengungkap pemahaman (comprehension)
Tes ini menuntut siswa untuk memahami atau mengerti apa yang telah dipelajari.Dia tidak sekadar dapat mengingat dan menghafal informasi yang telah diperoleh, tetapi dapat memilih dan mengorganisasikan informasi tersebut. Termasuk dapat menafsirkan gambaran, grafik, bagan dan lain lain.
- Tes yang mengungkap penerapan (application)
Jika dalam tes yang mengungkap pengetahuan siswa diminta mengingat menghapal, mendefinisikan sesuatu dan selanjutnya dapat menjelaskan dan mengungkapkan informasi yang diterima (pemahaman), maka pada penerapan (aplikasi) siswa dapat menggunakan konsep, prinsip, aturan, hokum, atau proses yang telah dipelajari sebelumnya, siswa diharapkan dapat menentukan jawaban yang benar terhadap pertanyaan / soal tes yang diajukan.
- Tes yang mengungkap analisis (analysis)
Analisis merupakan jenjang pertanyaan tingkat tinggi. Pertanyaan analisis menuntut siswa untuk berfikir secara mendalam, kritis bahkan menciptakan sesuatu yang baru. Untuk menjawab pertanyaan / tes analisis, siswa harus dapat menguraikan sebab-sebab, motif-motif atau mampu mengadakan deduktif (dari suatu generalisasi hal umum, dari fakta-faktanya, ke hal yang khusus). Oleh karena itu pertnyaan analisis tidak hanya mempunyai satu jawaban yang benar, melainkan berbagai alternative.
- Tes yang mengungkap sintesis (synthesis)
Sintesis merupakan jenjang kedua dari kelompok pertanyaan / tes tingkat tinggi. Pertanyaan yang mengungkap sintesis menuntut siswa berfikir orsinil dan kreatif. Siswa di tuntut berfikir induktif (dari factor, fakta, unsure-unsur yang brsifat khusus, diambil suatu kesimpulan atau genealisasi).
- Tes yang mengungkap penilaian (pertanyaan yang mengungkap evaluasi)
Tes (pertanyaan) yang mengungkap penilaian menuntut siswa untuk mengadakan kegiatan berfikir yang paling tinggi. Dia dapat melakukan itu apabila pengetahuan, pemahaman, aplikasi, analisis dan sintesis dapat dikuasai dengan baik.Pertanyaan yang mengungkap evaluasi menuntut adanya standar atau criteria yang jelas. Kemungkinan jawaban yang diberikan siswa berbeda-beda. Hal itu tidak menjadi masalah asal sudah ada criteria yang jelas. Adanya perbedaan itu justru memperluas segi penalaran siswa sehingga mereka mempunyai cakrawala yang luas.
1. Manusia adalah makhluk yang paling mulia dibandingkan dengan makhluk Tuhan lainnya karena …
a. diberkati dengan pikiran dan pikiran
b. diberkati dengan tubuh yang sehat
c. diberkati dengan bumi dan isinya
d. diberkati dengan keturunannya
a. diberkati dengan pikiran dan pikiran
b. diberkati dengan tubuh yang sehat
c. diberkati dengan bumi dan isinya
d. diberkati dengan keturunannya
2. Sebagai pribadi, seseorang membutuhkan orang lain. Itu karena manusia adalah makhluk …
a. sendiri
b. sendiri-sendiri
c. oleh masyarakat
d. ekonomi
a. sendiri
b. sendiri-sendiri
c. oleh masyarakat
d. ekonomi
3. Aturan atau aturan yang mengandung pedoman hidup yang harus diikuti orang sering disebut sebagai …
a. hukum
b. pesanan
c. norma
d. bea cukai
a. hukum
b. pesanan
c. norma
d. bea cukai
4. Standar dan sanksi bagi pelanggar yang berasal dari Allah SWT akan berdosa, adalah pengertian …
a. standar hukum
b. norma moral
