Contoh Soal PKN Kelas 12 Lengkap Dengan Kunci Jawabannya 2019

Sebelum Kita memulai Membuat Soal - soal Alangkah Baiknya Kita Mengetahui dahulu Apa Itu Pilihan Berganda ( PG) dan Apa itu Soal Pilihan Essay dan Apa saja Jenis dan Metodenya Agar Kita Lebih Memahami . Silahkan Simak di Bawah Ini:
Tes pilihan ganda ( Multiple choice test ) yaitu tes dimana setiap butir soalnya memiliki jumlah alternatif jawaban lebih dari satu. Biasanya terdapat dua sampai lima alternatif jawaban yang disuguhkan dan jumlah alternatif jawaban tersebut tidak boleh terlalu banyak karena akan sangat membingungkan dan juga sangat menyulitkan penyusunan butir soal. Tipe soal pilihan ganda memiliki karakteristik sebagai berikut.
a.       Terdiri dari dua bagian, yaitu stem dan option.
b.      Memiliki jumlah alternatif jawaban lebih dari Satu
c.       Alternatif jawaban antara 2 hingga 5.

KEMAMPUAN YANG DIUKUR OLEH SOAL PILIHAN GANDA
Soal pilihan ganda dapat mengukur beberapa aspek pengetahuan (recall, knowledge ), pengertian (coimprehension, understanding), aplikasi dan analisis. Kurang tepat soal pilihan ganda untuk mengukur sisntesis, dan evaluasi.. Selanjutnya kami akan mengungkapkan mengenai perbedaan-perbedaan dari aspek-aspek diatas,
1.        Tes yang mengungkap pengetahuan (knowlwdge)
Tes yang mengungkap pengetahuan merupakan pertanyaan atau tes yang mengugkap penalaran dalam kategori terendah. Tes ini hanya mengungkap tentang fakta, definisi, pengertian dan sejenisnya. Jadi siswa hanya di tuntut untuk mengingat kembali apa yang telah dipelajari.
2.        Tes yang mengungkap pemahaman (comprehension)
Tes ini menuntut siswa untuk memahami atau mengerti apa yang telah dipelajari.Dia tidak sekadar dapat mengingat dan menghafal informasi yang telah diperoleh, tetapi dapat memilih dan mengorganisasikan informasi tersebut. Termasuk dapat menafsirkan gambaran, grafik, bagan dan lain lain.
3.        Tes yang mengungkap penerapan (application)
Jika dalam tes yang mengungkap pengetahuan siswa diminta mengingat menghapal, mendefinisikan sesuatu dan selanjutnya dapat menjelaskan dan mengungkapkan informasi yang diterima (pemahaman), maka pada penerapan (aplikasi) siswa dapat menggunakan konsep, prinsip, aturan, hokum, atau proses yang telah dipelajari sebelumnya, siswa diharapkan dapat menentukan jawaban yang benar terhadap pertanyaan / soal tes yang diajukan.
4.        Tes yang mengungkap analisis (analysis)
Analisis merupakan jenjang pertanyaan tingkat tinggi. Pertanyaan analisis menuntut siswa untuk berfikir secara mendalam, kritis bahkan menciptakan sesuatu yang baru. Untuk menjawab pertanyaan / tes analisis, siswa harus dapat menguraikan sebab-sebab, motif-motif atau mampu mengadakan deduktif (dari suatu generalisasi hal umum, dari fakta-faktanya, ke hal yang khusus). Oleh karena itu pertnyaan analisis tidak hanya mempunyai satu jawaban yang benar, melainkan berbagai alternative.
5.        Tes yang mengungkap sintesis (synthesis)
Sintesis merupakan jenjang kedua dari kelompok pertanyaan / tes tingkat tinggi. Pertanyaan yang mengungkap sintesis menuntut siswa berfikir orsinil dan kreatif. Siswa di tuntut berfikir induktif (dari factor, fakta, unsure-unsur yang brsifat khusus, diambil suatu kesimpulan atau genealisasi).
6.        Tes yang mengungkap penilaian (pertanyaan yang mengungkap evaluasi)
Tes (pertanyaan) yang mengungkap penilaian menuntut siswa untuk mengadakan kegiatan berfikir yang paling tinggi. Dia dapat melakukan itu apabila pengetahuan, pemahaman, aplikasi, analisis dan sintesis dapat dikuasai dengan baik.
Pertanyaan yang mengungkap evaluasi menuntut adanya standar atau criteria yang jelas. Kemungkinan jawaban yang diberikan siswa berbeda-beda. Hal itu tidak menjadi masalah asal sudah ada criteria yang jelas. Adanya perbedaan itu justru memperluas segi penalaran siswa sehingga mereka mempunyai cakrawala yang luas.

