Materi Senam dan Contoh Soal Senam Beserta Jawabanya Secara Lengkap


Sejarah senam

Senam berasal dari bahasa Inggris gymnastics. Dikutip dari Encyclopaedia Britannica, istilah gymnastic berasal dari bahasa Yunani Kuno gymnos yang artinya latihan dengan telanjang.
Penggunaan istilah tersebut diterapkan pada jenis latihan yang dipraktikkan di tempat bernama gymnasium, tempat para atlet Yunani zaman kuno melakukan latihan tanpa pakaian.
Gymnastic berarti gerak badan atau olahraga baik untuk kesegaran jasmani maupun untuk mencapai prestasi yang setinggi-tingginya.Di Indonesia, senam sudah dikenal sejak zaman penjajahan Belanda dengan sebutan gymnastic. Sedangkan negara Jepang menyebut senam dengan istilah taiso.
Sejak zaman Yunani Kuno hingga era saat ini senam telah mengalami perkembangan yang pesat seiring kemajuan bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Terlihat dari bentuk-bentuk gerakan, sistematika latihan maupun tujuannya.

Friedrich Ludwig Jahn dari Jerman disebut Bapak Gymnastic Modern. Pada 1700-an, Jahn berhasil mengombinasikan latihan-latihan gymnastic dengan pertunjukan patriotik.
Jahn juga berhasil menemukan beberapa peralatan senam seperti palang horizontal, palang sejajar, kuda-kuda melintang dan bak lompat.Pada awal abad ke-20, senam telah menjadi rencana pendidikan di sekolah-sekolah di Amerika berkat usaha Dr JF Williams, Dr Dubly Sorgen dan Thomas D Wood.

Pengertian Senam

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), senam adalah gerak badan dengan gerakan tertentu seperti menggeliat, menggerakkan dan meregangkan anggota badan.
Dikutip dari Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan (2010), senam adalah setiap bentuk pembelajaran fisik yang disusun secara sistematis dengan melibatkan gerakan-gerakan yang terpilih dan terencana untuk mencapai tujuan tertentu.

Pengertian Senam Menurut Para Ahli

  1. Mahendra (2000:14)

    Pengertian senam menurut Mahendra adalah kegiatan utama yang paling bermanfaat dalam mengembangkan komponen fisik dan kemampuan gerak (motorability).
  2. Madijono (2010:1)

    Pengertian senam menurut Madijono adalah suatu bentuk latihan jasmani yang sistematis, teratur dan terencana dengan melakukan gerakan-gerakan yang spesifik untuk memperoleh manfaat dalam tubuh.
  3. Sutrisno dan Khafadi (2010:60)

    Pengertian senam menurut Sutrisno dan Khafadi adalah setiap betnuk latihan fisik yang disuusun secara sistematis dengan melibatkan gerakan-gerakan yang terpilih dan terencana untuk mencapai tujuan tertentu.
  4. Margono (2009:19)

    Pengertian senam menurut Margono adalah latihan tubuh yang dipilih dan diciptakan dengan berencana, disusun secara sistematis dengan tujuan membentuk dan mengembangkan pribadi secara harmonis.
  5. Imam Hidayat dalam Hendra Agusta (2009:9)

    Pengertian senam menurut Imam Hidayat adalah suatu latihan tubuh yang terpilih dan dikonstruk dengan sengaja, dilakukan secara sadar dan terencana disusun secara sistematis dengan tujuan meningkatkan kesegaran jasmani, mengembangkan keterampilan, dan menanamkan nilai-nilai mental spiritual.
  6. Peter H. Werner dalam Muhajir (2006:70)

    Pengertian senam menurut Peter H. Werner adalah latihan tubuh pada lantai atau pada alat yang dirancang untuk meningkatkan daya tahan, kekuatan kelenturan, kelincahan, koordinasi, sertra kontro diri.
  7. Muhajir (2006:71)

    Pengertian senam menurut Muhajir adalah kegiatan utama paling bermanfaat untuk mengembangkan komponen fisik dan komponen gerak.


Tujuan senam

Senam juga dapat diartikan sebagai aktivitas fisik yang dilakukan baik sebagai cabang olahraga tersendiri maupun sebagai latihan untuk cabang olahraga lainnya. Itu sebabnya senam disebut sebagai olahraga dasar.Senam adalah setiap bentuk pembelajaran fisik yang disusun secara sistematis dengan melibatkan gerakan-gerakan yang terpilih dan terencana untuk mencapai tujuan tertentu.
Senam mempunyai sistematika tersendiri untuk mencapai tujuan, meliputi:
  • Daya tahan
  • Kekuatan
  • Kelenturan
  • Keseimbangan
  • Koordinasi
  • Membentuk tubuh ideal
  • Memelihara kesehatan
  • Membuat prestasi


Jenis-jenis Senam 

Menurut FIG (Federation Internationale de Gymnastique), senam dibagi menjadi enam kelompok, yaitu senam artistik senam ritmik sportif, senam akrobatik, senam aerobik sport, senam trampolin, senam umum (Mahendra, 2000:5-6).
  1. Senam artistik adalah senam yang sering dipertandingkan yang gerakannya disusun dari masing-masing alat dan telah ditetapkan sesuai pertandingan berlaku. Contohnya senam lantai, kuda pelana, palang sejajar, palang tunggal, palang bertingkat, dan lain sebagainya. 
  2. Senam ritmik sportif adalah senam yang dikembangkan dari senam irama yang diantarkan oleh irama musik yang menghasilkan gerak-gerak tubuh dan alat-alat yang indah.
  3. Senam akrobatik adalah senam yang mengendalikan gerakan akrobatik sehingga latihannya banyak mengandung salto sementara pesenamnya harus mendarat di atas tangan dan di atas bahu pasangannya. 
  4. Senam aerobik sport merupakan pengembangan dari senam aerobik berupa tarian atau kalestenik tertentu, kemudian digabungkan dengan akrobatik yang sulit.
  5. Senam trampolin merupakan pengembangan senam yang dilakukan di atas trampolin.
  6. Senam umum adalah semua jenis senam selain kelima hal di atas. Maka senam aerobik, senam pagi, dan senam SKJ.
Sedangkan menurut Restianti (2010:10-24), terdapat beberapa jenis-jenis olahraga senam, yaitu:
  1. Senam lantai, contohnya gerakan berguling, gerakan kayang, sikap lilin, gerakan guling lenting, gerakan berguling ke depan, gerakan berdiri tangan (hands stand). 
  2. Kuda-kuda lompat seperti kuda-kuda pelana, gelang-gelang, palang sejajar, palang bertingkat, palang tunggal, balok keseimbangan.


 Contoh Soal Senam Beserta Jawabanya

Bagi  para siswa ataupun guru yang sedang membutuhkan soal penjas materi Senam. Berikut ini kami akan sajikan  soal pilihan ganda materi senam beserta jawabannya, yang sudah kami susun dari berbagai sumber. langsung saja kita lihat di bawah ini.






Penelusuran yang terkait dengan Contoh Soal Senam
  • contoh soal essay senam lantai dan jawabannya
  • soal senam irama
  • contoh soal senam irama kelas 4 sd
  • contoh soal senam ritmik kelas 5 sd
  • contoh soal hots senam irama
  • soal senam irama muttaqin
  • kunci jawaban pjok kelas 8 senam lantai
  • pertanyaan senam