c. norma kesopanan
d. norma agama
a. standar hukum
b. norma moral
c. norma kesopanan
d. norma agama
5. Norma kesopanan berasal dari …
a. Kebiasaan dalam masyarakat
b. hati nurani
c. kitab suci
d. ketentuan hukum
a. Kebiasaan dalam masyarakat
b. hati nurani
c. kitab suci
d. ketentuan hukum
6. Orang yang melanggar norma kesusilaan menerima …
a. masyarakat terlarang
b. menyesalinya
c. punya denda
d. mendapat hukuman penjara
a. masyarakat terlarang
b. menyesalinya
c. punya denda
d. mendapat hukuman penjara
7. Jangan meludah ke mana-mana adalah contoh dari norma …
a. kesusilaan
b. kesopanan
c. agama
d. hukum
a. kesusilaan
b. kesopanan
c. agama
d. hukum
8. Norma kesopanan berasal dari …
a. Kebiasaan dalam masyarakat
b. hati nurani
c. kitab suci d. peraturan hukum
a. Kebiasaan dalam masyarakat
b. hati nurani
c. kitab suci d. peraturan hukum
9. Untuk menghindari pelanggaran norma agama, setiap orang percaya harus …
a. mengeksplorasi ajaran agamanya di samping agama-agama lain
b. Pahami ajaran semua agama dan bantu mereka
c. Tingkatkan iman dan kesalehan sesuai dengan keyakinannya
d. selalu mengikuti kegiatan keagamaan
a. mengeksplorasi ajaran agamanya di samping agama-agama lain
b. Pahami ajaran semua agama dan bantu mereka
c. Tingkatkan iman dan kesalehan sesuai dengan keyakinannya
d. selalu mengikuti kegiatan keagamaan
10. Komunitas yang mematuhi matrilineal Adat adalah masyarakat adat yang menghasilkan garis keturunan dari …
a. bukan ibu dan ayah
b. Ibu dan ayah
c. tuan
a. bukan ibu dan ayah
b. Ibu dan ayah
c. tuan
d. ibu
11. Sifat norma adalah. . . .
a. Ketentuan mengikat
b. Ketentuan hukum
c. Kode Etik
d. Kebiasaan yang diusulkan
a. Ketentuan mengikat
b. Ketentuan hukum
c. Kode Etik
d. Kebiasaan yang diusulkan
12. Tindakan kewaspadaan secara fundamental bertentangan dengan prinsip-prinsip aturan hukum, khususnya prinsip. . . .
a. Aturan hukum dalam kehidupan negara
b. Pembagian kekuasaan
c. Yurisdiksi bebas dan tidak memihak
d. Hak asasi manusia terjamin
a. Aturan hukum dalam kehidupan negara
b. Pembagian kekuasaan
c. Yurisdiksi bebas dan tidak memihak
d. Hak asasi manusia terjamin
13. Fungsi utama hukum adalah. . . .
a. Menghukum pihak yang bersalah
b. Mengatur perilaku manusia
c. Melayani kebutuhan masyarakat
d. Untuk menciptakan ketertiban dan keadilan
a. Menghukum pihak yang bersalah
b. Mengatur perilaku manusia
c. Melayani kebutuhan masyarakat
d. Untuk menciptakan ketertiban dan keadilan
14. Seorang korup dihukum penjara karena kesalahannya. Ini menunjukkan karakteristik hukum ini. . . .
a. kekuatan
b. Dibuat oleh pejabat yang berwenang
c. Berikan sanksi tegas
d. Buat pesanan
a. kekuatan
b. Dibuat oleh pejabat yang berwenang
c. Berikan sanksi tegas
d. Buat pesanan
15. Di sebuah kampung, terdapat kegiatan
yang sering dilakukan setiap hari minggu. Kegiatan tersebut dilakukan
secara bersama-sama untuk membersihkan lingkungan sekitar rumah warga,
jalan-jalan sepanjang kampung, serta lapangan yang ada di kampung
tersebut. Hal tersebut memperlihatkan bentuk gotong royong, yaitu …
A. Tolong menolong.
B. Kerja sosial.
C. Gugur gunung.
D. Kerja bakti.
A. Tolong menolong.
B. Kerja sosial.
C. Gugur gunung.
D. Kerja bakti.
16.