 Macam-Macam Bentuk Soal Essay

Jawaban terhadap soal essay mempunyai tingkatan kebebasan menjawab yang bervariasi. Siswa dapat dituntut untuk menjawab secara singkat dan tepat, atau dapat pula diberikan suatu kebebasan untuk merumuskan jawabannyasendiri. Nah, berdasarkan jawaban  soal yang dituntut kepada siswa yang mengerjakan tes essay ini, maka soal-soal yang menyusun tes essay dapat dibedakan paling tidak menjadi 2 jenis, yaitu:

1. Soal Essay dengan Jawaban Terbatas
Soal essay jenis pertama, yaitu soal essay dengan jawaban terbatas. Soal essay jenis ini sangat menekankan pada batas jumlah jawaban yang diberikan siswa. Soal essay dengan jawaban terbatas biasanya mengandung permasalahan yang terbatas dan jawabannya sudah ditentukan spesifikasinya. Kata-kata kerja operasional yang digunakan dalam soal ini merupakan ciri khas yang membuat kita dapat dengan mudah membedakannya dari tipe soal essay yang kedua (soal essay dengan jawaban bebas), yaitu adanya penggunaan kata seperti: definisikan, sebutkan, berilah alasan singkat. Selain itu batasan mengenai ruang lingkup jawaban dapat pula disertakan pada petunjuk mengerjakan soal.

 2. Soal Essay dengan Jawaban Bebas
Adapun jenis soal essay yang menyusun tes essay yang kedua adalah soal essay dengan jawaban bebas. Soal essay dengan jawaban bebas akan memberikan siswa kesempatan seluas-luasnya untuk merumuskan sendiri jawabannya. Walaupun demikian, soal essay dengan jawaban bebas seringkali juga masih tetap diberi batasan-batasan tertentu, seperti lama waktu mengerjakan soal dan jumlah halaman jawaban. Batasan terhadap bentuk jawaban dan isi dibuat seminimal mungkin. Pada prinsipnya guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk menunjukkan keterampilan mereka dalam melakukan sintesis dan evaluasi. Pengontrolan atau pembatasan hanya terbatas pada upaya agar soal essay yang bersangkutan dapat mengungkapkan keterampilan kognitif yang dikehendaki.

Soal PKN Kelas 12 Lengkap Dengan Kunci Jawabannya 2019

1. Salah satu ciri negara demokratis adalah …..
A. kebebasan berekspresi
B. kebebasan untuk bekerja
C. keberadaan keadilan modern
D. pemerintah yang berwibawa
E. ekonomi yang mapan
Jawabannya: A

2. Berikut ini dapat menjadi sarana atau forum untuk komunikasi komunitas ….
A. Pertemuan pejabat daerah
B. Pertemuan dalam pertemuan bisnis
C. Saran untuk anggota DVR
D. hari libur keagamaan
E. Antrian untuk pembelian tiket kereta di stasiun
Jawabannya: C

3. Selama kolonialisme, pers memiliki peran untuk …
A. gagasan untuk mendorong masyarakat maju
B. Promosikan kolaborasi dengan penulis lain
C. ide kemerdekaan dan kebangsaan Indonesia
D. Hindari dan hindari penindasan kolonial
E. menjadi media iklan untuk produsen
Jawabannya: C

4. Pers tertua di Indonesia …
A. Djuramartini
B. Bromartani
C. Darmo Kondo
D. Warga Deli
E. Djurumartani
Jawabannya: B

5. Menurut UU pers No. 40 1999 , Apa itu pers?
A. Komunikasi massa yang melakukan kegiatan jurnalistik dan lembaga sosial media untuk.
B. Peralatan pencetakan untuk mencetak buku atau koran
C. Surat kabar dan majalah berisi berita
D. Semua aktivitas yang memeriksa pesan
E. Semua item dilakukan oleh mesin cetak
Jawabannya: A

6. Di negara yang berpegang pada kebebasan berekspresi dan demokrasi, pers …
A. Ketaatan pemerintah yang berkuasa
B. pilar keempat demokrasi
C. salah satu pendukung liberalisme
D. Pendukung oposisi untuk pemerintah
E. Pendukung kekuatan pemerintah
Jawabannya : B

