DOWNLOAD APLIKASI KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL (KKM) KURIKULUM 2013 KLS. IV TERBARU 2017/2018















KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) merupakan acuan atau pedoman dasar dalam pencapaian hasil belajar peserta didik. Biasanya KKM ditentukan pada awal tahun pelajaran dan dinyatakan dalam bentuk bilangan bulat dengan rentang 0 s.d 100.

Perubahan Kurikulum sering kali membuat kita harus jeli dan tentunya mempengaruhi cara penentuan KKM sebagai dasar dalam memberikan acuan nilai pada peserta didik kita. Sejak di berlakukannya kurikulum 2013 pada tahun 2014 sesuai dengan Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan nomor 179342/MPK/KR/2014 tanggal 5 Desember 2014 tentang Pelaksanaan Kurikulum 2013.

Dengan diberlakukannya kurikulum yang baru 2013 (Kurtilas) maka secara berangsur bagi sekolah yang masih menggunakan kurikulum KTSP – 2006 diharapkan bisa menyesuaikan diri dengan kurikulum yang baru tersebut.

Sesuai dengan pokok bahasan dan materi pada kali ini yaitu tentang Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) sebagai acuan dan batasan penilaian kepada peserta didik terkait dengan diberlakukannya kurikulum 2013 (kurtilas), pada kesempatan yang baik ini kami sajikan berupa Aplikasi Kriteria Ketuntasan Minimal bagi siswa kelas 4 sekolah dasar sesuai kurikulum 2013 merupakan Up-date terbaru.

KKM pada kurikulum 2013 ini sangat berbeda dengan KKM pada kurikulum sebelumnya, artinya lebih sederhana, dengan menekankan pada Kompleksitas, Daya Dukung dan Intake,  

Silahkan lihat gambar berikut :

KKM Kelas 4 Kurikulum 2013 Update Terbaru yang kami bagikan ini bener-bener terbaru dan perlu dikatahui bahwa KKM ini hasil sharing dan kerjasama kami dengan teman-teman yang membidanginya.

Partner/Sumber : haryono.blogedukasi.com
  
Dalam menentukan KKM mulai tahun 2017 ini juga mengalami perubahan; artinya KKM yang sekarang adalah KKM Satuan Pendidikan, bukan KKM Muatan Pelajaran/Mata Pelajaran. 

Dalam gambaran bahwa misalnya sebuah sekolah menerapkan kurikulum 2013 kelas 1 dan kelas 4, maka KKM sekolah tersebut diambil KKM terendah dari sekian banyak Muatan Pelajaran (Mupel) atau juga Mata Pelajaran (Mapel) dan nilai terendah tersebut akan dijadikan KKM satuan pendidikan/ KKM Sekolah begitu seterusnya apabila sekolah telah menerapkan kurikulum pada semua kelas.

Pedoman ini berlaku pada semua pelaksana kurikulum 2013 di semua sekolah. Hal tersebut perlu kita pelajari terlebih dahulu pada Pedoman Penilaian Kurikulum 2013 edisi tahun 2016 terbaru

Secara lengkap Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) atau Kriteria Ketuntasan Belajar Minimal (KBM) dapat dapat download secara gratis di bawah ini.
(DOWNLOAD) 
KKM Kurikulum 2013 Update Terbaru 

Demikian semoga bermanfaat bagi kita semuanya, terimakasih atas kerjasama dan kunjungannya di blog kami woyoedukasi.blogspot.com, Salam Edukasi...