Didalam pasal 33 ayat 1 pada UUD 1945 menyebutkan bahwa Perekonomian
disusun sebagai usaha bersama berdasarkan asas kekeluargaan. Dari
pernyataan diatas berarti dalam kegiatan usaha ekonomi digunakan prinsip
kerjasama, membantu satu sama lain dalam suasana demokrasi ekonomi
untuk mencapai kemakmuran bersama secara adil. Berikut ini adalah salah
satu bentuk kerjasama dalam bidang ekonomi yang diharapkan dalam pasal
tersebut yaitu…
A. Firma.
B. Koperasi.
C. BUMN.
D. CV.
B. Koperasi.
C. BUMN.
D. CV.
17. Perhatikanlah pernyataan dibawah ini!
1. Mempererat persaudaraan dan kebersamaan.
2. Mendorong timbulnya semangat gotong royong dan kekeluargaan.
3. Menumbuhkan rasa persatuan dan kesatuan.
4. Adanya kecenderungan mencapai kesejahteraan.
Ditunjukkan pada pernyataan nomor berapakah yang memiliki arti pentingnya kerjasama…
A. 1,2, dan 3
B. 1,3, dan 4
C. 1,2, dan 4
D. 2,3, dan 4
1. Mempererat persaudaraan dan kebersamaan.
2. Mendorong timbulnya semangat gotong royong dan kekeluargaan.
3. Menumbuhkan rasa persatuan dan kesatuan.
4. Adanya kecenderungan mencapai kesejahteraan.
Ditunjukkan pada pernyataan nomor berapakah yang memiliki arti pentingnya kerjasama…
A. 1,2, dan 3
B. 1,3, dan 4
C. 1,2, dan 4
D. 2,3, dan 4
18.
Bagaimanakah cara yang dilakukan untuk mewujudkan kerjasama antar
sesama warga negara dalam kehidupan berbangsa dan bernegara….
A. Membantu tugas tentara ketika negara berperang.
B. Mematuhi peraturan perundang-undangan.
C. Ikut piket di kantor polisi jika polisi sedang sibuk.
D. Mengumpulkan dana untuk membeli senjata api.
B. Mematuhi peraturan perundang-undangan.
C. Ikut piket di kantor polisi jika polisi sedang sibuk.
D. Mengumpulkan dana untuk membeli senjata api.
19.
Negara Indonesia mempunyai banyak pemeluk agama yang harus dilindungi
oleh negara dan harus dijaga kerukunannya demi persatuan dan kesatuan.
Beikut ini manakah perilaku yang menunjukkan sikap bekerja sama antar
umat beragama….
A. Membantu orang lain yang sama-sama memahami agama.
B. Menghormati umat seagama dan kepercayaannya yang sama.
C. Menghormati orang lain yang berbeda agama tetapi masih saudara.
D. Menghormati umat seagama dan berbeda agama.
B. Menghormati umat seagama dan kepercayaannya yang sama.
C. Menghormati orang lain yang berbeda agama tetapi masih saudara.
D. Menghormati umat seagama dan berbeda agama.
20.
Berikut ini contoh pelaksanaan kerjasama atau gotong royong di dalam
kehidupan sekolah, yang melibatkan semua warga sekolah dalam kegiatan…
A. Kebersihan lingkungan sekolah
B. Peningkatan kompetensi guru.
C. Menggali sumber dana pendidikan.
D. Perkemahan pramuka terpadu.
B. Peningkatan kompetensi guru.
C. Menggali sumber dana pendidikan.
D. Perkemahan pramuka terpadu.
21. Proklamasi memberikan makna rasa bebas dan merdeka dari jeratan penjajah. Hal tersebut adalah makna proklamasi dari aspek.…
A. Sosiologis.
B. Politis.
C. Psikologis.
D. Kultural.
B. Politis.
C. Psikologis.
D. Kultural.
22.
Otonomi daerah yaitu kewenangan daerah otonom untuk mengatur dan
mengurus kepentingan masyarakat setempat menurut gagasan sendiri yang
berdasarkan….