7. Sebagai warga negara Indonesia, kami memiliki hak untuk berbicara dan menyampaikan pendapat yang ….
A. dibebaskan tanpa batas
B. disertai dengan izin dari petugas keamanan
C. disampaikan dengan sopan dan penuh hormat
D. Prioritaskan kepentingan semua pihak
E. disertai dengan tanggung jawab sosial
Jawabannya: E

8. Pers dapat mempengaruhi komunitas karena pers memiliki fungsi ….
A. kritik sosial
B. komunikator massa
C. institusi bisnis
D. acara kreatif dan artistik
E. lembaga pendidikan
Jawabannya: B

9. Menurut fungsi dan tradisi, pers harus ….
A. Corong rakyat
B. Kontrol kepentingan pemerintah
C. Alat untuk pemilihan kebijakan pemerintah
D. Penjaga kepentingan publik
E. Alat pembela dan propaganda pemerintah
Jawabannya: A

10. Setelah sebelumnya berpartisipasi dalam upaya untuk mengembangkan kesadaran nasional tentang kemerdekaan massa, pers nasional menunjukkan tanggung jawab sosialnya sebagai bagian dari negara berdaulat baru.
A. sebagai pers modern
B. pers yang berani
C. sebagai pers perang
D. pers di bidang kemerdekaan
E. pers Pancasila
Jawabannya: c

11. Bagi kami semua bentuk kemajuan teknologi, termasuk komunikasi dan teknologi informasi, kami …
A. dengan kesenangan sebagai sarana untuk meningkatkan kebaikan hidup
B. umum karena teknologi tidak menunjukkan kepada orang Indonesia
C. bangga karena semua kemajuan dibuat atas nama kemanusiaan
D. Terima kasih dan kami menggunakannya untuk kemajuan dan kesejahteraan hidup
E. dengan kesedihan dan kekecewaan, karena itu tidak dikembangkan oleh bangsa kita.
Jawabannya: A

12. Menurut Orde Baru, kebebasan pers tampaknya lebih bebas dan lebih mandiri karena …
A. Pencabutan UU Pers
B. Pers tidak harus diatur oleh hukum
C. Media baru dan baru muncul
D. Presiden membubarkan departemen informasi
eEKebijakan terhadap pers memudahkan pemerintah
Jawab: e

13. Pers Indonesia, dalam arti pers yang orientasinya, sikap dan perilakunya didasarkan pada nilai-nilai Pancasila dan konstitusi 1945, disebut ….
a. harapan pers Indonesia
b. pemahaman pers Pancasila
e. sifat pers Pancasila
d. tujuan pers Pancasila
e. cita-cita pers Pancasila
Jawab: b

14. Sikap dan tindakan kita terhadap pers yang keras dan tajam dikritik oleh pemerintah negara kita …
A. Secara kritis memeriksa semua yang telah disampaikan oleh pers
B. Saya benci pers karena ini sumber perpecahan nasional
C. mendukung upaya ini sebagai kontrol positif terhadap negara
D. Periksa kritik ini secara kritis dan dukung secara pro rata
E. Puas dengan pers, yang persisten, meski kritiknya salah
Jawabannaya: C

15. Bagi orang Indonesia, penggunaan alat komunikasi bukanlah masalah, karena yang terpenting adalah …
A menghormati nilai luhur bangsa
B. pasti seoptimal mungkin
C. nilai-nilai kesopanan dalam diri kita
D. Kami masih bangga, meskipun negara lain lebih maju
E. Kita tidak harus mengembangkan sains
Jawabannya: A

16. Pesan atau informasi yang lebih cepat dan diutamakan, meskipun sedikit tidak disadari, tetapi dapat diterima oleh publik
A. Berita tentang kematian seseorang
B. undangan pernikahan Berita
C. Informasi tentang kondisi cuaca
D. Siaran radio dan televisi
E. Informasi melalui surat kabar
Jawabannya: C

17. Ketika media massa sering membuat kesalahan dalam berita, hal berikut terjadi di masyarakat:
A. Pemimpin redaksinya dijatuhi hukuman berat
B. Media massa dilarang terbit
C. dianggap tidak praktis secara moral dalam beberapa bulan
D. dengan cepat menyebabkan masalah dan konflik dalam kehidupan masyarakat
E. kehilangan reputasi dan kepercayaan publik dan meninggalkan pembaca
 Jawabannya: D

