PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER (KKP) BANGSA MELALUI JALUR PENDIDIKAN

Salam Edukasi.. !

PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER (PPK) >>  Salam sejahtera bagi kita semua, pada kesempatan yang baik kali ini woyoedukasi.blogspot.com mengangkat topik bahsan materi tentang Penguatan Pendidikan Karakter (PPK), semoga dapat bermanfaat dan berguna bagi kita semua.

Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) adalah gerakan pendidikan di bawah tanggung jawab satuan pendidikan untuk memperkuat karakter peserta didik melalui harmonisasi olah hati, olah rasa, olah pikir, dan olah raga dengan pelibatan dan kerjasama antara satuan pendidikan, keluarga, dan masyarakat sebagai bagian dari Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM).

Penguatan pendidikan moral (moral education) atau pendidikan karakter (character education)  dalam konteks sekarang sangat relevan untuk mengatasi krisis moral yang sedang melanda di negara kita. Krisis tersebut antara lain berupa meningkatnya pergaulan bebas, maraknya angka kekerasan anak-anak dan remaja, kejahatan terhadap teman, pencurian remaja, kebiasaan menyontek, penyalahgunaan obat-obatan, pornografi, dan perusakan milik orang lain sudah menjadi masalah sosial yang hingga saat ini belum dapat diatasi secara tuntas, oleh karena itu betapa pentingnya pendidikan karakter.

Langkah implementasi Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) yaitu pemerintah telah mengeluarkan payung hukum pelaksanaan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) melalui Peraturan Presiden Nomor 87 tahun 2017, dengan diterbitkannya Peraturan Presiden tentang Penguatan Pendidikan Karakter tersebut diharapkan pendidikan karekter dapat berjalan secara optimal di sekolah-sekolah umum, pesantren, dan madrasah.


PERPRES 87 TAHUN 2017 

Download
Tujuan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK), dalam Perpres tersebut adalah untuk membangun dan membekali siswa sebagai generasi emas Indonesia Tahun 2045, sekaligus merevitalisasi dan memperkuat potensi dan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan.

Peran Sekolah dalam Pendidikan Karakter 

Sekolah sebagai satuan pendidikan dalam mendidik siswa diharapkan mampu mencetak generasi-generasi yang berkarakter, sehingga sekolah harus menjadi pioner dan sekaligus koordinator program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) sesuai amanat perpres 87 tahun 2017 tersebut, hal ini karena sekolah memang secara khusus memiliki tugas untuk membantu siswa dalam mengembangkan kepedulian sosial dan masalah-masalah kesehatan mental bagi peserta didik.  

Di samping itu sekolah juga harus mampu melibatkan semua pemangku kepentingan (siswa, guru bidang studi, orang tua, kepala sekolah) dalam mensukseskan pelaksanaan program dari pelayanan dasar tentang pendidikan karakter seperti kerjasama, keberagaman, kejujuran, menangani kecemasan, membantu orang lain, persahabatan, cara belajar, manajemen konflik, pencegahan penggunaan narkotika, dan sebagainya.

Lebih lanjut mengenai Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) dalam membentuk karakter peserta didik di sekolah, berikut kami sampaikan beberapa referensi bahan acuan sebagai pedoman dalam mensukseskan program PPK, sebagai berikut : 

BACA :
MODUL PELATIHAN PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER BAGI GURU, KEPALA SEKOLAH, PENGAWAS SEKOLAH, KOMITE SEKOLAH 

SILAHKAN DOWNLOAD JUGA :

Konsep dan Pedoman Penguatan Pendidikan Karakter (PPK)-Pdf.

Konsep Karakter- Pdf.

Pelatihan calon fasilitatorPenguatan Pendidikan Karakter (PPK)-Pdf.

Panduan Penilaian PenguatanPendidikan Karakter (PPK)-Pdf.


Demikian yang dapat kami sampaikan tentang Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) ini, semoga bermanfaat bagi kita semua khususnya bagi para pemangku kepentingan senantiasa menanamkan karakter pada peserta didiknya.  Terimakasih.