APLIKASI TERBARU KKM SMP/MTs KURIKULUM 2013 REV. 2017 LENGKAP SEMUA MAPEL

Aplikasi KKM SMP/MTs. Kurikulum 2013 Rev.2017
Salam Edukasi... !!

Pada kesempatan ini admin blog woyoedukasi.blogspot.com berbagi kepada bapak/ibu saudara semua pejuang pendidikan berupa Aplikasi terbaru tentang Ketuntasan Belajar Minimal atau lazim disebut dengan KKM, pada jenjang pendidikan SMP/MTs. hasil revisi terkini tahun 2017.

Baik sebelum fokus pada Aplikasi KKM Kurikulum 2013 jenjang pendidikan SMP/Mts. revisi 2017 yang akan admin bagikan, yukkkk.. bareng-bareng kita tilik dasar dan pedomannya...

Membahas tentang Kriteria Ketuntasan Belajar Minimal (KKM) Kurikulum 2013 baik pada jenjang pendidikan dasar dan menengah (SD, SMP, SMA) berhubungan sekali dengan yang disebut Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Kurikulum 2013 sesuai dengan Permendikbud nomor 24 tahun 2016 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran Pada Kurikulum 2013 Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah (PERMENDIKBUD 24 TAHUN 2016).  yang didalamnya terdapat lampiran-lampiran Permendikbud 24 tahun 2016 sebagai acuan dalam penentuan Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar pada jenjang pendidikan dasar dan menengah secara komplit.

Lampiran Permendikbud 24 Tahun 2016 - format Word (KLIK) format Pdf. -   (KLIK)

Apa itu Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Kurikulum 20013 sesuai Permendikbud 24 tahun 2016 ?

Kompetensi Inti : 
Kompetensi Inti pada kurikulum 2013 merupakan tingkat kemampuan untuk mencapai standar kompetensi lulusan yang harus dimiliki seorang peserta didik pada setiap tingkat kelas, yang mencakup diantaranya ada 4 poin yaitu :
1. Kompentensi inti sikap spiritual.
2. Kompetensi inti sikap sosial.
3. Kompetensi inti pengetahuan dan
4. Kompetensi inti keterampilan

Kompetensi Dasar :
Kompetensi Dasar merupakan kemampuan dan materi pembelajaran minimal yang harus dicapai peserta didik untuk suatu mata pelajaran masing-masing satuan pendidikan yang mengacu pada kompetensi inti. Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar digunakan sebagai dasar untuk perubahan buku teks pelajaran pada pendidikan dasar dan pendidikan menengah.

BACA JUGA  :  
ATURAN TERBARU KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR KURIKULUM 2013
Kembali pada pokok materi yang admin bagikan ini, yaitu Aplikasi Kriteria Ketuntasan Belajar Minimal (KKM) jenjang pendidikan SMP/MTs. Kurikulum 2013 terbaru revisi 2017. Aplikasi ini sengaja admin desain dalam format EXCEL sehingga apabila bapak/ibu saudara sekalian menggunakannya akan lebih praktis dan sudah disesuaikan mengacu pada aturan baru yang ada.

Aplikasi KKM Kurikulum 2013 revisi 2017 jenjang pendidikan SMP/MTs ini bisa dipergunakan untuk pendidikan dasar dan pendidikan menengah (SD, SMP, SMA), apabila bapak/ibu saudara akan menggunakan aplikasi ini tinggal menyesuaikan sesuai dengan jenjang pendidikan (SD, SMP, SMA).

Menu Aplikasi KKM Kurikulum 2013 rev.2017 jenjang pendidikan SMP/MTs. untuk semua mata pelajaran yang admin bagikan ini sangat sederhana namun begitu besar manfaatnya bagi kita dalam menentukan penilaian ketuntasan minimal pada peserta didik. admin katakan sederhana karena hanya memuat beberapa menu navigasi untuk dapat mengoperasikannya, berikut menu-menunya :

Menu Data : 


Menu Data berfungsi untuk mengisi data-data yang diperlukan sesuai dengan kondisi yang ada pada satuan pendidikan, sebelum menggunakan aplikasi ini silahkan untuk di isi dulu kolom-kolom yang ada sesuai dengan kondisi pada satuan pendidikan bapak dan ibu sekalian.

Menu Navigasi Halaman


Menu Navigasi Halaman memuat beberapa  icon-icon navigasi beberapa mata pelajaran dan icon lainnya, jadi silahkan di klik pada icon tersebut untuk masuk pada halaman yang di inginkan.

Menu Mata Pelajaran :


Menu mata pelajaran : setelah di isi data identitas yang dibutuhkan pada menu data di atas maka pada menu mata pelajaran ini otomatis sudah terisi sendiri data-data yang sesuai dengan kondisi sebenarnya pada satuan pendidikan, pada menu ini bapak/ibu tinggal mengisi atau mengedit nilai-nilai yang diperlukan, dan dilengkapi dengan rekap hasil KKM setiap mata pelajaran jadi tidak perlu lagi bapak/ibu untuk mengisi dan merubah pada kolom penilaian Kompetensi Dasar (KD) karena sudah disesuaikan dengan ketentuan yang berlaku.

Naaahh .... mudah dan praktis kannn... ?  jadi bapak/ibu saudara apabila menggunakan aplikasi KKM Kurikulum 2013 rev.2017 ini akan meringankan tugas dalam menentukan KKM bagi peserta didiknya.

Ini Aplikasi KKM Kurikulum 2013 Rev.2017 jenjang pendidikan SMP/MTs. 2017/2018 terbarunya, silahkan di miliki dan downloud di bawah ini :

KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL (KKM) KURIKULUM 2013 REV.2017 SMP/MTs SEMUA MATA PELAJARAN :

1.   KKM-KK.13-SMP/MTs : BAHASA INDONESIA
2.   KKM-KK.13-SMP/MTs : BAHASA INGGRIS
3.   KKM-KK.13-SMP/MTs : ILMU PENGETAHUAN ALAM
4.   KKM-KK.13-SMP/MTs : ILMU PENGETAHUAN SOSIAL
5.   KKM-KK.13-SMP/MTs : MATEMATIKA
6.   KKM-KK.13-SMP/MTs : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
7.   KKM-KK.13-SMP/MTs : PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN
8.   KKM-KK.13-SMP/MTs : PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
9.   KKM-KK.13-SMP/MTs : PENJASORKES
10. KKM-KK.13-SMP/MTs : PRAKARYA
11. KKM-KK.13-SMP/MTs : SENI BUDAYA
12. KKM-KK.13-SMP/MTs : REKAPITULASI KKM

Partner Kinasih dalam penyusunan Aplikasi ini  : sdasemrudungsatu.blogspot.com

Demikian yang bisa admin sampaikan tentang Kriteria Ketuntasan Belajar Minimal (KKM) Kurikulum 2013 tahun 2017/2018 jenjang pendidikan SMP/MTs ini, kurang lebihnya mohon maaf, terima kasih sudah berkenan mengunjungi blog ini.