A. Kehendak masyarakat dan para pejabat di daerah.
B. Aspirasi masyarakat sesuai dengan peraturan perundang-undangan.
C. Anjuran pemerintah pusat yang disesuaikan dengan kondisi daerah.
D. Kehendak para wakil rakyat dan pemerintah daerah.
B. Aspirasi masyarakat sesuai dengan peraturan perundang-undangan.
C. Anjuran pemerintah pusat yang disesuaikan dengan kondisi daerah.
D. Kehendak para wakil rakyat dan pemerintah daerah.
23. Dibawah ini adalah hak daerah dalam menyelenggarakan otonomi daerah yaitu….
A. Pengelolaan semua kekayaan alam sesuai aspirasi masyarakat daerah.
B. Mengadakan hubungan luar negeri dengan ijin presiden.
C. Mengangkat tentara dan polisi sesuai kebutuhan daerahnya masing-masing.
D. Mengatur dan mengurus sendiri urusan pemerintahan.
A. Pengelolaan semua kekayaan alam sesuai aspirasi masyarakat daerah.
B. Mengadakan hubungan luar negeri dengan ijin presiden.
C. Mengangkat tentara dan polisi sesuai kebutuhan daerahnya masing-masing.
D. Mengatur dan mengurus sendiri urusan pemerintahan.
24. Penyebab kegagalan perlawanan bangsa Indonesia melawan penjajah pada masa awal pergerakan nasional adalah…
A. Penduduknya sangat besar.
B. Wilayah Indonesia yang luas.
C. Perjuangan bersifat kedaerahan.
D. Kurang memanfaatkan potensi alam.
B. Wilayah Indonesia yang luas.
C. Perjuangan bersifat kedaerahan.
D. Kurang memanfaatkan potensi alam.
25.
Sumber daya alam yang dipunyai negara Indonesia sangat banyak dan
tersebar di berbagai daerah yang akan dipergunakan demi kepentingan
rakyat. Kekayaan alam setiap daerah di Indonesia merupakan milik….
A. Kekayaan bagi pemerintah pusat.
B. Kekayaan seluruh bangsa Indonesia.
C. Milik pemerintah daerah setempat.
D. Milik pihak-pihak yang mengelola.
B. Kekayaan seluruh bangsa Indonesia.
C. Milik pemerintah daerah setempat.
D. Milik pihak-pihak yang mengelola.
26. Marlinda berusaha menghormati orang tua.
Perilaku Marlinda adalah penerapan norma. . . .
a. agama
b. kesusilaan
c. kesopanan
d. Hukum
Perilaku Marlinda adalah penerapan norma. . . .
a. agama
b. kesusilaan
c. kesopanan
d. Hukum
27. Dalam kehidupan suatu negara, norma dianggap paling ketat. . . .
a. agama
b. kesopanan
c. kesusilaan
d. Hukum
a. agama
b. kesopanan
c. kesusilaan
d. Hukum
28. Menyeberang jalan melalui zebra cross. Terbaik karena. . . .
a. Apakah Anda ingin dipuji
b. takut
c. Sesuai dengan peraturan
d. terpaksa
b. takut
c. Sesuai dengan peraturan
d. terpaksa
29. Norma atau jenis sanksi dalam bentuk pengusiran dari kelompok disebut aturan. . . .
a. agama
b. Hukum
c. bea cukai
d. kesusilaan
b. Hukum
c. bea cukai
d. kesusilaan
30. Satu fitur norma hukum dibandingkan dengan norma lainnya adalah sanksi, yaitu. H. . .
a. yang telah ditentukan
b. Sanksi itu keras dan kuat
c. Jangan lihat siapa yang bersalah
d. Ditangkap oleh polisi
a. yang telah ditentukan
b. Sanksi itu keras dan kuat
c. Jangan lihat siapa yang bersalah
d. Ditangkap oleh polisi
31. Deklarasi Kemerdekaan yang ditandatangani oleh. . . .
a. Soekarno dan Mohammad Hatta
b. Suharto dan Mohammad Hatta
c. Soekarno dan Hatta Rajasa
d. Suharto dan B.J. Habibie
a. Soekarno dan Mohammad Hatta
b. Suharto dan Mohammad Hatta
c. Soekarno dan Hatta Rajasa
d. Suharto dan B.J. Habibie
32. Arti dari Deklarasi Kemerdekaan untuk rakyat Indonesia adalah. . . .
a. untuk membangun hubungan yang erat antara kelompok etnis di seluruh pelosok negara
b. dorongan dan dorongan rakyat Indonesia untuk mengisi dan mempertahankan kemerdekaan
c. untuk menunjukkan kepada dunia luar bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang merdeka dan berdaulat
d. Inkarnasi sebuah negara baru dengan negara baru.
a. untuk membangun hubungan yang erat antara kelompok etnis di seluruh pelosok negara
b. dorongan dan dorongan rakyat Indonesia untuk mengisi dan mempertahankan kemerdekaan
c. untuk menunjukkan kepada dunia luar bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang merdeka dan berdaulat
d. Inkarnasi sebuah negara baru dengan negara baru.