18. Hal yang tepat bagi penulis pesan media massa adalah …
A. Pelaporan itu menuliskan nama lengkap selebritas dengan identitasnya
B. Mengirim informasi dengan menulis pesan berdasarkan fakta dan data secara proporsional
C. Pemilihan berita yang bermanfaat bagi misi pemerintah
D. Temukan dan kumpulkan pesan konflik dari sumber yang tidak seimbang
E. Gunakan gaya bahasa penulis pesan lain
Jawabannya: B

20. Di Indonesia, yang memberikan kebebasan pers kepada wartawan sehingga wartawan pada saat itu memiliki kebebasan untuk mengekspresikan informasi mereka …
A gerakan nasional
B. Pesanan lama
C. reformasi
D. Orde baru
E. revolusi
Jawabannya: C

21. Media massa melakukan investigasi untuk mengekspos kecurangan dalam proses pemilihan presiden dan wakil presiden …
A. memenuhi hak orang untuk tahu
B. Menjunjung tinggi nilai-nilai dasar demokrasi, mempromosikan realisasi supremasi hukum dan hak asasi manusia dan menghormati perbedaan
C. Pengembangan opini publik berdasarkan informasi yang memadai, akurat dan benar
D. Pengawasan, kritik, perbaikan dan saran dalam hal kepentingan publik.
E. Tunjukkan keadilan dan kebenaran
 

Jawabannya: d

22. Yang bukan fitur kebebasan pers di Indonesia, adalah ….
A. pers yang bebas dan bertanggung jawab
B. pers sehat
c. Pers melakukan kontrol objektif
d. pers yang objektif untuk menyebarluaskan informasi
e. pers yang menyebarkan informasi subjektif
Jawab: b
23. Undang-undang berikut ini tidak berlaku untuk pers: UU No. 40 tahun 1999 ….
a. Pasal 18
b. Pasal 134
c. Artikel 154
d. Artikel 281
e. Pasal 283
Jawab: b

24. Pers, sebagai lembaga sosial yang didedikasikan untuk pengumpulan dan penyebaran informasi, telah meluncurkan misi …
a. Bantu kami untuk memajukan komunitas
b. melakukan pengembangan
c. untuk berpartisipasi dalam pendidikan masyarakat
d. Eliminasi pengangguran
e. Mendukung program pemerintah
Jawab: a

25 Berikut ini adalah fitur-fitur Kode Etik, kecuali …
a. Sanksi terhadap kode etik adalah moral
b. Sanksi terhadap kode etik mengikat
c. Ruang lingkup Kode Etik terbatas
d. kode etik disusun oleh lembaga profesional
e. Kode etik sanksi adalah benar
Jawabannya: E



SOAL ESSAY

26. Sebutkan 5 fungsi Pancasila bagi Indonesia…
Jawaban: Sebagai dasar negara indonesia, sebagai pandangan hidup bangsa, sebagai sumber dari segala sumber hukum, sebagai cita-cita dan tujuan yang akan di capai Indonesia, dan sebagai falsafah hidup
27. Presiden memiliki hak untuk mengangkat dan memberhentikan menteri, yaitu hak….
Jawaban: hak prerogatif
28. Suatu paham atau ideologi yang tidak mengakui kepemilikan secara individual merupakan paham….
Jawaban: komunisme
29. Sistem pemerintah Republik Indonesia diatur dalam….
Jawaban: Undang-Undang D 1945
30. Orang yang memimpin jalannya pemerintahan dan bertanggung jawab kepada parlemen ialah….
Jawaban: perdana menteri


Baca Juga: Jenis Jenis Banjir - Pengertian , Penjelasan, Penyebabnya , Dampak, Antisipasi Banjir dan Banjir Terparah di Dunia dan Indonesia


Penelusuran yang terkait dengan Soal PKN Kelas 12

  • soal pkn kelas 12 semester 2
  • soal pkn kelas 12 semester 2 dan kunci jawaban essay
  • soal pkn kelas 12 semester 1 bab 1
  • soal pkn kelas 12 essay
  • soal pkn kelas 12 semester 1 hak dan kewajiban
  • soal pkn kelas 12 bab 4
  • soal pkn kelas 12 semester 1 kurikulum 2013 tentang ham
  • soal essay pkn kelas 12 semester 2