Download Soal UN Kimia SMA Tahun 2019 Scan Asli

Download Soal UN Kimia SMA Tahun 2019 | Ujian Nasional (UN)menjadi agenda rutinitas nasional tiap tahun yang menyita perhatian banyak kalangan. Bukan hanya pada proses pelaksanaannya namun juga dari sisi hakikat, maksud dan tujuan kebijakannya selalu memberikan wacana yang menarik berbagai pihak, baik yang mendukung maupun yang mengkritisinya. Walaupun sudah tidak menjadi penentu kelulusan siswa, UN tetap dilaksanakan karena dianggap salah satu alat ukur yang kredibel dalam menilai kualitas kemajuan pendidikan siswa pada satuan pendidikan.
Untuk menghadapi UN dan USBN perlu dilakukan persiapan matang. Diperlukan sinergi antara siswa dan guru untuk mengoptimalkan kemampuan belajar. Sehingga ketika siswa menghadapi soal ujian apapun dapat di hadapi dan di kerjakan secara optimal. 

Apa sih UN (Ujian Nasional)?


Ujian Nasional biasa disingkat UN/UNAS adalah sistem evaluasi standar pendidikan dasar dan menengah secara nasional dan persamaan mutu tingkat pendidikan antar daerah yang dilakukan oleh Pusat Penilaian Pendidikan, Depdiknas di Indonesia berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 menyatakan bahwa dalam rangka pengendalian mutu pendidikan secara nasional dilakukan evaluasi sebagai bentuk akuntabilitas penyelenggara pendidikan kepada pihak-pihak yang berkepentingan. Lebih lanjut dinyatakan bahwa evaluasi dilakukan oleh lembaga yang mandiri secara berkala, menyeluruh, transparan, dan sistematik untuk menilai pencapaian standar nasional pendidikan dan proses pemantauan evaluasi tersebut harus dilakukan secara berkesinambungan.
Proses pemantauan evaluasi tersebut dilakukan secara terus menerus dan berkesinambungan pada akhirnya akan dapat membenahi mutu pendidikan. Pembenahan mutu pendidikan dimulai dengan penentuan standar.

Penentuan standar yang meningkat diharapkan akan mendorong peningkatan mutu pendidikan, yang dimaksud dengan penentuan standar pendidikan adalah penentuan nilai batas (cut off hiscore). Seseorang dikatakan sudah lulus/kompeten bila telah melewati nilai batas tersebut berupa nilai batas antara peserta didik yang sudah menguasai kompetensi tertentu dengan peserta didik yang belum menguasai kompetensi tertentu. Bila itu terjadi pada ujian nasional atau sekolah maka nilai batas berfungsi untuk memisahkan antara peserta didik yang lulus dan tidak lulus disebut batas kelulusan, kegiatan penentuan batas kelulusan disebut standard setting.
Manfaat pengaturan standar ujian akhir:
  • Adanya batas kelulusan setiap mata pelajaran sesuai dengan tuntutan kompetensi minimum.
  • Adanya standar yang sama untuk setiap mata pelajaran sebagai standar minimum pencapaian kompetensi.

Penentuan kelulusan ujian nasional 2011

Badan Standardisasi Nasional Pendidikan (BSNP) bersama Kementerian Pendidikan Nasional dan Komisi X DPR memutuskan, tahun 2011 tetap ada Ujian Nasional (UN). Pelaksanaannya direncanakan pada April dan Mei 2011, mundur sebulan dibanding tahun 2010 yang dilaksanakan Maret-April. Sedang standar nilai UN pada tahun ini direncanakan masih sama dengan tahun lalu, yakni 5,50 untuk SMP/SMA. Meski hingga tulisan ini dipublikasikan belum ada kepastian melalui peraturan menteri (permen) perihal Ujian Nasional, namun beberapa informasi seputar UN 2011 mulai beredar. Informasi itu misalnya terkait dengan formula kelulusan dan seputar jadwal UN yang oleh pemerintah ditujukan sebagai sosialisasi kepada khalayak. Untuk formula kriteria kelulusan tahun ini, pemerintah menggunakan formula baru. Kelulusan siswa dari sekolah dengan melihat nilai gabungan rencananya dipatok minimal 5,50. Nilai gabungan merupakan perpaduan nilai UN dan nilai sekolah untuk setiap mata pelajaran UN.

Nilai sekolah dihitung dari nilai rata-rata ujian sekolah dan nilai rapor semester 1-5 untuk tiap mata pelajaran UN. Dengan formula baru ini, rencananya akan dipatok nilai tiap mata pelajaran minimal 4,00. Integrasi nilai UN dan nilai sekolah ini diharapkan jadi pendorong untuk menganggap penting semua proses belajar sejak kelas 1 hingga kelas 3. Sedangkan kriteria kelulusan ujian sekolah diserahkan kepada sekolah. Nilai sekolah merupakan nilai rata-rata dari ujian sekolah dan nilai rapor semester 1-5 setiap mata pelajaran yang tidak diujikan dalam UN. Sementara itu, jadwal UN semula dalam tulisan penulis posting akan dilaksanakan bulan Mei 2011 berubah menjadi bulan April 2011. Ujian nasional (UN) utama untuk SMA/SMK digelar pada minggu ketiga April 2011, sedangkan untuk SMP pada minggu keempat April 2011. Adapun UN susulan bagi mereka yang belum mengikuti UN utama dilaksanakan satu minggu kemudian. Selain itu, untuk UN 2011 ujian ulangan bagi siswa yang tidak lulus ditiadakan. Oleh karena itu, bagi siswa yang dinyatakan tidak lulus harus mengikuti ujian kembali pada tahun berikutnya.



Berikut ini contoh Download Soal UN Kimia SMA 2019 yang dapat di gunakan untuk menghadapi UN dan USBN, bersumber dari kisi-kisi yang ditetapkan BSNP tahun 2019 sehingga bisa juga dipakai untuk belajar menghadapi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

kami sajikan Link Download Soal UN Kimia SMA Tahun 2019 yang bisa dijadikan sumber belajar menghadapi ujian nasional tahun pelajaran 2019/2020. Soal ini berasal dari naskah ujian nasional berbasis kertas dan pensil (UNKP) yang kontennya bersumber dari kisi-kisi yang ditetapkan BSNP sehingga bisa juga dipakai untuk belajar menghadapi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).




Download Filenya



Demikianlah informasi tentang Link Download Soal UN Kimia SMA Tahun 2019, semoga bermanfaat.


Penelusuran yang terkait dengan Soal UN Kimia SMA
  • soal un kimia sma 2018 dan pembahasannya
  • soal un kimia dan pembahasannya pdf
  • soal un kimia unsur dan pembahasannya
  • download kumpulan soal un kimia sma dan pembahasannya
  • soal un kimia 2017
  • soal usbn kimia 2019 dan pembahasannya pdf
  • soal kimia kelas 9 beserta jawabannya
  • soal un kimia 2020