33. Orang yang mengetik Deklarasi Kemerdekaan Indonesia adalah. . . .
a. Laksamana Maeda
b. Sajuti Melik
c. Baik Ki Hadi Kusumo
d. Pak Soebardjo
a. Laksamana Maeda
b. Sajuti Melik
c. Baik Ki Hadi Kusumo
d. Pak Soebardjo
34. Poin utama kedua dalam pembukaan UUD 1945 adalah. . . .
a. Keadilan sosial
b. kesejahteraan Negara
c. Amerika Serikat
d. Negara dewa
a. Keadilan sosial
b. kesejahteraan Negara
c. Amerika Serikat
d. Negara dewa
35. Berikut ini adalah contoh sikap positif terhadap makna Deklarasi Kemerdekaan. . . .
a. Menunggu perintah negara untuk menyerang negara musuh
b. Menjadi pengemis untuk mencari nafkah
c. Belajar keras untuk memajukan pendidikan bangsa
d. Berani menentang kebijakan yang lebih populis.
a. Menunggu perintah negara untuk menyerang negara musuh
b. Menjadi pengemis untuk mencari nafkah
c. Belajar keras untuk memajukan pendidikan bangsa
d. Berani menentang kebijakan yang lebih populis.
36. Bumi air dan kekayaan yang
terkandung di dalamnya dikuasai oleh negara dan dipergunakan
sebesar-besarnya untuk kemakmuran rakyat, adalah bunyi UUD 1945 pada
pasal…
A. 33 ayat (1).
B. 33 ayat (2).
C. 33 ayat (3).
D. 33 ayat (4).
A. 33 ayat (1).
B. 33 ayat (2).
C. 33 ayat (3).
D. 33 ayat (4).
37.
Yang tercatat dalam sejarah, bangsa Indonesia pernah terjadi usaha
untuk mengganti bentuk negara. Bentuk negara yang sesuai dengan pasal 1
ayat 1 UUD 1945 yaitu…
A. Republik.
B. Federal.
C. Monarki.
D. Kesatuan.
B. Federal.
C. Monarki.
D. Kesatuan.
38. Nilai-nilai yang harus ditanamkan dan disadari oleh warga negara demi berdirinya NKRI adalah….
A. Setiap warga negara memiliki kedudukan bertingkat-tingkat sesuai dengan perjuangannya terhadap pemerintah pusat.
B. Setiap warga negara memiliki kedudukan yang sama tanpa membeda-bedakan asal daerah.
C. Setiap orang memiliki kesempatan yang sama dalam membela negara jika memang benar-benar dibutuhkan.
D. Setiap orang diberi kesempatan membela negara jika menguntungkan dirinya.
B. Setiap warga negara memiliki kedudukan yang sama tanpa membeda-bedakan asal daerah.
C. Setiap orang memiliki kesempatan yang sama dalam membela negara jika memang benar-benar dibutuhkan.
D. Setiap orang diberi kesempatan membela negara jika menguntungkan dirinya.
39.
Dika merupakan mahasiswa di universitas terkemuka dikotanya. Dika ingin
mengikuti usaha bela negara. Salah satu bentuk usaha bela negara yang
bis dilakukan Dika sebagai mahasiswa adalah…
A. Mengikuti pelatihan dasar kemiliteran (Menwa).
B. Mengikuti organisasi anarkis.
C. Melakukan demonstrasi di depan Istana Negara.
D. Menolak menjadi relawan di daerah-daerah terpencil.
A. Mengikuti pelatihan dasar kemiliteran (Menwa).
B. Mengikuti organisasi anarkis.
C. Melakukan demonstrasi di depan Istana Negara.
D. Menolak menjadi relawan di daerah-daerah terpencil.
40.
Rianti berasal dari suatu suku bangsa dan tinggal di Jakarta. Rianti
menganggap kebudayaannya lebih unggul dan selalu membanggakan
kebudayaannya sendiri. Hal yang dilakukan Rianti adalah bentuk ancaman
dari bidang sosial dan budaya yang menunjukkan adanya sikap…
A. Etnosentrisme.
B. Konsumerisme.
C. Nasionalisme.
D. Primordialisme.
B. Konsumerisme.
C. Nasionalisme.
D. Primordialisme.
Penelusuran yang terkait dengan Soal PKN Kelas 7
- soal pkn kelas 7 semester 1 bab 1
- contoh soal pkn kelas 7 semester 2 bab 6
- contoh soal pkn kelas 7 semester 2 beserta jawabannya
- kisi-kisi soal pkn kelas 7 semester 2 kurikulum 2013
- soal pkn kelas 7 bab 4
- soal pkn kelas 7 semester 2 pdf
- soal pkn kelas 7 semester 1 bab 1 beserta jawabannya
- soal pkn kelas 7 semester 2 2019
Post a Comment