Kumpulan Latihan Soal Ujian Nasional UN SMP MTs Tahun 2018 Lengkap

Download Soal UN (Ujian Nasional) SMP 2018 Semua Mata Pelajaran (Naskah Asli)
Download Kumpulan Soal Ujian Nasional (UN) SMP 2018/2019 | Ujian Nasional (UN)menjadi agenda rutinitas nasional tiap tahun yang menyita perhatian banyak kalangan. Bukan hanya pada proses pelaksanaannya namun juga dari sisi hakikat, maksud dan tujuan kebijakannya selalu memberikan wacana yang menarik berbagai pihak, baik yang mendukung maupun yang mengkritisinya. Walaupun sudah tidak menjadi penentu kelulusan siswa, UN tetap dilaksanakan karena dianggap salah satu alat ukur yang kredibel dalam menilai kualitas kemajuan pendidikan siswa pada satuan pendidikan.
Wacana kebijakan baru terus berkembang menyikapi pelaksanaan dan hasil UN sebelumnya dengan harapan semakin meningkatnya kualitas hasil lulusan siswa dari satuan pendidikan. Sebelumnya muncul wacana model soal yang tak lagi hanya mengandalkan pilihan ganda dengan satu jawaban benar, tetapi akan divariasi dengan model isian serta pilihan ganda dengan lebih dari satu jawaban yang benar. Sayangnya wacana tersebut urung jadi dilaksanakan tanpa alasan yang jelas. UN tahun depan sebagaian besar masih akan seperti tahun ini. Bagaimanapun bentuk dan sistem UN tahun depan diharapkan semakin baik bukan hanya dari hasil yang didapatkan namun juga indeks integritasnya juga semakin tinggi.


Baca Juga:

Download Kumpulan Soal Ujian Nasional (UN) SMP 2017/2018


Tujuan Ujian Nasional

Ujian Nasional digunakan untuk pemetaan mutu program atau satuan pendidikan Selain itu, tujuan lain dari pelaksanaan Ujian Nasional adalah sebagai berikut.
  1. Sebagai dasar pembinaan dan pemberian bantuan kepada satuan pendidikan untuk pemerataan dan peningkatan mutu pendidikan.
  2. Sebagai upaya Pemerintah Daerah untuk melakukan pemetaan pencapaian standar peserta didik, satuan pendidikan maupun wilayah.
  3. Untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik.
  4. Untuk mengukur mutu pendidikan di tingkat nasional, propinsi, kabupaten/kota, dan sekolah/madrasah.
  5. Sebagai bentuk pertanggungjawaban penyelenggaraan pendidikan secara nasional, propinsi, kabupaten/kota, sekolah/madrasah, dan kepada masyarakat.
Setiap peserta didik pada pendidikan dasar dan menengah jalur formal termasuk SPK, nonformal kesetaraan dan informal wajib mengikuti Ujian Nasional satu kali untuk seluruh mata pelajaran sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
Peserta didik wajib mengikuti Ujian Nasional rangka pengukuran capaian standar kompetensi lulusan secara berkala, menyeluruh, transparan, dan sistemik.
Peserta didik yang berhak untuk mengikuti Ujian Nasional adalah yang telah atau pernah berada pada tahun terakhir pada suatu jenjang pendidikan di satuan pendidikan tertentu.
Selain itu, peserta didik memiliki laporan lengkap penilaian hasil belajar pada suatu jenjang pendidikan di satuan pendidikan tertentu mulai semester I tahun pertama sampai dengan semester pertama pada tahun terakhir.

Nilai Hasil Ujian Nasional

Nilai hasil Ujian Nasional dilaporkan dalam rentang nilai 0 (nol) sampai dengan 100 (seratus), dengan tingkat pencapaian kompetensi lulusan dalam kategori sebagai berikut.
  1. Sangat Baik, jika nilai Ujian Nasional lebih besar dari 85 (delapan puluh lima) dan lebih kecil dari atau sama dengan 100 (seratus);
  2. Baik, jika nilai Ujian Nasional lebih besar dari 70 (tujuh puluh) dan lebih kecil dari atau sama dengan 85 (delapan puluh lima);
  3. Cukup, jika nilai Ujian Nasional lebih besar dari 55 (lima puluh lima) dan lebih kecil dari atau sama dengan 70 (tujuh puluh); dan
  4. Kurang, jika nilai Ujian Nasional lebih kecil dari atau sama dengan 55 (lima puluh lima).
Berdasarkan hal tersebut, maka setiap peserta didik diwajibkan untuk mengikuti UN dan USBN dalam rangka mengukur pencapaian kompetensi lulusan secara nasional.
Kriteria kelulusan peserta didik pada tingkat satuan pendidikan ditentukan oleh ketiga komponen berikut.
  1. Menyelesaikan seluruh program pembelajaran.
  2. Memperoleh nilai sikap/perilaku minimal baik.
  3. Lulus ujian Satuan Pendidikan/program pendidikan.
Biaya pelaksanaan UN pada satuan pendidikan dianggarkan melalui dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) untuk pendidikan formal atau Bantuan Operasional Pendidikan (BOP) untuk pendidikan kesetaraan, baik pada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan maupun di Kementerian Agama.


Soal Ujian Nasional tahun 2018 lengkap semua mata pelajaran, yaitu Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan IPA. Soal-soal tersebut merupakan naskah asli (scan) bukan hasil ketik ulang, jadi bisa dipastikan 100% sama dengan soal yang diujikan.

Berikut ini Soal Ujian Nasional (UN) SMP Tahun 2018 Semua Mata Pelajaran:

Matematika Paket 1


Matematika Paket 2


Matematika Paket 3

Matematika Paket 4


Bahasa Indonesia Paket 1
Bahasa Inggris Paket 1

Bahasa Inggris Paket 2

IPA Paket 1

IPA Paket 2



Download Kumpulan Soal Ujian Nasional UN SMP MTs Tahun 2019 Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) 
Download Kumpulan Soal Ujian Nasional UN SMP MTs Tahun 2019 Mata Pelajaran Matematika
Download Kumpulan Soal Ujian Nasional UN SMP MTs Tahun 2019 Mata Pelajaran Bahasa Inggris
Download Kumpulan Soal Ujian Nasional UN SMP MTs Tahun 2019 Mata Pelajaran Bahasa Indonesia



Penelusuran yang terkait dengan Download Kumpulan Soal Ujian Nasional (UN) SMP 2019

  • soal un smp 2019 matematika
  • soal un smp 2019 ipa
  • soal un smp 2019 bahasa indonesia
  • soal un smp 2018 dan pembahasannya pdf
  • download buku sukses un smp 2019
  • soal un smp 2020
  • soal unbk matematika smp 2019 dan pembahasannya
  • prediksi soal un smp 2019